free page hit counter
aplikasi atur budget

9 Rekomendasi Aplikasi Atur Budget yang Praktis dan Efektif

Artikel diperbarui pada 12 September 2022.

Budgeting atau pengalokasian dana, kini bisa dilakukan dengan praktis dengan aplikasi atur budget di smartphone. Sebab, terkadang seseorang masih merasa ragu atau bingung terkait budgeting yang tepat agar dananya bisa dimanfaatkan dengan baik. Maka, aplikasi tersebut adalah solusinya.

Aplikasi pengaturan budget sangat tepat membantu menyelesaikan kebuntuan terkait budgeting dari pemasukan yang didapatkan. Selain itu, budgeting juga membantu untuk menahan serta mengontrol diri pada saat tergoda membeli suatu barang yang menggiurkan.

Aplikasi pengaturan budget dengan fitur yang dimilikinya akan memperingatkan seandainya ada pengeluaran di luar budget yang sudah disusun. Ulasan lengkap setiap aplikasi dapat disimak dengan baik pada paparan berikut:

1. BukuWarung

Aplikasi pertama yang direkomendasikan sebagai aplikasi atur budget bernama Buku Warung. Aplikasi ini sangat tepat dipakai, entah itu untuk keperluan personal ataupun keperluan bisnis. Buku Warung dirancang untuk memberikan kemudahan perihal pencatatan keuangan, karena dapat digunakan dengan aman, mudah, gratis.

BukuWarung dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang berfungsi mengatur dan memantau keuangan. Salah satu fitur unggulannya adalah fitur catat utang, yang mana memudahkan pencatatan utang dan mengetahui sisa utang dengan simpel.

Cukup klik nama orang yang berhutang, makan di sana akan muncul seluruh riwayat utang termasuk sisa tunggakannya. Menariknya, BukuWarung juga akan mengirimkan pesan pengingat kepada orang yang berhutang. Pesan dikirimkan lewat aplikasi BukuWarung, sehingga tak ada rasa sungkan.

2. Finansialku

Rekomendasi kedua terkait aplikasi atur budget adalah aplikasi bernama Finansialku. Aplikasi ini sangat layak dipilih dan digunakan karena sudah bersertifikat CFP atau Certified Financial Planner. Dengan ini, keamanan dan profesionalitas aplikasi sudah tidak perlu diragukan lagi.

Siapapun bisa menentukan budget menurut keuangan yang tersimpan di dalam rekening. Otomatis, Finansialku dapat dihubungkan ke rekening untuk mengatur keuangan tersebut dengan praktis.

Kelebihan dari Finansialku adalah dapat memberikan tips supaya pengaturan keuangan lebih efektif. Jadi, tidak perlu pusing untuk menentukan budget keuangan yang tepat. Finansialku juga bisa memberi solusi atas permasalahan keuangan yang sedang dihadapi.

3. Spendee

Di urutan ketiga sebagai aplikasi atur budget, yakni ada aplikasi Spendee. Aplikasi Spendee akan membantu pengaturan budget bulanan secara praktis. Budget yang diatur pun dapat meliputi berbagai keperluan, seperti belanja bulanan hingga keperluan liburan.

Jika ingin mengatur budget bersama teman atau pasangan, Spendee juga menyediakan fitur Keuangan Bersama. Dengan begini, pengaturan budget untuk aktivitas yang akan dilakukan secara bersama-sama bisa lebih sinkron dan terstruktur.

Keunggulan Spendee yang juga perlu diketahui adalah dapat dihubungkan ke akun bank ataupun ke akun e-wallet yang dimiliki. Tidak aneh, apabila aplikasi ini banyak digunakan sebagai pengatur budget yang sangat diandalkan.

4. Money Manager

Selanjutnya, ada aplikasi Money Manager yang dapat dipakai sebagai aplikasi atur budget smartphone. Aplikasi ini, di dalamnya memuat fitur pencatatan keuangan untuk berbagai rentang waktu, seperti harian maupun bulanan.

Money Manager juga menyimpan laporan keuangan yang dibedakan per hari, per bulan, bahkan per tahun. Laporan tersebut bisa diunduh ke smartphone dengan format PDF. Kelebihan aplikasi ini adalah tersedia dalam dua versi, yaitu berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris.

5. DompetKu

Rekomendasi kelima berkaitan dengan aplikasi atur budget adalah aplikasi DompetKu. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi DompetKu antara lain pencatatan pemasukan, pengeluaran, utang, dan pinjaman. DompetKu juga memungkinkan penambahan beberapa rekening yang dimiliki untuk dihubungkan dengan aplikasi ini.

