free page hit counter
investasi reksadana bri

Investasi Reksadana BRI: Cara Membeli, Keuntungan dan Berbagai Produk Pilihannya

Investasi reksadana BRI ini paling banyak menarik perhatian karena ini paling banyak bisa dipilih oleh masyarakat di antara instrumen lain. Ini semua tentu saja karena memang instrumen tersebut punya cara kerja simple dan investasi yang tentunya sangat terjamin oleh manajer.

Layanan investasi reksadana BRI ini juga banyak sudah ditawarkan lembaga keuangan yaitu bank BRI yang telah menawarkan produk BRI reksadana. Reksadana ini tentu saja ajang wadah pengelolaan modal untuk masyarakat supaya bisa tanam modal pada instrumen pasar modal atau uang.

Sehingga sebagai produk reksadana, layanan bank BRI ini layak dipertimbangkan dan dijadikan wadah berinvestasi dan berikut ini penjelasan pilihan produk, keuntungan berbagai hal penting lainnya:

Pengertian dari Reksadana BRI

Setelah dijelaskan tadi bahwa reksadana ialah salah satu instrumen investasi paling banyak dilirik serta dipilih para pemilik modal atau investor. Jadi, ini salah satu wadah menghimpun dana dari para pemilik modal yang diinvestasikan pada portofolio efek dan dikelola manajer investasi.

Jika dibandingkan dengan produk investasi yang lain, tentu saja ini punya berbagai keuntungan yang tentu saja sayang untuk dilewatkan. Contohnya aktivitas investasi simple karena pengelolaan dilakukan pihak kompeten dan punya pengalaman investasi terjamin yaitu manajer investasi.

Bukan hanya itu karena investasi dalam instrumen ini tentu saja dapat dimulai hanya modal kecil terjangkau masyarakat dari banyak kalangan. Sedangkan BRI reksadana yaitu wadah pengelolaan modal digunakan investor untuk berinvestasi pada instrumen pasar modal atau pasar uang.

Adanya investasi reksadana ini adalah bentuk kerja sama 12 manajemen investasi profesional terkemuka yaitu kredibilitas dari layanan yang tidak diragukan. Namun, jangan lupa jika membeli reksadana di BRI, hal itu tak otomatis berarti reksadana ini adalah suatu produk dari BRI.

Karena reksadana BRI ini bisa saja berupa produk reksadana yang dijalankan manajer investasi telah menjalin kerja sama dengan pihak perbankan. 

Bagaimana Cara untuk Membeli Reksadana BRI

Jika memang sangat ingin membeli reksadana BRI atau mungkin itu reksadana BRI syariah tentunya ini memang bukan hal yang sulit. Bahkan persyaratan yang perlu dipenuhi demi bisa dapat layanan itu tentu saja mudah dan tentunya tidak akan sama sekali menyulitkan.

Untuk tahu bagaimana caranya, berikut ini sudah dirangkum tentang prosedur investasi Reksadana BRI:

  • Silakan kunjungi unit kerja bank BRI yang memiliki izin APERD.
  • Siapkan dokumen yang digunakan mendaftar layanan ini (fotokopi identitas diri berupa SIM atau KTP, NPWP dan buku tabungan).
  • Isi formulir pendaftaran reksadana, profil risiko dan surat pernyataan memahami risiko produk investasi.
  • Proses pengisian formulir dilakukan bertemu langsung dengan pihak tenaga pemasar yang memiliki izin menjadi perwakilan agen penjualan efek reksadana.
  • Kemudian diwajibkan membaca dan memahami prospektus reksadana sebagai tujuan investasi.
  • Silakan pilih produk reksadana yang nantinya akan dibeli.
  • Isi formulir transaksi dari pelayanan investasi reksadana.
  • Kemudian pihak bank BRI akan segera memproses pembelian Reksadana yang diajukan.
  • Nasabah segera mendapatkan surat konfirmasi dan bukti kepemilikan dari unit penyertaan dibuat pihak Bank Kustodian. Dokumen segera diterima nasabah setiap melakukan aktivitas penjualan atau pembelian reksadana.

Perlu digarisbawahi bahwa surat konfirmasi tersebut adalah berkas menunjukkan nilai net atau nilai bersih, NAB atau Nilai Aktiva Bersih Unit.

