free page hit counter
asuransi pendidikan anak bri syariah

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak BRI Syariah, Cara Pendaftaran, dan Manfaat Yang Diberikan

Saat ini, berbagai bank telah menyediakan layanan asuransi dengan berbagai manfaat. Salah satunya adalah Bank BRI yang memberikan asuransi pendidikan anak BRI Syariah. Asuransi tersebut diharapkan dapat membantu orang tua menjamin masa depan anak.

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, masa depan anak sudah menjadi tanggungan dalam hidup. Untuk itu, orang tua dapat mendaftar asuransi pendidikan, yang dapat menjadi bekal bagi masa depan pendidikan si anak.

Mengingat biaya edukasi yang terus meningkat dari tahun ke tahun, membeli asuransi pendidikan adalah hal yang perlu dilakukan. Karena itu, simak informasi lengkap mengenai asuransi pendidikan yang diberikan oleh Bank BRI, yaitu Danasiswa Syariah.

Informasi Sekilas Danasiswa Syariah, Asuransi Pendidikan dari BRI Life

Danasiswa Syariah adalah produk asuransi pendidikan yang disediakan oleh BRI Life. Dilihat dari namanya, BRI Life merupakan perusahaan di bawah BRI yang didirikan untuk menyediakan berbagai produk asuransi.

Produk asuransi pendidikan ini dibuat untuk menjamin adanya dana pendidikan, bagi anak yang didaftarkan oleh pihak tertanggung. Adapun pendidikan yang terlindungi dimulai dari masa kanak-kanak, sekolah, hingga perguruan tinggi.

Penamaan Danasiswa Syariah bukan hanya sekedar nama. Adanya kata syariah pada layanan produk ini, karena produk asuransi pendidikan merupakan asuransi jenis syariah. Artinya produk asuransi tersebut sudah sesuai dengan syariat yang berlaku.

Alhasil, bagi orang tua yang ingin lebih memilih untuk mengedepankan kaidah syariat Islam, maka Danasiswa Syariah dapat menjadi jawabannya. Selain sesuai dengan syariat agama, masa depan pendidikan anak juga akan terjamin.

Manfaat Yang Akan Diberikan Dari Produk Asuransi

Ketika membicarakan asuransi, manfaat adalah hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi yang tepat sasaran. Hal ini juga perlu dibahas pada asuransi pendidikan anak BRI Syariah. Berikut macam-macam manfaat yang akan didapat:

  • Sesuai dengan kesepakatan, Danasiswa Syariah akan membayar Tahapan Dana Pendidikan (TDP) kepada pendidikan anak pihak tertanggung. TDP yang dibayarkan bertahap sesuai dengan jenjang pendidikan anak.
  • Danasiswa Syariah akan memberikan santunan apabila pihak tertanggung terdiagnosa penyakit kritis, atau mengalami kecelakaan. Biaya kontribusi dan premi pada asuransi pendidikan juga menjadi bebas.
  • Santunan tambahan akan diberikan apabila anak dari pihak tertanggung terdiagnosa penyakit kritis hingga meninggal dunia selama masa asuransi. Polis asuransi juga akan ditiadakan.
  • Apabila ingin mengundurkan diri, pihak penerima akan mendapat Nilai Tunai dari asuransi.
  • Polis asuransi akan selesai apabila seluruh TDP telah diberikan kepada pihak penerima.

Persyaratan Untuk Mendaftar Danasiswa Syariah

Sebelum mendaftar, orang tua perlu mengetahui macam-macam persyaratan dan ketentuan pada asuransi pendidikan anak BRI Syariah. Langsung saja, berikut syarat dan ketentuan yang perlu diikuti agar dapat mendaftar Danasiswa Syariah:

  • Ketentuan usia masuk yang diberlakukan, mulai dari 17 tahun hingga 55 tahun.
  • Masa asuransi pendidikan maksimal selama 22 tahun dikurangi usia anak.
  • Periode premi yang dibayarkan dapat dipilih sesuai dari kondisi keuangan. Pembayaran dapat dilakukan langsung tunai atau secara bertahap.
  • Masa perjanjian asuransi yang disepakati yaitu minimal 5 tahun, dengan maksimal hingga 10 tahun.

Cara Mendaftar Produk Asuransi Danasiswa Syariah

Bagi yang ingin berminat mendaftar sebagai nasabah Danasiswa Syariah, pendaftaran dapat dilakukan secara online maupun secara konvensional. Begini penjelasan lengkap cara mendaftar asuransi pendidikan anak BRI Syariah tersebut:

1. Mendaftar Secara Online

Untuk mendaftar secara daring, calon nasabah perlu mengunjungi situs resmi BRI Life dan mengisi formulir yang disediakan. Verifikasi kode akan diperlukan agar pihak asuransi dapat menghubungi calon nasabah. Simak langkah-langkah mendaftarnya:

  • Mula-mula, kunjungi BRI Life dengan menggunakan tautan berikut: https://brilife.co.id.
  • Pada halaman utama, pilih opsi Produk Perlindungan pada kolom atas, lalu pilih Danasiswa Syariah.
  • Pada halaman Danasiswa Syariah, scroll ke bawah untuk menemukan tombol Hubungi Kami.
  • Selanjutnya, isi data-data penting yang dibutuhkan pada kolom yang diberikan. Seluruh kolom wajib diisi sesuai dengan data yang akurat.
  • Lakukan verifikasi dengan kode captcha yang diberikan, lalu tekan tombol Mengirim.
  • Terakhir, tinggal tunggu sampai pihak BRI Life menelepon untuk melanjutkan proses pendaftaran asuransi hingga selesai.

