free page hit counter

Penyebab Livin by Mandiri Login Gagal dan Cara Mengatasinya

Artikel diperbarui pada 14 September 2022.

Para nasabah Mandiri pasti sudah mengetahui bahwa Livin by Mandiri biru sudah tidak digunakan lagi dan dialihkan ke New Livin Mandiri kuning. Tentunya, New Livin Mandiri memiliki banyak keuntungan, salah satunya nasabah bisa melakukan transaksi tarik tunai tanpa kartu. Sayangnya, beberapa nasabah seringkali mengeluh karena Livin by Mandiri login gagal setiap kali digunakan.

Tentunya, hal ini menjadi suatu masalah karena nasabah kesulitan untuk melakukan berbagai macam transaksi. Sebenarnya, apa penyebab Livin by Mandiri login gagal? Bagaimana cara mengatasi New Livin Mandiri yang tidak bisa login tersebut?

Yuk, simak ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi New Livin by Mandiri yang tidak bisa login berikut.

Aplikasi Livin by Mandiri Tidak Bisa Login di iOS 16

Livin by Mandiri merupakan salah satu aplikasi mobile banking resmi milik Bank Mandiri yang digunakan untuk mempermudah nasabah dalam mendapatkan layanan perbankan online.

Baru-baru ini, para pengguna aplikasi Livin by Mandiri banyak yang mengeluh di Twitter lantaran tidak bisa membuka atau login ke mobile banking tersebut via iOS 16.

Bank Mandiri menanggapi keluhan para nasabahnya dengan mengatakan bahwa aplikasi New Livin Mandiri masih belum mendukung iOS 16 secara optimal.

Namun, di sisi lain, banyak pula nasabah yang mengeluh sulit login ke aplikasi Livin by Mandiri, walaupun tidak menggunakan iOS 16.

Hal itu mungkin terjadi karena ada beberapa hal yang menjadi penyebab Livin by Mandiri tidak bisa login. Supaya tahu apa saja penyebabnya, kamu bisa melanjutkan membacanya di bawah, ya.

 

Penyebab Livin by Mandiri Tidak Bisa Login

Ada beberapa penyebab yang membuat Livin by Mandiri tidak bisa login, yaitu:

#1. Koneksi Internet Buruk

Koneksi internet yang buruk seringkali menjadi penyebab Livin by Mandiri tidak bisa login. Sebab, mobile banking membutuhkan akses internet yang bagus, supaya proses transaksi yang kamu lakukan dapat berjalan optimal.

Jika saat itu koneksi internet di tempatmu berada sedang buruk, ada baiknya untuk tidak melanjutkan transaksi, ya. Tunggu sampai koneksi internet kembali stabil, sehingga kamu bisa mencobanya kembali.

Kalau setelah koneksi internet stabil dan kamu berhasil login ke Livin by Mandiri, maka dapat dikatakan bahwa inilah yang menjadi penyebab kamu tidak bisa login ke mobile banking tersebut.

#2. Salah Memasukkan Username dan Password

Penyebab Livin by Mandiri login gagal bisa terjadi karena kelalaian dan kesalahan kamu sendiri. Salah satunya ketika sedang memasukkan username dan password. Pasalnya, kalau salah satu diantara kedua hal itu ada yang keliru, maka secara otomatis kamu tidak akan bisa login ke Livin by Mandiri.

#3. Terlalu Banyak Cache

Perlu kamu tahu bahwa cache atau sampah yang menumpuk terlalu banyak bisa membuatmu tidak masuk ke dalam aplikasi Livin by Mandiri. Hal ini kerap terjadi tanpa kamu sadari, sehingga jarang ada pengguna yang mengecek cache aplikasi. Oleh karena itu, ada baiknya sampah atau cache aplikasi rutin dibersihkan supaya tidak ada lagi kendala login gagal ke Livin by Mandiri.

