free page hit counter
cara menggunakan aplikasi data saham indonesia

Inilah Cara Menggunakan Aplikasi Data Saham Indonesia yang Tepat!

Perkembangan teknologi memberikan imbas terhadap segala sektor, tak terkecuali pada dunia investasi dan saham. Bagaimana tidak, sampai saat ini banyak alat atau instrumen yang akhirnya muncul, seperti Data Saham Indonesia. Namun bagaimana cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia yang baik?

Artikel ini akan membahas secara tuntas mengenai aplikasi Data Saham Indonesia. Dari mulai menu yang ditawarkan, cara menggunakannya, cara berlangganan hingga kelebihan yang akan didapatkan oleh penggunanya.

Aplikasi Data Saham Indonesia merupakan salah satu instrumen yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan investasi di dunia digital ini. Jadi proses investasi menjadi lebih praktis dan cepat. Untuk itu, silahkan simak penjelasan mengenai Data Saham Indonesia di bawah ini:

Menu pada Data Saham Indonesia

Sebelum mengetahui cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia alangkah lebih baiknya jika mengerti terlebih dahulu menu-menu yang tersedia. Jadi dapat diketahui masing-masing menu sekaligus fungsinya. Agar lebih jelas, berikut daftar menu yang terdapat di dalamnya sekaligus fungsi menunya yaitu:

1. Menu Utama (Index, Watchlist, Portofolio)

Aplikasi Data Saham Indonesia memiliki 3 menu utama yang menjadi unggulan yakni Watchlist, Index, dan Portofolio. Kegunaannya pun berbeda-beda, inilah penjelasan dari menu-menu tersebut:

  • Watchlist, untuk mengubah saham-saham yang ingin dimasukkan dalam daftar Watchlist. Cara menggunakan menu ini adalah dengan ketuk menu Search pada bagian bawah kanan layar. Setelah dimasukkan dalam Watchlist maka analisa saham akan dapat dilakukan dengan mudah.
  • Index, digunakan untuk melihat keseluruhan pergerakan fluktuatif indeks pada Bursa Saham. Termasuk pada indeks sektoral, LQ45, IHSG, dan lain sebagainya. Menu ini berguna khususnya untuk trader jangka pendek dalam melihat berbagai potensi pasar secara garis besar.
  • Portofolio, dalam menu ini akan ditampilkan bermacam informasi. Seperti halnya data fundamental perusahaan, overview saham, analisis teknikal, order book, bandarmologi, sampai berita tentang perusahaan tersebut. Jadi informasi dalam menu ini dapat menjadi acuan untuk analisis teknikal data fundamental.

2. Screening Saham

Data Saham Indonesia juga telah menyediakan menu Screening. Sehingga menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia dapat lebih mudah untuk melihat saham. Pengguna dapat menyesuaikan kriteria-kriteria saham yang diinginkannya dan mengelompokkannya sesuai kriteria tertentu.

3. Top Stock

Pada menu ini akan ditampilkan deretan saham dengan urutan penurunan terdalam atau kenaikan tertingginya dalam 1 hari. Namun menu ini juga dapat diatur sesuai keinginan pengguna. Misalnya untuk melihat daftar saham berdasarkan top frequency, top foreign sell, dan lainnya.

Bahkan cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia pada Top Stock bisa dipakai untuk Screening dengan cara moving average. Contohnya ketika ingin melihat saham dengan MA yang strong sell atau strong buy, maupun untuk mengecek saham dengan MA golden cross.

4. Top Stock by Broker

Berikutnya adalah menu untuk menampilkan broker-broker secara detail. Sehingga dapat diketahui apakah broker melakukan distribusi saham tertentu atau melakukan akumulasi. Contohnya untuk melihat apa saja saham yang terakumulasi pada broker YP.

Cara menggunakannya tinggal mengetikkan kode broker yang dimaksud, kemudian atur tanggal tertentu. Maka akan muncul saham-saham yang telah diakumulasikan oleh broker tersebut dalam rentang waktu yang telah ditentukan.

Cara Menggunakan Aplikasi Data Saham Indonesia

Sama halnya seperti saat menggunakan aplikasi saham lainnya, pada Data Saham Indonesia berbagai rumus juga bisa diterapkan. Salah satunya dengan menerapkan rumus Screening saham open = low. Rumus ini dipakai untuk menjadi salah satu indikator untuk mengidentifikasi lonjakan harga saham.

