free page hit counter
biaya asuransi pendidikan anak bca

Mari Mengenal Segala Hal Tentang Biaya Asuransi Pendidikan Anak BCA Sebelum Daftar

Merencanakan masa depan yang cerah ternyata tidak hanya dilakukan untuk diri sendiri saja. Jika seseorang yang ingin berkeluarga dan mempunyai anak, biaya asuransi pendidikan anak BCA pun tak luput dari perhatian. Informasi yang lengkap perlu diketahui sebelum orang tua memilih asuransi.

Sudah banyak sekali asuransi yang ditawarkan di Indonesia, salah satunya ialah asuransi BCA. Untuk memahami lebih dalam mengenai biaya asuransi pendidikan, keuntungannya, dan segala hal tentang asuransi, simak informasinya di bawah ini. Jangan sampai salah pilih asuransi yang akan merugikan nantinya.

1. Kenali Dulu Asuransi Pendidikan Anak

Sebelum mengenal biaya asuransi pendidikan anak BCA, sudah pahamkah tentang asuransi pendidikan? Apabila belum informasi ini sangat tepat untuk dibaca. Pahami terlebih dahulu sebelum memilih asuransi pendidikan yang tepat.

Asuransi pendidikan anak adalah asuransi yang disertai investasi untuk biaya pendidikan anak di masa depan. Hal ini ada karena mengingat biaya pendidikan yang semakin tinggi tiap zamannya. Penting sekali untuk merencanakan hal ini saat menikah.

Pasalnya, asuransi pendidikan adalah salah satu instrumen penting dalam hidup berkeluarga. Hal ini bisa sangat berguna saat orang tua mungkin sudah tidak bisa bekerja saat masa-masa anak kuliah. Usia anak yang biasa dapat ditanggung oleh asuransi di rentang 18 sampai 21 tahun.

2. Cobalah Asuransi Pendidikan Anak BCA

Salah satu asuransi yang disarankan ialah asuransi BCA. Di sana, ada juga biaya asuransi pendidikan anak BCA yang bisa digali informasinya lebih dalam. Pastikan membaca setiap informasi mengenai asuransi ini.

Selain karena kredibilitas bank BCA sudah sangat baik, bank swasta ini juga bekerja sama dengan PT AIA Finance yang akan mengelola asuransinya. Jadi, asuransi jadi lebih aman, bukan?

Melalui program tersebut, orang tua yang baru menikah bisa langsung mendaftarkan diri. Sehingga ketika punya anak biaya pendidikannya sudah terjamin. Terlebih ketika anak kuliah, biayanya bisa ikut ditanggungkan oleh asuransi.

3. Program Kerja Sama Jelas

BCA dengan PT AIA Finance sudah berkomitmen untuk mengembangkan asuransi pendidikan yang disebut EduPlan. Program ini dibuat untuk menjamin adanya perlindungan dana yang masuk yang akan digunakan untuk biaya pendidikan anak.

PT AIA Finance merupakan perusahaan yang mengelola asuransi jiwa, investasi, sampai asuransi jiwa. Oleh karena itu, untuk asuransi pendidikan anak perusahaan ini bekerja sama dengan bank ternama. Dalam kerja sama ini, kedua perusahaan besar ini telah memutuskan untuk membagi menjadi tiga premi.

Adapun preminya yaitu 5, 10, dan 15 tahun. Program ini memberikan asuransi hingga 200% yang dapat dirasakan saat anak beranjak ke jenjang perkuliahan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa usia anak yang dapat ditanggung biayanya ialah rentang 18 sampai 21 tahun.

4. Rasakan Manfaat Pendidikannya Juga

Untuk biaya asuransi yang telah dibayarkan setiap bulannya selama premi, orang tua bisa mendapat keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah keuntungan penanggungan biaya pendidikan anak di usia tertentu. Orang tua bisa klaim biaya asuransi dengan syarat tertentu.

Untuk biaya asuransi pendidikan anak BCA, usia telah ditentukan dari 18-21 tahun. Bagi anak usia 18, asuransi akan menanggung 80% uang pendidikan. Selebihnya dari usia 19-21 tahun, biaya pendidikannya akan dicover 40%. Jangan lupa syarat yang harus dipenuhi sebelum klaim biaya asuransi.

