free page hit counter
Aplikasi Buku Kas Untuk PC

10 Aplikasi Buku Kas Untuk PC Yang Paling Mudah Digunakan

Aplikasi buku kas untuk PC merupakan sebuah aplikasi yang berbentuk simulasi kas via daring. Tidak hanya merupakan bentuk simulasi saja, buku kas aplikasi ini dapat digunakan pula dalam kegiatan administrasi sungguhan. Misalnya mencatat penjualan serta uang keluar masuk perusahaan.

Zaman memang sudah banyak berubah. Apabila dahulu alur kas sebuah perusahaan ditulis dalam buku besar, sekarang alur kas dapat langsung diketik dalam halaman yang menyediakan format kas. Petugasnya tidak perlu lagi repot membuat garis garis tabel yang menyusahkan.

Aplikasi yang berjenis seperti ini sangat cocok digunakan untuk belajar menulis kas. Bisa juga digunakan sebagaimana fungsinya di sebuah perusahaan. Apa pun itu, gunakan rekomendasi di bawah untuk menulis kas via PC:

1. Quicken

Pembahasan tentang aplikasi buku kas untuk PC kali ini dimulai dari aplikasi Quicken. Merupakan aplikasi berbayar namun memiliki hasil kerja yang sangat mengagumkan. Aplikasi Quicken awalnya merupakan aplikasi yang digunakan khusus untuk komputer saja, namun kini aplikasi ini dapat digunakan dalam perangkat apapun.

Dalam Quicken, pengguna dapat melakukan perhitungan keuangan pribadi. Keluar masuk arus kas juga dapat dihitung secara detail menggunakan formula yang sudah tersedia di sini. Pengguna dapat melakukan pelaporan anggaran serta melakukan pelaporan perbankan dan juga investasi. Ada juga fitur untuk memberikan petunjuk bagi pengguna baru.

2. Zahir Accounting

Nama aplikasi Zahir Accounting seharusnya sudah menjadi nama yang akrab. Aplikasi ini sudah ada sejak 6 tahun yang  dan sudah banyak digunakan oleh pengusaha atau pebisnis. Zahir Accounting memiliki banyak sekali fitur yang berhubungan dengan kas seperti fitur yang menunjukkan tentang pengeluaran pemasukan, dan analisa keuangan.

Tidak hanya itu, bahkan Zahir Accounting juga mengatur catatan ekspor dan impor sesuatu. Pengguna juga dapat membuat laporan keuangan grafik transisi pendapatan, dan yang lainnya. Zahira accounting dapat digunakan setelah pengguna menghabiskan masa uji coba gratis.

3. Money Keeper

Rekomendasi selanjutnya datang dari aplikasi yang bernama Money Keeper. Aplikasi satu ini merupakan salah satu yang paling diandalkan oleh administrator di luar sana. Money Keeper dapat membantu petugas administrasi mengurus laporan dan melacak seluruh income dan outcome yang terjadi di perusahaan.

Hal lain yang dapat dikerjakan dengan Money Keeper adalah pengguna dapat membuat sebuah entri mengenai utang dan piutang. Pengguna juga bahkan dapat serta memperkirakan pembayaran. Pengguna juga dapat merancang sebuah event serta taksiran biaya yang kira-kira diperlukan.

4. TemanBisnis

Selanjutnya, aplikasi TemanBisnis juga merupakan sebuah aplikasi buku kas untuk PC yang bisa masuk dalam hitungan. Umumnya, aplikasi TemanBisnis banyak digunakan oleh pendiri serta pelaku dari UMKM itu karena standarisasi akuntansi nya sudah disesuaikan dengan standar yang ada di negara Indonesia.

Apabila pelaku UMKM ada yang menggunakan aplikasi ini maka jangan khawatir karena tampilan serta penggunaan teman bisnis sangatlah mudah. Aplikasi ini juga menyediakan sebuah catatan petunjuk cara penggunaan yang tepat titik namun sayangnya, fitur dalam aplikasi ini belum lengkap hingga pengguna masih membutuhkan aplikasi bantuan lain jika diperlukan.

5. Mint

Aplikasi buku kas untuk pc yang bernama Mint ini tidak boleh dilewatkan sebagai salah satu bagian rekomendasi. Min terkenal sebagai salah satu buku kas online yang dapat digunakan secara gratis di komputer. Aplikasi ini juga dapat menampilkan semua data keuangan penggunanya.

Dengan Mint, pengguna dapat membuat anggaran pengeluaran sendiri. Anggaran pengeluaran tersebut meliputi pemasukan, pengeluaran, utang/piutang, dan sebagainya. Hal yang hanya perlu dilakukan oleh pengguna adalah terus menyinkronkan data antara catatan keuangan yang terjadi dengan catatan keuangan dalam buku kas online.

