free page hit counter
aplikasi trading ojk untuk pemula

7 Aplikasi Trading OJK Untuk Pemula di Indonesia

Artikel diperbarui pada 15 September 2022.

Trading digital, umumnya merupakan kegiatan jual beli yang lebih kompleks dibandingkan jual beli barang fisik. Maka itu, aplikasi trading OJK untuk pemula diperlukan untuk trader yang baru memulai petualangannya di dunia trading.

Dalam memilih aplikasi yang ramah pemula, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah transaksi awal yang dapat dimulai dengan biaya yang minim, untuk menghindari apabila trader baru melakukan kesalahan.

Selain itu, alangkah lebih baiknya jika aplikasi memiliki tutorial atau panduan untuk mengajarkan cara trading bagi pemula. Aplikasi tersebut juga perlu izin OJK. Maka dari itu, berikut berbagai macam aplikasi trading yang dapat digunakan untuk trader baru:

1. Bibit – Investasi Reksadana

Trader atau bukan, Bibit mungkin pernah menjadi perbincangan di grup atau kalangan sosial media. Aplikasi trading OJK untuk pemula tersebut, sedang menjadi salah satu rekomendasi bagi trader yang menginginkan transaksi reksadana beginner-friendly.

Hal pertama yang dapat menjadi keunggulan dari Bibit adalah tidak adanya transaksi biaya yang dikenakan. Pada umumnya, transaksi jual beli instrumen trading akan dikenakan biaya sesuai dengan jumlah yang diperjualbelikan.

Selain itu, dengan Bibit, trader baru dapat memulai investasi atau trading dengan modal yang sangat minim. Dimulai dari Rp10.000,- saja, transaksi reksadana dapat dilakukan. Pembuatan rekening Bibit juga mudah dan cepat tanpa bertele-tele.

Perihal kemudahan, pengguna Bibit baru akan diberikan pilihan rekomendasi reksadana yang lebih tepat sasaran. Trader pemula akan dapat menguasai teknik jual beli reksadana dengan risiko yang lebih minim.

2. Tanamduit – Investasi & Asuransi

Aplikasi trading yang dapat dipakai selanjutnya untuk pemula yaitu Tanamduit. Aplikasi tersebut dianggap sebagai aplikasi ramah pemula, karena berbagai fitur seperti membuka rekening, hingga kontennya yang dapat dipahami dengan mudah.

Bagi pemula yang ingin mencoba berbagai macam investasi atau trading, Tanamduit cocok dijadikan sebagai gerbang menuju dunia trading. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan investasi reksadana, emas, surat obligasi, hingga produk asuransi.

Perihal reksadana, Tanamduit memberikan fitur Switching untuk pemula. Fitur tersebut memungkinkan perpindahan reksadana tanpa dikenakan biaya tambahan atau penalti. Alhasil, pemula dapat terhindar dari resiko kerugian akibat pindah reksadana.

Selain itu, Tanamduit membuka investasi dimulai dari Rp10.000,- saja. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan e-wallet. Apabila masih kurang paham dengan trading, telah disediakan konten edukasi, guna untuk memperkaya wawasan terkait investasi.

3. Bareksa – Super App Investasi

Sebelum aplikasi trading menjadi booming di kalangan awam, Bareksa lahir sebagai aplikasi trading OJK untuk pemula di Indonesia. Didirikan sejak 2013, aplikasi tersebut mendapat berbagai macam pembaharuan agar lebih terbuka pada trader pemula.

Bareksa adalah aplikasi trading yang memberikan produk trading reksadana, emas, dan surat obligasi negara. Bagi trader pemula, Bareksa hadir dengan fitur Robo Advisor yang akan memberikan rekomendasi trading terbaik dan menguntungkan.

Selain investasi yang bebas penalti, Bareksa juga hadir dengan komunitas di dalamnya yang dapat mengajarkan cara trading yang lebih optimal. Berbagai informasi akan didapatkan dengan mudah hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk muslim, Bareksa telah menyediakan opsi investasi syariah yang terjamin sesuai dengan kaidah ajaran Islam. Bagi trader pemula, baru maupun yang sudah berpengalaman, Bareksa layak dicoba dan direkomendasikan sebagai aplikasi terbaik.

4. IPOT – Investing, News, Educate

Apabila menginginkan aplikasi trading yang kompleks, ramah dan aman, maka IPOT dapat menjadi pilihan yang wajib dicoba. Aplikasi trading OJK untuk pemula tersebut, telah dipercaya dan digunakan oleh berbagai macam kalangan trader.