Untuk kali ini akan dijelaskan mengenai cara menggunakan Data Saham Indonesia memakai rumus tersebut. Mudah saja, pengguna tinggal memasukkan rumus analisis dan begini langkah-langkah lebih jelasnya:

  • Unduh dan pasang aplikasi Data Saham Indonesia lewat Play Store.
  • Selanjutnya buat akun terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.
  • Lalu kunjungi bagian menu yang terdapat pada bagian kiri atas layar.
  • Pilihlah menu Screening.
  • Kemudian buat bahasa baru sebagai perintah di menu Screening tersebut. Caranya dengan mengetuk menu tambah pada sudut kanan bawah layar ponsel.
  • Ketikkan nama perintah Open = Low.
  • Pada bagian menu Score masukkan ‘0’.
  • Salin kode perintah di atas pada bagian Criteria.
  • Berikutnya di bagian Sort by pilih Value.
  • Jangan lupa untuk klik Save setelah memasukkan perintah baru tersebut.

Ketika perdagangan saham kembali dibuka maka pengguna bisa langsung mengetuk perintah baru tersebut. Maka otomatis aplikasi Data Saham Indonesia akan memperlihatkan deretan saham yang memiliki nilai open = low nya sama.

Cara Berlangganan Aplikasi Data Saham Indonesia

Pada dasarnya Data Saham Indonesia merupakan aplikasi premium yang bisa bersistem berlangganan. Sehingga pengguna dapat memanfaatkan aplikasinya secara optimal bila melakukan berlangganan atau subscription.

Setelah berlangganan, cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia pun bisa lebih luas lagi karena banyaknya fitur premium yang tersedia. Inilah langkah-langkah yang diperlukan untuk berlangganan aplikasi Data Saham Indonesia:

  • Buka aplikasi Data Saham Indonesia pada perangkat yang digunakan.
  • Silahkan pilih menu Upgrade to premium supaya dapat berlangganan secara bulanan.
  • Pengguna akan dialihkan untuk memilih metode pembayaran. Beberapa metode yang dapat dipilih adalah pulsa, kartu kredit, maupun Alfamart atau Indomaret.
  • Isikan informasi detail pembayaran sesuai instruksi yang terdapat pada layar perangkat ponsel.
  • Tunggu prosesnya sampai berhasil.
  • Setelah sukses maka pengguna Data Saham Indonesia dapat menikmati benefitnya secara maksimal.

Kelebihan Aplikasi Data Saham Indonesia

Banyaknya trader dan investor yang menyukai aplikasi bukan tanpa sebab. Melainkan karena Data Saham Indonesia memiliki banyak sekali keunggulan dan cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia amat mudah. Berikut beberapa kelebihan dan ulasan singkat mengenai aplikasi ini:

1. Membantu Screening Saham

Hal ini dikarenakan salah satu fungsi yang bisa diterapkan pada aplikasi ini adalah untuk melakukan Screening. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Screening dilakukan untuk melakukan filter terhadap saham yang sesuai dengan kriteria pengguna.

2. Menyediakan Berbagai Informasi Investasi dan Saham

Bagi para pelaku yang terjun ke dunia saham, beragam informasi dan berita mengenai investasi dan saham tentu sangat dibutuhkan. Supaya diketahui bagaimana keadaan terbaru saham yang sedang diincar atau keadaan terkini di dunia saham.

3. Memberi Panduan Bagi Pemula

Salah satu hal yang disukai dari aplikasi ini adalah karena ramah bagi para pemula. Bahkan aplikasi ini telah menyiapkan beberapa panduan yang bermanfaat untuk para pengguna baru. Agar cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia menjadi mudah.

Beberapa panduan penting yang disediakan di antaranya adalah cara Screening, formula scalping, formula gap down, dan open low. Layanan ini dapat membantu pemula khususnya bagi yang masih asing dengan istilah-istilah pada dunia investasi dan saham.

Aplikasi ini cukup lengkap dan cara menggunakan aplikasi Data Saham Indonesia pun terbilang gampang. Bahkan sangat ramah bagi pengguna baru yang pertama kali terjun ke dunia investasi dan saham. Jadi aplikasi ini banyak digemari oleh para trader dan investor.

Bahkan Data Saham Indonesia dapat dipakai dalam dua versi, yaitu gratis dan berlangganan. Dengan banyaknya menu yang dimiliki, membuat Data Saham Indonesia bisa dipakai untuk berbagai macam aktivitas. Sesuai kebutuhan dari tiap-tiap pengguna aplikasi.

Didukung dengan keunggulan yang ada, tak heran jika aplikasi Data Saham Indonesia ini menjadi salah satu aplikasi saham yang direkomendasikan. Jadi tunggu apalagi, unduh dan pakai Data Saham Indonesia sekarang juga!