free page hit counter
reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir

Ini Daftar Reksadana Pasar Uang Terbaik 5 Tahun Terakhir, Wajib Tahu!

Banyak orang yang semakin mencoba untuk melakukan investasi saham namun dengan keuntungan yang lebih pasti. Untungnya saja, sudah ada  reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir yang bisa dicoba langsung.

Menentukan mana dahulu reksadana yang akan dipakai memang bisa menjadi hal yang sulit dan dilematis. Ditambah lagi, ada banyak reksadana yang bisa dipakai untuk waktu lama sesuai dengan kebutuhan investor.

Memulai investasi untuk pertama kali perlu pertimbangan ketika memilih reksadananya. Ada yang bisa dipakai dengan keuntungan besar dan ada sebaliknya. Sementara itu, menggunakan pilihan yang baik bisa dilihat dari riwayatnya. Untuk yang lima tahun terakhir yang terbaik, simak di sini:

1. Mandiri Investa Pasar Uang

Untuk pilihan yang pertama ini, ada reksa dana yang disediakan oleh Mandiri yang sangat cocok dicoba. Apalagi tentu saja sudah banyak orang yang mencoba secara langsung dan bisa menikmati hasil dari investasinya.

Selama beberapa tahun yang terakhir, resakdana ini memang dikenal dengan produk terbaik dan pengelolaan berkualitas. Bahkan terakhir kali sudah ada dana dan keuntungan mencapai sekitar Rp 14,29 triliun dalam setahun.

Jika dibandingkan dengan yang lain, reksadana yang pertama ini bisa dikatakan jauh lebih unggul hasilnya. Bahkan termasuk ke dalam kategori yang sulit untuk berubah dan bertahan dalam waktu yang ditentukan.

2. Sucorinvest Money Market Fund

Kemudian ada pilihan lainnya untuk reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir dengan hasil yang menguntungkan. Mungkin banyak yang merasa ragu karena belum pernah mendengar namanya, namun prosesnya bisa lebih terjamin.

Untuk pengelolaan yang dilakukan oleh reksadana yang kedua ini bisa mencapai jumlah yang benar-benar mengejutkan. Pada waktu sekitar satu tahun saja, sudah ada dana sampai sekitar Rp9 triliun nantinya.

Untuk pengelolaan secara bulanan pun bisa dikatakan memiliki persentase yang kecil dan lebih mudah disesuaikan. Kenaikannya selama beberapa tahun terakhir pun benar-benar besar, setidaknya sampai tiga pula persen secara total. 

3. Batavia Dana Kas Maxima

Sementara itu, ada rekomendasi untuk Reksadana yang lainnya dengan kelola dana yang memang besar sekarang.  Sebenarnya Reksadana yang kedua ini bisa dikatakan seringkali bertukar dengan reksadana yang di posisi kedua.

Untuk bulan yang lalu ini, reksadana ini berhasil unjuk diri dengan perubahan dana yang besar. Tak hanya itu, pengelolaan dananya pun semakin meningkat pada sekitar bulan Maret tahun 2022 ini. 

Misalnya saja, pada bulan tersebut, reksadana ini berhasil meraih dana memuaskan sampai sekitar Rp8,8 triliun. Nantinya para investor pun bisa membantu proses pertumbuhan yang optimum dalam waktu yang lebih panjang.

4. Bahana Dana Likuid

Jangan sampai dilewatkan untuk dicoba, ada rekomendasi reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir yang lain. Secara garis besar, pilihan ini berada di bawah pengelolaan dari perusahaan Bahana TCW Investment Management.

Selama bertahun-tahun, reksadana keempat ini memang seringkali masuk ke daftar pilihan yang terbaik dan terkuat. Misalnya saja, ada dana sampai sekitar Rp5 triliun yang sudah masuk dalam waktu satu tahun.

Untuk persentase dalam waktu satu bulan, pada umumnya produk ini akan mengalami penurun 14 persen. Bagi yang ingin mencoba langsung, sebenarnya semua bisa dimulai dari dana sekitar Rp10 ribu saja.

5. Eastspring Investment Cash Reserve Kelas B

Pilihan yang kelima ini jatuh pada sebuah reksadana yang dikelola oleh pihak terkenal Cash Reserve. Kenaikan posisi dari reksadana ini bisa ditemukan pada awal tahun 2022, tepatnya pada bulan Februari.