Sebagai aplikasi trading, IPOT menyediakan layanan instrumen investasi seperti reksadana, emas, dan Exchange Traded-Fund (ETF). Seluruh produk investasi memiliki masing-masing fitur dan grafik untuk mempermudah pengecekan.

Agar dapat mempermudah pengecekan atau permintaan orderan, IPOT telah mengembangkan Robo Trading. Fitur tersebut telah dilengkapi oleh Fund Calculator, untuk dapat mengurangi kesalahan dalam memperhitungkan keuntungan.

Fitur lainnya pada IPOT yang dirasa perlu dicoba untuk pemula adalah Journey. Dengan fitur tersebut, IPOT dapat membantu mengajarkan berbagai informasi edukatif tentang investasi, trading jual beli, hingga macam-macam aset yang dipilih.

5. Pluang – Safe Online Investing

Meski kurang dikenal, Pluang merupakan aplikasi trading OJK untuk pemula yang perlu diketahui. Kononnya, aplikasi tersebut menyediakan seluruh macam trading, bahkan trading koin kripto dan saham negara Amerika Serikat.

Untuk registrasinya, Pluang dapat membuka rekening hanya dalam waktu 2-3 menit. Selain itu, transaksi pada aplikasi Pluang tidak dipungut biaya apapun. Transaksi awal dapat dilakukan dengan spread minim hingga 1.75%.

Mengenai saham US, trader dapat melakukan transaksi saham McDonald, Starbucks, hingga Microsoft. Semua hal tersebut dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan e-wallet, dengan mata uang negara Indonesia.

Tidak hanya sekedar kemudahan dalam melakukan transaksi, trader pemula dan baru dapat mempelajari informasi yang terkandung dalam Pluang. Aplikasi tersebut telah menyediakan panduan 101 mengenai investasi dari nol.

6. Ajaib: Super Investment App

Ajaib merupakan rekomendasi aplikasi berikutnya pada ulasan ini. Aplikasi trading ini dianggap sebagai “super aplikasi” karena fitur-fitur yang ditawarkan sangat beragam. Perihal produknya, Ajaib hanya menyediakan trading saham dan reksadana online.

Seperti yang diketahui, investasi saham merupakan kegiatan yang membutuhkan perhatian secara lebih. Grafik perkembangan saham harus perlu dipantau, agar transaksi jual beli memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Namun dengan Ajaib, trader pemula dapat berfokus pada kegiatan lainnya. Aplikasi ini memiliki salah satu fitur andalan yaitu Auto Order Trade Margin. Pada dasarnya, Auto Order dapat melakukan order saham sesuai dengan kondisi tertentu.

Hal yang membuat fitur berbeda adalah cara memanfaatkannya. Trade Margin merupakan teknik peminjaman uang untuk investasi. Jadi apabila trader pemula belum memiliki uang cukup, Ajaib dapat mengkonstruksi pesanan sesuai kondisi.

7. Stockbit – Investasi Saham

Aplikasi trading OJK untuk pemula yang terakhir adalah Stockbit. Mengingat dulunya aplikasi tersebut merupakan aplikasi komunitas trader, Stockbit tentu memiliki fitur yang akan mempermudah trader pemula dalam memulai trading.

Lantas, bagaimana trader dapat menggunakan aplikasi Stockbit? Untungnya, Stockbit menyediakan program latihan virtual training untuk pemula. Dengan training, trader dapat melakukan transaksi dengan uang virtual untuk sekedar berlatih.

Apabila tutorial saja kurang cukup, trader juga dapat berkunjung di komunitasnya. Dalam aplikasi, penggunanya dapat langsung berinteraksi dengan pemegang saham lainnya. Trader juga dapat meminta arahan atau ajaran terkait investasi.

Pada fitur lainnya, Stockbit memiliki fitur yang cukup banyak. Penggunanya dapat mempelajari ilmu-Ilmu penting hingga fitur yang mempermudah trading. Perihal keamanan, Stockbit sudah memiliki surat izin dari OJK.

Sekian kompilasi dari berbagai aplikasi trading OJK untuk pemula yang perlu dicoba. Mengingat inflasi yang terus meningkat, ada baiknya banyak orang yang sudah bergabung ke ranah investasi. Trading perlu dijadikan sebagai penghasilan tambahan.

Maka dari itu, dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, seorang trader dapat memahami konsep dari trading dan cara eksekusinya. Aplikasi-aplikasi tersebut juga ramah biaya masuk, dan ramah akan hal mematok fee yang cukup murah.

Trader pemula dapat memilih yang mana yang dirasa sesuai dengan kondisi dan situasi tertentu. Silahkan untuk menggunakan salah satu dari aplikasi yang disebutkan, dan kuasai cara trading yang benar, agar dapat meraup keuntungan besar.