free page hit counter
jasa pembuatan aplikasi seperti tokopedia

Berapa Jasa Pembuatan Aplikasi Seperti Tokopedia?

Perkembangan marketplace sebagai sarana berbelanja sangat masif selama satu dekade terakhir. Wajar, jasa pembuatan aplikasi seperti Tokopedia hadir untuk menjawab kebutuhan para pebisnis yang tertarik membuat platform serupa. Ditangani oleh para ahli dalam bidangnya, tidak perlu lagi pusing memikirkan aplikasi.

Bagi pelaku bisnis yang ingin memiliki aplikasi marketplace-nya sendiri, perlu mengetahui terlebih dahulu apa aspek yang wajib ada. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan bisa mengarahkan pembuatan aplikasi menjadi lebih terarah dan fokus, untuk menghindari revisi berulang.

Perjalanan untuk memulai sebuah bisnis tidak pendek, terlebih jika mengandalkan penggunaan sebuah platform. Namun, hal ini jangan menjadi halangan untuk mencoba. Sebab, kini pelaku usaha bisa mengandalkan jasa pembuat aplikasi.

Apa Saja yang Dibutuhkan Dalam Aplikasi E-commerce

Dalam merancang aplikasi, perlu ada perencanaan matang yang disesuaikan dengan target pasar dan capaian yang diharapkan oleh pelaku usaha. Sebelummya, berikut adalah hal-hal yang diperlukan dalam sebuah aplikasi:

1. Fitur Mobile yang Ramah Ponsel

Sebuah aplikasi wajib dibekali dengan fitur yang tidak hanya fungsional, namun juga ramah terhadap ponsel. Dalam artian, tidak banyak membebani perangkat, berjalan dengan lancar, dan mudah untuk dipahami pengguna. Sehingga bisa menyasar lebih banyak pengguna smartphone.

2. Membuat Halaman yang Rapi

Pastikan terdapat halaman yang dapat diakses untuk aktivitas transaksi. Pengguna tentu lebih menyukai halaman aplikasi yang sederhana namun lengkap dan responsif. Perhatikan pihak yang memberikan jasa pembuatan aplikasi seperti Tokopedia. Tentunya memerlukan tim yang berpengalaman dalam bidang desain UI.

Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Pembuatan Aplikasi Seperti Tokopedia?

Tidak banyak orang yang memiliki kapasitas untuk merancang aplikasi sendiri. Apalagi aplikasi yang berkualitas tinggi baik dari segi fungsi, tampilan, hingga penggunaan jangka panjangnya. Untuk itulah, pemilik usaha yang ingin mengembangkan e-commerce dapat menggunakan jasa pembuatan aplikasi. Berikut beragam manfaat yang bisa didapatkan:

1. Ditangani Langsung Oleh Pihak Profesional

Dengan menggunakan layanan pembuat aplikasi yang terpercaya, tentu proses pembuatan aplikasinya akan ditangani secara profesional. Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Terlebih dahulu lakukan riset untuk mengamati kualitas dari jasa tersebut.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Melihat sebuah e-commerce, tentu belum cukup dengan adanya website saja. Pasalnya, saat ini banyak orang lebih memilih menggunakan aplikasi karena kepraktisannya. Dengan menggunakan jasa untuk membuat aplikasi yang menarik dan fungsional, tentu kepercayaan konsumen dapat meningkat seiring waktu.

3. Menambah Engagement

Manfaat lainnya dari kehadiran aplikasi yaitu menambah engagement (keterlibatan) dari penggunanya. Dengan merancang aplikasi yang dilengkapi pengaturan memadai, pengguna bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Misalnya ingin membeli barang dari provinsi tertentu, menentukan rentang harga, hingga memilih toko yang penilaiannya tinggi. Keterlibatan sangat penting dalam sebuah e-commerce. Dengan kualitas aplikasi yang bagus hasil buatan jasa terpercaya, penilaian di toko aplikasi tentu juga positif.

4. Memperkuat Daya Persaingan

Saat ini, semakin banyak bisnis e-commerce hadir dalam bentuk aplikasi. Di sinilah peran jasa pembuatan aplikasi seperti Tokopedia teramat penting. Tergantung dengan bagaimana hasil aplikasinya, potensi untuk bersaing di tengah ramainya e-commerce lain semakin tinggi. Media Pemasaran yang Efektif

Bukan saja menambah keterlibatan penggunanya, keberadaan aplikasi yang berkualitas juga efektif sebagai media pemasaran. Pelaku usaha bisa meminta jasa pembuat aplikasi untuk menambahkan fitur yang lengkap, memberikan informasi penting dan promo menarik. Sehingga bisa terus terhubung dengan konsumen bahkan menjaring banyak pengguna baru.