6. YNAB

Salah satu aplikasi buku kas untuk PC yang terbaik adalah YNAB. Merupakan salah satu software yang paling diusulkan oleh pengguna lain. Dengan YNAB, penggunaannya bahkan yang masih awam pun dapat belajar dengan baik tentang bagaimana cara mengelola keuangan dalam skala harian.

YNAB juga dapat membantu penggunanya untuk memanajemen keuangan. Aplikasi pintar ini bisa memberikan tips-tips sehat tentang bagaimana menghemat atau membuat pengeluaran uang. Meskipun aplikasi YNAB adalah aplikasi yang berbayar namun setidaknya aplikasi kas ini menyediakan uji coba selama 1 bulan untuk meyakinkan pelanggan.

7. Bukukas

Aplikasi buku kas merupakan aplikasi kas online yang tidak kalah populer di Indonesia sendiri. Sangat mudah digunakan dan lengkapnya fitur merupakan daya tarik utama yang bisa dilihat dari aplikasi BukuKas. Melalui BukuKas, pengguna dapat membuat laporan keuangan yang lengkap dan detail.

BukuKas juga menyediakan laporan keluar atau masuk uang perusahaan, fitur rekapitulasi catatan transaksi harian dan masih banyak lagi. Terdapat pula fitur yang berguna untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan barang tak ketinggalan ada juga opsi penerimaan uang gratis yang disediakan oleh aplikasi BukuKas.

8. Gnucash

Mengelola sebuah kas tidak akan baik rasanya apabila tidak dilakukan di aplikasi Gnucash. Aplikasi buku Cash online ini termasuk salah satu aplikasi yang sangat cocok jika digunakan dalam komputer yang berjenis Windows, Linux, dan Mac OS. Fiturnya banyak dan beragam, sebagian besar adalah fitur petunjuk.

Melalui Gnucash, penggunanya akan dibantu sangat banyak tentang mengelola sebuah catatan akuntansi. Gnucash juga bahkan dapat digunakan untuk melacak rekening bank, pendapatan pengeluaran, dan juga saham. Uniknya lagi, aplikasi serbaguna ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan secara cuma-cuma.

9. Wave

Sebelum list ini ditutup, mari bahas mengenai aplikasi buku kas yang bernama Wave. Aplikasi Wave dapat dijadikan sebagai opsi atau alternatif lainnya untuk memilih buku kas online secara gratis. Sungguh, menggunakan aplikasi Wave tidaklah sulit sama sekali karena pengaturannya yang mudah.

Wave dapat diandalkan untuk membantu penggunanya melacak arus pengeluaran serta pendapatan yang masuk ke perusahaan. Dapat juga digunakan untuk melakukan banyak administrasi bisnis melalui satu akun. Lebih hebatnya lagi, Wave juga dapat memberikan akses yang kredibel terhadap penggunaan kartu kredit usaha.

10. Mvlopes

Daftar list aplikasi buku kas untuk PC ini akan ditutup oleh aplikasi yang bernama Mvlopes. Konsep aplikasi MV Loops ini seperti sebuah pengaturan keuangan yang berbentuk layaknya amplop. Rancangan ini diusung untuk membantu pengguna Mengatur keuangan pribadi.

Sebenarnya, MVlopes membantu mengatur keuangan pengguna dengan ilustrasi seperti dompet. Pengguna membutuhkan beberapa dompet sesuai dengan jumlah kebutuhan masing-masing. Misalnya, ada dompet yang diperuntukkan untuk mengatur budget internet, budget makan, dan lainnya. Dompet ini berbentuk seperti amplop dan akan diisi dengan nominal uang yang dibutuhkan.

Demikianlah 10 aplikasi buku kas untuk PC yang dapat diandalkan. Masing masing buku kas online tersebut memiliki sisi suportif yang sama sama baik satu dengan yang lainnya. Belajar mengatur arus kas memang sebuah hal yang harus dibiasakan melalui kebiasaan kecil.

Menggunakan aplikasi buku kas merupakan sebuah pilihan yang tepat. Selain dapat membantu banyak dalam bidang administrasi dasar, aplikasi ini juga bahkan dapat membuat perkiraan anggaran. Jadi, pengguna yang ingin menyelenggarakan sebuah event dapat memperkirakan budget yang tersedia.

Dengan bantuan aplikasi ini, pengguna dapat juga menyimpan seluruh jejak transaksi yang ada. Sehingga pada kesempatan ke depannya, pengguna akan lebih bijak dalam mengatur pengeluaran. Sekiranya, itulah beberapa poin penting yang bisa diambil dari pelajaran pentingnya mengatur kas.