2. Mendaftar Melalui Kantor Cabang

Pada umumnya, pendaftaran asuransi biasa dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Customer service akan melayani pengajuan pendaftaran asuransi, dan prosesnya tidak memakan waktu lama. Berikut langkah-langkah mendaftarnya:

  • Mula-mula, kunjungi kantor cabang BRI Life terdekat di daerah tempat tinggal.
  • Temui customer service untuk menanyakan terkait ajuan asuransi Danasiswa Syariah.
  • Lengkapi persyaratan seperti data-data dokumen, untuk mendaftar asuransi pendidikan.
  • Ikuti prosedur yang dijelaskan oleh customer service untuk selesai melakukan pendaftaran.

Cara Mengajukan Klaim Pada Produk Asuransi

Cara mengajukan klaim perlu diketahui apabila nasabah sudah mendaftar pada asuransi pendidikan anak BRI Syariah ini. Nasabah akan memerlukan persiapan dokumen agar dapat melakukan klaim. Begini langkah-langkah mengajukannya:

  • Mula-mula, unduh dan isi formulir klaim sesuai dengan peristiwa yang menimpa pihak tertanggung atau anak. Formulir dapat diunduh melalui tautan ini: https://brilife.co.id/unduh-formulir.
  • Selanjutnya, hubungi pihak BRI Life untuk menceritakan kejadian yang menjadi penyebab dari klaim asuransi.
  • Persiapkan dokumen-dokumen yang akan dibutuhkan untuk mengajukan klaim. Dokumen dapat berupa surat keterangan meninggal, surat pemegang polis, surat keterangan dari polisi, dan formulir klaim yang terisi.
  • Kirimkan dokumen-dokumen tersebut pada BRI Life untuk segera dilakukan verifikasi terhadap dokumen-dokumen yang telah diberikan.
  • Apabila klaim diterima, nasabah akan mendapatkan dana sesuai kesepakatan melalui rekening yang sebelumnya didaftarkan.
  • Apabila klaim ditolak, nasabah perlu memberikan dokumen lebih lengkap untuk memastikan ajuan klaim sesuai dengan yang terjadi.

Hal Yang Membuat Produk Asuransi Lebih Unggul

BRI Life menjanjikan beberapa kelebihan yang didapat dari produk asuransi pendidikan anak BRI Syariah bagi calon nasabah. Hal ini agar orang tua atau calon nasabah dapat mempertimbangkan apakah asuransi ini layak didaftar.

Lalu, seperti apa kelebihan yang dimaksud? Simak macam-macam keunggulan dari Danasiswa Syariah yang perlu diketahui:

  • Sesuai dengan nama, Danasiswa Syariah menekankan sistem syariah pada asuransi. Polis pada asuransi menggunakan akad tabarru (tolong-menolong), dan wakallah bil ujrah (pemberian upah).
  • Nasabah tidak perlu khawatir dengan asuransi yang hangus. Apapun penyebab pihak tertanggung atau pihak penerima meninggal, manfaat asuransi tetap dapat diklaim.
  • Apabila pihak tertanggung (orang tua) meninggal, maka premi akan menjadi bebas. Anak yang didaftarkan pada asuransi akan tetap terjamin pendidikannya hingga perguruan tinggi.
  • Proses pendaftaran mudah dan terjangkau, karena kantor cabang BRI Life yang tersedia di berbagai provinsi di Indonesia.

Demikian informasi lengkap mengenai asuransi pendidikan anak BRI Syariah yang bernama Danasiswa Syariah. Dari manfaat, kelebihan, dan persyaratannya, asuransi pendidikan asal BRI Life ini direkomendasikan bagi yang membeli asuransi pendidikan.

Perihal keamanan asuransi, orang tua atau calon nasabah tidak perlu khawatir dengan BRI. Hal ini karena BRI Life sudah mendapat izin dari OJK sesuai dengan sistem yang berlaku. Dengan itu, Danasiswa Syariah adalah asuransi yang aman untuk dibeli.

Namun orang tua tetap perlu mempertimbangkan apakah Danasiswa Syariah sudah layak untuk masa depan anak, atau belum memenuhi keinginan. Pada akhirnya, masa depan pendidikan anak tetap tergantung pada setiap keputusan orang tua.