free page hit counter
jasa pembuatan aplikasi ojek online

Berapa Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online?

Di era maju seperti sekarang, penggunaan aplikasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan sangat masif. Melihat fenomena ini, jasa pembuatan aplikasi ojek online hadir untuk membantu para pelaku usaha yang tertarik menjalankan bisnis serupa namun terbatas dalam pengembangan aplikasi.

Seperti yang diketahui, aplikasi merupakan bagian utama yang diprioritaskan dalam usaha ojek online. Sebab, dari aplikasi inilah pengguna memesan layanan dan menggunakan jasa driver yang tersedia. Untuk itu, perlu diserahkan pada pihak yang memiliki ekspertisi dalam pembuatan aplikasi.

Konsep yang Digunakan Dalam Ojek Online

Sebelum masuk ke pembahasan seputar jasa pembuatan aplikasi ojek online, mari mengenal tentang model ekonomi yang digunakan dalam bidang ini. Pada dasarnya, ojek online melibatkan tiga pihak aktif dalam penggunaannya. Ada user yang memakai layanan, driver yang memberikan jasa, serta admin yang mengontrol operasional.

Tren ojek online yang merambah pesat di Indonesia dan berbagai negara lainnya ini merupakan konsep sharing economy. Konsep ini menggunakan model ekonomi dengan aktivitas berbasis P2P. Berdasarkan informasi dari Business Because, sharing economy merupakan sistem ekonomi yang dimana aset serta layanan dibagi antar individu.

Teknologi merupakan bagian utama yang diandalkan oleh sharing economy. Berbekal smartphone atau perangkat elektronik yang lain, aktivitas manusia menjadi semakin mudah serta praktis. Kapan saja, pengguna bisa mengaksesnya untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

Keberhasilan aplikasi di bidang ojek online seperti Grab atau Gojek merupakan penerapan dari sharing economy ini. Dampaknya terhadap sektor ekonomi terbilang besar, menggerakkan masyarakat untuk beralih menuju penggunaan aplikasi. Tidak hanya mendapatkan layanan ojek, namun juga makanan, berbelanja, hingga kesehatan.

Mengapa Perlu Menggunakan Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online?

Membuat sebuah aplikasi bukan hal yang mudah. Ada banyak sistematika yang kompleks sehingga hanya dapat dieksekusi orang-orang yang memiliki kapasitas. Tidak hanya agar sekedar aplikasinya jadi. Namun, bagaimana pengguna dapat memakai aplikasi tersebut tanpa hambatan berarti dalam waktu lama.

Keterbatasan kemampuan ini membuat banyak pelaku usaha membutuhkan layanan terpercaya untuk mengurus pembuatan aplikasinya. Di sinilah jasa pembuatan aplikasi ojek online memiliki peran yang besar. Berikut ini beberapa alasan mengapa sebaiknya menggunakan jasa pembuatan aplikasi:

1. Mendapatkan Penanganan Profesional

Profesionalisme merupakan aspek penting dalam menjalankan sebuah bisnis, termasuk ojek online. Dengan memanfaatkan jasa untuk membuat aplikasi, maka pembuatannya akan ditangani langsung oleh petugas yang kompeten. Perusahaan profesional tentu akan memberikan layanan yang memadai, misalnya:

  • Menanyakan kebutuhan pembuatan aplikasi seperti jumlah user, driver, dan fitur-fiturnya.
  • Berkomitmen menangani kebutuhan untuk penggunaan jangka panjang. Misalnya melakukan pembaruan rutin setiap tahun, termasuk pembaruan server sehingga tidak tertinggal oleh perkembangan teknologi.
  • Berani memberikan aplikasi trial untuk dicoba langsung oleh klien.
  • Menghasilkan karya asli (bukan reskin) yang terbukti membantu klien dalam jangka panjang.
  • Aplikasi buatannya terbukti dapat berfungsi untuk penggunaan 100 ribu lebih user, dan melebihi 10 ribu driver.

2. Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Sekarang, semakin banyak bisnis yang memiliki aplikasinya sendiri, tak terkecuali ojek online. Apabila ingin tetap bersaing di tengah perkembangan zaman yang pesat, memiliki aplikasi sendiri adalah opsi tepat. Tentunya aplikasi ini dibuat oleh pihak yang berpengalaman sehingga karyanya tidak tergerus perubahan zaman.

3. Menambah Kepercayaan dari Konsumen

Pemilik bisnis dapat meningkatkan loyalitas dari konsumen dengan menggunakan layanan pembuatan aplikasi. Sebab, konsumen dapat melihat keseriusan sebuah usaha dari aplikasi ini. Dengan aplikasi yang dirancang dengan fitur lengkap dan penggunaan mudah, bisa lebih mudah dipercaya oleh konsumen.

