free page hit counter
Aplikasi Kelola Marketplace. | via goodscoop.id
Aplikasi Kelola Marketplace. | via goodscoop.id

6 Aplikasi Kelola Marketplace Berbasis Web & Smartphone

Artikel diperbarui pada 16 Oktober 2022.

Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi kelola marketplace berbasis web dan smartphone yang bisa membantu kamu untuk melakukan manajemen toko online kamu. Aplikasi ini terbagi menjadi dua, yaitu aplikasi kelola marketplace untuk Android dan berbasis website yang bisa diakses melalui laptop.

Apakah masih suka mengatur banyak toko online secara manual? Sebaiknya, gunakan aplikasi kelola marketplace agar lebih praktis. Banyak fitur manajemen, yang akan membantu kegiatan jual beli.

Jika ingin mengunggah produk baru di banyak marketplace, tidak perlu lagi melakukannya satu per satu. Semuanya bisa diintegrasikan, sehingga pengelolaan menjadi lebih mudah. Toko online yang ada di berbagai marketplace, dikendalikan lewat satu platform.

Keberadaan platform mengelola marketplace, diyakini menguntungkan bagi pebisnis. Pesanan dari pelanggan lebih cepat ditangani. Apalagi ada fitur-fitur manajemen lainnya.

Ada dua jenis aplikasi untuk mengintegrasikan marketplace. Pertama yaitu aplikasi berbasis smartphone android. Ada pula aplikasi yang dijalankan lewat situs web.

Aplikasi Kelola Marketplace Berbasis Smartphone Android

Rekomendasi pertama ini, akan diberikan aplikasi kelola marketplace yang berbasis smartphone android. Penjual lebih mudah melakukan manajemen toko online dengan aplikasi ini. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa aplikasi berikut:

1. Ginee – Aplikasi kelola banyak akun marketplace gratis

Ginee (dulunya bernama Genie) adalah aplikasi kelola marketplace gratis. | via ginee.com
Ginee (dulunya bernama Genie) adalah aplikasi kelola marketplace gratis. | via ginee.com

Ginee adalah aplikasi terbaik untuk melakukan integrasi beberapa marketplace sekaligus. Aplikasinya memang masih baru, rilis 9 April 2022. Ukurannya sendiri hanya 4,4 MB, jadi sangat ringan di penyimpanan.

Melalui Ginee, aktivitas manajemen bisnis lebih mudah dilakukan. Apalagi pengguna dapat mengintegrasikan banyak marketplace dalam satu aplikasi. Geniee terintegrasi dengan Zalora, Shopee, JD.ID, Akulaku, Lazada, Blibli, Tokopedia, serta Bukalapak.

Ada dua versi aplikasi Ginee, yakni gratis dan berbayar. Untuk versi free sudah banyak layanan pengelolaan yang diberikan. Penjual bisa menikmati fitur manajemen produk untuk menambahkan produk ke semua toko online secara massal.

Dalam satu aplikasi, user juga dapat menggunakan layanan manajemen pesanan dan Customer Relation Management (CRM). Tapi ada batasan di versi gratis, yaitu maksimal mengintegrasikan 5 marketplace. Jadi, disarankan menggunakan paket berbayarnya.

2. SIRCLO Store – Aplikasi toko online dengan fitur kelola marketplace

Sirclo Store menyediakan layanan toko online dengan fitur manajemen akun marketplace. | via sirclo.com
Sirclo Store menyediakan layanan toko online dengan fitur manajemen akun marketplace. | via sirclo.com

Penjual bisa mengelola marketplace dengan praktis, lewat SIRCLO Store. Aplikasi ini berukuran 8,5 MB saja dan baru rilis 29 Juni 2022. Banyak fitur kelola marketplace yang memudahkan manajemen beberapa toko online.