#4. Perangkat Yang Kamu Gunakan Tidak Mendukung

Penyebab aplikasi Livin by Mandiri tidak bisa login pun dapat terjadi karena perangkat yang nge-hang atau tidak mendukung.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, banyak para pengguna Livin by Mandiri mengeluh karena tidak bisa membuka aplikasi di iPhone 16. Padahal, aplikasi New Livin Mandiri memang belum berjalan optimal di iOS 16, sehingga para pengguna akan terkendala masalah sulit login.

#5. Terjadi Maintenance Pada Sistem

Maintenance sering terjadi saat suatu aplikasi tengah mengalami pembaharuan atau update ke versi terbaru. Kalau kamu tidak bisa login ke Livin by Mandiri karena masalah ini, maka tidak perlu khawatir dan bisa menunggu selama beberapa saat. Biasanya, proses maintenance sistem tidak akan berlangsung lama dan dapat selesai hanya dalam beberapa jam saja.

Cara Mengatasi New Livin Mandiri Tidak Bisa Login

Setelah mengetahui beberapa penyebab Livin By Mandiri login gagal, kini saatnya kamu mencari tahu cara mengatasi New Livin Mandiri tidak bisa login, yaitu:

#1. Periksa Koneksi Internet Yang Kamu Gunakan

Cara mengatasi New Livin Mandiri tidak bisa login pertama dapat kamu lakukan dengan memeriksa kecepatan koneksi internet yang digunakan. Kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Speed Test, ya.

Apabila disana kecepatan internetnya terjadi kelambatan, maka dapat disimpulkan bahwa itulah alasan dari sulitnya login ke New Livin Mandiri. Untuk itu, kamu bisa mencoba untuk mengganti jaringan yang digunakan dengan Wifi rumah, paket data dari operator lain, maupun teathering sebentar ke teman.

#2. Cek Username serta Password dan Pastikan Sudah Benar

Kalau masalah login gagal terjadi karena kesalahan saat input username dan password, kamu bisa mengeceknya dulu, kemudian login dengan username serta password yang benar.

Biar mudah, kamu dapat mengaktifkan fitur login dengan sidik jari, sehingga masalah gagal login karena kesalahan input username dan password pun tidak akan terjadi lagi.

#3. Tunggu Proses Maintenance Sampai Selesai

Cara mengatasi Livin by Mandiri Login gagal karena proses maintenance sistem yang bisa kamu lakukan satu-satunya adalah menunggu sampai selesai. Secara umum, proses maintenance akan berlangsung kurang dari 24 jam. Sehingga, kamu bisa mengeceknya secara berkala supaya tahu proses maintenance sudah selesai atau belum.

#4. Bersihkan Cache dalam Aplikasi

Jika penyebab New Livin Mandiri tidak bisa login karena cache, kamu harus membersihkan cache tersebut dari aplikasi.

Adapun cara membersihkan cache dalam aplikasi New Livin Mandiri yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut.

  • Silakan buka menu “Pengaturan” atau “Setting” yang ada di HP masing-masing.
  • Klik “Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi”.
  • Pilih aplikasi “New Livin by Mandiri” dan klik “Penyimpanan”.
  • Klik “Hapus Data” serta “Bersihkan Cache”.

Kalau sudah, kamu bisa mengeceknya kembali ke aplikasi New Livin by Mandiri, apakah sekarang sudah bisa login atau masih belum.

#5. Restart HP atau Ganti Perangkat

Jika masalah sulit login ke dalam Livin by Mandiri karena HP nge-hang, kamu bisa melakukan restart HP terlebih dahulu. Namun, jika penyebab yang muncul karena perangkat sudah tidak mendukung, kamu bisa upgrade perangkat ke versi baru atau menggantinya dengan perangkat lain.

Apabila permasalahan Livin by Mandiri login gagal terjadi pada iPhone 16, kamu bisa melakukan downgrade ke versi iOS 15.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi New Livin by Mandiri login gagal yang dapat kamu lakukan. Apabila cara-cara diatas masih saja tidak bisa mengatasi masalah “tidak bisa login”, kamu bisa hubungi Call Center bank Mandiri di 14000. Selain itu, masih ada alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk transaksi, seperti Mandiri ATM maupun Mandiri USSD *141*6# tanpa ada gangguan.