free page hit counter
Tabungan pendidikan anak bri

Jenis Tabungan Pendidikan Anak BRI Yang Banyak Manfaatnya

Kebiasaan menabung memang sangat penting diajarkan kepada anak mulai dari usia dini terutama tabungan untuk pendidikan. Sekarang ini ada banyak bank yang menawarkan berbagai jenis tabungan untuk anak, misalnya bank BRI. Banyak  jenis tabungan pendidikan anak BRI.

Nasabah bisa memilih jenis tabungan anak sesuai dengan kebutuhan. Bank BRI adalah bank yang dinaungi oleh BUMN yang paling besar di Indonesia. Bank ini telah melayani nasabahnya mulai dari 16 desember 1895 sampai saat ini.

Membuat rekening tabungan anak BRI memiliki banyak manfaat. Selain mengajarkan anak kebiasaan menabung sejak dini, membuka tabungan BRI juga berguna n dana simpanan untuk anak nantinya.

Tentang Tabungan Pendidikan Anak BRI

Bank BRI adalah bank terbesar yang dimiliki pemerintah Indonesia yang ikut memberikan bermacam-macam layanan tabungan untuk anak yang belum berumur 17 tahun. Tabungan pendidikan anak BRI memang diperuntukan untuk anak yang belum berusia 17 tahun.

Tabungan anak tetap harus mengatasnamakan dan melampirkan identitas orang tua yang legal. Meskipun melampirkan data orang tua namun rekening dan ATM tetap atas nama anak itu sendiri. Banyak manfaat yang bisa didapat saat membuka tabungan khusus anak.

Tabungan anak bisa menjadi dana simpanan untuk bermacam-macam kepentingan anak. Berbagai kepentingan tersebut diantaranya tabungan pendidikan, kesehatan, dan juga dana darurat untuk masa depan anak jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Usia anak yang dapat membuka rekening tabungan pendidikan yaitu mulai dari PAUD hingga 17 tahun. Jenis tabungannya juga banyak mulai dari simpanan belajar hingga tabungan junior. Layanan tabungan anak juga memberi layanan asuransi kesehatan dan kecelakaan.

Akan tetapi suku bunga pada tabungan pendidikan anak umumnya kurang bersaing. Oleh karena itu tabungan ini tidak cocok untuk investasi utama kebutuhan finansial anak pada masa depan. Jumlah uang yang dapat ditarik juga lebih sedikit dibanding tabungan reguler.

Jenis Tabungan Pendidikan Anak BRI

Bank Bri menyediakan beberapa layanan tabungan pendidikan anak. Layanan-layanan tersebut juga mencakup asuransi diri. Hal tersebut tentu menjadi sebuah penghematan bagi orang tua. Tidak hanya itu setoran awal dari tabungan anak juga terjangkau yakni 50 ribu saja. Kartu tabungan dan ATM biasanya didesain dengan unik dan menarik sesuai dengan anak-anak.

Meskipun banyak manfaatnya namun sangat terbatas dan sederhana. walaupun begitu tabungan ini memang sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kesadaran dalam menabung. Berikut beberapa jenis tabungan anak di bank BRI:

1. BRI Simple

Jenis tabungan pendidikan anak BRI pertama yaitu BRI simple. Bank BRI memang memiliki peran penting dalam mengajarkan masyarakat akan pentingnya menabung di bank dan sadar secara finansial.

Bank BRI menawarkan bermacam-macam jenis tabungan yang sesuai dengan keperluan nasabahnya. BRI simpel merupakan jenis tabungan pendidikan anak yang dikhususkan untuk pelajar.

Jenis tabungan ini memungkinkan para pelajar untuk membuat rekening tabungan di sekolah yang telah bekerjasama dengan BRI. Proses menabung bisa dilakukan melalui sekolah tersebut. Untuk bisa memiliki tabungan ini syarat yang diperlukan sangat sederhana dan mudah.

2. BRI Junio

Jenis tabungan pendidikan anak yang selanjutnya yaitu BRI Junio. BRi Junio adalah jenis tabungan berjangka yang khusus dibuat untuk anak-anak. Meskipun tabungan ini khusus untuk anak-anak namun tabungan ini cocok untuk orang tua yang merencanakan masa depan anak.

Tabungan BRI Junio memiliki fasilitas autodebet. Fasilitas ini memudahkan nasabahnya dalam menabung, karena uang dapat otomatis terpotong dari saldo utama ke rekening Bri Junio. Nasabah juga dapat mengatur besarnya tabungan yang akan disetor setiap bulannya.

