free page hit counter
asuransi pendidikan terbaik di indonesia

Mengenal 5 Perusahaan Asuransi Pendidikan Terbaik Di Indonesia

Artikel diperbarui pada 5 Mei 2023.

Sekarang tidak perlu khawatir memilih asuransi pendidikan untuk menyimpan dana pendidikan. Hal tersebut dikarenakan banyak bermunculan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yang bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan berasuransi. Pentingnya memilih asuransi terbaik yakni meminimalisir kerugian atau kemungkinan terburuk pada dana yang diasuransikan.

Manfaat memilih yang terbaik harapannya yakni dana yang diasuransikan akan dapat dimanfaatkan dengan tepat, selain itu dana pendidikan telah terjamin seutuhnya. Tentunya sebelum memutuskan untuk melakukan asuransi harus mengerti resiko yang nantinya didapatkan. Simak uraian artikel di bawah ini.

Jenis-Jenis Asuransi Yang Harus Diketahui

Sebelum memutuskan mengasuransikan dana pendidikan pada sebuah Lembaga tertentu, maka perlu untuk mengetahui jenis–jenis asuransi yang ada. Hal tersebut akan membantu dalam menyesuaikan keinginan dan tujuan asuransi dengan jenis asuransi yang ada. Sehingga diharapkan paham dengan perbedaan antara jenis-jenis asuransi yang akan dipilih.

Jenis – jenis asuransi yang tersedia ini hendaknya dicermati oleh calon-calon orang tua atau siapapun dalam melakukan asuransi pendidikan. Agar tidak ada penyesalan dan kekecewaan akibat tidak paham berkaitan dengan asuransi berkaitan dengan asuransi yang dipilih. Simak uraian berikut ini untuk jenis-jenis asuransi yang bisa dicermati:

1. Unit Link

Sistem dari jenis asuransi ini memberikan 2 manfaat bagi siapapun yang mengasuransikan dana yang dimiliki. Diantara manfaatnya yakni investasi dan perlindungan jiwa, manfaat ini bisa didapatkan apabila mengasuransikan dana pendidikan. Apabila seseorang melakukan asuransi pada jenis ini akan mendapatkan 2 manfaat tersebut.

Jenis asuransi ini memiliki resiko yang cukup tinggi, karena premi yang dibayarkan akan diedarkan lagi pada instrumen investasi. Konsekuensi yang didapat yakni dana bisa saja meningkat maupun jatuh. Selain itu apabila didapati meninggal atau cacat bagi pengasuransi maka akan mendapat uang premi.

2. Syariah

Berbeda dengan jenis asuransi unit link yang telah dijelaskan diatas, untuk jenis asuransi ini akan didasarkan pada gotong–royong dengan nasabah. Prinsip yang dipegang adalah bagi hasil untuk setiap dana yang telah diasuransikan. Selain itu prinsip kerja didasarkan pada syariat agama Islam tentunya.

Dalam hal manfaat jenis asuransi ini memiliki 2 manfaat yang sama dengan asuransi sebelumnya. Diantaranya berupa investasi dan perlindungan jiwa. Sehingga tidak begitu jauh perbedaanya, hanya dalam hal prinsip saja.

3. Dwiguna/ Endowment

Selanjutnya untuk jenis asuransi ini akan memberikan pengembalian uang pada nasabah. Selain itu juga akan ada manfaat sebagai perlindungan jiwa juga. Sistem kerja yang bisa dipahami yakni jenis asuransi ini akan menanggung apabila terjadi cacat seumur hidup maupun wafat orang tua.

Dengan kondisi seperti itu jenis asuransi ini akan menanggung biaya pendidikan. Namun, apabila tidak ada klaim yang masuk maka uang premi akan dikembalikan pada pihak tertanggung. Sehingga perlu untuk memilih jenis asuransi yang tepat dan sesuai dengan tujuan.

Asuransi Pendidikan Terbaik Di Indonesia Yang Bisa Digunakan

Setelah mengetahui jenis asuransi yang ada, maka akan mudah untuk menentukan pilihan untuk mengasuransikan dana yang dimiliki pada pihak yang terpercaya. Sehingga dana asuransi akan tetap dapat dinikmati dan dipergunakan di masa depan. Simak uraian berikut ini untuk jasa asuransi terbaik yang bisa dipilih:

1. BCA Life

Asuransi pertama yang bisa digunakan yakni BCA Life, untuk asuransi ini termasuk dalam jenis asuransi dwiguna. Sistem kerja serta prinsipnya mengikuti jenis asuransi dwiguna, BCA Life ini dinaungi oleh bank swasta terkenal di Indonesia. Selain itu asuransi ini menggunakan proteksi edukasi maksima yang akan didapat oleh nasabah yang melakukan asuransi.

