free page hit counter
aplikasi bayar pajak motor online jawa barat

Ketahui Aplikasi Bayar Pajak Motor Online Jawa Barat Dan Keuntungannya

Aplikasi bayar pajak motor online jawa barat sudah ada dan banyak manfaat yang bisa didapatkan. Membayar pajak kendaraan bermotor memang wajib bagi siapa saja yang memiliki kendaraan. Dalam membayar pajak sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi yang khusus digunakan untuk mengecek dan membayar pajak.

Aplikasi tersebut bernama E samsat. Semua daerah di Indonesia mempunyai kebijakan sendiri perihal pembayaran pajak kendaraan termasuk juga Jawa Barat. Tim yang dibentuk oleh samsat jawa barat menciptakan inovasi yang baru dalam melakukan pembayaran pajak.

Untuk daerah jawa barat aplikasi untuk membayar pajak online bernama E Samsat Jabar. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membayar pajak serta melakukan pengesahan STNK. Wajib pajak bisa mendapatkan aplikasi ini di Play Store masing-masing smartphone.

Tentang Aplikasi E Samsat Jabar

E samsat Jabar adalah aplikasi yang diciptakan melalui inovasi dari tim Pembina samsat yang ada di jawa barat yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan ketika membayar pajak kendaraan roda dua dan empat. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengesahan STNk.

Metode pembayaran pajak di aplikasi ini yakni dengan ATM Bersama. Pengertian E samsat Jabar lainnya yaitu inovasi yang memiliki basis teknologi yang diciptakan oleh bapenda jawa barat dan memiliki fungsi untuk mengecek pajak kendaraan yang ada di wilayah jawa barat.

E samsat jabar jug menjadi alternatif untuk membayar pajak kendaraan, membayar asuransi jasa raharja, dan untuk mengesahkan STNK tahunan secara elektronik dengan ATM, Internet Banking, maupun Mobile Banking.

Untuk melakukan pengesahan wajib pajak bisa menukarkan struk yang didapat dari ATM ke kantor samsat. Aplikasi ini diluncurkan pada hari sabtu tanggal 22 November 2014. Tokoh yang pertama kali mengenalkan aplikasi ini yakni wakil gubernur jawa barat, kadispenda jabar, Deddy Mizwar, dadang Suharto dan sejumlah tokoh lainnya.

Dengan adanya aplikasi ini wajib banyak hanya harus melewati tidak lebih dari 5 tahapan pembayaran. Wajib pajak juga tidak perlu melakukan cara pembayaran yang lama dengan mendatangi kantor samsat atau jasa pembayaran pajak.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Bayar Pajak Online Jawa Barat

Aplikasi pembayaran pajak secara online E samsat Jabar menawarkan berbagai keuntungan untuk penggunanya. Metode pembayaran hanya bisa dilakukan melalui ATM Bersama. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan wajib pajak dari percaloan.

Selain untuk menghindarkan dari percaloan, aplikasi ini juga bertujuan untuk menghilangkan praktek korupsi pajak, ketepatan jumlah pajak yang mesti dibayar, dan memberi kenyamanan untuk wajib pajak.

Membayar pajak menggunakan E samsat jabar dapat dilakukan di ATM yang jumlah lebih dari 38 ribu yang sudah bekerja sama di seluruh Indonesia. Mekanisme pembayaran pajak online juga sangat mudah. Wajib pajak hanya perlu mendatangi ATM yang terdekat g melakukan pembayaran.

Ketentuan Dan Syarat Untuk Melakukan Pembayaran Pajak Melalui E Samsat Jabar

Seperti halnya pembayaran langsung di kantor samsat, untuk melakukan pembayaran pajak motor secara online di E samsat jabar juga harus memperhatikan syarat serta ketentuan yang terdapat pada aplikasi. Terdapat syarat serta ketentuan yang mesti dipenuhi oleh wajib pajak. Berikut syarat dan ketentuannya:

  • Kendaraan tidak dalam keadaaan blokir kepemilikan atau blokir ranmor.
  • Wajib pajak mempunyai smartphone dan nomor yang aktif mendapatkan kode bayar melalui Sms.
  • Pembayaran daftar ulang pajak hanya berlaku untuk 1 tahun.
  • Pembayaran pajak tidak berlaku untuk pembayaran yang dibarengi dengan penggantian STNK 5 tahunan.
  • Pajak yang dapat dibayar memiliki masa berlakunya kurang 6 bulan sejak jatuh tempo.
  • Wajib pajak harus perseorangan bukan atas nama Yayasan, badan sosial atau badan usaha,.

