free page hit counter
cara menggunakan aplikasi terabox untuk android

Ketahui Cara Menggunakan Aplikasi Terabox Untuk Android

Kadang memori penyimpanan perangkat pada smartphone tidak dapat mengakomodasi data yang disimpan. Karena itu, para pengguna perlu menggunakan aplikasi penyimpanan awan seperti Terabox. Ada cara menggunakan aplikasi Terabox untuk Android untuk para pengguna yang memiliki penyimpanan memori terbatas.

Dengan menggunakan aplikasi ini, para pengguna bisa menyimpan lebih banyak data dan file. Bahkan, bisa melakukan pencadangan file dan data secara menyeluruh dari dalam smartphone. Jadi, para pengguna tidak hanya bisa menyimpan lebih banyak data namun juga mengamankannya dan memperluas aksesnya.

Cari Tahu Tentang Aplikasi Terabox

Sebelum mengetahui tentang cara menggunakan aplikasi terabox untuk Android. Para pengguna harus mengetahui terlebih dahulu. Apa sebenarnya aplikasi Terabox itu sendiri.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Terabox adalah aplikasi penyimpanan awan yang dapat digunakan pada smartphone dengan sistem Android. Sebenarnya cara menggunakan aplikasi Terabox tidak hanya terbatas pada sistem operasi Android saja.

Aplikasi penyimpanan awan satu ini bisa digunakan pada berbagai sistem operasi yang ada di smartphone. Bahkan, para pengguna bisa memasangnya pada perangkat komputer seperti laptop dengan menyesuaikan versinya.

Keunggulan dari aplikasi penyimpanan ini dibandingkan aplikasi sejenisnya adalah kapasitasnya yang super bekas. Bahkan, setiap para pengguna membuka akun Terabox, secara otomatis akan mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 1TB.

Aplikasi satu ini lengkap dengan berbagai fitur yang menunjang proses penyimpanan dan  keamanan. Seperti, back up otomatis, menambah kapasitas penyimpanan, dan akses yang luas dari berbagai perangkat sekaligus.

Cara Menggunakan Aplikasi Terabox untuk Android

Tidak seperti sistem operasi smartphone yang lainnya, Android tidak memiliki aplikasi yang spesifik sebagai penyimpanan awan. Karena itu, cukup sulit untuk menentukan aplikasi apa yang tepat untuk digunakan pada smartphone Android.

Terabox bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi ini dipastikan kompatibel untuk berbagai versi Android dan juga tidak akan membebani sistem. Pada versi Android sendiri, para pengguna akan merasakan kemudahan sinkornasi data dengan aplikasi pada smartphone.

Namun, perlu diakui penggunaan Terabox belum terlalu luas bahkan ada orang yang tidak mengetahui cara menggunakan aplikasi Terabox untuk Android. Karena itu, berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengaktifkan dan memanfaatkan aplikasi satu ini:

1. Cara Memasang Terabox pada Smartphone Android

Cara menggunakan aplikasi Terabox untuk Android yang pertama, tentu saja cara untuk memasangnya pada smartphone Android. Para pengguna tenang saja, karena aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari toko aplikasi.

Jadi, para pengguna bisa memasangnya dengan cara biasa tanpa perlu melakukan modifikasi akses pada smartphone. Berikut adalah cara memasang aplikasi Terabox pada smartphone sistem Android.

  • Buka toko aplikasi resmi yang ada di smartphone Android.
  • Ketikkan aplikasi Terabox pada kolom pencarian.
  • Setelah itu, download dan install aplikasi Terabox pada smartphone.
  • Setelah proses install berhasil, langsung buka aplikasi Terabox.
  • Buat akun pada aplikasi agar lebih mudah melakukan sinkronasi. Akun bisa dibuat berdasarkan nomor telepon atau email.
  • Lakukan verifikasi pada akun agar akun bisa langsung digunakan.
  • Setelah akun berhasil dibuat, para pengguna sudah bisa memanfaatkan dan menggunakan aplikasi Terabox sesuai dengan kebutuhan.

Untuk para pengguna yang ingin membuat akun dengan menggunakan email, lebih baik untuk menggunakan email yang sama dengan sinkornasi pada smartphone. Dengan begitu, akan memudahkan aplikasi dalam menyesuaikan dengan data yang ada.

