free page hit counter
aplikasi kelola kost

Rekomendasi Aplikasi Kelola Kost, Praktis dan Mudah Digunakan

Bisnis kost di masa kini kerap dipilih karena memiliki cash flow yang tinggi setiap bulannya. Guna mengimbangi hal tersebut, muncul beragam aplikasi kelola kost yang memudahkan pengelolaan kost. Keberadaan aplikasi tersebut akan dapat menjadikan aktivitas kelola kost lebih praktis.

Penagihan uang kost menjadi tidak repot dan tidak perlu dilakukan door to door. Aplikasi untuk mengelola kost yang tersedia di antaranya KoalaKos, BosKos, HaloKos, Mamikos, TuanKost, dan aplikasi KelolaPro.

Seluruh aplikasi dirancang sebaik mungkin dengan fitur lengkap dan canggih. Akan tetapi, perbedaan keunggulan tentu akan dijumpai antara aplikasi yang satu dengan lainnya. Rincian dari masing-masing aplikasi dapat disimak pada pemaparan di bawah ini yakni:

1. KoalaKos

Rekomendasi pertama perihal aplikasi kelola kost adalah KoalaKos. Aplikasi ini sangat layak dipilih karena menawarkan berbagai fitur unggul. Fitur yang termuat di dalam aplikasi KoalaKos antara lain:

  • Pengingat pembayaran kost otomatis lewat SMS.
  • Mengurus segala kegiatan administrasi maupun keuangan kost secara praktis.
  • Sera fitur pencatatan dan pelaporan administrasi yang berkaitan dengan penyewa.

Kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi KoalaKos yakni bisa mengiklankan rumah kost dengan mudah. Hal tersebut karena KoalaKos sudah terhubung dengan beberapa situs listing kamar kost. Aplikasi ini juga kompatibel untuk smartphone Android dan iPhone, sehingga tak perlu khawatir.

2. BosKos

Aplikasi kedua yang dapat dicoba sebagai aplikasi kelola kost adalah aplikasi bernama BosKos. Aplikasi yang dikembangkan oleh BosKos Indonesia ini fokus perihal mengelola bisnis kost.

Jumlah input catatan penyewa yang dapat dimasukkan ke dalam aplikasi ini yaitu ratusan data. BosKos direkomendasikan untuk membantu pengelolaan kost karena memuat beragam fitur. Fitur tersebut di antaranya:

  • Untuk mengetahui kapan tanggal jatuh tempo penyewa kost.
  • Untuk mengetahui besarnya pemasukan kost dalam rentang waktu 1 bulan. Bisa juga diatur untuk rentang waktu tertentu.
  • Fitur untuk mengetahui besarnya pengeluaran yang dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan. Selain itu, bisa juga mengetahui pengeluaran dalam rentang waktu tertentu sekaligus jenis pengeluarannya.
  • Fitur untuk mengetahui besarnya laba dari masing-masing bangunan kost ataupun laba secara keseluruhan.

Aplikasi BosKos mempunyai kelebihan berupa munculnya notifikasi sebelum tanggal jatuh tempo untuk membayar kost. Dengan begini, tidak usah lagi mengingat-ingat kapan tanggal jatuh tempo dan bisa melakukan penagihan jika ada keterlambatan pembayaran sewa.

3. HaloKos

HaloKos menjadi aplikasi ketiga sebagai aplikasi kelola kost yang direkomendasikan. Aplikasi yang dibuat oleh PT Solusi Wiraniaga ini tergolong multifungsi. Sebab, aplikasi tidak hanya ditujukan untuk pengelolaan kost, melainkan juga untuk mengelola apartemen serta homestay.

HaloKos akan mengintegrasikan berbagai data dari kost-kost maupun apartemen. Data tersebut meliputi:

  • Pengelolaan kamar dan penyewa.
  • Laporan keuangan serta laba rugi.
  • Check in dan check out harian, pekanan, atau bulanan.
  • Inventarisasi kost.

Kelebihan yang dipunyai aplikasi HaloKos adalah bisa digunakan secara multi device dan multi platform. Selain itu, ada pula fitur tambahan berupa pemesanan online bagi siapapun yang hendak menyewa kost.

4. Orento Host

Rekomendasi keempat berkaitan dengan aplikasi kelola kost yakni Orento Host. Aplikasi ini punya beragam fitur menarik yang dapat mempermudah pengelolaan kost. Fitur tersebut yakni:

  • Pemesanan atau booking kost yang mudah.
  • Pengelolaan kost untuk sewa harian dan bulanan.
  • Pengaksesan data dan kontak penyewa secara praktis.
  • Pengelolaan dan penyimpanan dokumen yang tertata.
  • Fitur laporan kerusakan dan perbaikan kost.
  • Fitur untuk menambahkan akun pengurus atau pengelola.

