free page hit counter
cara daftar mypertamina pakai aplikasi

Ini Cara Daftar MyPertamina Pakai Aplikasi Serta Manfaatnya

Artikel diperbarui pada 15 September 2022.

Pertamina baru saja merilis aplikasinya sendiri, MyPertamina sejak Juli 2002. Untuk menggunakannya, cara daftar MyPertamina pakai aplikasi penting untuk diketahui. Sebab, pendaftaran merupakan bagian utama agar pengguna bisa mendapatkan berbagai manfaatnya.

Sampai sekarang, tercatat hingga 85% SPBU memberikan layanan yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Apps yang jumlah unduhannya telah melebihi 5 juta ini berukuran relatif kecil, hanya 8 MB sehingga tidak membebani perangkat.

Apa yang Dimaksud MyPertamina?

Belum banyak yang mengetahui bahwa membeli BBM sekarang juga dapat dilakukan secara online dengan bantuan aplikasi. Untuk mempermudah transaksi pengguna, PT Pertamina mengusung pembuatan platform digital bernama MyPertamina.

MyPertamina merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan pembayaran online. Apps ini dibuat dengan tujuan memudahkan pengguna dalam bertransaksi. MyPertamina menjalin kerjasama dengan LinkAja, mendukung pembayaran secara online untuk membeli bahan bakar.

Platform ini dapat berfungsi layaknya DANA, OVO, dan aplikasi sejenis. Dengan MyPertamina, pengguna dapat membeli beragam produk yang dibuat oleh Pertamina. Bukan hanya BBM, melainkan juga produk lain yang berkaitan dengan kebutuhan kendaraan.

Agar bisa membeli BBM secara online, terlebih dahulu perlu membuat akun kemudian dihubungkan menuju LinkAja. Saldo LinkAja inilah yang digunakan untuk menyelesaikan pembayaran. Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan berbagai reward dan promo menarik terutama bila sering menggunakan aplikasinya.

Keuntungan Menggunakan MyPertamina

Sebelum masuk ke informasi mengenai cara daftar MyPertamina pakai aplikasi, terlebih dahulu akan dijelaskan tentang keunggulannya. Tentu masyarakat belum tertarik untuk mendownload sebuah aplikasi apabila tidak melihat manfaat yang akan didapatkannya. Berikut beberapa keuntungan mengunduh aplikasi MyPertamina:

1. Memudahkan Transaksi

Di era serba canggih seperti sekarang, transaksi yang bersifat non tunai semakin digemari masyarakat. Terlebih untuk mengatasi penyebaran virus sejak masa pandemi. Aplikasi MyPertamina dibekali fungsi untuk melakukan pembayaran secara elektronik. Proses pembayarannya adalah e-payment, dengan sistem yang terhubung dengan LinkAja.

2. Bisa Mendapatkan Poin Penghasilan

Bukan saja bertransaksi non tunai, MyPertamina juga menghadiahkan poin penghasilan. Pengguna bisa memperoleh poin ini melalui pembelian Pertamax, Pertamina Dex, serta Pertamax Turbo di SPBU yang terdaftar. Poin yang telah terkumpul dalam jumlah tertentu bisa ditukar dengan beragam reward menarik.

3. Dilengkapi dengan Beragam Fitur

Aplikasi MyPertamina dibekali fitur yang bermanfaat bagi pengguna untuk mengumpulkan informasi penting. Contohnya mencari SPBU yang paling dekat dengan lokasinya, dilengkapi informasi harga, produk refrigeran, pengisian angin, dan masih banyak lainnya.

Pengguna dapat menekan tombol “Direction” sehingga aplikasi dapat mengarahkannya ke SPBU yang dituju. Tidak perlu lagi bingung mencari SPBU jika membutuhkannya segera. Pengguna juga dapat mengakses fitur berupa Kios Matic, yaitu layanan pembelian Bright Gas di jam operasional. Disertai juga dengan tampilan harga, stok tabung, serta metode pembayarannya.

4. Mendapatkan Subsidi BBM

Mengapa penting untuk tahu cara daftar MyPertamina pakai aplikasi? Selain untuk melakukan transaksi online, ternyata bisa juga untuk mendapatkan subsidi BBM dari pemerintah. Bagi masyarakat yang membutuhkan, bisa melakukan pendaftaran untuk BBM subsidi.

Pendaftaran dibutuhkan agar penyaluran subsidi BBM berupa solar dan Pertalite bisa dilakukan dengan tepat dan sesuai segmen yang sudah diatur pemerintah. Dengan begitu, konsumen akan terlindungi haknya. Siapa konsumen yang berhak dan tidak berhak untuk mendapatkan subsidi.

5. Transaksi yang Aman

Banyak pengguna menanyakan seputar aspek keamanan dari aplikasi ini. Sebab, di SPBU terdapat logo yang melarang konsumen untuk menggunakan hp selama pengisian BBM. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Sebab, transaksi dari MyPertamina masih diperbolehkan pada zona yang aman, yaitu minimal 1.5 meter dari alat pengisian BBM. Pengambilan foto juga tidak diperbolehkan memakai flash. Semua peraturan telah sesuai dengan rekomendasi dari HSSE Pertamina.

