free page hit counter
Aplikasi Pembayaran SPP Excel

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran SPP Excel

Artikel diperbarui pada 14 September 2022.

Hadirnya aplikasi pembayaran SPP Excel tentu dapat membantu memudahkan pekerjaan Tata Usaha dan bagian pembayaran untuk membuat rekap SPP setiap bulan. Mungkin sebagian orang baru tahu cara membuat laporan secara manual, tapi sekarang sudah tersedia sistem yang bisa membuatnya secara otomatis.

Pihak sekolah yang menggunakan aplikasi ini tidak perlu repot lagi membuat laporan serta mengelompokkan sesuai dengan kebutuhan secara manual lagi. Seluruh sistem sudah saling terintegrasi satu sama lain sehingga ketika penginputan data awal akan langsung terekam serta tersusun.

Beragam template disediakan oleh masing-masing penyedia layanan yang dapat bermanfaat untuk membantu kegiatan administrasi, mulai dari budgeting, pembayaran, hingga jadwal. Ingin tahu lebih jauh tentang aplikasi ini? Berikut ulasannya!

Apa Itu Aplikasi atau Software Pembayaran SPP Excel?

Aplikasi Pembayaran SPP Excel pada dasarnya merupakan sebuah sistem berbasis Microsoft  yang bermanfaat untuk mencatat dan mendokumentasikan setiap transaksi yang terjadi di sekolah. Pembayaran SPP yang dilakukan perbulan tentu memerlukan pencatatan agar bisa dilaporkan setiap bulannya kepada pihak yang berwenang untuk melihatnya.

Biasanya, pembayaran dilakukan manual atau konvensional dengan memanfaatkan pencatatan di buku dan kartu bayaran. Sistem seperti ini sangat rentan terjadi kesalahan atau tidak ter-recap di akhir bulan dan jumlah pemasukan tidak bisa dilaporkan dengan benar.

Aplikasi yang berbasis Excel ini  dapat membantu untuk membuat pencatatan lebih rapi. Selain itu, beberapa aplikasi pengguna bisa mencetak bukti bayar atas pembayaran yang dilakukan oleh siswa. Dan segala pencatatan data dapat disimpan ke dalam perangkat komputer ataupun drive.

Rekomendasi Aplikasi Pembayaran SPP

Beberapa rekomendasi aplikasi pembayaran SPP Excel bisa dijadikan sistem utama administrasi untuk membuat laporan pemasukan sekolah lebih rapi dan tersusun. Penasaran apa saja yang menjadi rekomendasi terbaik dalam aplikasi pembayaran ini? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Smartsheet

Aplikasi pertama yang menjadi aplikasi pembayaran SPP Excel bernama Smartsheet. Aplikasi yang dibuat oleh Smartsheet Inc. ini memiliki berbagai layanan dan form, seperti otomatisasi alur kerja, mengintegrasi berbagai informasi dan data, manajemen asset, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai layanan yang ada, Smartsheet juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembukuan administrasi serta pembayaran SPP pada sekolah. Pengguna bisa bebas mengatur bentuk form yang ingin dibuat dan disesuaikan dengan data yang ada.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, pihak sekolah perlu melakukan download terlebih dahulu di website resminya, yaitu smartsheet.com. Apabila ingin mencobanya, terdapat Free Trial yang bisa dioperasikan sementara. Adapun beberapa paket yang bisa dipilih untuk berlangganan:

  • Pro. Berkisar sekitar $7 per bulan dan per user atau setara dengan Rp 101.500 dengan minimal 1 user dan akan mendapatkan akses untuk melakukan tracking, kolaborasi, dan mengelola data dalam satu aplikasi.
  • Business. Paket ini memiliki harga 25% per user setiap bulan atau bila di rupiah seharga Rp 362.500,-. Apabila mengambil paket ini, pengguna bisa memasukkan orang lain sebagai editor tanpa batasan.
  • Enterprise. Ketika pengguna ingin memakai paket ini, perlu menghubungi developer untuk mengetahui harga per bulannya. Dan layanan yang akan diterima sangat lengkap, mulai dari Single Sign-on hingga mengelola kunci enkripsi pelanggan.

2. Aplikasi Pembayaran SPP Berbasis Excel VBA

Rekomendasi selanjutnya adalah aplikasi pembayaran SPP berbasis Excel VBA dari timkoding.id. Aplikasi ini sama dengan Microsoft Excel biasa, namun telah di modifikasi menjadi bentuk yang bisa mendukung pencatatan pembayaran SPP.

