free page hit counter
aplikasi simulasi arduino online

10 Rekomendasi Aplikasi Simulasi Arduino Online untuk Windows, Linux dan Mac Os

Artikel diperbarui pada 11 September 2022.

Ingin tahu aplikasi simulasi Arduino online yang bisa digunakan di laptop atau PC? Pengguna bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi di bawah. Adanya aplikasi seperti ini, memudahkan bagi sebagian orang untuk bereksperimen serta berkreasi dengan Arduino tanpa memerlukan perangkat keras secara langsung. Tentunya hal ini sangat menarik untuk dicoba dan dieksplor.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, pengguna dapat simulasi membuat rangkaian dan program Arduino serta breadboard berbasis virtual. Selain itu, ini sangat menguntungkan karena menghemat waktu serta uang, sebab dilakukan secara gratis.

Tak kalah pentingnya, pengguna dapat mengeksplor secara bebas tanpa khawatir jika akan merusak komponen atau papan rangkaiannya. Berikut alternatif aplikasinya:

1. Arduino Simulator Proteus Design Suite

Alternatif aplikasi simulasi Arduino online yang bisa jadi pilihan yaitu Arduino Simulator Proteus Design Suite. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuat rangkaian elektronik dengan mudah. Para insinyur banyak memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat skema serta cetakan elektronik guna pembuatan papan sirkuit.

Keunggulan aplikasi ini adalah mampu mensimulasikan perangkat lunak yang sedang beroperasi di mikrokontroler dengan elemen lain yang terhubung. Tak hanya itu, aplikasi ini telah didukung untuk sistem Windows dan Linux dengan dilengkapi beberapa bahasa.

2. Arduino Simulator Tinkercad

Jika kebanyakan aplikasi Arduino berupa dalam bentuk software, Tinkercad justru dapat diakses melalui situs resminya. Tinkercad merupakan aplikasi yang dirancang dan diperuntukkan untuk pengguna yang menyukai desain 3D, blok kode, dan elektronika. Pengguna pun dapat mengaksesnya secara gratis.

Jika dilihat sekilas, Tinkercad terlihat seperti website edukasi seperti Edmodo, Google Classroom, dan website sejenis lainnya karena memiliki fitur education untuk siswa dan guru. Aplikasi ini termasuk trendy di kalangannya dan banyak direkomendasikan sebagai media belajar elektronika online.

3. Virtronics Simulator for Arduino

Sama seperti aplikasi sejenis diatas, pengguna dapat mengakses Virtronics buatan dari perusahaan Australia yang mampu beroperasi pada sistem Windows. Dapat diakses dalam versi gratis dan juga versi pro. Pengguna akan mendapatkan masa trial selama 30 hari saat pertama kali mengaksesnya.

Sayangnya, terdapat keterbatasan dalam library, petunjuk penggunaannya, dan struktur khusus. Meskipun begitu banyak manfaat lain yang bisa didapatkan melalui aplikasi Virtronics, seperti mempermudah pengguna ketika pengembangan sketsa yang rumit. Terdapat juga fitur untuk debugging, dapat melakukan pengujian sketsa, dan lain-lain.

4. Arduino Simulator Software Autodesk Eagle

Pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi Arduino Simulator Software Autodesk Eagle. Aplikasi yang dikembangkan pihak CadSoft Computer Gmbh merupakan perusahaan yang diakuisisi Autodesk pada tahun 2016. Eagle sendiri berupa kepanjangan dari kata Easily applicable graphical layout editor.

Eagle diperuntukkan desain elektronika dan programming dengan tata letak papan sirkuit, tampilan skematik, dan terdapat fitur router yang otomatis. Tersedia berbagai bahasa dan mampu beroperasi pada sistem Linux, Windows, dan Mac OS. Banyak digunakan insinyur elektronika karena dilengkapi fitur yang lengkap.

5. Fritzing

Selanjutnya, aplikasi simulasi Arduino online yang bisa dimanfaatkan yaitu Fritzing. Aplikasi ini mampu membantu menerjemahkan prototipe menjadi produk nyata dan diakses pada sistem Windows, Linus, maupun Mac OS. Bersifat open source, membuat pengguna dapat membuat simulasi rangkaiannya sesuai dengan imajinasi masing-masing.

Fritzing dikenal sebagai software layout PCB terbaik karena memiliki fitur lengkap. Dengan memanfaatkan Fritzing, pengguna dapat membangun sirkuit, melampirkan kode pemrograman, menggunakan routing dua sisi, merancang dan membuat layout PCB. Selain itu, bisa mendokumentasikan dan membagikan hasil desain prototipe ke orang lain.

