free page hit counter
aplikasi bantuan uang dari pemerintah

Simak Sejumlah Rekomendasi Aplikasi Bantuan Uang Dari Pemerintah Ini!

Pandemi covid-19 yang belum usai menyebabkan sebagian orang kesulitan dalam bidang ekonomi. Sehingga sangat butuh uluran bantuan dari pemerintah agar bisa membeli berbagai kebutuhan pokok. Tapi tak perlu khawatir karena ternyata ada aplikasi bantuan uang dari pemerintah yang bisa dicoba.

Mungkin sebagian orang belum mengetahui sejumlah aplikasi yang bisa diunduh oleh siapa saja. Ini mengingat terkadang masyarakat enggan untuk mencari informasi lebih dalam terkait dengan sejumlah bantuan yang diberikan. Padahal semuanya ini bisa didapatkan cuma-cuma asal memenuhi syarat.

Jadi sebenarnya semua kesulitan yang mungkin dialami oleh masyarakat bisa sedikit terbantu dengan adanya program dari pemerintah ini. Karena adanya sejumlah uang yang diberikan cukup untuk membeli berbagai kebutuhan dasar yang harus selalu dipenuhi. Maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya.

1. BNPT

Aplikasi bantuan uang dari pemerintah pertama bernama BNPT. Ini merupakan bentuk bantuan non tunai yang diberikan oleh pemerintah dengan besaran mencapai Rp600.000. Sementara untuk bisa mendapatkan bantuan ini pengguna atau masyarakat harus melakukan pendaftaran pada aplikasi cek Bansos Kemensos.

  • Caranya daftarnya dengan mengunduh aplikasi kemudian lakukan registrasi dengan pembuatan akun. Jangan lupa isi sejumlah data diri termasuk username email dan password.
  • Setelah terverifikasi baru klik pada bagian menu daftar usulan untuk mendaftar pada cek bansos. Lalu Baru beranjak untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya sesuai instruksi.
  • Jangan lupa untuk mengisi kembali data diri berupa KTP dan swafoto terakhir tinggal klik tombol tambah usulan.

2. Bantuan BST PKH

Berikutnya untuk aplikasi bantuan uang dari pemerintah bernama BST PKH. Bantuan yang diberikan untuk kategori ini juga berbeda jumlah antar penerima satu sama lain. Contohnya saja untuk kategori ibu hamil bisa mendapatkan bantuan sebesar 3 juta rupiah.

  • Sementara juga ada bantuan untuk anak usia dini dengan nominal mencapai Rp2.000.000 juga bantuan pendidikan anak setingkat SMP dan SMA dengan nominal yang berbeda.
  • Serta terakhir jika ada bantuan untuk lansia dengan total mencapai Rp2.400.000.Untuk pendaftarannya sendiri adalah dengan download aplikasi Bansos. Kemudian buat akun dan isi semua profil yang diminta.
  • Kemudian silahkan pilih pada bagian daftar usulan untuk melakukan pendaftaran penerima bantuan.

3. Program Indonesia Pintar

Lalu aplikasi bantuan uang dari pemerintah juga ada suatu program bernama program Indonesia Pintar. Inii sifatnya merupakan bantuan keuangan yang dikhususkan bagi pelajar dengan berbagai tingkatan jenjang pendidikan. Tujuannya sendiri adalah untuk membantu masyarakat yang kesulitan finansial dalam membayar uang pendidikan.

Serta juga bisa untuk membantu membeli berbagai perlengkapan sekolah yang dibutuhkan. Sampai kini penerima Kartu Indonesia Pintar juga telah tersebar secara luas di tanah air. tidak hanya terpusat pada pulau Jawa saja sehingga dengan adanya bantuan ini sangat membantu para pelajar.

4. BLT UMKM

Kemudian untuk aplikasi bantuan uang dari pemerintah juga ada BLT UMKM. Serupa seperti namanya aplikasi atau peruntukan dana bantuan dikhususkan bagi pelaku usaha menengah dan kecil. Dimana nantinya akan diberikan dana bantuan untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang dirintis.

  • Besaran dana bantuan yang didapat bisa mencapai 600.000 per orangnya. Sementara untuk alokasi dana ini sendiri dianggarkan akan diterima sebanyak 12 juta orang.
  • Ini juga hampir sama dengan bantuan yang diberikan pemerintah dengan sasaran pada nelayan serta juga pedagang kaki lima.
  • Sementara untuk pendaftaran nanti akan dengan mengecek situs resminya. Daftar penerima bantuan dana ini bekerja sama dengan bank BRI yang bisa dicek siapa saja penerima bantuan.

