free page hit counter
reksadana saham bibit

Inilah Reksadana Saham Bibit yang Perlu Diketahui

Artikel diperbarui pada 28 Agustus 2022.

Saat ini telah banyak yang melakukan investasi saham dengan melalui aplikasi, seperti Bibit. Namun, nyatanya beberapa orang tidak mengenal lebih dalam terkait reksadana saham bibit tersebut. Padahal, jika orang mengetahuinya lebih jelas, maka nantinya kegiatan investasi pun akan lebih lancar.

Pasalnya, aplikasi bibit tersebut tentunya akan sangat memudahkan orang-orang dalam melakukan reksadana saham. Hal itu dikarenakan, di aplikasi tersebut pasti akan menyediakan beragam fitur yang membuat penggunanya mendapatkan keuntungan.

Selain itu, dengan menggunakan Bibit, orang-orang juga bisa lebih cepat untuk mendapatkan perusahaan atau instansi yang menjadi tempat penanaman sahamnya. Oleh sebab itulah, maka berikut ialah ulasan mengenai aplikasi Bibit yang dapat digunakan dalam melakukan reksadana saham:

Apa Itu Reksadana Saham Bibit?

Reksadana saham Bibit ialah kegiatan investasi dalam saham perusahaan yang telah terdaftar di bursa saham secara online melalui aplikasi Bibit. Lalu, nantinya aplikasi tersebut akan memiliki fitur yang bisa membuat penggunanya dapat memilih reksadana terbaik untuk dirinya.

Pilihan yang akan disediakan tersebut juga telah dilakukan analisa mengenai profil risiko yang sudah diisi oleh pengguna sebelumnya. Dengan begitu, maka orang-orang yang menggunakan Bibit ini pun bisa memilih reksadana sahamnya secara mudah.

Apakah Reksadana Saham di Bibit Aman?

Perlu diketahui bahwa aplikasi Bibit ini tidak termasuk penipuan karena sudah memiliki izin resmi dari pihak OJK. Dengan begitu, maka semua aktivitas yang akan dilakukan oleh penggunanya juga akan diawasi oleh OJK.

Alhasil, reksadana saham Bibit ini telah terbukti aman untuk digunakan oleh semua kalangan. Tidak hanya terdaftar di OJK, Bibit ternyata juga telah mempunyai izin dari APERD yang membuktikan bahwa keamanan terkait dana investasi akan tetap terjaga.

Kelebihan Reksadana Saham di Bibit

Aplikasi Bibit ini memang telah terbukti mampu untuk membantu orang-orang yang ingin melakukan reksadana saham secara online. Namun, Bibit ternyata juga memiliki kelebihan lainnya yang bisa dirasakan oleh penggunanya, yakni sebagai berikut:

1. Kegiatan Investasi Lebih Mudah

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh aplikasi Bibit dalam membantu orang-orang, yakni mudahnya untuk menjalankan kegiatan investasi. Hal tersebut dikarenakan, Bibit memang memiliki beragam fitur yang bisa membuat pengguna dapat memilih reksadana sahamnya dengan tepat.

Alhasil, nantinya para pengguna dari aplikasi ini pun akan terhindar dari risiko terjadinya kegagalan dalam kegiatan ini. Selain itu, tampilan dari Bibit pun juga telah terbukti baik karena sangat memudahkan orang-orang yang menggunakannya.

2. Tersedia Customer Support

Selain tampilannya yang dapat memudahkan penggunanya, aplikasi Bibit ini ternyata juga memiliki customer support. Adapun tugas dari customer support tersebut, yakni membantu para pengguna yang memiliki kendala ketika melakukan kegiatan reksadana saham dengan cepat.

3. Buka Rekening Reksadana yang Instan

Dalam membuka rekening reksadana saham di Bibit, para pengguna tidak perlu datang secara langsung ke kantor cabang ataupun bank. Terkait hal tersebut, pengguna nantinya bisa melakukan pembukaan rekening hingga tanda tangan hanya melalui online saja.

Metode Pembelian Reksadana Saham di Bibit

Aplikasi Bibit ini memang memiliki tampilan yang sederhana, tetapi tidak memberikan kesan yang kuno atau membosankan. Selain itu, cara kerjanya pun juga tidak akan membingungkan pengguna karena telah menyediakan navigasi yang jelas.

Terkait hal itu, maka metode pembelian yang dilakukan pengguna untuk membeli reksadana saham ini pun juga akan sangat mudah. Para pengguna nantinya dapat menekan menu investasi sekarang yang terdapat di halaman utama aplikasinya dan selanjutnya langsung memilih saham.

