free page hit counter
cara daftar brimo di atm

Ketahui Syarat dan Cara Daftar Brimo di ATM serta Bank

Bagi para pemilik rekening BRI mungkin sudah pernah mendengar cara daftar Brimo di ATM maupun secara langsung di kantor cabang. Para nasabah BRI memang dihimbau oleh pihak Bank agar segera mengaktifkan layanan aplikasi Mobile Banking yang sudah dikembangkan BRI.

Selain itu, memang agak disayangkan jika para nasabah tidak segera mengaktifkan layanan mobile banking di BRI. Karena BRI sudah menyiapkan aplikasi mobile banking canggih dengan berbagai fitur terbaru. Aplikasi ini dijamin akan memudahkan kegiatan perbankan nasabah.

Walaupun begitu, masih banyak nasabah BRI yang belum terlalu mengenal aplikasi ini. Bahkan, ada yang tidak mengetahui bagaimana cara mendaftar dan syarat yang dibutuhkan.

Mengenal Aplikasi Mobile Banking Brimo

Sebelum mengetahui bagaimana cara daftar Brimo di ATM dan juga kantor cabang. Tentu saja, para nasabah harus mengetahui lebih dulu. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Brimo itu sendiri.

Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, ternyata masih ada nasabah yang belum mengenal aplikasi mobile banking yang dikembangkan oleh BRI. Brimo merupakan pengembangan aplikasi perbankan dari BRI yang sudah meluas aksesnya.

Sebelumnya, BRI sebenarnya sudah memiliki jaringan aplikasi mobile banking. Namun, aplikasi ini memiliki fitur yang terbatas. Aplikasi mobile banking BRI yang pertama hanya mendukung transaksi internal dari Bank BRI saja. Belum terintegrasi dengan layanan eksternal di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi koreksi dan dikembangkan di Brimo. Pada aplikasi Brimo yang didukung bukan hanya transaksi yang bersifat internal saja. Namun juga eksternal dengan integrasi internet banking dan kerja sama dengan berbagai platform e-commerce sampai dompet digital.

Syarat Mengaktifkan Layanan Brimo di Rekening

Sebelum melakukan cara daftar Brimo di ATM atau kantor cabang bank. Para nasabah BRI harus memastikan dulu, bahwa dirinya sudah memenuhi syarat yang ditentukan. Persyaratan untuk mendaftar Brimo itu merupakan aturan mutlak yang harus dipenuhi setiap nasabah.

Namun tenang saja, BRI tentu saja ingin nasabahnya bisa beralih ke aktivitas mobile banking dengan mudah. Karena itu syarat yang harus disiapkan tidak begitu sulit, para pengguna hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen dan beberapa syarat lain sebagai berikut :

  • Memiliki rekening aktif dan buku tabungan yang masih berlaku di BRI.
  • Memiliki kartu ATM BRI yang masih aktif dan bisa digunakan.
  • Sudah beralih pada KTP model e-KTP.
  • Memiliki nomor HP yang aktif dan digunakan untuk aktivasi Brimo.
  • Memiliki akses internet lancar dan dapat mendukung jaringan Brimo.
  • Menggunakan smartphone yang sesuai dengan spesifikasi aplikasi Brimo.

Itulah syarat yang harus para nasabah BRI penuhi jika ingin mendaftar dan mengaktifkan layanan Brimo. Untuk pendaftarannya sendiri, seperti yang disebutkan sebelumnya Bank BRI menyediakan dua cara untuk melakukan pendaftaran.  

Pertama adalah cara daftar Brimo di ATM, cara ini sangat cocok untuk orang yang ingin daftar dengan cepat dan tidak perlu mendatangi kantor cabang lagi. Kemudian, cara yang kedua adalah mendaftar Brimo di kantor cabang.

Keunggulan mendaftar di kantor cabang adalah semua proses pendaftaran akan diurus oleh customer service. Jadi, para nasabah tinggal menunggu saja, kedua cara ini sama-sama mudah. Untuk lebih jelasnya akan dijelaskan pada pembahasan selanjutnya.

Cara Daftar Brimo di ATM

Untuk mendaftar Brimo yang pertama adalah melalui ATM BRI terdekat. Cara daftar ini adalah yang paling efektif untuk menghindari antrian panjang di customer service. Selain itu, para nasabah bisa mendatangi ATM BRI terdekat dari rumah dan tidak perlu ke kantor cabang.

