free page hit counter
Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur: Review e-Samsat Jatim
Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur: Review e-Samsat Jatim. | via goodscoop.id

Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur: Review e-Samsat Jatim

Artikel diperbarui pada 18 September 2022.

Aplikasi pajak motor Jawa Timur adalah e-Samsat Jatim yang bisa kamu gunakan untuk membayar pajak. Semakin majunya provinsi Jawa Timur dalam pengembangan teknologi untuk layanan masyarakat terbukti dalam wujud aplikasi ini yang banyak digunakan oleh warga Jatim. Berikut ini ulasan aplikasi pajak motor Jawa Timur yaitu e-Samsat Jatim.

Setiap daerah sudah memiliki aplikasi pajak motor untuk memperoleh informasi secara cepat terkait motor yang dimiliki beserta cara membayar pajaknya. Aplikasi pajak motor Jawa Timur ini pun sudah banyak digunakan oleh warga Jatim untuk memudahkan pembayaran pajak.

Adanya kecanggihan teknologi yang beredar sekarang ini membuat sistem pembayaran pajak juga lebih praktis karena bisa dilakukan secara online. Setiap pengendara pun tak perlu antri lagi di Samsat untuk membayarkan pajaknya setiap tahun.

Aplikasi e-Samsat Jawa Timur bisa digunakan memeriksa secara langsung berapa besar biaya pajak motor yang ditanggung oleh wajib pajak. Bagi yang belum mengetahui aplikasi ini, silahkan simak ulasannya berikut:

Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur: Tentang e-Samsat Jatim

Aplikasi pajak motor Jawa Timur atau sering disebut e-Samsat terdapat di setiap daerah. Hadirnya aplikasi ini membawa angin segar karena semakin memudahkan proses pengecekan dan pembayaran pajaknya. Selain itu, aplikasinya bisa digunakan untuk layanan pengesahan STNK.

Pembayaran yang dilakukan akan terintegrasi langsung dengan e-Channel Bank seperti Teller, ATM, Mobile Banking, dan juga Internet Banking. Untuk pembayaran wilayah Jawa Timur bisa dilakukan melalui ATM Bank Jatim dan Teller Bank Jatim.

Tidak semua kendaraan bisa melakukan pembayaran melalui e-Samsat ini sehingga harus diperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Kendaraan yang sudah penuh 1 tahun, tidak terlambat membayar pajak lebih dari 1 tahun, dan tidak ganti STNK bisa bayar via e-Samsat.

Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur: Manfaatnya Bagi Warga Jatim

Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur, e-Samsat Jatim
Aplikasi Pajak Motor Jawa Timur, e-Samsat Jatim. | via info.dipendajatim.go.id

Aplikasi ini dibuat untuk memberikan manfaat kepada setiap pengguna motor terutama di wilayah Jawa Timur. Fitur yang tersedia pada aplikasinya pun akan memudahkan pemilik motor supaya bisa membayar pajak dengan nyaman dan aman. Berikut beberapa manfaat menggunakan aplikasi ini.

1. Pelayanan Full 24 Jam

Melakukan pengajuan pengesahan STNK ataupun membayar pajak menjadi hal yang mudah dilakukan karena setiap saat aplikasi ini mampu melayaninya. Tidak ada hari libur ataupun batasan jam karena 24 jam penuh siap melayani para pemilik motor.

Syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mengakses aplikasi ini adalah memiliki akunnya terlebih dahulu. Selain itu, pemilik kendaraan juga harus memiliki kuota serta jaringan internet yang memadai. Tanpa adanya dua poin tersebut, maka aplikasi tidak bisa digunakan.

2. Meminimalisir Kertas

Adanya aplikasi pajak motor Jawa Timur ini membuat wajib pajak tidak perlu bertemu langsung dengan petugas pajak ketika melakukan pembayaran karena bisa dilakukan secara online. Penggunaan kertas pun bisa lebih diminimalisir untuk menjaga ekosistem alam.

Pembayaran yang dilakukan secara langsung pun bisa menimbulkan kesalahan dari petugas pajaknya sendiri karena lalai sehingga lebih baik dilakukan secara online. Petugas pun tak perlu menyediakan uang kembalian jika melakukan pembayaran melalui aplikasi.

3. Menghindari Keterlambatan Bayar Pajak

Setiap wajib pajak sudah diberikan tenggang waktu untuk melakukan pembayaran pajaknya sehingga tidak boleh melebihi dari waktu yang telah disediakan. Apabila melebihi, maka resikonya yaitu harus membayarkan denda sejumlah uang tertentu.