Kemudian, nantinya akan ada pilihan cara untuk membeli reksadananya, yakni melalui robo advisor atau manual. Namun, dalam hal itu alangkah baiknya jika memilih robo advisor agar dapat meminimalisir risiko kegagalan yang terjadi ketika melakukan kegiatan reksadana saham ini.

Produk Reksadana Saham di Bibit yang Direkomendasikan

Bagi yang ingin melakukan reksadana di aplikasi Bibit, maka tentunya harus mengetahui produk yang disajikannya. Terkait hal itu, maka berikut ialah produk-produk saham yang dapat dipilih oleh para pengguna Bibit:

1. Sucorinvest Sharia Market Money Fund

Produk pertama dari reksadana saham yang ditawarkan oleh aplikasi Bibit, yakni Sucorinvest Sharia Market Money Fund. Pasalnya, Sucorinvest Sharia Market Money Fund  ini telah berhasil menjadi salah satu pasar uang  yang terbaik versi Bibit.

Hal itu dikarenakan, total dana yang berhasil dikelolanya, yakni 792 miliar rupiah dengan rata-rata return sebesar 6,84% per tahunnya. Kemudian, untuk minimal pembelian reksadana saham yang dilakukan oleh orang-orang ialah 100 ribu rupiah.

2. Sucorinvest Money Market Fund

Reksadana saham lainnya di Bibit yang juga banyak diminati oleh para penggunanya, yaitu Sucorinvest Money Market Fund. Hal itu dikarenakan, produk saham ini mempunyai total dana yang dikelolanya sebanyak 8,9 triliun rupiah.

Adapun untuk rata-rata uang return yang didapatkan oleh orang-orang ialah 6,77% setiap tahunnya. Kemudian, untuk minimal pembelian saham di Sucorinvest Money Market Fund ialah hanya 100 ribu rupiah saja.

3. Reksa Dana Mega Dana Kas

Rekomendasi produk reksadana saham yang terdapat di aplikasi Bibit berikutnya ini ialah Reksa Dana Mega Dana Kas. Lalu, perlu diketahui bahwa total dana yang berhasil dikelola oleh Reksa Dana Mega Dana Kas sebesar 300 miliar rupiah.

Hal itu pun nantinya akan memiliki rata-rata pengembalian dananya sebanyak 6,65% setiap tahunnya. Kemudian, bagi yang ingin membeli saham reksadana di Reksa Dana Mega Dana Kas bisa membayar minimalnya sebesar 100 ribu rupiah saja.

4. Batavia Dana Saham

Produk reksadana saham di aplikasi Bibit yang tidak kalah bagusnya dengan sebelumnya, yaitu Batavia Dana Saham. Pasalnya, Batavia Dana Saham ini mampu mengelola dananya sebesar 40,9 triliun rupiah yang terdiri dari dana individu dan institusi.

Selain itu, produk reksadana saham Bibit ini juga memiliki pasar uang yang setara dengan kas sebesar 0% sampai dengan 20%. Tidak hanya itu, Batavia Dana Saham juga telah memiliki persentase portofolio reksadana saham sebesar 89,15%.

5. Eastspring Investments Value Discovery

Produk reksadana saham di aplikasi Bibit yang berikutnya ini ialah Eastspring Investments Value Discovery. Pasalnya, produk saham ini memiliki pengelolaan dana yang baik dengan nilai expenso ratio sebesar 1,64%.

Adapun nominal dana yang berhasil dikelola oleh Eastspring Investments Value Discovery, yakni sebanyak 2,82 triliun rupiah. Kemudian, bagi yang ingin memilih Eastspring Investments Value Discovery sebagai reksadana sahamnya, maka bisa mengeluarkan biaya minimalnya 100 ribu rupiah.

Demikianlah ulasan terkait reksadana saham Bibit yang perlu diketahui oleh semua kalangan masyarakat. Dengan adanya informasi tersebut, maka orang-orang akhirnya bisa dengan mudah melakukan kegiatan reksadana hanya melalui aplikasi.

Bahkan, untuk pembukaan rekening investasinya pun orang-orang tidak perlu datang ke cabangnya atau bank. Hal itu dikarenakan, semua kegiatan reksadana yang dilakukan di aplikasi Bibit memang semuanya secara online atau digital.

Selain praktis dan cepat, keamanan yang diberikan oleh aplikasi ini juga tidak perlu diragukan lagi. Hal itu juga dikarenakan, Bibit telah terdaftar resmi di OJK dan APERD. Dengan begitu, maka penggunanya tidak perlu khawatir lagi terkait dana atau data pribadinya.