free page hit counter
aplikasi bayar pajak motor online jawa tengah

Ketahui Aplikasi Bayar Pajak Motor Online Jawa Tengah dan Cara Penggunaanya

Artikel diperbarui pada 14 Oktober 2022.

Telah ada aplikasi bayar pajak motor online Jawa Tengah yang membuat pengguna dapat membayarnya tanpa perlu ke lokasi dan mengantri. Tentu aplikasi ini sangat mempermudah dan memberikan kenyamanan warga Jawa Tengah yang ingin membayar pajak kendaraannya.

Setiap kendaraan di Indonesia pastinya akan dibebankan pajak pertahun nya. Biasanya, pembayaran dilakukan dengan mendatangi langsung kantor Samsat setempat. Pemerintah telah menyediakan alternatif cara pembayaran pajak guna perpanjangan STNK kendaraan.

Adanya aplikasi online, pengguna cukup melakukan hal tersebut secara virtual dimanapun dan kapanpun. Hal ini dilakukan juga untuk mengurangi adanya kerumunan sehingga mampu meminimalisir tingkat penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, khususnya Jawa Tengah sendiri.

Ketahui Tentang Aplikasi Bayar Pajak Online Jawa Tengah

Kemajuan teknologi yang terus berkembang setiap waktu, membuat beberapa bidang mau tidak mau ikut merasakan dampaknya akan hal itu. Termasuk terjadi pada sistem administrasi dalam pemerintahan, tak terkecuali urusan pembayaran pajak kendaraan.

Samsat Provinsi Jawa Tengah ikut beradaptasi mengembangkan aplikasi yang dinamakannya New Sakpole, yakni aplikasi bayar pajak motor online Jawa Tengah. Terobosan ini sangat berguna sekali, baik dari sisi pemerintah maupun wajib pajaknya.

Aplikasi New Sakpole sendiri, tersedia dalam Google Playstore dan dapat diunduh dan dipasang pada ponsel masing-masing. New Sakpole telah dapat digunakan sejak Juni 2021 lalu.

Keuntungan Membayar Pajak Kendaraan secara Online

Sistem terbaru yang dibuatkan oleh pemerintah untuk proses pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi New Sakpole, sangat menguntungkan dan mempermudah warganya. Hanya bantuan ponsel yang terhubung dengan internet dan mengkliknya saja dapat terselesaikan.

Warga Jawa Tengah tidak direpotkan mengantri dan berkerumun demi menunaikan kewajiban pembayaran pajak, pengurusan mutasi atau melakukan balik nama kendaraannya. Proses lebih cepat dan tidak menghabiskan waktu lama seperti saat datang ke kantor Samsatnya langsung.

Selain itu, prosesnya dapat dilakukan virtual dimana dan kapan saja, tanpa harus mengganggu aktivitas dan menyesuaikan jadwal masing-masing wajib pajak. Informasi data mengenai kendaraan pengguna juga akan tersistem secara lengkap dan up to date pastinya.

Syarat untuk Pembayaran Pajak Kendaraan secara Online

Bagi pengguna yang mau melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online, sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya mengetahui persyaratan untuk bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan atau perpanjangan STNK itu seperti apa.

Gunanya mengetahui persyaratan ini, supaya pengguna tidak disibukkan atau direpotkan lagi untuk mempersiapkannya saat ingin melakukan proses tersebut. Sehingga, semua persyaratan telah lengkap dan pengguna hanya tinggal mengeksekusinya saja.

Adapun beberapa persyaratan atau hal yang harus diperhatikan untuk mengakses aplikasi bayar pajak motor online Jawa Tengah adalah sebagai berikut ini:

  • Pengguna harus menyiapkan STNK kendaraan yang akan dibayarkan pajaknya.
  • Menyiapkan KTP pengguna.
  • Memiliki ponsel yang dapat terhubung dengan jaringan internet.
  • Memiliki jaringan internet yang stabil untuk mempermudah prosesnya berlangsung.
  • Mengunduh aplikasinya dan lakukan pendaftaran melalui aplikasi.

Cara Membayar Pajak Kendaraan melalui Aplikasi New Sakpole

Setelah membaca penjelasan diatas, kini pengguna telah mengetahui aplikasi bayar pajak motor online Jawa Tengah yakni New Sakpole. Pengguna juga mengetahui keuntungan serta persyaratan yang harus dipenuhi supaya berhasil melakukan pembayarannya melalui aplikasi.

Kini saatnya memanfaatkan dan mempraktikkan di aplikasi tersebut sebagaimana mestinya. Aplikasi ini tidak hanya untuk membayar pajak saja, namun bisa dimanfaatkan untuk pengesahan STNK serta pencetakan SKPD.