Bagi yang ingin tahu lebih lanjut, nantinya dana dalam setahun bisa mencapai sekitar Rp4,70 triliun. Pengelola uang di sini pun selalu aktif untuk mengalami perubahan, setidaknya dalam persentase 14 persen.

6. Insight Money

Sementara itu, ada reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir lainnya dengan nama Insight Money. Menariknya, perubahan dalam reksadana ini juga mencapai sekitar 5,2 persen dengan gerakan yang signifikan.

Sementara itu, untuk NAV sendiri yang dihitung pada tahun 2021, mencapai sekitar Rp1,5 per unitnya. Namun tentu saja reksadana ini sejak awal ditawarkan dengan resiko yang lebih besar bagi investor.

7. Danamas Rupiah Plus

Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang pilihan berikutnya ini karena kerap masuk 10 besar. Selain itu nama dari reksadana ini juga bisa dikatakan lebih populer apalagi di kalangan orang dewasa. Untuk bagian return di sini, setidaknya dalam persentase yang stabil, di antara 4 persen saja.

Perhitungan yang terakhir kali dilakukan pada tahun 2021, dengan NAV mencapai Rp1,5 untuk unitnya.  Menariknya, dalam reksadana ini terlihat beberapa instrumen yang lebih khusus, dengan bantuan untuk memperkirakan hutang.

8. HPAM Ultima Money Market

Jangan sampai dilewatkan pula nantinya, ada reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir untuk dicoba. Sayang sekali, mungkin banyak yang tak tahu tentang nama ini karena hanya yang berpengalaman biasanya.

Bagi yang ingin mencoba untuk praktik investasi secara langsung nantinya, maka kenal dahulu nilai return nya. Setidaknya untuk nilai return nya, dimulai dari persentase sekitar 4,5 persen dan meningkat dengan seiring waktu.

Untuk nilai dari bagian NAV yang dihitung rutin per unitnya, maka bisa mencapai Rp1,4 ribu. Namun untuk pembelian yang pertama kali harus mengikuti aturan khusus, setidaknya dimulai dari Rp50 ribu.

9. KISI Money Market Fund

Selanjutnya, ada pilihan yang lain dengan riwayat yang memang bagus selama beberapa waktu tahun terakhir. Ditambah lagi, nama dari reksadana ini biasanya muncul di halaman depan dan bisa dipakai pemula.

Misalnya saja, untuk bagian return, pada umumnya mencapai sekitar 4,5 persen seperti yang sebelumnya. Namun tentu saja untuk bagian NAV bisa dikatakan lebih kecil, setidaknya hanya sekitar Rp1,1 ribu.

Hal yang paling identik dari reksadana ini ada pada bagian likuiditas yang digunakan dengan maksimal. Tak hanya itu pada umumnya bisa dipakai untuk investasi yang berjangka panjang sesuai kebutuhan.

10. Prosper Dana Lancar

Terakhir, ada sebuah reksadana yang dikenal dengan nama Prosper Dana Lancar untuk nanti bisa dipertimbangkan. Untuk informasi yang berkaitan dengan return yang dimiliki, setidaknya dimulai dari persentase sekitar 4,4 persen.

Namun pada tahun 2021 sebagai yang paling akhir, setidaknya ada NAV seharga Rp1,3 untuk unitnya. Untuk yang ingin mencoba langsung, sebenarnya Reksadana ini cocok untuk jangka waktu yang singkat saja.

Beberapa reksadana pasar uang terbaik 5 tahun terakhir di atas bisa menjadi pilihan yang terbaik. Apalagi ada banyak pilihan menarik dengan persentase untuk pengelolaan dana yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

Ditambah lagi, ada banyak pilihan mulai dari return yang rendah sampai yang memang tinggi. Selain itu, setiap investor juga perlu tahu tentang apa saja faktor yang bisa mendukung pengelolaannya.

Melalui pilihan yang terbaik tersebut nantinya bisa membantu meningkatkan keuntungan.  Tak hanya itu, ada yang bisa dipakai untuk waktu lama, sembari terus memperhatikan proses investasi.

Ada pula pilihan reksadana yang memang sudah banyak dikenal tak hanya oleh para investor profesional. Beberapa di antara bahkan mungkin baru dikenal saat ini namun bisa dicoba untuk dipakai langsung.