free page hit counter
cara menggunakan aplikasi trading saham

Cari Tahu Cara Menggunakan Aplikasi Trading Saham dan Fitur Pentingnya

Memang sudah ada berbagai pilihan aplikasi yang bisa digunakan untuk trading saham di Indonesia. Namun, masih banyak investor yang bingung bagaimana cara menggunakan aplikasi trading saham dan memanfaatkan berbagai fiturnya. Sebenarnya, tidak sulit memanfaatkan aplikasi-aplikasi ini serta fiturnya.

Walaupun, aplikasi trading saham di Indonesia sudah cukup beragam, namun penggunaannya sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda. Karena itu, para investor terutama yang pemula cukup mengetahui cara dasar untuk menggunakannya. Setelah memahaminya, pastinya para pengguna bisa menggunakan berbagai jenis aplikasi untuk trading saham.

Cara Menggunakan Aplikasi Trading Saham Secara Dasar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, walaupun jumlahnya sudah cukup banyak di Indonesia. Namun, sebenarnya cara penggunaan aplikasi untuk trading saham ini tidak terlalu jauh berbeda dan mirip-mirip.

Jika para pengguna sudah memahami cara dasarnya, maka para investor sudah bisa bertransaksi dengan memanfaatkan aplikasi manapun. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara penggunaan aplikasi trading saham yang paling mendasar:

1. Membuat Akun pada Aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan para investor yang ingin menggunakan aplikasi trading saham adalah membuat akun pada aplikasi. Tentu saja, para investor harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi trading saham pada tahap pembuatan akun:

  • Download aplikasi trading saham yang resmi dari toko aplikasi yang ada pada smartphone.
  • Kemudian, install aplikasi pada smartphone yang digunakan dan langsung buka aplikasi.
  • Pada tampilan awal aplikasi, pilih ‘Buat Akun’ untuk mulai pembuatan akun investasi pada aplikasi.
  • Isi data diri sesuai dengan ketentuan formulir yang disediakan. Lebih baik sebelumnya sediakan dulu data seperti foto KTP dan juga foto selfie bersama KTP. Karena biasanya, data ini akan diminta.
  • Setelah setiap formulir diisi sesuai dengan ketentuan ajukan pembuatan akun pada aplikasi.

Biasanya aplikasi akan langsung jadi, namun transaksi yang dilakukan masihlah terbatas. Karena akun harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu yang mungkin memakan waktu 3 hari kerja sampai 7 hari kerja tergantung ketentuan pada aplikasi.

2. Cara Melakukan Deposit Saldo

Setelah memiliki akun dan sudah melakukan verifikasi, cara menggunakan aplikasi trading saham berikutnya adalah melakukan deposit saldo. Deposit saldo ini sangat penting sebagai sumber dana transaksi trading saham.

Jadi, para investor tidak perlu lagi bolak-balik transfer setiap melakukan transaksi. Karena pembayaran akan langsung diambil dari saldo yang sudah dimasukkan ke dalam deposit aplikasi. Berikut adalah cara untuk memasukkan deposit saldo:

  • Buka akun investasi pada aplikasi trading saham.
  • Pada tampilan awal, klik menu saldo yang ditampilkan pada aplikasi.
  • Klik atau pilih opsi ‘Tambah Saldo’ pada tampilan pengaturan saldo.
  • Pilih opsi pembayaran untuk menambah saldo, metode yang paling umum adalah dengan transfer bank, deposit secara langsung pada beberapa agen, atau berbagai cara yang lain sesuai dengan ketersediaan.
  • Masukkan besaran saldo yang akan didepositkan.
  • Lakukan transaksi dan selesaikan pembayaran.
  • Tunggu sampai muncul notifikasi jika pembayaran sudah berhasil.
  • Setelah itu, saldo pada bagian deposit akan bertambah jumlahnya sesuai dengan pembayaran yang dilakukan sebelumnya.

Pada beberapa aplikasi trading saham biasanya saldo tidak langsung masuk. Ada yang tertahan selama beberapa hari terlebih dahulu untuk proses verifikasi. Namun, ada juga aplikasi yang cepat cair dan saldo bertambah. Hal ini tergantung dengan kebijakan aplikasi masing-masing.

3. Cara Transaksi Pembelian Saham

Setelah memiliki saldo yang didepositkan pada akun. Sekarang para investor sudah siap untuk melakukan transaksi. Untuk melakukan transaksi pada aplikasi trading saham ini jauh lebih mudah daripada transaksi konvensional saham biasa.

