free page hit counter
aplikasi mengatur keuangan rumah tangga
aplikasi mengatur keuangan rumah tangga

7 Rekomendasi Aplikasi Mengatur Keuangan Rumah Tangga Terbaik dan Terlengkap

Artikel diperbarui pada 15 September 2022.

Tak sedikit orang menggunakan aplikasi mengatur keuangan rumah tangga untuk membantu menghitung pengeluaran setiap bulan. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengetahui dimana letak pemborosan pengeluaran, sehingga bisa melakukan evaluasi. Apakah memang dibutuhkan atau bisa dikurangi pemakaiannya.

Tidak hanya itu, pencatatan keuangan bisa membatasi diri ketika sudah menghabiskan budget yang tidak sesuai rencana. Karena lebih mudah melihat datanya dan biasanya aplikasi akan memberikan notifikasi. Manfaat lain yaitu pengguna mengetahui budget untuk beberapa keperluan.

Dengan begitu, kelebihannya dapat disimpan sebagai investasi atau tabungan. Sebenarnya ada banyak lagi kelebihan yang dapat pengguna dapatkan bila menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Berikut rekomendasi aplikasi keuangan terbaik yang bisa dicoba:

1. Google Sheet

Sebetulnya aplikasi mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini tidak berbeda jauh dengan aplikasi Excel. Namun pemakaiannya lebih mudah digunakan bahkan bagi pemula. Aksesnya pun bisa dilakukan secara offline.

Sayangnya, tidak adanya notifikasi ketika memakai budget secara berlebihan serta lumayan susah untuk membuat sheetnya. Supaya lebih mudah, silahkan gunakan format unduhan di internet yang banyak tersebar. Pengguna bisa mengubahnya sedikit atau mempertahankan format bila sudah sesuai.

Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang rajin mengecek file dan menganalisa pengeluaran mandiri. Jika tidak, sebaiknya gunakan aplikasi canggih lain yang sudah banyak tersebar seperti di bawah.

2. Mint

Salah satu aplikasi modern yang banyak sekali fitur bermanfaat untuk mengatur keuangan rumah tangga yaitu aplikasi Mint. Aplikasi ini sangat cocok untuk orang yang malas menghitung pengeluaran mandiri karena fiturnya lumayan lengkap.

Fitur tersebut seperti memberikan notifikasi apabila sudah menggunakan budget diluar rencana. Bahkan pemberitahuan tagihan yang perlu dibayarkan sesuai dengan tanggal yang dimasukkan.

Selain daripada itu, terdapat grafik sebagai evaluasi pengeluaran tiap bulan. Juga saran yang cukup membantu untuk mengontrol anggaran. Mana yang perlu dikurangi agar kelebihannya bisa dialihkan pada keperluan lain.

3. UangKu

Selanjutnya ada aplikasi mengatur keuangan rumah tangga yang tidak kalah bagus. Pengguna perlu memasukkan target tabungan yang ingin dicapai sebelum menggunakan.

Dengan begitu aplikasi akan otomatis memberikan saran berapa besaran pendapatan yang dihasilkan serta dana pengeluaran maksimal. Untuk pembagian kategori bisa diatur sendiri sesuai keinginan.

Aplikasi ini termasuk keren dimana sudah bisa terhubung ke beberapa sosial media, sehingga dapat berbelanja secara langsung. Begitupun pembayarannya. Jadi semua aktivitas pengeluaran online akan tercatat dengan baik kecuali yang offline.

Kelebihan lain yang amat menguntungkan yaitu tersedianya uang kembali jika pesanan tak kunjung datang. Pun tidak usah mengirimkan bukti transfer sebab sudah terbaca otomatis.

4. Andromoney

Tampilan dari aplikasi mengatur keuangan rumah tangga Andromoney memang  sederhana. Akan tetapi, fiturnya lumayan lengkap seperti,

  • Dapat menautkan dengan akun transfer.
  • Penyimpanan awan ke Cloud, Google Drive, dan Dropbox.
  • Membuat kategori secara terpisah misal budget makan, hiburan, travelling, dan lainnya.
  • Terdapat kata kunci sebagai keamanan.
  • Tersedia grafik pengeluaran per bulan.
  • Dapat menghitung pengeluaran secara rinci.

Sangat membantu pengunduh untuk mengatur keuangan. Hanya saja, masih dalam Bahasa Inggris dan belum tersedia terjemahan. Mungkin itu menjadi salah satu kekurangan yang cukup mengganggu karena tidak semua orang memahaminya. Juga tidak bisa dikirim ke Excel.

Selebihnya cukup bagus untuk sebuah aplikasi gratis. Apalagi sudah mendapat rating 4,8 dari 5 di Play Store. Informasi tambahan, disarankan untuk tidak menautkan akun bank untuk menjaga keamanan.

