free page hit counter
cara daftar gofood perorangan tanpa npwp

Cara Daftar GoFood Perorangan tanpa NPWP dan Keuntungan Menjadi Mitra GoFood

Bukan hanya konsumen yang dimudahkan dengan GoFood, pengusaha kuliner juga bisa memakai cara daftar GoFood perorangan tanpa NPWP. Tidak heran memang jika saat ini ada banyak sekali pengusaha kuliner yang memilih untuk menggunakan GoFood sebagai media promosi dan distribusinya.

Hanya saja, untuk bisa mendaftar di sini, maka pendaftar harus memiliki NPWP. Menyikapi hal ini, ada cara daftar GoFood perorangan tanpa NPWP. Di mana, beberapa cara ini tentu saja akan sangat membantu pendaftar. Penasaran apa saja caranya? Berikut ulasan singkatnya:

Cara Daftar GoFood Tanpa NPWP

GoBiz sendiri bisa digunakan oleh para pemilik usaha lakukan mendaftar saat mau menjadi mitra usaha GoFood. Akomodasi GoFood melalui permintaan GoBiz ini adalah para pelaku usaha yang mendaftar sebagai calon mitra GoFood perlu menggunakan NPWP.

Akan tetapi, tidak semua pabrikan memiliki NPWP tersebut. Dengan adanya permintaan GoBiz ini, pelaku usaha pastinya akan sangat terbantu. Terlebih sekarang kebanyakan orang ingin menjalankannya serba praktis

1. Melalui Situs

Caranya sangatlah mudah, pendaftar hanya perlu mengunjungi situs Go-Food. Cara ini cukup dianjurkan jika pendaftar kesulitan menggunakan aplikasi GoBiz. Ikuti langkah pendaftaran berikut ini:

  • Setelah masuk ke situsnya, pendaftar tinggal melakukan pendaftaran. Nantinya, pada menu pendaftaran, akan disediakan formulir yang harus pendaftar isi.
  • Di dalam formulir inilah semuanya bisa ditemukan. Seperti nama usaha, alamat, nomor telepon, email, jenis restoran, sampai dengan pertanyaan apakah pendaftar memiliki layanan makanan atau tidak.
  • Ketika semua hal dalam formulir tersebut sudah diisi, maka pendaftar hanya perlu mencentang captcha.
  • Selanjutnya, pihak dari GoFood akan memproses dan mengirimkan email verifikasi. Ketika pendaftar mendapatkan email verifikasi.
  • Selanjutnya, dan akan diarahkan pada formulir lainnya. Cara daftar GoFood perorangan tanpa NPWP memang cukup mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Dalam formulir ini, pendaftar akan diminta untuk mengisi data lengkap usahamu.
  • Selanjutnya juga pendaftar akan diminta untuk menjawab apakah usaha tersebut perorangan atau perusahaan.
  • Kemudian, ada formulir lain yang perlu diisi, yaitu formulir penagihan. Pendaftar juga perlu melampirkan beberapa dokumen, seperti KTP, SIM, dan salinan NPWP. Hanya saja untuk NPWP ini tidak wajib, sehingga jika tidak memilikinya pun tidak masalah.
  • Cara daftar GoFood tanpa NPWP yang terakhir adalah dengan mengirimkan formulir tersebut. Selanjutnya, pihak GoFood akan melakukan proses pendaftaran pendaftar. Jika sudah, akan ada email berisi kontrak kerjasama.

2. Melalui Aplikasi

Ternyata melakukan pendaftaran GoFood juga bisa melalui aplikasi. Aplikasi yang digunakan untuk melakukan pendaftaran ini adalah Gobiz. Untuk bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi ini, maka pendaftar harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu.

  •  Kemudian, ketika aplikasinya sudah terbuka, bisa langsung mengklik tombol daftar. Setelah itu, pendaftar bisa memilih jenis usaha milik pribadi. Lalu, isilah data pemilih yang tersedia di sana.
  • Setelah semua datanya diisi, maka cara daftar GoFood perorangan tanpa NPWP melalui aplikasi yang selanjutnya adalah mengisi dan mengirimkan kelengkapan data usaha.
  • Adapun kelengkapan data usaha yang dimaksud adalah identitas pemilik usaha, lokasi usaha, surat izin usaha, sampai dengan metode pembayaran.
  • Sebelum melakukan pendaftaran ini, pendaftar perlu menyiapkan beberapa file dokumen yang dijadikan sebagai foto.
  • Adapun beberapa file dokumen yang dimaksud adalah foto E-KTP terbaru, alamat email aktif, foto harga menu dari makanan yang pendaftar jual, dan NPWP untuk kelas usaha berskala perusahaan.
  • Setelah pendaftar menjadi mitra, pengusaha bisa mempromosikan produknya melalui GoBiz. Selanjutnya, berikan kemasan yang bersih agar pembeli tetap berlangganan.

