free page hit counter
cara pakai aplikasi zenly

Ketahui Cara Pakai Aplikasi Zenly Dan Juga Resikonya

Mungkin pengguna pernah mendengar dengan aplikasi yang dinamakan Zenly. Jika benar, maka mungkin pengguna juga sudah paham dengan fungsi dari aplikasi tersebut. Tapi bagi yang tidak paham, akan disebutkan cara pakai aplikasi Zenly untuk dipraktekkan.

Zenly sendiri merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak keberadaan seseorang dengan menggunakan GPS di dalamnya. Aplikasi ini memang sepertinya sangat membantu bagi sebagian orang. Hanya saja aplikasi seperti ini tak luput untuk disalah gunakan.

Karena itu selain akan diuraikan bagaimana cara menggunakannya, akan disebutkan juga beberapa tips dan bahayanya aplikasi ini. Sebab aplikasi ini sangatlah rawan. Agar mendapatkan gambaran lebih jelas, berikut ulasannya:

Sekilas Tentang Zenly

Poin terbesar dari aplikasi ini sebelumnya sudah disebutkan, yakni dapat digunakan untuk melacak nomor seseorang. Namun pelacakan ini harus dilakukan dengan sama-sama sadar karena mengharuskan kedua aplikasi dari dua ponsel terhubung. Jadi tidak bisa jika hanya menggunakan satu aplikasi di satu ponsel saja.

Selain untuk mengetahui posisi seseorang, Zenly juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk melakukan perpesanan. Bahkan ada beragam emoji yang akan mampu mengekspresikan perpesanan tersebut. Selain itu, Zenly juga memiliki fitur yang berhubungan dengan baterai.

Jika pengguna melacak seseorang, maka pengguna bisa tahu keadaan baterai tersebut apalagi saat baterai sedang lowbat. Lebih canggih lagi aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi jika ponsel tengah di charger. Hanya saja, jangan sampai digunakan untuk kejahatan karena itu adalah pelanggaran.

Apakah Fitur Zenly Hanya itu Saja?

Mungkin pengguna masih menanyakan apakah fitur di aplikasi Zenly hanya tiga macam seperti yang telah disebutkan. Padahal ada juga fitur lain yang akan sangat bermanfaat. Namun untuk pengguna beberapa fitur ini alangkah baiknya untuk lebih waspada.

1. Menambahkan Teman

Salah satu fitur yang bagus namun sangat berbahaya adalah fitur menambahkan teman. Jika pengguna hanya saling berhubungan dengan teman terdekat mungkin itu tak masalah. Namun berbeda jika berteman dengan orang luar yang bahkan tidak dikenal.

Sebab itu jika ada orang asing meminta berteman, atau bahkan meminta akses lacak pengguna bisa waspada akan hal ini. Bukan tidak mungkin jika orang tersebut tengah berniat jahat. Karenanya pengguna fitur ini lebih disaring lagi dan lebih waspada.

2. Mode Hantu

Memang sebelum tahu bagaimana cara pakai aplikasi Zenly alangkah baiknya jika tahu seluk beluk tentang aplikasi Zenly ini. Jadi karena developer juga sepertinya paham jika bisa saja aplikasi tersebut disalahgunakan orang yang tak bertanggung jawab, maka disediakan fitur mode hantu ini.

Jika mengaktifkan mode ini, maka pengguna tidak akan bisa dilacak keberadaannya. Bahkan pengguna juga bisa memasukkan beberapa orang tertentu saja yang masuk pada list ini. Dengan begitu, pengguna bisa terbebas dari orang-orang yang terus memantau tanpa kenal waktu.

Untuk mode ini ada tiga jenis yang bisa digunakan. Di antaranya adalah mode hantu yang pertama yakni lokasi tepat. Sedang mode kedua adalah lokasi kabur dan mode ketiga adalah membekukan lokasi sehingga lokasi pengguna saat ini tidak akan terlacak sama sekali.

Cara Mengoperasikan Zenly

Pada pembahasan utama kali ini adalah tentang bagaimana cara pakai aplikasi Zenly yang bisa pengguna lakukan. Untuk melacak, pengguna tentu harus sudah memiliki izin dari kekasih atau keluarga yang akan dilacak. Tentunya hal ini memang harus dilakukan karena harus sama-sama memiliki aplikasi.