5. Money Lover

Tidak usah diragukan bagaimana bagusnya aplikasi satu ini. Hal ini terbukti dari penghargaan yang sudah diperolehnya pada tahun 2016 dan 2017 lalu dengan kategori yang beragam.

Pasalnya fitur yang ditawarkan memang lengkap seperti fitur budget untuk tiap kategori kebutuhan, tabungan, events, dan lainnya. Keunggulan lain dari fiturnya yaitu:

  • Terdapat laporan berupa grafik yang mudah dipahami.
  • Pemantauan serta pengingat jika telah jatuh tempo pembayaran baik keperluan sehari-hari atau hutang.
  • Tersedia perubahan mode yang khusus untuk mencatat pengeluaran selama liburan.
  • Dapat disimpan pada penyimpanan awan secara online.
  • Mudah dibagikan melalui sosial media.
  • Adanya ikon unik nan cantik untuk setiap kategori yang dibuat.

Untuk mendapatkan antarmuka seperti akses via web, dapat tertaut di beberapa perangkat, tanpa iklan, mengelola kartu kredit, dan lainnya diperlukan pembelian dalam aplikasi. Pembelian tersebut berlaku untuk seumur hidup serta bisa secara terpisah per itemnya sesuai keperluan. Harganya mulai dari 3000 hingga 520 ribu.

6. Wallet

Aplikasi mengatur keuangan rumah tangga dengan rating 4,9 ini wajib banget dicoba. Apalagi sudah bersertifikat eTrust, sehingga aman ketika menautkan akun bank. Wallet dapat memberikan laporan keuangan secara detail menggunakan grafik serta memberikan saran dari kondisi keuangan berdasarkan rekening yang tertaut.

Selain bisa membantu dalam perencanaan keuangan di masa depan, aplikasi keuangan ini bisa digunakan untuk mengatur serta membaca tautan rekening bersama. Pengguna dapat membaginya dengan limit pemakaian tiap orang. Fitur lainnya yang dapat dirasakan ada:

  • Tersedia untuk beberapa mata uang.
  • Sinkronisasi secara otomatis ke penyimpanan awan.
  • Dapat melacak tanda terima serta garansi pembelian.
  • Terdapat kategori dengan template yang menarik.
  • Grafik transaksi.
  • Bisa menambahkan tagar agar memudahkan pencarian.
  • Bisa dikirim dengan format CSV dan PDF.
  • Tersedia fitur untuk membuat daftar belanja.
  • Keamanan dengan PIN, notifikasi, pengaturan hutang, dan lainnya.

7. Manajemen Keuangan

Aplikasi pencatat keuangan yang bisa menjadi pilihan lain yakni Manajemen Keuangan. Aplikasi rilisan HG Group Inc. ini masih tergolong baru, tetapi pengunduhnya sudah mencapai 1 juta lebih dengan rating 4,8 di Play Store.

Tidak berbeda jauh dengan aplikasi sebelumnya, Manajemen Keuangan juga mempunyai fitur untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan, merencanakan anggaran. Juga grafik yang mudah dipahami, backup, dan lainnya.

Keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini adalah tersedia antarmuka pencarian, detail kategori, menghitung saldo, dan mengubah warna tampilan. Tergolong aplikasi dengan interface yang sederhana.

Sayangnya terdapat iklan di aplikasi setiap kali mengaksesnya untuk versi gratis. Apabila ingin penggunaan yang lebih nyaman, maka disarankan untuk mengupgrade ke dalam versi VIP dan berbayar.

Tidak mahal, hanya 21 ribu sampai 200 ribu saja per itemnya. Silahkan putuskan sesuai kepentingan saja sebelum membeli.

Apakah beberapa aplikasi mengatur keuangan rumah tangga yang direkomendasikan sudah pernah dicoba? Sebenarnya aplikasi seperti ini penting untuk diunduh dengan tujuan membantu perencanaan keuangan agar teratur. Pasalnya orang seringkali lupa dan tidak sadar bahwa sudah menghabiskan banyak pengeluaran.

Tak sedikit orang khususnya anak muda yang hidup tanpa perencanaan, tanpa tabungan dan tanpa uang darurat. Padahal hal tersebut perlu diperhatikan jika ingin aman dalam keuangan. Dengan perencanaan, setiap pengguna bisa melakukan evaluasi pengeluaran serta pendapatan.

Apakah diperlukan pemangkasan atau justru menambah sumber penghasilan. Seperti membangun usaha sampingan, investasi saham, deposit dan sebagainya. Ada banyak cara untuk mencapai freedom income yang dimulai dari mengaturnya terlebih dahulu.