SIRCLO Store juga terintegrasi dengan banyak marketplace populer. Jika punya toko di Zilingo, Shopee, Bukalapak, Elevenia, dan lainnya bisa dikelola sini. Tidak perlu lagi melakukannya manual satu per satu.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur integrasi produk dan mengatur stok di semua marketplace lewat SIRCLO Store. Misalkan ada produk yang terjual di Shopee, pastinya harus mengganti stok toko di marketplace lain. Tapi, itu bisa dilakukan sekaligus menggunakan SIRCLO Store.

Aplikasi kelola marketplace ini, juga ada fitur order page untuk mengatur pesanan. Pengguna bisa membuat toko online di SIRCLO Store, dan diintegrasikan dengan marketplace lain. Tersedia pula template tampilan toko yang menarik.

3. Clodeo – Kelola stok dan cetak label dalam satu aplikasi kelola marketplace

Clodeo menyediakan fitur kelola marketplace yang terintegrasi dengan toko online dan stok barang dalam satu aplikasi. | via clodeo.com
Clodeo menyediakan fitur kelola marketplace yang terintegrasi dengan toko online dan stok barang dalam satu aplikasi. | via clodeo.com

Rekomendasi ketiga ini merupakan platform untuk mengelola marketplace WooCommerce dan Shopify. Clodeo hanya berukuran 30 MB. Fitur manajemennya sangat lengkap, sehingga memudahkan penjual.

Menggunakan Clodeo, user bisa melakukan sinkronisasi produk. Misalkan sudah memiliki daftar produk di WooCommerce. Jika ingin menambahkan produk serupa ke Shopify, tidak perlu manual, tinggal disinkronisasikan lewat Clodeo.

Ketika ada order di masing-masing marketplace, pengguna bisa mengontrolnya langsung melalui satu platform. Ada pula fitur alokasi stok yang lebih praktis. Selain itu, disediakan layanan COD yang bekerja sama dengan banyak jasa ekspedisi.

Penjual baru bisa mencoba Clodeo versi gratis dengan menggunakan Clodeo Lite Bronze atau Clodeo Starter. Tapi untuk mendapatkan fitur pengelolaan marketplace lebih lengkap, dapat mencoba paket berbayar. Fee per bulannya mulai Rp49.000 sampai Rp199.000.

Aplikasi Kelola Marketplace Berbasis Web

Jika ingin penggunaan yang mudah, penjual dapat memakai aplikasi kelola marketplace berbasis web. Fiturnya lebih cepat diakses karena tidak perlu install aplikasi, cukup dengan akses situsnya. Untuk aplikasi berbasis web, berikut rekomendasi dan ulasannya:

1. Majoo – Aplikasi kelola marketplace berbasis web paling lengkap

Majoo adalah salah satu aplikasi kelola marketplace berbasis web paling lengkap. | via majoo.id
Majoo adalah salah satu aplikasi kelola marketplace berbasis web paling lengkap. | via majoo.id

Majoo adalah aplikasi kelola marketplace pertama yang fiturnya sangat lengkap. Melalui Majoo, pengguna bisa mengintegrasikan beberapa toko online-nya di marketplace berbeda. Penjual tidak perlu mengatur satu per satu, karena dapat melakukannya lewat satu dashboard.

Dalam Majoo, pengguna juga bisa membuat toko online sendiri. Untuk kemudian toko tersebut dihubungkan ke berbagai marketplace. Beberapa marketplace yang terintegrasi dengan Majoo yaitu Bukalapak, Tokopedia, serta Shopee.

Daftar produk yang ada di masing-masing marketplace bisa diintegrasikan dengan mudah. Ketika terdapat produk sejenis yang punya nama beda, nantinya tetap dikenali sebagai satu produk. Tentunya ini memudahkan Ketika ada pesanan di beberapa marketplace sekaligus.

Majoo juga punya aplikasi kasir online agar penghitungan transaksi lebih praktis. Selain itu, ada fitur analisis bisnis yang akan membantu perkembangan toko. Pengguna dapat mencoba masa trial 30 hari sebelum memilih paket berbayar di Majoo.