6. Emulare Arduino Simulator

Aplikasi simulator ini cukup unik dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya. Mengapa? Karena dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mensimulasikan banyak proyek Arduino secara sekaligus tanpa adanya hambatan. Sehingga, aplikasi ini sangat cocok diperuntukkan bagi yang suka multitasking ketika mengerjakan Arduino.

Dilengkapi fitur library yang lengkap dan dapat dioperasikan pada sistem Linux dan Windows, membuatnya menjadi pilihan untuk membuat rangkaian elektronika. Aplikasi ini berfokus pada mikrokontroler Atmega, membuatnya dilengkapi oleh elemen push button, timer, switch, memori AVR, lampu LED, dan komponen-komponen lainnya.

7. ArduinoSim

Aplikasi Arduino Sim juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan dalam hal simulasi program dan perangkat keras Arduino yang bisa dilakukan secara online. Untuk pemula, cocok untuk menggunakannya karena dapat memberikan pengalaman yang baik dan memudahkan pengguna dalam mengutak-atik rangkaian dan kodenya.

Aplikasi yang dirancang dengan bahasa Python, yakni bahasa pemrograman dan dilengkapi database yang luas dan tersedia secara online. Sayangnya, Arduino Sim tidak diakses secara open source, namun tetap masih bisa dimanfaatkan secara gratis pada sistem operasi Linux dan Windows.

8. Paul Ware’s Arduino

Pengguna juga dapat memanfaatkan Paul Ware’s Arduino sebagai alternatif dalam simulasi Arduino secara virtual. Aplikasi yang dinamai sesuai dengan nama pembuatnya dapat digunakan secara gratis pada sistem Windows. Kemudahan dalam mengaksesnya, membuatnya cukup banyak digunakan oleh untuk sebagian kalangan.

Jika menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat merasakan kelebihannya seperti kelengkapan library, aktuator, dan sensornya yang baik. Selain itu, bisa memodifikasi rangkaian Arduino, aktuator, sensor, sirkuit dan programnya sesuai dengan keinginan. Dan yang terpenting, tampilan antarmuka yang dimiliki sangat user friendly.

9. Yenka Electronics

Ada Yenka Electronics yang bisa jadi pilihan untuk mensimulasikan rangkaian Arduino dengan lebih dari 150 komponen. Tentunya sangat berguna dan menguntungkan pengguna dalam melengkapi kesempurnaan desain yang dibuat dan menguji keberhasilannya.

Dilengkapi fitur untuk mendesain PCB, perancangan sirkuit, penggunaan sinyal analog dan digital. Selain itu, bisa juga menyertakan chip PICAXE dan PIC dalam rangkaian yang dibuat. Melalui aplikasi ini, pengguna dapat membuat desain elektronik dengan mudah, bahkan bagi yang tak berpengalaman.

10. Arduino Autodesk Circuits

Terakhir, aplikasi simulasi arduino online yang dapat jadi opsi yaitu Arduino Autodesk Circuits. Dilengkapi oleh fitur seperti debugger, serial monitor, Arduino IDE, dan library. Aplikasi ini terbagi menjadi dua HUB, yakni Hub Desain PCB dan HUb Laboratorium Elektronik.

Kedua HUB dilengkapi oleh masing-masing fitur. HUB Desai PCB terdapat fitur skema desain dan layout PCB. sedangkan HUB Laboratorium fiturnya yaitu simulasi realtime, pengeditan kolaboratif, pemrograman Arduino, dan circuit scribe hub.

Itulah 10 aplikasi simulasi Arduino online yang bisa diakses di PC dengan sistem Windows, Linux, ataupun Mac OS. Semua aplikasi yang disebutkan diatas bisa dimanfaatkan oleh pengguna secara gratis, mudah, dan hemat waktu.

Ada beberapa yang harus melakukan pemanasan terlebih dahulu pada perangkat, ada yang hanya bisa melalui situs website-nya. Dengan adanya aplikasi simulasi Arduino online, mempermudah pengguna dalam melakukan desain hingga pengujian rangkaian secara mudah tanpa melibatkan perangkat keras.

Setiap aplikasi diatas ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan dilengkapi fitur yang cocok untuk digunakan oleh pemula hingga yang sudah ahli dibidangnya. Oleh karenanya, gunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan bijak dan jangan sampai salah pilih aplikasi.