Nominal setoran minimal 50 ribu. Jenis tabungan ini juga tidak memungut biaya administrasi bulanan jika penarikan dilakukan sebelum jatuh tempo. Syarat yang dibutuhkan sama dengan BRI Simpel.

Untuk cara pembuatannya nasabah bisa langsung mengunjungi cabang Bank BRI terdekat dengan membawa syarat yang diperlukan. Anak-anak yang bisa membuka rekening tabungan BRI Junio mulai dari 0-17 tahun.

Keuntungan Tabungan Pendidikan Anak BRI

Semua jenis tabungan tentu memiliki keuntungan yang bisa dirasakan oleh nasabah. Begitu juga dengan tabungan pendidikan BRI. Adapun keuntungan yang bisa didapatkan nasabah adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada biaya administrasi bulanan.
  • Setoran awal hanya 5 ribu saja dan untuk setoran selanjutnya yakni 1 ribu.
  • Proses pembuatan rekening tabungan BRI Simpel dapat dilakukan dengan mudah yakni melalui sekolah yang telah bekerja sama dengan BRI.
  • Proses menabung juga bisa melalui sekolah sehingga pelajar tidak perlu repot datang ke kantor bank BRI.
  • Rekening tabungan dibuat sesuai dengan nama pelajar.
  • Pelajar akan mendapatkan buku tabungan Bri dan ATM.
  • Dengan membuka Tabungan Bri Junio anak akan mendapatkan asuransi kecelakaan dengan saldo minimal 500 ribu dengan nilai pertanggungan hingga 250%.
  • Selain asuransi anak akan mendapat fasilitas tabungan rencana. Bri Junio memiliki fasilitas transaksi yang otomatis seperti AFT, Account Sweep, dan AGF.

Syarat Untuk Membuat Rekening Tabungan Pendidikan Anak BRI

untuk membuat rekening tabungan BRI simpel tentu harus menyiapkan syarat-syarat yang diperlukan. Biasanya syarat untuk membuka tabungan pendidikan anak BRI sangat simpel dan sederhana, berikut beberapa syaratnya:

  • Kartu pelajar atau Kartu identitas pelajar.
  • Jika belum mempunyai kartu pelajar maka bisa diganti dengan surat keterangan dari sekolah yang berisi NIS atau NISN.
  • Fotocopy akta lahir.
  • Fotocopy KK atau Kartu keluarga.
  • Formulir pemohonan pembukaan rekening.
  • Fotocopy identitas orang tua.
  • Surat persetujuan orang tua.
  • Setoran Awal untuk membuka rekening tabungan BRI Junio yaitu 100 ribu untuk nasabah yang usianya 0 sampai 12 tahun. Untuk anak dengan usia 12 sampai 17 tahun setoran awalnya hanya 150 ribu saja.suku bunga yang ditawarkan juga lumayan yakni 1.25% setiap tahunnya.

Cara Membuat Rekening BRI Simpel

jika sudah tahu syarat-syaratnya tentu nasabah harus tahu bagaimana cara membuatnya. Cara membuat rekening BRI anak dapat dilakukan dengan 2 cara. 2 cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pelajar bisa langsung mendatangi cabang Bank BRI terdekat serta membawa syarat yang diperlukan. Setelah itu ambil antrian Customer Service. CS akan memanggil dan membantu proses pembuatan rekening tabungan.
  • Membuka Rekening BRI Simpel melalui sekolah yang telah bekerjasama dengan Bank. Pihak sekolah akan membantu pelajar dalam membuka rekening tabungan BRI Simpel.

Nah itulah pembahasan tentang tabungan pendidikan anak Bri. Pendidikan memang sangat penting diera yang semakin canggih teknologinya. Pendidikan anak tentu menjadi prioritas bagi para orang tua. Menyiapkan tabungan pendidikan anak sangat penting bagi orang tua.

Tabungan pendidikan anak banyak memberikan manfaat bagi yang memilikinya. Tentu siapa saja tidak mengharapkan hal yang buruk terjadi. Menyiapkan dana untuk pendidikan anak sejak dini tentu akan membuat orang tua lebih tenang dengan pendidikan anaknya.

Tabungan pendidikan anak juga mengajarkan anak untuk bertanggung jawab dalam penggunaan uang jajan. Jika kebiasaan menabung dibiasakan sejak dini, tentu anak akan lebih disiplin dalam mengelola keuangan. orang tua juga bisa tenang dengan adanya tabungan pendidikan anak ini.