5. Bisa Meraih Keuntungan Melalui Google

Meminta jasa pembuatan aplikasi seperti Tokopedia juga berpotensi meningkatkan pemasukan. Sebab, aplikasi akan masuk menuju Play Store. Jika banyak yang mengunduh aplikasinya, kesempatan untuk mendapatkan iklan bertambah besar. Dari sini keuntungan bisa didapatkan.

Fitur yang Wajib Ada

Di Indonesia, tercatat hingga 370 juta pengguna memakai smartphone untuk berbelanja di e-commerce. Untuk itu, wajib mempersiapkan fitur strategis dan responsif sehingga dapat menjawab kebutuhan pengguna. Konsultasikan dengan jasa pembuatan aplikasi seperti Tokopedia tentang fitur-fiturnya. Berikut ini beberapa fitur yang sebaiknya ada dalam aplikasi:

  • Dibutuhkan untuk memasukkan pengguna baru ke aplikasi e-commerce. Sebelum melakukan transaksi apa pun, login merupakan hal wajib. Pastikan tombol login jelas, dipisahkan dengan halaman registrasi, serta bisa melalui media sosial.
  • Pencarian produk. Ini merupakan bagian terpenting karena digunakan pengguna untuk mencari produk.
  • Detail produk. Setelah pengguna menemukan barang yang diinginkannya, tentu banyak yang ingin tahu lebih lanjut seputar produknya. Siapkan halaman detail agar pengguna bisa membaca informasi lebih rinci terkait produk tersebut.
  • Keranjang belanja. Disebut juga dengan cart, ini merupakan tempat pengguna meletakkan barang yang diinginkannya sebelum membayar.
  • Dibutuhkan bagi pengguna yang menginginkan sebuah barang namun baru bisa membelinya di masa mendatang. Fitur ini bisa menyimpan barang-barang tersebut tanpa perlu mencarinya lagi.
  • Review dan rating. Setiap pelanggan tentu berhak memberikan review serta rating yang jujur tentang produk yang dibelinya. Bagian ini penting bagi penjual untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan yang hendak membeli.
  • Prediksi terkait ongkos kirim. Fitur ini bisa membantu calon pembeli memperkirakan biaya yang perlu disiapkannya untuk membeli sebuah produk.
  • Produk yang terkait. Memudahkan pengguna untuk mencari produk dengan kategori serupa, jika misalnya belum cocok atau membutuhkan referensi lebih.
  • Halaman promo. Paling banyak dicari oleh pengguna, karena bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkannya.

Biaya Menggunakan Jasa Pembuatan Aplikasi Seperti Tokopedia

Banyak pertimbangan yang perlu dilakukan oleh pemilik usaha sebelum memutuskan untuk memilih jasa yang tepat. Sebab, setiap jasa memberikan hasil dan biaya yang berbeda-beda. Estimasi biaya paling standar untuk membuat aplikasi umumnya dimulai dari 50 juta.

Namun untuk lebih lengkapnya bisa mencapai 100 juta, bahkan ada yang menginjak 500 juta. Tentunya biaya tersebut juga disesuaikan dengan kebutuhan dan target dari pelaku usaha. Untuk itu, wajib berkonsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nilai tersebut merupakan investasi untuk penggunaan jangka panjang. Terlebih, pada masa tertentu akan ada pembaruan yang dilakukan. Seperti aplikasi pada umumnya, tentu ada pembaruan rutin sehingga aplikasinya berfungsi dengan lebih maksimal. Berikut keterangan seputar biaya rutinnya:

  • Biaya per bulan, untuk mendapatkan layanan lokasi dan kerjasama dengan berbagai jasa pengiriman/ekspedisi. Sehingga bisa memberikan petunjuk kepada pengguna mengenai lokasi penjual, sudah sampai dimana pengiriman barang, dan sebagainya.
  • Pembayaran tahunan untuk aplikasi. Tujuannya untuk memperpanjang sewa domain serta VPS, perkiraan 5 juta. Ditambah dengan biaya untuk memperbarui aplikasi ke versi yang lebih baru, sekitar 20 juta.
  • Biaya khusus, hal ini tergantung permintaan serta kebijakan perusahaan untuk melangsungkan aktivitas operasionalnya.

Demikian pembahasan tentang jasa pembuatan aplikasi seperti Tokopedia. Berkat perkembangan zaman dan kemampuan masyarakatnya yang semakin meningkat, memulai usaha e-commerce semakin dimudahkan. Sehingga, tidak perlu khawatir akan tertinggal dengan pembaruan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks.

Pastikan memilih jasa yang kredibel dan berpengalaman. Perhatikan portofolio, kesanggupannya untuk menangani aplikasi dalam jangka panjang (misalnya ada perubahan sistem atau server). Pahami juga bagaimana sistem pembayaran, responsivitas dalam memberikan konsultasi, hingga kualitas aplikasinya. Perhatikan review dari klien-klien terdahulu terkait aplikasi buatannya.