free page hit counter
Investasi dapat menimbulkan banyak keuntungan, salah satunya adalah reksadana. Bahkan, sekarang pun sudah banyak contoh reksadana saham terbaik yang bisa digunakan.

Rekomendasi Reksadana Saham Terbaik dan Alasan Mengapa Harus Memilikinya

Sepertinya, kini investasi menjadi kesukaan khalayak umum. Bagaimana bisa tidak? Investasi dapat menimbulkan banyak keuntungan, salah satunya adalah reksadana. Bahkan, sekarang pun sudah banyak contoh reksadana saham terbaik yang bisa digunakan.

Reksadana saham ini terbagi dalam beberapa jenis produk. Masing masing menawarkan sisi yang terbaik untuk bisa dijadikan tempat berinvestasi. Namun, dari semua reksadana yang ditawarkan, ada beberapa produk reksadana yang dinilai lebih unggul dibanding yang lain.

Mengapa reksadana menjadi salah satu pilihan investasi yang terbaik? Apakah ada perbedaan dengan jenis saham yang lain? Selain itu, apa juga keuntungan yang bisa diberikan oleh reksadana jika investor menaruh sahamnya di sana? Mari uraikan satu persatu pertanyaan tersebut.

Apa Itu Reksadana

Secara umum, reksadana artinya sebuah sarana atau sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana alias uang dari publik umum. Reksadana ini dimonitori oleh satu badan hukum yang memiliki nama Manajer Investasi. Sistem ini akan mengatur atau menginvestasikan uang reksadana menjadi sesuatu yang berharga.

Sesuatu tersebut bisa saja berupa saham, instrumen pasar uang, atau obligasi. Saham, instrumen pasar uang, dan obligasi adalah beberapa contoh item yang bisa diuangkan. Intinya adalah, reksadana dapat memberikan keuntungan dengan caranya sendiri.

Sedangkan, reksadana saham sendiri adalah wadah yang mengalokasikan sekitar 80% dana kelola kepada produk produk saham tersebut. Manajer investasi akan memutarkan uang reksadana dengan cara menjual beli saham.

Saham reksadana juga merupakan satu contoh jenis saham yang memiliki jangka waktu panjang. Saham ini bisa berjalan sekitar lima tahun lebih. Cocok untuk yang menyukai investasi jangka panjang dan cenderung tidak buru buru.

Rekomendasi Reksadana Saham

Untuk berinvestasi di reksadana, pertama investor harus mengetahui kira kira mana reksadana saham terbaik. Apabila sudah mengetahui wadah reksadananya, pasti akan lebih mudah mengatur siasat investasi. Daftar reksadana saham yang terbaik adalah:

1. Sucorinvest Sharia Equity Fund

Rekomendasi reksadana saham terbaik yang pertama adalah Sucorinvest Sharia Equity Fund, sebuah reksadana yang cukup terkenal. Dalam jangka 5 tahun saja, investor sudah bisa mengambil profit yang bisa dibilang banyak banyak.

Sucorinvest Sharia Equity Fund sudah berkembang sebanyak 83% dan telah mengelola 665 Miliar dana. Dengan hitungan itu, investor setidaknya bisa menaruh kepercayaan yang kuat. Modal awal yang diperlukan untuk berinvestasi adalah 100 ribu rupiah.

2. Sucorinvest Maxi Fund

Daftar rekomendasi yang kedua diisi oleh Sucorinvest Maxi Fund. Reksadana saham terbaik ini sama sama memiliki nama yang besar di kalangan investor reksadana. Investor dapat menarik sekitar 83% keuntungan dalam jangka waktu bertahun tahun setelah investasi.

Reksadana ini telah mengelola sebanyak 260 miliar dana umum. Jumlahnya sangat banyak, bukankah itu berarti banyak pula yang tertarik oleh produk ini. Sama seperti reksadana sebelumnya, modal untuk bergabung investasi hanya menggunakan 100  ribu rupiah saja.

3. Sucorinvest Equity Fund

Banyak yang mengatakan bahwa Sucorinvest Equity Fund termasuk dalam salah satu reksadana saham yang tidak boleh dilupakan. Reksadana ini telah mengalami banyak sekali perkembangan yang bagus dalam tahunan.

Per tahunnya, ada yang mencapai sekitar 52% profit bahkan lebih. Produk ini memegang sekitar 2,15 triliun dana kelolaan. Untuk bisa bergabung dalam produk ini, calon investasi dikenakan biaya modal sebesar Rp. 100.000.

4. Manulife Saham Andalan

Sebagai salah satu reksadana saham terbaik  Manulife Saham Andalan harus masuk dalam daftar. Redaksiana ini menyiapkan berbagai cara untuk investornya meraih keuntungan yang beruntun. Dalam jangka lima tahun terakhir saja, Manulife Saham Andalan telah berkembang sebanyak 36%.

Data terakhir menyebutkan bahwa Manulife Saham Andalan memegang sekitar 3,13 Triliun uang kelolaan. Jumlah itu pun masih bisa bertambah. Memang banyak keuntungan yang bisa diraih di sini dengan hanya bermodalkan dana 100 ribu saja.

5. Eastspring Investment Value Discovery

Rekomendasi reksadana saham yang terakhir adalah Eastspring Investment Value Discovery. Saham yang ada di redaksiana ini memiliki peluang berhasil yang besar juga. Bahkan membuka kesempatan yang luas.

Nilai profit yang ditawarkan paling rendah adalah sekitar 21%. Ini bisa bertambah jika investasi semakin maju dan berhasil. Modal untuk bergabung dalam investasi ini sangat murah, hanya 10 ribu rupiah.

Alasan Reksadana Saham Lebih Direkomendasikan Dibanding Saham Biasa

Bahkan saat ini, sudah banyak yang beranggapan bahwa reksadana saham lebih baik daripada berinvestasi saham biasa. Alasannya bisa dibilang cukup memuaskan dan alasan tersebut sedikit banyak bisa memberikan perbedaan yang signifikan. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Keuntungan Sudah Terjamin

Semua investor ingin berinvestasi karena mau mendapatkan untung, begitu pula dengan investor reksadana saham. Apabila investor menabung sahamnya di aplikasi ini, maka setidaknya keuntungan bisa terlihat jelas. Mengapa bisa begitu ? Ini karena investasi reksa dana diatur secara langsung oleh ahlinya.

2. Lebih Simpel

Berinvestasi di reksadana dinilai lebih simpel dibanding saham biasa. Investor tidak perlu mempelajari lebih dalam tentang sahamnya, cukup terima beres saja. Itu karena saham sudah diatur sedemikian baik oleh manajer investor, sehingga tidak perlu melakukan apa apa dan akan mendapatkan keuntungan.

3. Reksadana Lebih Terjangkau

Alasan yang kedua adalah reksadana saham lebih terjangkau nominalnya. Dengan hitungan modal yang bisa dibilang rendah, siapa pun dapat berinvestasi langsung. Tidak dengan investasi saham yang memiliki harga relatif lebih tinggi dari reksadana saham.

4. Resiko Investasi Rendah

Selanjutnya mengapa reksadana saham dinilai lebih dibandingkan saham biasa adalah resiko investasi yang rendah. Meskipun semua investasi memiliki resiko, namun hitungan resiko pada redaksiana saham lebih rendah daripada saham biasa. Ini merupakan salah satu dampak ke manajer investor yang menangani saham secara langsung.

5. Bebas Dari Pajak

Seperti yang sudah diketahui jika saham memiliki sejumlah pajak yang harus dibayar. Pembayaran pajak biasanya dilakukan setiap kali investor melakukan transaksi. Namun, jika investor mengambil reksadana saham, maka saham yang ditransaksikan akan bebas dari biaya pajak.

6. Disambungkan Pada Perusahaan Saham Terbaik

Oleh karena reksadana saham diurusi 24 jam oleh manajer, maka akan besar peluang keuntungannya. Investor yang bersaham di reksadana juga akan disambung langsung kepada perusahaan investasi yang besar dan terpercaya. Melalui hal tersebut, jelas saja keuntungan investasi akan terjamin ada dengan tambahan profit yang digali.

Jadi itulah beberapa rekomendasi reksadana saham terbaik yang bisa digunakan. Setelah mengetahui informasi di atas, memang akan lebih baik jika calon investor cepat menanam saham di reksadana. Alasannya simpel saja, investasi memang akan selalu mendatangkan keuntungan.

Selain itu, berinvestasi di reksadana saham sudah jelas akan mendapatkan hal hal yang berbeda. Namun, perbedaan itu mengarah kepada keuntungan tentunya. Apabila ditilik lagi kepada poin keuntungan di atas, jelas akan terlihat lumayan menonjol.

Setelah mengetahui semua informasi tersebut, maka akan sangat baik jika segera dan secepatnya memulai investasi reksadana saham. Berikan sejumlah modal yang telah disepakati sejak awal dan biarkan manajer investor mengatur semua keuntungan hingga tuntas tanpa harus repot turun tangan.