5.  BLT Minyak Goreng

Kemudian untuk aplikasi bantuan uang dari pemerintah selanjutnya bernama BLT minyak goreng. Walau namanya demikian tetapi yang diberikan tetap berupa uang selama 3 bulan sekali per masing keluarga. Jadi total dana yang akan didapat masyarakat sebesar 300.000 untuk per 3 bulan.

  • Bantuan tersebut sebenarnya telah berjalan sejak April 2022 lalu. Sampai saat ini juga banyak masyarakat memang yang telah masuk dalam daftar penerima untuk bantuan ini.
  • Totalnya saja disebut-sebut mencapai 20,5 juta keluarga. Dengan tujuan membantu perekonomian. Apalagi sempat terjadinya krisis minyak goreng yang dikeluhkan oleh berbagai lapisan masyarakat.

6. BLT Dana  Desa

Selanjutnya bantuan yang diberikan oleh pemerintah berupa uang merupakan dana desa sama. Seperti namanya bantuan tersebut dikhususkan bagi sejumlah desa yang dianggap tertinggal dan perlu pembangunan. Sementara untuk nominal bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini juga memiliki anggaran yang cukup besar.

Karena dikhususkan untuk membangun daerah transmigrasi serta tempat tertinggal contohnya saja perbulannya kepala keluarga bisa mendapat bantuan sebesar 300.000. Tujuan dari program ini sendiri adalah untuk mengentas kemiskinan. Ditambah lagi dengan adanya dampak buruk yang ditimbulkan dari pandemi covid 19.

7. BSU

Bantuan subsidi upah menjadi harapan bagi para pekerja termasuk dalam bantuan yang diberikan oleh pemerintah berupa keuangan. Ketetapan ini hanya berlaku bagi para pekerja yang punya gaji di bawah 3,5 juta perbulan. Jadi memang sasarannya masyarakat dengan penghasilan yang dinilai kurang mencukupi.

  • Masing-masing pekerja bisa mendapatkan uang tambahan sebesar 1 juta. Sementara program ini sendiri telah dianggarkan akan memakan dana sebesar 8,8 triliun.
  • Dipastikan pasti banyak pengguna atau buruh yang akan mendapat bantuan ini. Untuk itu biasanya juga direkomendasikan oleh perusahaan atau tempat bekerja seorang buruh.
  • Serta berdasarkan data yang tercatat terkait dengan pekerjaan dan pendapatan.

8. Pra Kerja

Selanjutnya juga direkomendasikan untuk mendapatkan uang bantuan dari pemerintah bernama pra kerja. Program tersebut masih berjalan sampai saat ini dengan gelombang lebih dari 30. Harapannya orang yang belum bekerja akan mendapatkan modal tambahan yang mungkin nantinya bisa digunakan untuk membangun usaha.

  • Sementara untuk melakukan pendaftaran sendiri pengguna bisa membuka website resmi dari pra kerja. Setelah sebelumnya melakukan pendaftaran pada  kemnaker.go.id.
  • Kemudian juga harus memilih bidang  pelatihan apa yang ingin dipilih selama beberapa bulan mendatang. Ini merupakan salah satu bantuan yang diberikan pemerintah dengan mengikuti pola latihan yang besaran yang didapat sebesar 600.000 per bulannya.
  • Dengan durasi waktu mencapai 4 bulan kerja atau pelatihan serta juga ada berbagai tambahan lainnya apabila mengikuti survey.

Itulah sejumlah penjelasan terkait dengan aplikasi bantuan uang dari pemerintah. Berbagai rekomendasi yang disarankan ini pasti bisa dicoba oleh siapa saja. Terutama bagi masyarakat yang sedang butuh pemasukan keuangan dengan memenuhi syarat yang ada.

Serta biasanya berbagai bantuan tersebut juga bisa diakses dengan bertanya pada pemerintah setempat. Karena pihak kepala desa dan lurah lebih tahu akan sejumlah bantuan yang ada. Serta juga bisa memberikan bantuan informasi tambahan lainnya kepada masyarakat yang membutuhkan.

Lalu juga masih banyak sejumlah bantuan lainnya yang bisa didapatkan oleh masyarakat. Bisa saja bersumber dari adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat atau daerah. Tetapi intinya adalah masyarakat harus lebih rajin untuk mencari informasi terkait adanya sejumlah bantuan yang diberikan.