Dibuatnya aplikasi pajak motor Jawa Timur ini semakin memudahkan wajib pajak dalam membayar besaran pajak yang ditanggungnya. Hal tersebut dikarenakan tidak perlu meluangkan waktunya untuk pergi ke Samsat. Setiap orang pasti memiliki kesibukan dan terkadang tidak sempat pergi ke Samsat.

4.  Mencapai  Waktu 1 Hari Penuh

Apabila pembayaran pajaknya dilakukan di Samsat secara langsung, maka kantor hanya bisa dibuka pagi sampai sore saja, padahal sebenarnya hari itu habis ketika pukul 24.00. Adanya halangan dari kantor ini pun merugikan wajib pajak sehingga hadirnya aplikasi pajak motor.

Dengan bantuan aplikasi tersebut, maka batas waktu pembayarannya bisa full sampai pukul 24.00 WIB karena petugas tidak perlu stand by secara terus-menerus. Cukuplah aplikasi ini yang merekam segala transaksi yang dilakukan oleh wajib pajak.

5. Mengurangi Antrian

Melakukan pengesahan STNK apabila dilakukan secara serentak tentu akan mengakibatkan antrian yang begitu panjang sehingga tidak efektif. Perlu adanya solusi berupa aplikasi yang berbasis online untuk menghindari adanya antrian panjang tersebut.

Petugas pun akan merasa kewalahan untuk mengatasi antrian yang begitu panjang. Belum lagi jika ada insiden orang yang tidak sabar dan mengacaukan antrian yang sudah ada sebelumnya. Oleh sebab itu, sistem lama ini tidak patut jika diterapkan lagi.

6. Efisiensi Tenaga Kerja

Penggunaan aplikasi pajak motor Jawa Timur mampu mengurangi jumlah tenaga kerja yang ada di kantor Samsat karena beberapa tugasnya sudah tergantikan dengan aplikasi. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena mampu mengurangi biaya untuk menggaji pegawai tersebut.

Pekerjaan pun lebih terbantu sehingga petugas bisa mengurusi pekerjaan lain yang memerlukan penanganan khusus. Teknologi yang semakin canggih seperti sekarang memang dibuat untuk meringankan tugas manusia ketika hidup di dunia.

7. Memberikan Kenyamanan

Setiap orang pasti akan merasa nyaman ketika melakukan pembayaran secara online. Ketika seseorang keluar rumah membawa uang yang banyak pasti akan merasa was-was karena banyak penjahat yang mengintai.

Adanya sistem pembayaran secara online akan lebih membuat wajib pajak merasa nyaman karena uangnya berbentuk digital sehingga mengurangi resiko dicuri. Wajib pajak pun tidak perlu menyediakan uang yang pas secara tunai karena saldo di rekening otomatis akan berkurang secara pas.

Aplikasi Pajak Motor Jatim: Cara Pembayaran Pajak Via E-Samsat Jawa Timur

Wajib pajak yang akan melakukan pembayaran melalui aplikasi ini, harus mengerti terlebih dahulu cara yang dilakukan. Bagi para pemula yang masih bingung, silahkan menyimak informasi yang disajikan berikut:

  • Mulanya wajib pajak perlu mengakses website dari e-Samsat Jatim terlebih dahulu
  • Pilihlah kota lokasi dari kendaraan tersebut yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Pilih Samsat Awal ketika kendaraan terdaftar
  • Masukkan secara benar nomor polisi yang ada pada kendaraannya guna melakukan pembayaran.
  • Pada bagian kode acak, silahkan masukkan kode yang sudah tersedia sebagai upaya keamanan dari para hacker.
  •  Tunggu sampai datanya terverifikasi dengan baik. Nantinya akan ditampilkan secara jelas besaran pajak yang perlu dibayarkan.
  • Segera pilih lokasi pengambilan notice dan pilihlah metode pembayarannya. Setelah itu muncullah kode yang digunakan untuk membayar.
  •  Pakai kode bayar tersebut guna membayarkan tanggungannya melalui metode yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Simpan bukti pembayaran jika transaksi sudah berhasil dilakukan.

Informasi penting mengenai aplikasi pajak motor Jawa Timur tersebut memang tidak boleh disepelekan begitu saja karena penting bagi setiap pengendara. Tak hanya mematuhi tata tertib lalu lintas saja, pengendara juga wajib membayar pajaknya tepat waktu.

Pajak motor tersebut memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia sehingga setiap wajib pajak wajib membayar pajaknya. Pembayaran pajak ini bisa dilakukan setiap tahun dengan waktu yang telah ditentukan sehingga tidak boleh melupakannya.

Adanya aplikasi ini pun bisa meminimalisir kejadian lupa membayar pajak sehingga tidak akan membayar denda karena terlambat. Kegunaan e-  Samsat Jatim ini tidak dapat disepelekan karena memiliki peran yang besar bagi setiap penggunanya.