Proses Penerimaan Mitra

Setelah data perorangan tersebut diunggah, Proses Verifikasi data dilakukan oleh pihak GoFood. Jika verifikasi lolos, pendaftar bisa lanjut ke proses selanjutnya yakni validasi dan aktivasi.

Umumnya, proses verifikasi untuk data gerakan membutuhkan waktu dua waktu kerja. Pastikan pendaftar telah membaca proses aktivasi usaha GoFood. Selain itu, ada tiga pemberitahuan saat proses verifikasi berlangsung. Pengajuan usaha yang disetujui, setelah mengisi arsip dan biasanya akan disampaikan permakluman melalui email dan aplikasi GoBiz:

  • Pemberitahuan yang muncul dengan pernyataan “Selamat, data usahamu sudah lalu disetujui” dan Pelaku usaha bisa memulai aktivasi dan menggunakan bermacam-macam fitur yang ada di GoBiz. Khusus layanan GoFood, penjual diharuskan untuk melengkapi informasi restoran, deskripsi, foto, dan aktivitas di GoFood.
  • Pemberitahuan usaha belum disetujui, bila gerakan belum disetujui karena data operasi yang masukkan tak sesuai, sehingga muncul alasan dan beberapa ketentuan pendaftaran GoBiz. Notifikasinya akan Pendaftar dapatkan melintasi email, dan aplikasi GoBiz bakal perbaikan.
  • Pembukuan akan dihapus otomatis, sekiranya data gerakan masih belum diperbaiki dalam 14 hari kerja sejak verifikasi data usaha Pendaftar ditolak alias melakukan perbaikan data usaha lebih berbunga tiga siapa.

Bila pendaftaran penjual terhapus otomatis, maka buat inventarisasi ulang melalui aplikasi GoBiz. Jika data ditolak maka akan notifikasi dan artikel ulasan mengapa proses pendaftaran ditolak.

Pelaku usaha bisa membaca terlebih dahulu panduan terkait dan mengajukan permintaan untuk proses verifikasi kembali. Beberapa alasan Proses pemeriksaan ulang ditolak, antara lain. UMKM yang sedang dalam proses verifikasi ditolak saat mendaftar di GoBiz, diantaranya:

  • Data yang terdapat di KTP tidak sesuai dengan merek, NIK, dan kesesuaian data yang dilampirkan.
  • Foto diri dan foto yang tercantum di KTP tidak sesuai.
  • Data pemilik sebelumnya sudah termuat di GoBiz.

Keuntungan Menjadi Mitra GoFood

Menjadi mitra GoFood bisa dikatakan sangat diuntungkan. Selain mendapatkan promosi gratis, pengusaha kuliner juga bisa menumbuhkan bisnisnya. Dengan banyaknya pengguna gojek, pengusaha juga diuntungkan karena biaya iklan hanya dibebankan apabila warung mitra ditampilkan saja.

Hal tersebut bisa dilakukan karena sistem kategori yang diterapkan dalam pencarian restoran. Pengelompokan makanan tersebut ditujukan untuk penikmat kuliner yang sering menjelajahi rasa di aplikasi GoFood.

Dengan demikian, pelaku usaha dapat mendapatkan keuntungan iklan dengan kategori yang ditampilkan. Selain itu, ada juga promo menarik agar para pengguna GoFood bisa menikmati makanan dengan harga yang terjangkau.

Yang nantinya, jika pengguna sudah merasakan makanan pengusaha maka penikmat akan memesan makanan itu kembali. Hal ini bisa menguntungkan pengusaha kuliner karena memiliki pelanggan tetap.

Selain keuntungan terkait makanan di atas, investasi periklanan pengusaha akan digunakan untuk pengembangan usaha kuliner. Alhasil, pengusaha juga mendapat dukungan agar usaha bisa berkembang dan meluaskan usaha makanannya.

Itulah beberapa cara daftar GoFood perorangan tanpa NPWP yang bisa ditempuh dan keuntungan bermitra. Sebenarnya, NPWP pada pendaftaran GoFood lebih diharuskan untuk usaha berskala perusahaan, CV, dan badan usaha lainnya. Sementara, untuk usaha kecil menengah, tidak diwajibkan melampirkan NPWP.

Setelah mengenali cara daftar GoFood perorangan tanpa NPWP, pengusaha makanan dapat meningkatkan keuntungan usahanya. Dengan Demikian, mitra terdaftar bisa meluaskan kulinernya sehingga bisa dinikmati banyak orang.