  • Langkah pertama, pengguna bisa unduh terlebih dahulu aplikasi Zenly, di market app android ataupun iPhone.
  • Jika sudah maka pengguna bisa pasang aplikasi dan mulai buka aplikasi tersebut untuk dapat mengoperasikannya.
  • Klik daftar dan klik terima pada kolom yang berwarna pink, setelah itu masukkan nama pengguna, jika sudah tinggal klik panah warna pink.
  • Pada tampilan selanjutnya, akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir, bulan hingga tahun secara detail detail, jika sudah klik panah berwarna pink lagi.
  • Selanjutnya adalah pengguna harus memasukkan nomor hp sesuai dengan kode negara yang tentunya nomor masih aktif.
  • Pengguna masih perlu menunggu nomor tersebut diverifikasi oleh pihak Zenly.
  • Jika tidak berhasil, maka pengguna bisa melakukan verifikasi tersebut secara manual dengan memasukkan kode yang sebelumnya sudah dikirim melalui SMS nomor tersebut.
  • Kalau sudah, pengguna bisa klik opsi cari dan izinkan Zenly mengakses lokasi saat itu.
  • Jika sudah, maka pengguna bisa klik beberapa teman dan berikan Zenly izin untuk mengakses kontak.
  • Jika ada halaman yang mengharuskan pengguna mengundang teman, maka pengguna bisa lewatkan saja halaman tersebut.
  • Pada bagian profil, pengguna bisa mengubahnya dengan foto yang tentu bisa pengguna sesuaikan.
  • Bila pengguna ingin melacak keberadaan seseorang, maka pengguna harus klik undang teman lalu klik pencarian.
  • Cari nama teman atau kekasih tersebut, jika ternyata tidak ditemukan maka bisa meminta teman atau kekasih tersebut untuk mengunduh aplikasi Zenly.
  • Jika si teman tersebut sudah memberikan akses pada pengguna, maka keduanya bisa saling berhubungan atau bisa saling melacak posisi masing-masing.
  • Namun meski begitu pengguna juga bisa mengaktifkan mode hantu jika merasa terganggu keberadaannya selalu dilacak.

Apakah Aplikasi Zenly Aman Digunakan? Dan apa Saja Resikonya

Jika ditanya aman atau tidak, maka aplikasi ini terbilang tidak aman meski memiliki fitur yang sangat membantu untuk melacak seseorang. Karena fitur tersebut juga beberapa orang menggunakannya untuk tindak kejahatan, sehingga penggunaannya harus lebih diperhatikan resikonya berikut ini:

1. Dilacak Orang Lain

Jika pengguna mengunduh aplikasi tersebut, maka dengan kata lain orang baru juga bisa mengajak berteman. Tak menutup kemungkinan jika ternyata orang baru tersebut memiliki niat jahat. Sehingga ingin menggunakan akses melacak tersebut untuk melancarkan kejahatannya.

Sehingga Zenly juga sudah mengantisipasi akan hal itu dan melengkapi dengan fitur bernama stranger danger. Dengan fitur tersebut nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi jika ada orang asing yang ingin melacak keberadaan pengguna. Hanya saja kehati-hatian harus lebih diketatkan lagi.

Jika ternyata pengguna sama sekali tidak mengunduh aplikasi tersebut namun di smartphone menyimpannya, maka pengguna bisa sesegera mungkin untuk menghapusnya. Jika seperti itu, ada kemungkinan orang terdekat sedang melacak secara sembunyi-sembunyi. Tentu pengguna juga harus waspada akan hal ini juga.

2. Tertular Virus Malware

Selain resiko yang telah disebutkan, ada juga resiko lain yang tak kalah berbahaya, yakni aplikasi seperti ini bisa menularkan virus atau malware pada ponsel. Untuk mengatasi ini pengguna harus mengunduh anti virus tambahan. Tentunya agar penggunaan aplikasi ini semakin aman.

Demikian adalah pembahasan sekilas tentang aplikasi Zenly yang bisa pengguna ketahui dan pelajari. Sudah disebutkan juga cara pakai aplikasi Zenly yang bisa pengguna coba gunakan. Untuk penggunaannya sendiri cukup mudah, hanya saja perlu menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya.

Namun sudah disebutkan juga tentang resiko yang kemungkinan akan terjadi bila menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga sebelum menggunakan aplikasi Zenly, lebih baik pikirkan resikonya terlihat dahulu. Jika sudah mantap, maka tidak ada yang bisa mencegah penggunaan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi Zenly.