4. Meningkatkan Engagement

Engagement merupakan keterlibatan dari pelanggan dalam sebuah bisnis. Hal ini penting, karena perasaan terlibat dan berdaya membuat pelanggan semakin familiar dan akrab dengan usaha tersebut. Belum lagi, jika ada fitur menarik yang memudahkan berbagai aktivitas pelanggan.

5. Channel untuk Pemasaran yang Efektif

Tidak hanya meningkatkan engagement, menggunakan jasa pembuatan aplikasi ojek online juga berkaitan dengan pemasaran. Pelaku usaha dapat meminta pembuatan fitur yang dapat membantunya melakukan promosi hingga memberikan informasi penting kepada pelanggan. Sehingga, bisa tetap terhubung dengan pelanggan.

6. Mendapatkan Keuntungan Melalui Google

Menggunakan jasa pembuatan aplikasi tentu juga akan dibantu memasukkan apps tersebut ke Play Store. Dengan begitu, bisa mendapatkan penghasilan dari pengguna yang mengunduh aplikasinya. Semakin banyak yang mengunduh aplikasinya, akan berpotensi dipasang iklan dalam aplikasinya, sehingga mendapatkan penghasilan lebih.

7. Membuat Akun Versi Premium

Apabila aplikasi dibutuhkan banyak orang, maka pembuatan akun premium bisa menjadi opsi menarik. Tidak hanya untuk pemilik usaha, melainkan juga pelanggan yang beralih ke premium. Layanan pembuatan aplikasi tentu bisa mengatur bagaimana mekanisme akun premium beserta keuntungannya.

Fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Ojek Online

Dalam pembuatan aplikasi, ada tiga bagian wajib yang menjadi perhatian utama, yaitu sisi admin, driver, serta pengguna (user). Sebab, ketiga bagian inilah yang berperan besar dalam menjalankan aplikasinya. Berikut fitur standar yang perlu ada dalam aplikasi di bidang ojek online:

  • Bagian admin. Pengelolaan user, admin, konsumen, serta driver. Selain itu juga harga layanan, radius, metode pembayaran. Ada juga pengelolaan saldo driver beserta bagi hasilnya, serta melihat lokasi driver.
  • Sisi driver. Membantu driver melihat orderan yang masuk, memasukkan alamat pesanan serta peta menuju tempat konsumen. Driver juga dapat melihat rating, riwayat pesanan, serta saldo pendapatannya.
  • Untuk konsumen, membutuhkan fitur untuk melihat driver aktif, melihat harga layanan, serta memesannya. Selain itu juga bisa mengetahui siapa driver yang melayaninya, melihat pergerakan driver, serta memberikan rating dan melihat histori pesanan.
  • Aplikasi yang dibuat untuk pihak merchant (jika bekerjasama dengan merchant makanan, minimarket/supermarket).
  • Domain *com yang dapat digunakan dalam waktu satu tahun, selanjutnya akan mendapatkan pembaruan.
  • Cloud VPS yang bisa digunakan dalam satu tahun.
  • Buku panduan untuk menggunakan aplikasinya.

Dengan spesifikasi yang lengkap seperti itu, pelaku bisnis dapat menjalankan usaha di bidang ojek online yang mumpuni. Jumlah user bisa mencapai 100 ribu, disertai 10 ribu driver. Aplikasi ini juga dapat memudahkan dalam membuka usaha di berbagai kota.

Estimasi Biaya Jasa Pembuatan Aplikasi Ojek Online

Harga yang ditentukan oleh masing-masing perusahaan pembuat aplikasi bisa berbeda. Namun umumnya, aplikasi yang sudah mencakup fitur standar umumnya dibandrol dengan biaya sekitar 30 sampai 50 juta. Apabila ingin menambahkan fitur tertentu, bisa menambahkan biaya sekitar 3 jutaan.

Selain biaya pembuatan, pengguna juga akan dihadapkan dengan biaya bulanan serta buaya tahunan. Sebab, sebuah aplikasi tentu perlu rutin mendapatkan pembaruan setiap periode tertentu. Berikut ini keterangannya:

  • Biaya bulanan. Mencakup layanan dari Google maps yang memberikan layanan gratis selama sebulan tergantung penggunaan.
  • Pembayaran tahunan aplikasi. Untuk memperpanjang penyewaan domain, SSL, serta VPS, kurang lebih 5 jutaan. Disertai biaya untuk pembaruan aplikasi ke versi terbaru sekitar 20 juta.
  • Biaya khusus tergantung dengan kebijakan perusahaan dalam melaksanakan operasionalnya.

Demikian pembahasan seputar konsep sharing economy serta peran jasa pembuatan aplikasi ojek online dalam pengembangan bisnis. Sebagai pelaku bisnis, penting untuk jeli memilih jasa yang memiliki kredibilitas serta pengalaman yang terbukti. Sebab, aplikasi inilah yang akan diandalkan dalam operasional usaha.