Sehingga asuransi ini masuk kedalam rekomendasi asuransi yang bisa dipakai. Jangka waktu pembayaran premi sendiri berkisar 3–15 tahun. Selanjutnya biaya kisaran setiap tahunnya mencapai 60 juta rupiah.

2. Prudential

Selanjutnya asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yakni prudential yang bisa dijadikan pilihan maupun pertimbangan untuk mengasuransi dana pendidikan yang dimiliki. Prudential sendiri termasuk ke dalam jajaran penyedia jasa asuransi yang terkemuka. Sistem kerjanya mengusung model produk PRULink Edu Protection.

Hal tersebut memang sesuai dengan namanya, karena asuransi ini termasuk kedalam jenis unit link. Sehingga proteksi dapat diberikan bagi satu polis yang ada. Premi yang dibayarkan tiap bulannya sekitar 500 ribu rupiah, dengan keuntungan yang didapatkan sebesar 30 juta per polis.

3. Astra Life

Astra sendiri merupakan sebagai merek ternama dengan bisnis–bisnis besar yang dinaungi oleh perusahaan ASTRA. Tidak heran lagi apabila asuransi yang ditawarkan juga memiliki kualitas dan keamanan yang terjamin dan bisa dirasakan bagi semua nasabahnya. Produk tersebut dinamai Astra Life yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas tanpa ada pengecualian apapun.

Asuransi ini termasuk yang memiliki beberapa pelayanan yang lengkap. Cara kerjanya juga dengan memberikan pilihan produk bagi calon nasabah sesuai keinginan. Hal tersebut termasuk pada proteksi atau perlindungan pada anak.

4. Manulife

Asuransi yang sederhana dan mudah untuk diterapkan yakni Manulife. Premi yang ditawarkan juga murah, hanya berkisar 1 juta rupiah perbulannya. Selain itu dengan menggunakan asuransi ini tentunya tidak perlu lagi merasa khawatir maupun was–was pada dana pendidikan anak.

Sistem kerja yang diterapkan yakni unit link, maka akan memberikan manfaat untuk perlindungan jiwa dan investasi jangka Panjang. Setiap nasabah yang melakukan asuransi ini akan mendapatkan 2 manfaat tersebut. Sehingga manfaat tersebut dapat dinikmati dan diambil untuk biaya pendidikan di masa depan.

5. BNI Life

Selain sebagai salah satu bank milik BUMN yang telah berdiri lama di Indonesia, bank ini juga menyediakan jasa asuransi bagi yang membutuhkan. Kemudahan dan segala manfaat juga ditawarkan pada asuransi ini. Diantara manfaat yang didapat yakni tidak jauh berbeda dengan asuransi lain yang telah dijelaskan diatas.

Asuransi bisa dari jenjang pendidikan dasar sampai tinggi sekalipun, sehingga tidak ada batasan yang diberikan. Selain itu juga ada masa pertanggungan yang diberikan pada asuransi BNI Life ini. Diantara waktu pertanggungan yang diberikan sekitar 9 sampai dengan 17 tahun dengan pembayaran premi sebesar 5 juta tiap tahunnya.

6. Sequis

Jasa asuransi yang satu ini bisa jadi pilihan dan direkomendasikan bagi kalian para orang tua yang ingin berasuransi pendidikan. Keuntungan yang ditawarkan mencapai 200% diberikan selama premi dibayarkan. Premi yang disarankan berlaku 10 sampai 16 tahun.

Resiko yang diberikan juga tidak memberatkan salah satu pihak. Selain itu pertanggungan yang diberikan sekitar 20 juta. Uang pertanggungan tersebut akan diberikan sesuai perjanjian yang telah disepakati.

Demikian uraian terkait dengan asuransi pendidikan terbaik di Indonesia yang bisa dipilih dan dipertimbangkan untuk digunakan. Beberapa asuransi tersebut tentunya memiliki banyak resiko yang menyertainya dan tentunya perlu untuk dipahami baik dan buruknya. Serta perlu untuk difikir secara cermat dan matang untuk resiko yang nantinya dihadapi.

Hal tersebut dikarenakan agar dana yang diasuransikan memang dikelola dengan tepat oleh jasa yang dipilih. Akibatnya dana yang diasuransikan juga aman terkendali pada tangan yang tepat tanpa ada unsur yang merugikan salah satu pihak. Tentunya akan meminimalisir kerugian ataupun kemungkinan buruk yang terjadi.

Artikel Terkait Tabungan dan Asuransi Pendidikan: