free page hit counter
aplikasi saham android pemula

Terbaik, Rekomendasi Aplikasi Saham Android Pemula

Berinvestasi di saham menjadi opsi tepat untuk menjaga kondisi finansial hingga beberapa tahun ke depan. Saat ini, banyak aplikasi saham Android pemula yang dapat menjadi pilihan terbaik untuk memulai investasi. Dari berbagai tempat, pengguna bisa mengakses dan mengamati pergerakan investasinya.

Saham menjadi alternatif berinvestasi yang banyak digandrungi masyarakat. Namun masih banyak yang belum berani melakukannya karena risiko yang cukup tinggi. Berkat perkembangan teknologi yang canggih, investor pemula kini tidak perlu khawatir. Ada berbagai platform yang memudahkan investor pemula, seperti berikut:

1. Bibit

Mendengar nama Bibit, banyak orang yang tidak asing lagi. Pasalnya, aplikasi untuk berinvestasi reksadana ini sering memunculkan iklannya di berbagai platform. Hal tersebut sepadan dengan kualitasnya, terutama bagi yang baru saja terjun di dunia saham. Selain penggunaan yang mudah, modal awalnya sangat ringan.

Berbekal modal 10 ribu, pengguna sudah bisa mulai berinvestasi. Bibit dilengkapi Robo Advisor, fitur yang berperan sebagai asisten virtual untuk menyeleksi produk saham. Robo Advisor akan memberikan pilihan sesuai usia, penghasilan, target, serta toleransi pengguna terhadap risiko.

Bibit diawasi OJK, dan menyediakan banyak pilihan reksadana, bukan hanya saham. Apps berukuran 16 MB ini mendukung transaksi dengan berbagai e-wallet. Dana deposito akan dikelola manajer investasi agar mendapatkan keuntungan dan meminimalisir risiko.

2. Stockbit

Rekomendasi aplikasi saham Android pemula berikutnya adalah Stockbit. Aplikasi ini berada dalam naungan Sinarmas Sekuritas, dan termasuk startup saham yang populer. Kelebihan Stockbit yaitu menyediakan komunitas online. Para investor bisa saling berbagi informasi yang penting atau berdiskusi.

Di forum ini, pengguna dapat mempelajari analisa hingga prediksi saham. Keunggulan lain dari apps berukuran 37 MB ini yaitu fitur keamanan yang memadai, seperti Touch ID. Pemula juga bisa belajar trading saham dengan bantuan fitur simulasinya dengan data bursa saham real time.

3. IPOT

Indo Premier Online Technology merupakan pilihan aplikasi saham Android pemula terbaik selanjutnya. Perusahaan sekuritas ini termasuk yang paling besar dan sudah mengantongi izin OJK. Pengguna akan mendapatkan kemudahan untuk investasi di berbagai instrumen seperti reksadana, saham, hingga ETF.

Apps besutan Indo Premier ini memungkinkan pengguna untuk memulai investasi meski modalnya kecil. Bahkan bisa membuka akun tanpa deposit awal. Deposit akan disetor ketika bertransaksi. Fee untuk menjual saham adalah 0.29%, sementara itu untuk membeli saham 0.19%.

IPOT juga dibekali robot trading yang akurasinya baik. Sehingga dapat memberikan instruksi untuk jual atau beli pada harga yang ditentukan. Aplikasi dengan ukuran 35 MB ini sudah beroperasi sejak 1996, saat ini termasuk pemain terbesar dalam pasar saham.

4. Bareksa

Bareksa merupakan aplikasi yang aman dan menjual beragam jenis reksadana serta SBN online. Di Bareksa, pengguna dapat bergabung tanpa dokumen fisik dan bisa memilih dari 150 lebih produk. Ukuran aplikasinya hanya 18 MB, sehingga tidak memberatkan ruang penyimpanan.

Mulai dari konvensional hingga syariah, semuanya bisa ditemukan di Bareksa. Metode pembayarannya juga beragam, mulai transfer bank hingga dompet digital. Transaksi yang cepat dan keamanan terjamin membuatnya mendapatkan penilaian tinggi, yakni 4.6.

5. BNI Sekuritas

Sebagai anak perusahaan dari BNI, aplikasi saham Android pemula ini berfokus melayani transaksi pasar modal. Mulai dari saham, investment banking, obligasi, hingga assets management. BNI menjangkau banyak investor daring dengan langkah berinvestasi yang sederhana, sehingga pemula bisa menjangkaunya.

Pengguna dapat memantau aktivitas charting dengan diagram yang jelas dan mudah dimengerti. Selain itu, dalam apps berukuran 21 MB ini investor dapat melakukan multi investasi. Misalnya berinvestasi reksadana, EBA ritel, dan saham sekaligus.