Untuk memiliki sistem ini, pihak sekolah tidak perlu khawatir biaya yang mahal karena hanya ditawarkan sebesar Rp 99.000,- namun belum termasuk Source Code dan Theme atau Plugin WordPress. Bila ingin disediakan, bisa langsung menghubungi Tim Koding. Adapun layanan yang diberikan dari Tim untuk aplikasi ini adalah:

  • Mencetak secara otomatis kartu SPP masing-masing siswa.
  • Dapat melakukan rekapitulasi otomatis ke dalam Laporan Bulanan.
  • Mampu menampilkan data siswa yang sudah lunas dan belum.
  • Dapat diatur data apa yang ingin dilihat, mulai dari data siswa per kelas hingga keseluruhan.
  • Jumlah penerimaan uang SPP dapat dilihat secara instan lengkap dengan tanggal penerimaannya.
  • Tersedia berbagai form, seperti Form login, Ganti Sandi, Data Siswa, Data Sekolah, Dasbor, dan Input.
  • Dapat menghasilkan laporan pembayaran, Status pelunasan, laporan tunggakan, laporan SPP, serta laporan pendukung lainnya.
  • Terdapat fitur yang lengkap, mulai dari export laporan atau data ke PDF, Excel, ataupun melakukan mutasi data.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Pembayaran SPP

Untuk melakukan pencatatan atas pembayaran SPP, sebenarnya bisa menggunakan Microsoft Excel sebagai alat penyimpan data. Namun, menggunakan aplikasi Pembayaran SPP Excel dapat mempermudah pekerjaan dari administrasi yang ada di sekolah. Penasaran apa saja keunggulannya? Berikut diantaranya:

1. Memiliki Fitur yang Lengkap

Developer penyedia layanan pembayaran SPP ini menyediakan fitur yang lengkap demi mendukung pencatatan administrasi siswa. Fitur seperti integrasi otomatis atas data, pembuatan laporan, dan mencetak kuitansi tentu sangat membantu dalam pekerjaan admin.

2. Harga Terjangkau

Selain fitur lengkap, keunggulan dari penggunaan aplikasi ini adalah harga yang cukup terjangkau. Walau Excel dapat diakses secara gratis, namun ketika melakukan penginputan data secara manual.

Namun, dengan harga Rp 99.000,- sampai Rp 400.000,- pengguna sudah bisa memanfaatkan sistem yang terintegrasi serta bisa lebih mudah dalam melakukan penginputan. Pihak sekolah tidak perlu khawatir ada miss dalam pelaporan karena penginputan telah terintegrasi satu sama lain.

3. Terintegrasi Dengan Sistem Keuangan di Sekolah

Keunggulan yang ketiga dari aplikasi ini adalah dapat diintegrasikan dengan sistem keuangan sekolah. Kemampuan ini menjadikan administrasi keuangan yang berasal dari SPP bisa lebih mudah dilakukan serta komprehensif.

4. Tampilan yang Sederhana

Keunggulan selanjutnya adalah tampilan yang sederhana sehingga tidak membingungkan bagi penggunanya. Petugas yang menerima pembayaran akan mudah memahami walau tidak terlalu paham soal teknologi. Jadi, tidak perlu khawatir kalau yang baru mempelajari Excel dan juga sistemnya.

5. Dapat Disimpan ke Dalam Penyimpanan Online

Keunggulan selanjutnya yang terakhir yaitu dapat disimpan ke dalam penyimpanan online. Pengoperasian aplikasi pembayaran SPP bisa dilakukan secara offline layaknya menggunakan Excel biasa. Tapi, pengguna bisa menyimpannya ke dalam penyimpanan Cloud dan mengaksesnya secara online.

Itulah beberapa aplikasi pembayaran SPP Excel yang bisa direkomendasikan. Munculnya berbagai kecanggihan teknologi tak dipungkiri dapat mempermudah segala pekerjaan, termasuk kegiatan administrasi seperti pembayaran SPP. Petugas administrasi sekolah tidak perlu repot lagi dalam pembuatan laporan bulanan.

Kesalahan data yang masuk ke dalam laporan tentu akan membuat hasil yang dikeluarkan tidak sesuai dengan pemasukan yang sebenarnya. Dengan menggunakan aplikasi ini, seluruh data yang diinput akan terintegrasi dan secara otomatis bisa membuat laporan pemasukan per bulan.

Tidak hanya itu, petugas juga bisa melihat siswa mana saja yang belum melakukan pembayaran dan kapan melakukan tunggakannya. Fitur ini sangat membantu ketika pimpinan atau ketua administrasi ingin mengetahui daftar anak yang belum lunas tunggakan dan siapa saja yang sudah.