Tentunya mengurus hal yang berkaitan dengan pajak semakin lebih mudah. Berikut ini rincian membayar pajak melalui New Sakpole:

  • Pertama, pastikan telah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam membayar pajak secara online. Berkas yang harus disiapkan yakni KTP serta STNK kendaraan yang ingin dibayarkan pajaknya.
  • Selanjutnya, pastikan mengunduh dan melakukan pemasangan aplikasi New Sakpole pada ponsel yang terhubung oleh internet yang stabil. Jika belum memiliki aplikasinya, dapat mengunduh melalui Google Playstore.
  • Aplikasi sudah terpasang, pengguna bisa membukanya.
  • Jika sudah muncul tampilan awal aplikasi, silakan klik “Bayar Pajak”.
  • Isilah kolom yang tersedia dengan memasukkan nomor polisi atau plat kendaraan yang mau dibayarkan pajaknya. Kemudian masukkan NIK yang terdapat pada KTP. Terakhir, masukkan 5 angka terakhir pada nomor rangka kendaraan pada STNK.
  • Selanjutnya tekan “Daftar”.
  • Silakan verifikasi kembali data yang terdapat dalam sistem telah benar atau tidak, mulai dari data kendaraan dan data identitas diri.
    kemudian tekan “Lanjut”. Jika terdapat kesalahan data, bisa pilih opsi “Batal” dan laporkan pada kantor Samsat terdekat.
  • Apabila telah berhasil, sistem akan memunculkan beberapa informasi terkait rincian biaya pajak tersebut. Informasinya yaitu berupa besaran denda, PKB, SWDKLLJ, dan PNBP.
  • Jika telah setuju akan besaran pajak yang harus dibayarkan, silakan pilih “Lanjut”
  • Pilihlah metode bayar yang mau digunakan. Cermati dan ingat kembali rincian pembayarannya.
  • Kemudian tekan “Dapatkan Kode Bayar”.
  • Silakan lakukan pembayaran melalui metode yang dipilih. Perhatikan batas waktu untuk melakukan pembayarannya.
  • Jika sudah, tekan “Selesai” maka proses telah berhasil.

Cara Pencetakan SKPD

Kini pengguna telah mengetahui proses pembayaran melalui aplikasi bayar pajak motor online Jawa Tengah. Jika berhasil mengikuti langkah-langkah diatas, tandanya pengguna telah membayarkan pajak untuk setahun kedepan. Tentunya tidak sulit dan praktis diikuti, bukan?

Namun, setelah semua proses pembayaran pajak tadi berhasil dilakukan, pengguna wajib memiliki Surat Keterangan Pajak Daerah atau SKPD nya. Sayangnya, surat ini hanya bisa didapatkan di kantor Samsat.

Pengguna dapat mendatangi kantor Samsat terdekat langsung dan lakukan mencetaknya secara mandiri melalui mesin cetak SKPD yang tersedia disana. Silakan ikuti langkah selengkapnya sebagai berikut:

  • Silakan pengguna datangi kantor Samsat yang terdekat.
  • Carilah mesin cetak SKPD Mandiri Sakpole disana atau bisa bertanya langsung pada petugas setempat yang berjaga.
  • Unduhlah kode QR di aplikasi New Sakpole yang terdapat pada menu bukti bayar.
  • Selanjutnya, pengguna bisa melakukan scan barcode QR yang tertera di ponsel dengan mesin cetaknya.
  • Jika berhasil melakukan pemindaian, maka akan muncul informasi mengenai data kendaraan bermotornya. Lakukan verifikasi terlebih dahulu sebelum melakukan pencetakan.
  • Jika sudah sesuai, pilihlah “Cetak”.
  • Ambil SKDP yang telah dicetak tadi.

Itulah informasi mengenai aplikasi bayar pajak motor online Jawa Tengah, New Stackpole. Kini pengguna telah mengetahui aplikasi tersebut, keuntungan pembayaran pajak melalui New Sakpole, cara melakukan pembayarannya secara online, serta proses pencetakan SKPD.

Terobosan aplikasi ini pastinya sangat membantu pengguna yang ingin melakukan pembayaran pajak, namun waktu yang dimiliki terbatas. Di tengah jadwal dan aktivitas yang padat, tidak memungkinkan pengguna untuk mendatangi langsung kantor Samsat.

Aplikasi ini menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Selain itu, langkah-langkahnya sangat mudah untuk dipahami dan diikuti, sehingga pengguna tidak akan kebingungan dan mudah untuk mengikuti setiap langkahnya. Banyak manfaat lainnya yang didapatkan dari aplikasi ini.