5. Masih Ada Manfaat Tambahan

Karena asuransi pendidikan memang ditujukan untuk pendidikan anak, rasanya manfaat pendidikan tidak begitu menguntungkan. Akan tetapi, masih ada manfaat yang bisa diperoleh untuk para orang tua yang mendaftarkan anaknya ke asuransi ini lho.

Walaupun sifatnya tidak terjamin, namun di setiap tahunnya akan ada manfaat tambahan seperti bonus tahunan dan bonus yang diberikan setiap akhir polis. Tentu saja manfaat ini akan menambah keuntungan bagi orang tua.

6. Cara Pembayaran Yang Mudah

Untuk setiap bulannya, nasabah asuransi bisa membayarkan biaya dengan berbagai media atau cara. Selain transaksi secara langsung, nasabah juga bisa menggunakan mobile banking. Dengan satu sentuhan aplikasi saja, nasabah tidak perlu repot datang ke teller.

Caranya pun cukup mudah. Buka m-BCA, kemudian login sesuai akun dan password. Pilih m-Transfer lalu klik BCA virtual account. Masukkan nomor ditambah virtual account, nomor polis, dan kode virtual. Klik OK dan bayar sesuai jumlah.

Selain itu, nasabah juga bisa memanfaatkan media internet banking dan autodebet. Jadi, transaksi bisa dilakukan dengan mudah meskipun sedang berada di luar kota.

7. Syarat Yang Harus Disiapkan

Sebelum mendaftar, calon nasabah asuransi harus menyiapkan dokumen. Kartu identitas merupakan hal pokok dan yang paling utama. KTP merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftar. Dokumen lain yang juga dibutuhkan ialah surat pengajuan asuransi jiwa dan surat kuasa pendebetan rekening.

Surat pengajuan asuransi jiwa adalah pernyataan yang menginformasikan bahwa yang bertanda tangan telah mengajukan diri sebagai pemohon. Formulir surat ini akan diberikan oleh pihak asuransi saat nasabah mendaftar. Formulir ini nantinya akan disertai oleh dokumen pendukung lain.

Sementara, surat kuasa pendebetan rekening juga bisa diisi saat mendaftar dan dibantu oleh bank mitra. Surat ini berisi tentang pemberian kuasa pada bank BCA untuk pendebetan rekening sebesar yang dikehendaki.

8. Risiko Jika Terjadi Dan Cara Klaim

Semua orang tua tentu mau dan ingin membiayai anaknya sampai ke pendidikan tertinggi. Namun kesehatan seseorang tidak bisa dipastikan. Oleh sebab itu, adanya risiko dari orang tua membuat biaya asuransi pendidikan anak BCA ini menjadi penting.

Ketika orang tua tidak mampu membiayai karena masalah kesehatan atau meninggal dunia, anak tetap akan bisa melanjutkan studinya. Sesuai ketentuan yang telah disebutkan, orang tua juga harus memahami cara klaim asuransinya.

Jika kemungkinan terburuk terjadi pada orang tua, asuransi bisa diklaim. Cara yang bisa dilakukan ialah menghubungi customer service PT AIA Finance atau dapat ke kantor BCA Life terdekat. Sebutkan niat dan pihak asuransi akan membantu untuk pencairan klaim.

Perlu diketahui bahwa untuk klaim biaya asuransi, diperlukan pula beberapa dokumen. Ada formulir dan dokumen yang harus diisi. Ikuti petunjuk dan tunggu sampai verifikasi disetujui. Setelah terverifikasi, klaim asuransi akan secara otomatis masuk ke rekening yang dituju.

Segala hal dan informasi mengenai biaya asuransi pendidikan anak BCA telah diinformasikan. Calon nasabah harus mau membaca dengan seksama supaya tidak terjebak dalam investasi bodong. Perencanaan yang matang juga perlu diperhatikan.

Perencanaan yang dimaksud ialah seberapa jumlah asuransi dan premi yang akan dipilih supaya tepat sasaran. Jika orang tua muda disarankan untuk mengambil premi yang lebih panjang. Supaya, saat anak sudah besar nanti orang tua hanya tinggal klaim asuransinya saja.

Banyak manfaat yang akan didapatkan dengan mendaftar asuransi. Pasalnya, dalam asuransi orang tua juga ikut berinvestasi untuk kelancaran pendidikan anak di masa depan. Berbeda dengan menabung yang hanya akan menyusut seiring adanya inflasi. Mari cerdas berasuransi, ya!