Memang, para nasabah BRI akhirnya harus mengurus sendiri proses pendaftarannya. Namun, jangan khawatir karena caranya sangat mudah untuk melakukan pendaftaran melalui ATM. Para nasabah BRI tidak perlu khawatir melakukan kesalahan.

Sebagian nasabah BRI mungkin tidak mengetahui dengan jelas bagaimana caranya. Karena itu, agar para nasabah BRI bisa mengetahui dengan lebih jelas. Berikut akan dijelaskan tahapan dari cara daftar Brimo di ATM agar para nasabah bisa melakukannya sendiri.

  • Datangi ATM BRI terdekat dari Rumah.
  • Masukkan kartu ATM BRI dan Pin seperti biasa.
  • Pada menu utama pilih opsi ‘Transaksi lainnya’.
  • Terus klik ‘Lainnya’ sampai para nasabah menemukan opsi ‘Registrasi’.
  • Kemudian, pada menu ‘Registrasi’, pilihlah opsi ‘Mobile Banking’.
  • Masukkan nomor HP yang masih aktif pada kolom yang sudah disediakan.
  • Kemudian, tentukan 6 digit nomor sebagai PIN verifikasi sebelum tekan ‘Lanjutkan’.
  • Tunggu beberapa saat sampai struk bukti pendaftaran keluar dari mesin.
  • Gunakan kode pendaftaran pada struk untuk melakukan aktivitas Brimo melalui smartphone.
  • Lakukan validasi pada aplikasi Brimo yang akan digunakan.
  • Setelah aplikasi di verifikasi, maka aplikasi Brimo sudah siap untuk digunakan transaksi.

Perlu nasabah ketahui, jika nasabah mendaftar sendiri di ATM maka akan sulit meminta pertolongan. Karena para nasabah melakukan pendaftaran sendiri dan tidak didampingi oleh petugas dari Bank Mandiri.

Namun dengan cara daftar Brimo di ATM, maka para nasabah BRI bisa lebih cepat mendaftarkan kode verifikasi. Tentu saja, tanpa perlu di kantor cabang BRI. Jadi, para nasabah tidak perlu menghadapi kemungkinan antrian panjang di bagian customer service.

Cara Daftar Brimo Langsung di Kantor Cabang

Jika para nasabah BRI masih bingung dengan cara daftar Brimo di ATM dan ingin semua ada yang mengurus. Maka, mendaftar langsung di kantor cabang bisa menjadi pilihan yang tepat. Walaupun ada kemungkinan bagi para nasabah untuk mengantri cukup lama.

Namun, dengan mendaftar langsung di kantor cabang bank. Para nasabah tidak perlu repot melakukan pendaftaran sendiri karena akan dilayani oleh customer service. Berikut ini adalah cara untuk melakukannya.

  • Bawa semua syarat dokumen yang sudah disebutkan sebelumnya.
  • Datangi kantor cabang Bank BRI yang paling dekat dengan rumah.
  • Ambil nomor antrian untuk ke bagian Customer Service.
  • Tunggu sampai nomor giliran dipanggil.
  • Sampaikan pada customer service mengenai keinginan untuk menggunakan aplikasi Brimo.
  • Berikan semua syarat dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Biarkan petugas memproses pendaftaran Brimo, para nasabah diharapkan untuk mengikuti instruksi dari petugas yang ada di customer service.
  • Para nasabah akan mendapatkan nomor verifikasi untuk aplikasi Brimo.
  • Masukkan nomor verifikasi pada aplikasi Brimo yang sudah dipasang di smartphone.
  • Lakukan validasi pada akun Brimo yang sudah dipasang.
  • Tunggu beberapa saat, maka aplikasi Brimo sudah siap untuk digunakan transaksi.

Itulah cara mendaftar aplikasi Brimo dengan langsung mendatangi kantor cabang. Keuntungan lain mendaftar di aplikasi Brimo melalui kantor cabang akan ada yang membantu para nasabah jika menemui kendala ketika pendaftaran.  

Itulah syarat dan cara daftar Brimo di ATM dan juga kantor cabang. Baik mendaftar di ATM maupun kantor cabang memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Para nasabah tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan jangkauan para nasabah pada ATM dan kantor cabang.