Aplikasi Orento Host memudahkan pemilik kost untuk memasang iklan kostnya secara gratis. Kelebihan lainnya yaitu adanya notifikasi terkait pembayaran kost yang akan dikirimkan ke seluruh penyewa melalui SMS serta email.

5. KelolaPro

Di urutan kelima terkait aplikasi kelola kost yakni ada KelolaPro. Aplikasi yang sudah hadir sejak tahun 2019 ini mempunyai dua versi, versi gratis dan versi premium. Fitur yang akan didapatkan jika menggunakan fitur gratis di antaranya:

  • Pengiriman tagihan otomatis.
  • Pembayaran melalui QRIS.
  • Tandatangan aturan digital untuk kesepakatan antara pemilik dan penyewa.
  • Pembuatan kwitansi.
  • Kontak penghuni.
  • Laporan keuangan dan okupansi.

Versi gratis hanya membolehkan 1 akun pengelola dan 1 bangunan kost yang dikelola. Sementara itu, versi premium mengizinkan akun pengelola dalam jumlah yang unlimited untuk mengakses aplikasi ini dengan maksimal 8 kost. Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat smartphone Android.

6. TuanKost

Aplikasi TuanKost merupakan aplikasi kelola kost yang patut dipertimbangkan untuk digunakan. TuanKost menyediakan dua versi, yakni versi gratis dan premium. TuanKost juga memberikan penawaran 1 bulan uji coba versi premium untuk mengeksplorasi fiturnya. Fitur yang termuat di TuanKost yakni:

  • Booking yang mudah, baik untuk booking harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.
  • Pencatatan pemasukan dan pengeluaran kost.
  • Laporan bulanan terkait keuangan yang rinci.
  • Penyimpanan dokumen secara rapi.
  • Untuk menambahkan akun pengelola kost.

Keunggulan TuanKost adalah support untuk penggunaan berbagai device, sehingga pengelolaan lebih fleksibel. Jika ada kendala, bisa menghubungi customer service secara mudah. Apabila merasa fitur yang ditampilkan pada versi gratis kurang memuaskan, bisa memakai versi premium dengan biaya Rp199.000 per bulan.

7. Mamikos

Di urutan ke-tujuh ada aplikasi Mamikos sebagai aplikasi kelola kost yang mudah digunakan. Fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Mamikos tidak kalah menarik dengan aplikasi yang sudah diulas sebelumnya. Fitur tersebut antara lain:

  • Penagihan biaya sewa secara otomatis. Dengan begini, pemilik tidak harus mengeluarkan banyak tenaga untuk menagih langsung.
  • Download laporan keuangan, yang mana pemasukan keuangan akan langsung tercatat begitu ada transaksi. Kemudian, setelah laporannya tersusun untuk jangka waktu tertentu, laporan tersebut dapat didownload.
  • Data tagihan kos yang dapat diakses melalui aplikasi ataupun website.
  • Booking yang mudah. Aplikasi Mamikos memungkinkan penerimaan atau penolakan booking secara praktis lewat aplikasi.
  • Koneksi dengan rekening yang memudahkan pembayaran kos melalui metode transfer ke rekening.

Aplikasi Mamikos mendukung penggunaan perangkat smartphone Android serta iOS. Maka, aplikasi ini bisa secara mudah diunduh dari Google Playstore dan AppStore. Apabila terdapat kendala yang ingin dikeluhkan, dapat disampaikan ke customer service yang bisa dihubungi lewat WhatsApp.

Itulah tadi rangkaian rekomendasi aplikasi kelola kost yang patut dipilih untuk memudahkan pengelolaan kost. Dengan adanya aplikasi tersebut, pemilik dapat menghemat waktu, tenaga, dan pikiran karena mengelola kos menjadi lebih gampang.

Aplikasi bisa diakses dari berbagai tempat serta kapan saja selagi smartphone terkoneksi dengan jaringan internet. Fitur-fitur yang termuat di dalam aplikasi juga menarik dan setiap aplikasi mempunyai keunggulannya tersendiri.

Sesuaikan penggunaan aplikasi dengan kebutuhan pengelolaan kost. Beberapa aplikasi juga ada yang menawarkan fitur tambahan dengan harus berlangganan versi premium. Versi ini dapat dipilih seandainya pengelola kost lebih dari satu orang dan properti kost yang dikelola lebih dari 1 bangunan.