free page hit counter
aplikasi yang cepat menghabiskan kuota
aplikasi yang cepat menghabiskan kuota

Ketahui 8 Aplikasi yang Cepat Menghabiskan Kuota Lengkap dengan Solusinya

Tahukan apa saja aplikasi yang cepat menghabiskan kuota? Mungkin penggunaan aplikasi tersebut tidak terlalu intens. Tapi karena memang banyak menyedot data internet, kuota akan cepat habis meski dirasa tidak membuka konten apa-apa.

Pada dasarnya, aplikasi yang basisnya berupa foto dan video lebih cepat menguras kuota internet. Bahkan tanpa digunakan pun bisa menyedot kuota. Lain hal dengan aplikasi yang berbasis teks dan di dalamnya tidak banyak menyertakan konten visual.

Selain itu, aplikasi streaming juga diyakini paling banyak mengambil jatah kuota. Apalagi jika aplikasi tersebut mendukung pemutaran dan update otomatis. Karena itu, cari tahu apa saja aplikasinya dan temukan solusi untuk menghematnya.

1. Youtube

Aplikasi pertama yang dikenal boros kuota adalah Youtube. Hal tersebut karena memang basis dari aplikasi ini sepenuhnya berupa video. Ketika dipakai secara berlebihan hingga berjam-jam, otomatis semakin banyak data internet yang dihabiskan.

Dalam satu jam saja, Youtube bisa menghabiskan 264 MB ketika menontonnya di resolusi 480p. Terlebih jika menggunakan resolusi full HD (1080p) selama sejam, kuota yang diambil mencapai 1,6 GB. Bagaimana kalau menonton berjam-jam? Semakin boros tentunya.

Sebenarnya ada solusi agar Youtube tidak menghabiskan kuota internet yang besar. Pengguna bisa membeli paket data unlimited khusus untuk Youtube. Selain itu, bisa dengan menonton video di resolusi 360p tapi masih lumayan jelas.

2. Facebook

Aplikasi yang cepat menghabiskan kuota kedua adalah Facebook. Bagi yang sering scroll beranda di media sosial ini, bersiaplah paket data internet berkurang dalam waktu cepat. Terlebih jika menggunakan aplikasi Facebook asli, bukan Lite.

Faktor yang membuat Facebook banyak menghabiskan kuota internet adalah kontennya berupa video dan foto. Semakin banyak yang ditonton, lebih besar pula kuota yang digunakan. Ditambah pula jika diterapkan fitur play otomatis.

Solusinya agar penggunaan kuota di aplikasi Facebook tidak terlalu boros yaitu mengatur pemakaian data. Jangan mengaktifkan fitur autoplay di video. Sebaiknya matikan fitur tersebut atau atur mode ON ketika tersambung ke jaringan WiFi.

3. Instagram

Jika dibandingkan Facebook, aplikasi sosial media ini lebih besar lagi menggunakan kuota internet. Alasannya karena konten di dalam Instagram sepenuhnya berupa video dan foto. Lain hal dengan Facebook yang masih mendukung pembuatan status dalam bentuk teks saja.

Aktivitas lain yang membuat kuota cepat habis di aplikasi Instagram adalah pemutaran video secara otomatis. Bukan hanya video yang lewat di beranda saja. Tapi juga video-video yang tampil di Instagram story serta timeline pencarian.

Lalu bagaimana solusinya agar bisa menggunakan Instagram tapi tetap hemat kuota? Caranya adalah mencegah preloading video ketika mengakses Instagram memakai koneksi seluler. Mode hemat data yang diaktifkan membuat video diputar dengan resolusi tinggi hanya ketika memakai WiFi.

4. Twitter

Mungkin banyak yang tidak sadar kalau Twitter itu termasuk aplikasi yang cepat menghabiskan kuota. Pasalnya, basic dari aplikasi ini adalah cuitan berupa teks pendek. Tapi sebenarnya, ada video dan foto yang membuat boros.

Aktifnya fitur autoplay di video merupakan penyebab utama kenapa Twitter banyak mengambil jatah kuota internet. Terlebih jika menggunakan aplikasi dalam waktu lama. Ditambah lagi kalau menggunakan kuota untuk menonton live streaming di Twitter.

