free page hit counter
reksadana pasar uang syariah

8 Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Syariah Terbaik Untuk Dijadikan Referensi

Bagi yang memiliki dana lebih, maka bisa coba gunakan dana tersebut sebagai rencana masa depan yakni dengan menabung Reksadana. Reksadana sendiri juga sudah banyak tersedia menggunakan prinsip-prinsip syariah. Beberapa diantaranya adalah reksadana pasar uang syariah terbaik dan tentunya bisa digunakan.

Reksadana Syariah sendiri terdiri beberapa instrumen, seperti misalnya Reksadana penghasilan tetap, Reksadana campuran, Reksadana saham dan terakhir adalah Reksadana pasar uang. Dari segi keuntungan dan resikonya pun berbeda. Namun Reksadana pasar uang termasuk memiliki Resiko tidak terlalu besar.

Sebab itu kali ini akan disebutkan beberapa rekomendasi Reksadana pasar uang. Tentunya dengan prinsip syariah di dalamnya. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Rekomendasi pertama yang bisa pengguna pakai untuk menabung dalam menggunakan Reksadana pasar uang syariah adalah dengan menggunakan Sucorinvest sharia. Sucorinvest Sharia Money Market Fund sendiri merupakan produk yang berada di bawah suatu perusahaan. Yakni manajer Investasi Sucorinvest asset management.

Perusahaan Sucorinvest asset management sendiri awal mula didirikan pada tahun 1997 dimana tahun tersebut adalah bertepatan dirilisnya produk Reksadana Syariah oleh MUI. Kemudian setelah dua tahun, Sucorinvest ini baru mendapatkan perizinan. Untuk imbal balik, Sucorinvest memberikan sebesar 4.53% dalam setahun.

Seperti namanya bahwa Reksadana yang satu ini hanya bergerak pada pasar uang saja atau money market Fund. Akan sangat cocok bagi pengguna bila ingin melakukan investasi jangka pendek. Minimal pembelian pun cukup murah, yakni hanya sebesar 10 ribu saja.

2. Bahana Likuid Syariah Kelas G

Produk Reksadana selanjutnya yang bisa pengguna pilih saat akan melakukan investasi jangka pendek adalah bahana Likuid Syariah Kelas G. Seperti namanya, bahwa Reksadana ini merupakan produk dari manajer investasi perusahaan bahana TCW Investment management. Perusahaan ini juga sudah lama berdiri.

Bahana TCW Investment management sendiri sudah berpengalaman sejak 28 silam. Sehingga tidak perlu diragukan lagi akan kemahirannya dalam mengelola himpunan dana rakyat. Sedang untuk kantor pusatnya sendiri ada di Jakarta.

Karena jenis Reksadana yang satu ini memang kerap dijadikan sebagai investasi jangka panjang, maka resiko di dalamnya juga akan lebih rendah. Ketimbang Reksadana saham untuk jangka panjang. Untuk melakukan investasi di dalamnya hanya memerlukan dana minimal sebesar 10 ribu rupiah.

3. Trimegah Kas Syariah

Masih ada lagi rekomendasi reksadana pasar uang syariah terbaik pada urutan ketiga, yakni Trimegah Kas Syariah. Trimegah Sendiri merupakan produk yang berada di bawah naungan manajer investasi dari Trimegah asset management. Namun dana yang harus disiapkan sedikit lebih besar.

Yakni untuk membeli satu unit di dalamnya, pengguna harus menyiapkan dana minimal sebesar 100 ribu. Sangat berbeda dengan produk dari dua perusahaan sebelumnya yang memiliki minimal transaksi sebesar 10 ribu saja. Namun tentu hasil juga dilipatkan.

Imbal balik dana atau return ini juga lumayan besar, yakni sekitar 3.45% per tiap tahunnya. Produk yang satu ini cocok dipilih untuk melakukan investasi yang cocok untuk provinsi resiko konservatif. Tinggal siapkan dananya saja untuk membeli unitnya.

4. Reksadana Syariah Mandiri

Pada urutan selanjutnya masih ada lagi dari bank ternama di Indonesia, yakni Reksadana Syariah mandiri. Selain itu pemilik dana atau dengan kayanya n adalah investor, bisa melakukan pencairan dana kapan saja. Tentunya karena Bank Syariah mandiri ini memberikan likuiditas tinggi.