6. Dapat Menukarkan Poin

Dengan mengumpulkan poin melalui transaksi, pengguna MyPertamina bisa menikmati beragam promo serta reward. Poin juga dapat ditukarkan dengan merchandise resmi Pertamina. Misalnya EMKO Brik, Die Cast Truck, dan hadiah menarik lainnya yang sudah disediakan pihak Pertamina.

7. Tersedia Produk Lengkap

Jika pada masa percobaan dulu pengguna hanya bisa membeli Pertalite serta solar, sekarang pilihan produknya semakin banyak. Misalnya Pertamina Dex, Pertamax Turbo, dan lain-lain. Tidak hanya melakukan pembelian bahan bakar, masyarakat juga bisa membeli berbagai kebutuhan untuk kendaraannya. Seperti lubricant, LPG, Petrochemical, dan sebagainya.

Cara Daftar MyPertamina Pakai Aplikasi

Sebelum melakukan pendaftaran, terlebih dahulu perlu memastikan bahwa aplikasinya sudah terpasang di perangkat masing-masing. MyPertamina bisa diunduh melalui Play Store maupun AppStore. Berikut ini langkah untuk melakukan pendaftaran via aplikasi:

  • Siapkan persyaratan yang dibutuhkan. Pengguna perlu menyiapkan dokumen berupa foto. Mulai dari foto KTP, STNK, kendaraan, KIR, hingga nomor polisi yang tertera di kendaraan.
  • Kunjungi toko aplikasi di perangkat, kemudian ketikkan nama MyPertamina pada kolom pencarian. Unduh aplikasinya, tunggu hingga prosesnya benar-benar selesai.
  • Buka MyPertamina, lalu lakukan registrasi. Isi formulir dengan data sesuai yang diminta. Mulai dari nama lengkap serta nomor ponsel yang aktif.
  • Buatlah PIN sebanyak enam digit. Ketik ulang PIN tersebut, kemudian ketuk “Daftar”.
  • Tunggu sesaat, MyPertamina akan mengirim SMS berupa kode OTP menuju nomor pengguna yang telah didaftarkan di langkah sebelumnya. Kode ini akan digunakan untuk verifikasi, jangan memberitahukannya kepada siapa pun.
  • Cara daftar MyPertamina pakai aplikasi dapat dilanjutkan dengan memasukkan kode OTP dari SMS ke aplikasinya.
  • Sesudah verifikasinya berhasil, otomatis sudah bisa masuk menuju aplikasi.
  • Ketuk opsi “Metode pembayaran” yang ada pada pilihan “Akun” untuk menghubungkan saran pembayaran.
  • Lanjutkan dengan memilih metode pembayaran. Caranya yaitu menyambungkan ke LinkAja, atau kartu debit dan kredit.
  • Data diri bisa dilengkapi dengan pilih “Edit profil”. Input data pelengkap seperti nomor KTP, alamat, tempat kelahiran, dan sebagainya.

Selain melalui aplikasi, pengguna juga dapat melakukan pendaftaran via website resmi MyPertamina. Kendati demikian, mendaftar via aplikasi dinilai lebih praktis karena langsung dilakukan di aplikasi tersebut tanpa mengunjungi browser terlebih dahulu.

Cara untuk Menggunakan MyPertamina

Sebelumnya telah dibahas bagaimana cara daftar MyPertamina pakai aplikasi. Selanjutnya, pengguna juga perlu mengetahui bagaimana langkah penggunaan aplikasinya. Apps yang baru dirilis beberapa bulan lalu ini mungkin masih asing bagi banyak orang. Namun, cara penggunaannya sangat mudah yakni seperti berikut:

  • Buka MyPertamina. Di halaman utamanya, bisa memilih opsi “Bayar” untuk melakukan pembayaran.
  • Arahkan kamera menuju mesin EDC yang tersedia di SPBU Pertamina. Scan kode QR yang ditampilkan.
  • Jika harga serta jumlah liter pada BBM yang muncul sudah benar, lakukan konfirmasi dengan ketuk “Bayar”.
  • Konfirmasi pembayarannya dengan input PIN.
  • Setelah menyelesaikan pembayaran, pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran BBM-nya telah berhasil.
  • Apabila saldonya sudah habis, pengguna dapat top up melalui menu utama yang merupakan kotak berwarna hijau. Lanjutkan dengan “Tambah saldo”, kemudian ikuti instruksi penambahan saldo dari aplikasi sampai selesai.

Demikian pembahasan tentang cara daftar MyPertamina pakai aplikasi, keuntungan, serta cara untuk melakukan transaksi. Berbekal aplikasi, kini pengguna bisa membeli bahan bakar dengan praktis. Aplikasi ini masih terus mengalami pematangan, sehingga beberapa kekurangan yang dimilikinya akan segera diatasi.