2. Cara Upload File di Aplikasi Terabox

Cara menggunakan aplikasi Terabox Android selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengupload file pada aplikasi. Setelah terpasang, para pengguna bisa langsung memanfaatkan aplikasi ini.

Para pengguna bisa langsung memasukkan file yang ingin disimpan pada Terabox sebelum menghapusnya dari memori internal smartphone. Berikut adalah langkah cara untuk upload file dari smartphone ke aplikasi Terabox:

  • Buka aplikasi Terabox yang sudah terpasang di smartphone.
  • Pastikan akun Terabox sudah login pada akun yang sesuai dan yang memang ingin diakses.
  • Kemudian, pada tampilan utama aplikasi pilih opsi ‘Upload File’.
  • Lanjutkan dengan opsi ‘Pilih File’ agar para pengguna bisa menentukan file yang ingin disimpan pada aplikasi.
  • Tampilan layar akan beralih pada tampilan File Manager agar para pengguna bisa mengakses isi file yang ada di smartphone.
  • Setelah itu, para pengguna bisa memilih file atau data mana yang akan diupload pada aplikasi.
  • Tekan tombol ‘Upload’ untuk memulai proses unggah.
  • Setelah proses selesai, maka file dan data yang dipilih sudah masuk ke dalam akun Terabox.

Setelah file berada di aplikasi, para pengguna bisa menghapus file yang ada di memori smartphone. File bisa dikembalikan lagi dengan cara mendownload ulang file yang sudah diunggah. Jadi para pengguna tidak akan kehilangan file dan datanya.

Para pengguna juga tidak perlu mengunggah data yang diinginkan satu per satu. Para pengguna bisa melakukan upload sekaligus dengan mencentang beberapa file agar bisa diupload dalam waktu yang bersamaan.

Untuk kecepatan upload dan pencadangan sendiri disesuaikan dengan kecepatan internet yang ada. Serta, kertersediaan ruang yang tersisa pada aplikasi Terabox.

3. Cara Mengaktifkan Pencadangan Foto Otomatis pada Aplikasi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu keunggulan dari aplikasi Terabox ini adalah melakukan pencadangan foto dan jenis file lainnya pada smartphone. Karena itu, selanjutnya akan dibahas cara menggunakan aplikasi Terabox untuk Android untuk pencadangan.

Utamanya adalah pencadangan foto yang memang ada fitur otomatisnya. Dengan fitur ini, para pengguna tidak akan kehilangan foto-foto. Sekalipun para pengguna ganti perangkat, file foto ini tetap bisa diakses dengan mudah. Berikut adalah langkahnya :

  • Sebelum membuka aplikasi, pastikan email yang digunakan untuk login aplikasi sama dengan email sinkronasi pada smartphone.
  • Lakukan sinkronasi antara memori smartphone dan juga aplikasi Terabox melalui Pengaturan smartphone.
  • Buka aplikasi Terabox yang sudah terpasang di smartphone.
  • Pastikan akun Terabox sudah login pada akun yang sesuai dan yang memang ingin diakses.
  • Masuk ke ‘Settings’ yang ada di tampilan utama Terabox.
  • Masuk ke menu ‘Pencadangan’ atau ‘Back Up’ pada pilihan yang tersedia.
  • Pilih opsi ‘Aktifkan Pencadangan Otomatis’ pada tampilan layar pengaturan back up.
  • Pilih folder foto sebagai sasaran proses pencadangan otomatis yang akan dilakukan.
  • Setelah itu, proses pencadangan akan dimulai dan para pengguna harus menunggu sampai selesai.
  • Setelah proses selesai, maka setiap foto yang ada pada folder yang sudah dipilih berhasil dicadangkan para aplikasi Terabox.

Usai melakukan cara di atas, maka setiap ada foto baru yang masuk ke smartphone para pengguna, secara otomatis akan langsung dicadangkan oleh Terabox. Dengan begitu para pengguna tidak perlu melakukan pencadangan berulang kali.

Karena pencadangan akan berjalan secara otomatis pada aplikasi. Jika para pengguna tidak sengaja menghapus salah satu foto pada folder, maka, foto tersebut masih bisa ditemukan pada aplikasi Terabox.

Itulah cara menggunakan aplikasi Terabox untuk Android. Mulai dari cara membuat akun, upload file, sampai mencadangkan file. Dengan aplikasi ini, para pengguna Android bisa memiliki ruang penyimpanan besar dan akses yang lebih mudah.