Cara Memperoleh Kode Bayar Pajak Secara Online

Untuk membayar pajak pada aplikasi bayar pajak motor online di jawa barat, wajib pajak harus mengetahui kode bayarnya terlebih dahulu. Kode bayar dapat diperoleh di website resmi B Bapenda, aplikasi sambara, serta SMS Gateway Samsat.untuk cara memperoleh kode bayar adalah sebagai berikut:

1. Bayar Melalui Aplikasi Sambara

Aplikasi sambara memang dibuat untuk melakukan pembayaran pajak secara online. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbasis android. Wajib pajak dapat membayar pajak kendaraan bermotor tahunan. Berikut cara mendapatkan kode bayar di aplikasi ini:

  • Pertama-tama unduh aplikasi sambara di play store.
  • Jika sudah berhasil terinstall maka bukalah aplikasi tersebut.
  • Kemudian klik menu Info PKB.
  • Selanjutnya masukan nomor polisi lalu pilihla kode plat motor atau mobil.
  • Setelah itu akan tampak halaman yang berisi informasi tentang pajak kendaraan yang dicari.
  • Pastikanlah informasi yang ada telah sesuai. Apabila data sudah sesuai klik ya.
  • Kemudian masukan NPWP atau NIK KTP sesuai dengan kepemilikan yang ada di STNK kemudian klik proses.
  • Jika sudah diproses maka aplikasi akan memberikan kode bayar untuk dipakai melakukan pembayaran pajak di ATM. Namun perlu diingat kode bayar tersebut berlaku hanya selama 24 jam saja.

2. Bayar Dengan SMS Gateway Samsat

Selain menggunakan aplikasi bayar pajak motor online jawa barat, kode bayar juga dapat diperoleh melalui SMS Gateway Samsat. Untuk cara mendapatkannya juga sangat mudah. Berikut beberapa langkahnya:

  • Pertama buka aplikasi SMS yang ada di smartphone.
  • Setelah itu ketik sms dengan format esamsat Nomor rangka NIK KTP.
  • Kemudian kirim ke nomor 08112119211.
  • Tunggulah balasan dari E samsat yang berisi jumlah pajak yang mesti dibayar, kode bayar, dan informasi kendaraan.

3. Bayar Melalui Website Bapenda

Cara memperoleh kode bayar yang ketiga yaitu dengan mengunjungi website resmi bappeda. Pasa website ini wajib pajak juga bisa mengecek informasi pajak kendaraan dan juga membayarnya. Langkah-langkah dalam memperoleh kode bayarnya adalah sebagai berikut:

  • Buka website resmi bapenda jawa barat.
  • Selanjutnya masukkanlah nomor polisi kendaraan.
  • Kemudian klik cari.
  • Berikutnya klik lanjut daftar online.
  • Setelah itu masukan NIK KTP dan juga 5 nomor rangka terakhir motor yang akan dibayar pajaknya.
  • Pastikan 5 nomor rangka terakhir yang dimasukan sudah benar.
  • Selanjutnya klik proses.
  • Apabila sudah selesai maka kode bayar akan muncul. Catatlah kode bayar tersebut untuk melakukan pembayaran pajak online melalui ATM bersama.

Jika sudah memperoleh kode bayar maka langkah selanjutnya yaitu mendatangi ATM terdekat. Kemudian masukan kode bayar dan jumlah pajak yang sesuai. Simpanlah struk pembayaran untuk ditukarkan ketika melakukan pengesahan STNK.

Nah itulah pembahasan tentang aplikasi bayar pajak motor online jawa barat. Dengan inovasi yang canggih ini memudahkan seseorang dalam mengetahui informasi tentang pajak yang mesti dibayarkan serta dapat melakukan pembayaran tanpa harus datang langsung ke kantor samsat dan mengantri.

Pembayaran yang dilakukan secara online juga lebih mudah serta praktis. Selain itu juga bisa menghemat waktu wajib pajak yang aktivitas banyak dan tidak sempat untuk pergi ke kantornya secara langsung. Melakukan pembayaran pajak kendaraan secara online juga jauh lebih aman karena dapat terhindar hari para calo yang selalu ada di kantor samsat.