2. Jubelio – Aplikasi kelola banyak akun marketplace dengan fitur bisnis online lengkap

Jubelio adalah platform aplikasi bisnis online yang terintegrasi dengan akun marketplace. | via jubelio.com
Jubelio adalah platform aplikasi bisnis online yang terintegrasi dengan akun marketplace. | via jubelio.com

Aplikasi berbasis web selanjutnya yang praktis untuk kelola marketplace adalah Jubelio. Aplikasinya dapat digunakan lewat tautan https://jubelio.com. Proses daftar dan manajemen marketplace lewat Jubelio sangat mudah.

Jika belum punya toko online, pengguna dapat membuatnya dengan mudah di Jubelio. Banyak marketplace populer yang terhubung dengan aplikasi ini. Jadi kalau mempunyai toko di Bukalapak, Akulaku, Lazada, maupun Tokopedia bisa dikelola lewat satu platform.

Sinkronisasi stok di Jubelio dilakukan secara otomatis. Misalkan ada satu produk yang terjual di Tokopedia, stok di marketplace lain bisa disesuaikan tanpa melakukannya manual. Begitu pula jika ingin membuat listing dan mengunggah produk yang dilakukan sekali klik.

Jubelio mempunyai fitur chat yang memudahkan penjual untuk berinteraksi dengan para pembelinya di semua marketplace. Selain itu, tersedia aplikasi kasir online agar transaksi lebih praktis. Melalui aplikasi ini, user juga bisa memantau insight penjualannya.

3. Master Online – Aplikasi kelola toko online terintegrasi dengan banyak platform

Master Online menyediakan aplikasi untuk mengelola banyak akun toko online di berbagai platform. | via masteronline.co.id
Master Online menyediakan aplikasi untuk mengelola banyak akun toko online di berbagai platform. | via masteronline.co.id

Rekomendasi aplikasi kelola marketplace terakhir yang berbasis web yaitu Master Online. Penjual dapat menggunakan aplikasi tersebut dan mendaftar lewat alamat https://www.masteronline.co.id/. Master Online juga memberikan layanan manajemen yang sangat lengkap.

Fitur pertama yang ada di Master Online adalah Multi Channel Order Management. Ketika ada pesanan yang masuk di beberapa toko online, penjual bisa mengeceknya di satu aplikasi. Begitu pula dengan kegiatan penerimaan barang yang lebih praktis.

Layanan lainnya di Master Online yaitu kelola stok barang. Ketika ada produk yang terjual tidak perlu mengubahnya manual di setiap marketplace. Cukup disinkronisasi dan diatur lewat Master Online.

Beberapa marketplace yang dapat dikelola di Master Online yaitu WooCommerce, Zilingo, JD.ID, Shopee, Elevenia, dan marketplace populer lain. Paket Basic-nya bisa digunakan gratis selama 14 hari. Tapi selanjutnya harus membayar Rp400.000—Rp900.000/bulan.

Penutup

Itulah aplikasi kelola marketplace yang akan membantu kegiatan manajemen. Sekarang tidak perlu lagi mengunggah produk secara manual. Jika punya toko online di berbagai marketplace, bisa diintegrasikan.

Platform untuk mengelola beberapa marketplace sudah dibekali banyak fitur manajemen. Salah satu yang menguntungkan yaitu fitur sinkronisasi produk. Jadi sekali masuk ke aplikasi, penjual dapat mengontrol tokonya lewat satu platform.

Selain itu, fitur tata kelola stok juga sangat menguntungkan. Tidak perlu mengubah stok di masing-masing marketplace. Semuanya hanya sekali klik di satu aplikasi.

Adanya platform tersebut tentunya membantu untuk mengembangkan bisnis. Pelayanan pelanggan juga lebih mudah dilakukan. Paling penting, aktivitas mengelola marketplace semakin efektif.