Namun sebelumnya, perlu menyiapkan dana minimal satu juta. Beroperasi sejak 1995, BNI Sekuritas pernah mendapatkan penghargaan dari KSEI sebagai perusahaan sekuritas paling aktif. Dari segi keamanan, ada OJK yang mengawasi berbagai aktivitas keuangan yang berlangsung.

6. MNC Sekuritas

Aplikasi saham Android pemula kali ini berasal dari grup MNC Kapital Indonesia. Supermarket sahamnya menghadirkan pilihan yang beragam. Pembukaan akun saham sangat mudah, semuanya dapat dilakukan secara online tanpa dokumen fisik. Keunikan apps berukuran 28 MB ini yaitu menyediakan fitur voice command.

Setiap harinya pengguna akan mendapatkan analisa harian, informasi terkini seputar saham yang dikumpulkan tim riset MNC. Dilengkapi fitur Trading Chart yang membantu pengambilan keputusan. Bagi pengguna yang sibuk dan tidak bisa memantau terus menerus, ada Super Order untuk memasang perintah beli dan jual.

7. RTI Business

Berikutnya ada RTI Business, aplikasi informasi terkait saham yang mendapatkan banyak review positif hingga penilaiannya mencapai 4.8. Selain itu, ukuran aplikasinya juga sangat kecil yaitu 4.4 MB. Biasanya investor mendownload RTI Business untuk melengkapi aplikasi saham utamanya.

Aplikasi buatan RTI Infokom ini menyediakan fitur bernama IDX Virtual Trading. Dengan fitur simulasi ini, pengguna dapat mempelajari cara untuk berinvestasi saham online. Cocok bagi yang masih hijau dalam dunia saham.

RTI Business menghadirkan informasi penitng secara berkala mengenai pasar modal. Misalnya data finansial, price quotes, charts, analisa, hingga berita terkini mengenai keputusan perusahaan. Disertai dengan informasi seputar kinerja perusahaan selama lima tahun. Dilihat dari income, cash flow, balance sheet, profitability, dan sebagainya.

8. Ajaib

Ajaib termasuk aplikasi saham Android pemula yang namanya tidak lagi asing di kalangan masyarakat. Apps berukuran 47 MB ini dinilai paling ramah pemula. Tersedia panduan lengkap serta rekomendasi produk paling menguntungkan untuk kondisi keuangan pengguna. Dengan 0 rupiah saja sudah bisa membuka akun.

Ajaib memberikan biaya transaksi yang rendah, yaitu 0.1% pada transaksi harian yang nilainya di bawah 150 juta. Pengguna akan mendapatkan informasi seputar waktu terbaik untuk menjual atau beli saham. Sehingga, pemula dapat memaksimalkan profit dan menekan risiko. Ajaib telah mendapatkan izin OJK dan IDX.

9. Mandiri Sekuritas (MOST)

Hadir dengan platform MOST, Mandiri membuka kesempatan bagi penggunanya untuk mulai berinvestasi saham. Apps yang ramah pemula ini mengusung interface yang mudah dioperasikan. Proses pendaftarannya dapat dilakukan secara daring, bahkan tersedia pelatihan tatap muka atau online untuk para investor.

Pemula bisa mengasah pengetahuannya melalui pelatihan. Mandiri Sekuritas juga memberikan akses penuh untuk mengamati riset harian dari analis profesionalnya. Fee untuk menjual saham sebesar 0.28% tiap transaksi. Sementara itu untuk fee beli dikenakan 0.18%. Ukurannya pun relatif kecil, yaitu 17 MB saja.

10. Mirae Asset Sekuritas

Berikutnya ada Mirae Asset, aplikasi yang dinilai terbaik pada tahun 2022. Beroperasi sejak tahun 1994, Mirae Asset kerap kali menduduki peringkat tiga sekuritas terbaik Indonesia. Layanan investasi yang tersedia di apps berukuran 36 MB ini cukup beragam seperti saham dan obligasi.

Untuk investor pemula, aplikasi ini lebih cocok jika memiliki modal cukup banyak. Sebab, Mirae Asset menetapkan dana minimal 10 juta untuk bisa mulai berinvestasi. Namun hal ini diatasi dengan fee yang rendah untuk bertransaksi saham. Untuk menjual akan dikenakan 0.25%, sementara itu untuk beli 0.15%.

Demikian ulasan tentang berbagai aplikasi saham Android pemula yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih. Aplikasi yang disebutkan semuanya aman karena berada dalam pengawasan OJK. Pemula dapat menentukan sendiri platform yang dianggap paling memenuhi kebutuhan dan gaya berinvestasinya.