Bila menabung di Reksadana Syariah mandiri, maka uang tersebut akan seratus persen masuk ke dalam pasar uang. Selain itu, harga per unitnya juga masih setingkat dengan harga dari produk Reksadana sebelumnya. Yakni satu unit bisa dibeli dengan harga 100 ribu saja.

Meski minimum pembelian cukup tinggi, namun bila ingin menjual unit tersebut, minimal hanya 10 ribu saja. Instrumen pasar uang atau money market ini memang bagus digunakan untuk melakukan investasi jangka pendek. Karena tingkat profil resikonya yang konservatif.

5. Emco Barokah Syariah

Reksadana pasar uang selanjutnya yang bisa pengguna gunakan untuk menabung adalah Emco Barokah Syariah. Produk satu ini sendiri adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan PT Emco asset management .yakni dengan bank Kustodian terbesar mandiri Persero.

Reksadana pasar uang syariah terbaik dari Emco ini juga memiliki nilai NAB yang cukup stabil. Sehingga akan sangat cocok bila digunakan untuk melakukan investasi karena resiko yang akan didapatkan cukup rendah. Tentu para investor atau pemilik dana akan mendapatkan restu yang lumayan tinggi.

Imbal hasil yang akan diperoleh bahkan mencapai sekitar 4.57 persen. Dana dari para investor tersebut nantinya tidak akan dimasukkan ke dalam instrumen Money market atau pasar uang semua. Namun sebagian kecil dana akan dimasukan ke dalam instrumen deposito Syariah.

6. Reksadana Syariah Chapital Sharia Money Market

Selanjutnya masih ada Reksadana Syariah dalam instrumen pasar uang yang juga bisa pengguna gunakan untuk melakukan investasi. Yakni Reksadana Syariah Chapital Sharia Money Market. Bahkan keuntungan yang diberikan dari Reksadana satu ini cukup besar ketimbang Reksadana sebelumnya.

Untuk per tahun Reksadana yang satu ini bahkan memberikan imbal balik atau return sebesar 6.48. tentu angka tersebut sangat menguntungkan ketimbang Reksadana sebelumnya yang bahkan tidak sampai angka 5 persen. Namun satu unit Reksadana ini juga lumayan mahal.

Jika Reksadana pasar uang syariah sebelumnya hanya 10 ribu atau 100 ribu maka ini bahkan berkali-kali lipat. Untuk membeli satu unit maka pengguna harus menyiapkan dana sebesar 500 ribu. Jadi bila memiliki dana sebesar itu, bisa coba membelinya.

7. Sucor asset management

Masih ada lagi reksadana pasar uang syariah terbaik yakni sucor asset management. Bahkan pada bulan Maret 2022 tahun ini, Reksadana tersebut menjadi Reksadana Syariah yang mengelola dana tertinggi. Karena saat itu dana yang dikelola mencapai 2.63 T.

Sehingga pengguna bisa menjadikan produk Reksadana satu ini ke dalam.lisy selanjutnya untuk dijadikan referensi karena memang sebelum melakukan investasi, alangkah baiknya jika mencari produk yang paling tepat terlebih dahulu. Bila sudah, maka tinggal letakkan dana yang dimiliki di dalamnya.

8. Eastspring Investments Indonesia

Rekomendasi terakhir yang akan disebutkan kali ini adalah produk Reksadana eastspring Investments Indonesia. Reksadana satu ini juga menempati posisi kedua setelah Sucor asset management di pasar uang pada bulan Maret. Dana yang dikelola pun cukup besar yakni 1.09 T.

Pangsa dari Reksadana satu ini juga lumayan tinggi, yakni mencapai 15 persen. Intinya pilih Reksadana yang sesuai dengan kriteria pengguna. Juga sesuaikan dengan dana yang dimiliki agar tak merasa terbebani dalam berinvestasi.

Demikian adalah beberapa rekomendasi reksadana pasar uang syariah terbaik yang bisa coba pengguna gunakan atau hanya sebagai referensi saja. Beberapa keuntungan bila memilih menggunakan produk Reksadana Syariah juga akan pengguna dapatkan. Seperti misalnya adalah jaminan keamanan dari OJK, dan DES.

Perlu ingat juga, mengenai investasi syariah, sebab bila terdapat kerugian, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh investor atau pemilik dana. Sehingga pengguna harus memilih dengan cermat produk Reksadana pasar uang yang akan digunakan. Bisakan dengan resiko terendah.