Karena itu berikut akan dijelaskan cara menggunakan aplikasi trading saham untuk melakukan transaksi yang diinginkan. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka akun investasi pada aplikasi trading saham.
  • Pada tampilan awal biasanya sudah tersedia daftar saham yang siap untuk dibeli oleh para investor.
  • Pilih saham yang ingin dibeli dan dimiliki, sesuaikan jumlah dan besaran biaya yang dibayarkan dengan jumlah saldo yang ada dideposit.
  • Setelah sudah ditentukan, langsung klik tombol ‘Buy’ atau ‘Beli’ pada aplikasi.
  • Lakukan verifikasi dengan melakukan scan sidik jari atau memasukkan pin akun.
  • Setelah itu tunggu beberapa saat sampai transaksi yang dilakukan sudah dikonfirmasi.

Pada beberapa aplikasi, ada yang tidak bisa langsung memasukkan saham yang dibeli para portofolio. Melainkan, harus ditunggu beberapa waktu terlebih dahulu untuk verifikasi lebih lanjut. Biasanya, proses ini membutuhkan waktu dari 2 sampai 3 hari saja.

4. Cara Transaksi Penjualan Saham

Selain membeli saham yang diinginkan, ada juga cara menggunakan aplikasi trading saham untuk menjual saham. Jika para investor merasa sudah waktunya untuk melepaskan saham tertentu. Para investor bisa langsung melakukan penjualan cukup dari aplikasi saja.

Caranya pun sangat mudah dengan pencairan pada deposit yang relatif cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka akun investasi pada aplikasi trading saham.
  • Klik opsi ‘Profil’ pada aplikasi saham.
  • Pergi ke halaman portofolio saham yang dimiliki oleh para pengguna.
  • Pilih salah satu saham yang dinilai menguntungkan untuk dijual.
  • Kemudian, langsung klik tombol ‘Sell atau ‘Jual pada aplikasi.
  • Setelahnya lakukan verifikasi dengan melakukan scan sidik jari atau memasukkan pin akun.
  • Setelah itu tunggu beberapa saat sampai transaksi yang dilakukan sudah dikonfirmasi.

Untuk proses penjualan saham, rata-rata aplikasi memang tidak bisa langsung menjual saham dan menjadikannya uang pada deposit. Biasanya proses penjualan ini memerlukan waktu dari 2 sampai 7 hari sesuai dengan nilai dan permintaan pasar atas saham tersebut.

Fitur yang Harus Dimiliki Aplikasi Trading Saham

Setelah memahami cara menggunakan aplikasi trading saham setelah mendasar, selanjutnya akan dibahas mengenai fitur apa saja yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi trading saham. Untuk memenuhi fungsinya dalam bertransaksi ada beberapa fitur wajib pada aplikasi.

Berikut adalah beberapa fitur wajib sebuah aplikasi trading saham. Para pengguna harus memastikan bahwa aplikasi yang digunakan memiliki fitur-fitur ini atau tidak.

1. Fitur Grafik IHSG

Fitur yang paling penting yang harus dimiliki oleh aplikasi trading saham adalah grafik perkembangan dari harga IHSG. Adanya fitur ini sangat esensial, karena melalui grafik ini, pergerakan ekonomi dan pasar di Indonesia bisa ditunjukkan dengan ringkas cepat.

2. Memiliki Fitur Ringkasan Mengenai Broker

Penting bagi para pengguna aplikasi trading saham untuk berhati-hati dalam memilih suatu saham. Untuk meminimalisir kesalahan dan melengkapi pertimbangan para pengguna. Sebuah aplikasi trading saham harus menyediakan informasi setidaknya ringkasan mengenai broker.

3. Indikator Saham yang Lengkap

Fitur berupa indikator saham merupakan aspek penting pada aplikasi trading saham. Karena dengan fitur indikator inilah, para pengguna mendapatkan informasi untuk membuat keputusan transaksi. Tanpa fitur ini, tentu saja akan sulit untuk menentukan langkah selanjutnya.

Itulah cara menggunakan aplikasi trading saham yang paling dasar. Berikut dengan fitur-fitur yang wajib dimiliki oleh sebuah aplikasi trading saham. Sebagai investor, para pengguna harus memastikan sebuah aplikasi trading saham memiliki fitur yang disebutkan di atas.