Solusi satu-satunya agar bisa lebih hemat saat menggunakan Twitter yaitu menyalakan mode hemat data. Pembatasan tersebut akan menekan konsumsi kuota internet. Selain itu, diatur pula untuk memutar otomatis ketika terhubung ke WiFi saja.

5. Game Online

Bagi yang suka bermain game online, jangan heran kalau kuota internet sangat boros. Terlebih jika itu termasuk permainan yang berbasis video game. Contohnya yaitu game populer seperti DOTA, Free Fire, PUBG, serta Mobile Legend.

Menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermain game mungkin menyenangkan. Tapi tentunya itu memakan banyak paket data internet. Kuota 1 GB pun tidak cukup jika dipakai seharian untuk memainkan game online. Apalagi game yang butuh koneksi cepat.

Lebih baik saat membuka game, nonaktifkan penggunaan aplikasi lain di belakang layar. Selain hemat baterai, kuota internet juga bisa lebih dikontrol. Dapat juga menggunakan paket khusus unlimited game untuk memainkannya.

6. Netflix

Aplikasi yang cepat menghabiskan kuota selanjutnya adalah platform streaming. Ini sering dialami oleh pengguna yang gemar menonton film dan serial drama di Netflix. Karena durasi yang bisa mencapai satu jam, sudah pasti banyak data yang digunakan.

Kuota internet akan lebih cepat terkuras lagi kalau Netflix digunakan bersamaan platform streaming lainnya. Penyebab lainnya yaitu menggunakan Netflix untuk banyak menonton film secara terus menerus. Ditambah tidak ada paket data khusus untuk Netflix.

Jika ingin tetap streaming tanpa banyak menghabiskan kuota, ada beberapa trik. Pertama, matikan set otomatis. Setelah itu, atur pola pemakaian data internetnya. Play film dengan resolusi sedang agar lebih hemat. Selanjutnya bisa streaming 4 jam dengan penggunaan 1 GB saja.

7. Spotify

Basic aplikasi yang cepat menghabiskan kuota satu ini sama dengan Netflix. Tapi bedanya, Spotify digunakan untuk streaming lagu dan bukan film. Meski begitu, keduanya sama-sama mengkonsumsi paket data internet dalam jumlah yang besar.

Selain streaming, penyebab Spotify banyak menggunakan kuota yaitu memerlukan koneksi internet yang cepat. Karena jika tidak, lagu akan buffering dan tidak lancar saat di-play. Sudah pasti harus menyiapkan paket data yang besar bersamaan pemakaian aplikasi lain.

Untuk menekan konsumsi kuota internet, ada trik yang bisa diikuti. Solusinya adalah mengurangi streaming dengan mengunduh lagu favorit terlebih dahulu. Setelah itu pengguna bisa membuat album musik yang dapat didengarkan secara offline.

8. Google Chrome

Aplikasi yang cepat menghabiskan kuota terakhir adalah Google Chrome. Tanpa disadari, aplikasi tersebut penyumbang utama yang mengkonsumsi paket data dalam jumlah besar. Terlebih lagi jika berselancar dalam waktu berjam-jam di Google Chrome.

Hal lain yang membuat kuota cepat habis yaitu munculnya iklan video secara tiba-tiba saat searching. Apalagi konten tersebut pasti muncul meski tidak diakses. Video iklannya juga di-play otomatis.

Lalu bagaimana solusinya? Saat berselancar di Google Chrome, bisa menonaktifkan aplikasi lain yang juga membuat boros paket data internet. Coba pula menggunakan platform search lainnya yang lebih hemat kuota.

Itulah aplikasi yang cepat menghabiskan kuota beserta solusi agar bisa lebih hemat. Aplikasi-aplikasi yang menyertakan konten video dan foto adalah yang paling boros menggunakan data internet. Selain itu, ada aplikasi untuk streaming film maupun musik.

Ada beberapa hal yang membuat aplikasi tersebut lebih banyak lagi menghabiskan kuota. Contohnya seperti pemutaran video otomatis di platform Facebook dan Instagram. Contoh lainnya yaitu menggunakan aplikasi streaming dengan resolusi full HD.

Sebenarnya ada pengaturan agar berada di mode hemat data untuk menekan penggunaan kuota internet. Aplikasi juga bisa diatur supaya tidak lagi di-upgrade otomatis. Jika berupa aplikasi konten video, sebaiknya tidak mendukung fitur autoplay.