Aplikasi DompetKu akan menyusun laporan keuangan secara rutin. Laporan tersebut akan dipaparkan dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh siapapun yang memakai aplikasi ini. Perihal keamanan, DompetKu memfasilitasi password dan PIN untuk menjaga data dari tindak kejahatan digital.

6. Expenses IQ

Berikutnya, aplikasi atur budget yang juga layak untuk digunakan adalah Expenses IQ. Mirip dengan DompetKu, aplikasi ini akan membantu pencatatan pemasukan, pengeluaran, dan pinjaman secara mudah dan cepat. Ada beberapa fitur yang dipunyai aplikasi Expenses IQ.

Fitur tersebut, di antaranya fitur pengingat tagihan dan laporan keuangan. Fitur pengingat tambahan akan mengirimkan notifikasi terkait waktu pembayaran tagihan, sehingga pembayaran dapat dilakukan tepat waktu.

Laporan keuangan yang tersedia di dalam Expenses IQ disajikan dalam data yang simpel agar mudah dimengerti. Laporan juga bisa diunduh ke dalam smartphone. Aplikasi ini, bisa menjadi alternatif bagi yang ingin mengatur budget pribadi maupun budget perusahaan.

7. Sribuu

Rekomendasi ketujuh perihal aplikasi atur budget adalah aplikasi Sribuu. Aplikasi ini memungkinkan siapapun yang menggunakannya untuk dapat memantau pemasukan dan pengeluaran dana secara berkala. Pemantauan ini mencakup pemantauan pada rekening ataupun pada e-wallet belanja online.

Di dalam aplikasi Sribuu terdapat laporan keuangan yang menunjukkan aktivitas keuangan secara rinci. Dengan begini, dapat dilihat aktivitas apa yang paling banyak mengeluarkan dana dan bisa dievaluasi kedepannya supaya pengeluaran lebih bijak.

Aplikasi Sribuu juga akan mengirimkan notifikasi terkait jadwal setiap harinya yang berhubungan dengan budgeting. Adanya notifikasi tersebut, akan membuat orang yang menggunakan Sribuu lebih disiplin untuk menaati budget yang sudah disusun oleh diri sendiri.

8. Fast Budget

Pada urutan ke-delapan, terdapat aplikasi atur budget bernama Fast Budget yang bisa dipilih untuk membantu proses budgeting. Aplikasi ini cocok dipakai oleh mereka yang ingin tampilan aplikasinya lebih colorful dan menarik. Bukan itu saja, Fast Budget juga mempunyai bermacam fitur terbaik.

Salah satu fiturnya adalah overview atau summary terkait budget yang sudah disusun. Summary akan ditampilkan dalam masing-masing kategori yang sebelumnya dibuat. Jika ingin mengubah budget, terdapat pula fitur editing sehingga pengubahan budget bisa dilakukan dengan mudah.

9. 1Money

Rekomendasi selanjutnya perihal aplikasi atur budget adalah 1Money. Aplikasi 1Money memiliki tampilan yang dapat dikatakan sederhana. Meskipun demikian, fitur yang dimilikinya cukup lengkap dan kompleks.

Fitur dasar seperti pencatatan pemasukan, pengeluaran, pinjaman dalam berbagai kategori tersedia di dalam aplikasi ini. Selain itu, dengan tampilan yang sederhana, orang yang awam dengan aplikasi pengatur budget pun bisa mengoperasikannya secara mudah.

Pada dasarnya, 1Money dapat digunakan secara gratis. Akan tetapi, jika merasa kurang puas terhadap fitur yang tersedia dalam versi gratis, bisa gunakan versi berbayar.

Demikian ulasan lengkap mengenai aplikasi atur budget yang sangat patut dicoba dan diterapkan dalam berbagai keperluan. Setiap aplikasi menawarkan fitur terbaiknya untuk menunjang proses budgeting supaya lebih akurat dan efektif.

Aplikasi di atas juga menawarkan berbagai tampilan yang bisa dipilih sesuai kecenderungan selera pengguna, tetapi tetap dapat dioperasikan dengan mudah. Aplikasi tertentu bahkan bisa digunakan bersama teman dan pasangan yang menjadikan kolektivitasnya erat.

Selain itu, aplikasi bukan hanya ditujukan untuk keperluan pribadi saja. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan dapat dimanfaatkan untuk mengatur budget bisnis atau perusahaan. Perlu diingat bahwa, aplikasi tidak akan memberikan dampak optimal jika tidak ada konsistensi dari pemakainya.