Mengenal Jenis Reksadana BRI

Bagi yang belum tahu bahwa Investasi reksadana BRI ini menyediakan beragam jenis reksadana. Berikut ini penjelasannya:

1. Investasi BRI Reksadana Pasar Uang

Untuk jenis modal ini, 100% ditempatkan di produk pasar uang yaitu obligasi jatuh tempo kurang 1 tahun. Untuk jenis investasi yang ini dilakukan dengan tujuan yang akan memberikan banyak keuntungan menarik lewat investasi dalam instrumen pasar uang.

Reksadana pasar uang ini sangat ideal dilakukan demi investasi berjangka pendek bisa memberikan keuntungan optimal, tetapi yang tentunya masih aman. Pemilihan instrumen ini tentu saja yang nanti akan dilakukan secara selektif untuk bisa menekan tingkat risikonya.

Biasanya reksadana satu ini juga tentu saja mampu memberikan imbal hasil yang jumlahnya bisa dibilang lumayan sekitar 6-8% per tahunnya. Reksadana pasar uang bisa berguna memberi tingkat likuiditas tinggi sehingga bisa memberikan kebutuhan uang tunai dalam waktu yang singkat.

Alasannya tentu karena memang karena modal ditempatkan dalam instrumen yang dapat dicairkan kapan pun tanpa perlu dengan menunggu jatuh tempo. Keuntungan lainnya juga karena memang tidak ada beban biaya pembelian atau juga penjualan dalam Reksadana pasar uang.

2. Reksadana Investasi BRI Pendapatan Tetap

Jenis investasi reksadana pendapatan tetap banyak berada di obligasi dan reksadana ini ideal dipilih demi mendapatkan pengembalian fokus stabilitas modal. Saat membeli reksadana ini, kebanyakan modal ditempatkan di obligasi atau surat utang yang berjangka panjang.

Sedangkan dari reksadana memang dipengaruhi oleh perubahan dari suku bunga acuan yaitu oleh Bank Indonesia. Jika memang perlu dibandingkan dengan reksadana saham atau campuran, reksadana pendapatan punya tingkat return lebih kecil yaitu hanya sekitar 5-10%.

3. Investasi BRI Reksadana Saham

Reksadana saham ini biasanya memang paling banyak sekali dipilih investor jangka panjang dan punya profil risiko agresif. Karena produk ini 80% modal pada saham serta sisanya pada instrumen lain risiko rendah, misalnya surat utang atau pasar uang.

Risiko dari reksadana saham ini bisa dibilang yang paling tinggi di antara jenis reksadana lain, tetapi peluang keuntungannya paling tinggi. Jadi, memang tidak heran kalau produk ini paling banyak dipilih investor agresif dengan durasi investasi yang di atas 5 tahun. 

4. Reksadana Investasi BRI Campuran

Untuk jenis reksadana ini adalah suatu kombinasi investasi dari berbagai instrumen yaitu dari pasar uang, obligasi bahkan juga sampai saham. Tujuannya untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang, tetapi risiko mampu diminimalkan dan peluang imbal hasil produk ini rendah dibanding saham. 

Cari tahu tentang keuntungan Reksadana BRI

Keuntungan reksadana BRI ini memberikan layanan installment reksadana yang dapat digunakan nasabah berinvestasi. Dengan demikian, masyarakat tentu di sini dapat lebih mudah juga praktis menanam modal demi bisa mencapai tujuan keuangannya.

Layanan ini pun tentu saja memudahkan penggunanya untuk bisa merancang rencana keuangan. Perhitungan kebutuhan finansial yang ada di masa mendatang tentu saja bisa dengan mudah dilakukan juga bisa mencapainya via investasi berkala.

Sekarang sudah tahu kan tentang apa tadi yang telah dimaksud dengan investasi reksadana BRI yang hadir untuk menyediakan wadah investasi. Reksadana ini juga tentu saja bisa dimulai dengan hanya modal yang sangat kecil serta pengelolaan yang dilakukan oleh manajer investasi.

Bukan hanya itu saja karena reksadana BRI kini juga bisa menjadi salah satu pilihan yang cukup ideal bagi investor pemula. Karena hanya dengan reksadana BRI ini tentu saja pemula yang masih awam pun tentu saja bisa belajar tentang dunia investasi. Jika memang masih juga bingung, tentu saja reksadana BRI bisa menjadi salah satu sarana investasi yang aman dan tentunya untung.