free page hit counter
aplikasi untuk menjawab soal fisika

Aplikasi untuk Menjawab Soal Fisika Terbaik untuk Pembelajaran Interaktif

Merasa kesulitan dan ingin tahu cara yang tepat untuk menjawab persoalan fisika? Aplikasi untuk menjawab soal fisika bisa menjadi solusinya. Di masa yang serba canggih seperti ini, berbekal perangkat pintar sudah dapat membantu mengerjakan tugas.

Bukan lagi rahasia jika fisika dianggap mata pelajaran yang cukup menyulitkan. Terutama jika sudah menghafal rumus dan mengaplikasikannya dalam soal-soal. Meski begitu, pelajar tetap akan berhadapan dengan tugas fisika. Agar tidak lagi kesulitan ketika mengerjakan, berikut aplikasi terbaik yang direkomendasikan:

1. Socratic by Google

Ini adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google LLC. Socratic termasuk rekomendasi terbaik karena membuktikan kualitas yang mumpuni. Terbukti dengan penilaiannya yang tinggi di Play Store dan jumlah unduhannya melebihi 10 juta. Tampilan antarmukanya nyaman dilihat dan mudah digunakan.

Penjelasan pada contoh-contoh soal fisika sangat detail, langkah demi langkah. Tidak hanya fisika namun juga terdapat berbagai subjek yang bisa dipelajari di Socratic, misalnya matematika. Pengguna juga dapat bermitra dengan pakar/guru untuk membantu mengerjakan soal-soal fisika. Ukuran Socratic sangat ringan, hanya 9.8 MB.

2. Kalkulator Fisika

Dalam pelajaran fisika, pelajar akan berhadapan dengan berbagai rumus dengan fungsinya masing-masing. Menghafal lewat buku dan catatan memang dapat dilakukan, namun cukup banyak yang merasa jenuh. Untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan, aplikasi untuk menjawab soal fisika bernama Kalkulator Fisika bisa menjadi alternatif.

Apps berukuran 6.8 MB ini cocok bagi siswa SMP dan SMA karena menyediakan bahan pembelajaran lengkap dalam bidang fisika. Meski bernama kalkulator, namun juga terdapat ratusan rumus dan teori fisika. Pengguna yang kesulitan menemukan rumus tepat untuk menjawab soal bisa menggunakan aplikasi ini.

3. Pocket Physics

Ingin membuat pelajaran fisika menjadi menyenangkan? Pocket Physics adalah aplikasi yang tepat. Di dalam aplikasi berukuran 10 MB ini tersedia materi pembelajaran fisika yang sangat lengkap. Mulai dari suara, hukum Newton, astronomi, hingga rumus-rumus fisika yang berguna untuk membantu pengguna mengerjakan tugas.

Keunggulan Pocket Physics adalah banyak aktivitas yang tersedia, sehingga pengguna tidak mudah jenuh dalam belajar. Misalnya mini games, mempelajari teori yang disertai contoh, dan mengenal konsep mendasar. Terlebih, semuanya dapat diakses secara offline.

4. Physics Formula

Physics Formula adalah aplikasi untuk menjawab soal fisika dengan kualitas terbaik, hingga mendapatkan penilaian 5/5 di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk bertanya mengenai berbagai soal di bidang fisika, sehingga mendapatkan jawaban yang dilengkapi penjelasan.

Bukan hanya diperuntukkan bagi pelajar, guru sekolah juga akan terbantu ketika menggunakan Physics Formula. Dengan materi lengkap serta antarmuka yang mudah dimengerti, apps berukuran 7.1 MB ini dapat menjadi senjata untuk lebih lihai dalam fisika.

5. Rumus & Materi Fisika Lengkap

Aplikasi untuk menjawab soal fisika ini dikembangkan oleh Syaban, dengan penilaian yang baik di Play Store. Cocok bagi pengguna yang memerlukan rangkuman materi fisika, rumus-rumus, serta pembahasan soal yang ringkas dan mudah dipahami. Dengan begitu, pengguna dapat terbantu dalam mencari penyelesaian tugas-tugas fisikanya.

Bank soal yang terdapat dalam apps berukuran 12 MB ini sangat beragam dan sudah disertai jawaban. Pada praktiknya, penggunaan aplikasi ini efektif untuk mengenalkan pelajar SMP hingga SMA dengan dunia fisika yang lebih luas. Tentunya praktis karena berbekal smartphone saja bisa mengakses berbagai rumus.

6. PhyWiz Physics Solver

Rekomendasi berikutnya adalah PhyWiz, yang dikembangkan oleh Twenty Four Labs. Ini merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi pengguna yang mencari jawaban atas soal-soal fisika. Apps berukuran 6.4 MB ini menyediakan 30 lebih tema yang berbeda dalam pembelajaran fisika.

PhyWiz dapat membantu penyelesaian soal fisika yang disertai penjelasan lengkap namun mudah dipahami. Apabila ingin meningkatkan kemampuan dalam fisika, tersedia ratusan soal dengan beragam tema seperti daya, quantum, kinematic, energi, dan sebagainya. Pengguna dapat berlatih mulai dari soal-soal yang sederhana hingga kompleks.

7. Fisika Mudah

Aplikasi untuk menjawab soal fisika ini berfungsi sebagai simulasi untuk mengerjakan soal-soal fisika. Pengguna bisa langsung berinteraksi dengan aplikasi ini untuk memahami langkah demi langkah yang dijelaskan. Tersedia puluhan topik fisika yang masing-masing dilengkapi penjelasan dan contoh soalnya.

Pengguna yang ingin mencari jawaban atas soal fisika yang sedang dikerjakan bisa menggunakan apps berukuran 2.5 MB ini sebagai bahan referensi. Rumus-rumus yang tersedia serta langkah penyelesaiannya dapat diterapkan pada soal-soal yang mengusung tema serupa.

8. Rumus Fisika SMA Offline

Aplikasi untuk menjawab soal fisika ini diperuntukkan bagi siswa SMA. Bagi pelajar yang kesulitan menemukan rumus yang tepat dan bagaimana menggunakannya, sangat cocok mengunduh apps berukuran 8.6 MB ini. Tersedia ratusan rumus yang bisa menjadi solusi untuk berbagai soal fisika.

Apps ini didesain dengan antarmuka yang mudah dioperasikan oleh siswa. Bahkan, jika ada rumus yang tidak ditemukan pengguna bisa mengirimkan request. Tim akan menambahkan rumus yang belum ada tersebut. Kini, mengerjakan tugas fisika menjadi lebih mudah berbekal perangkat pintar.

9. Belajar Fisika Mudah

Apps besutan Bima Inspira Master Solution ini menyediakan beragam materi fisika. Dilengkapi juga dengan rumus-rumus, kalkulator sederhana, sampai bank soal yang interaktif dan dapat digunakan untuk berlatih. Dengan fiturnya yang lengkap, pengguna dapat mengasah kemampuannya untuk menjawab berbagai soal fisika.

Jika merasa bingung dengan penjelasannya, pengguna bisa memanfaatkan fitur video untuk membantu menjelaskan. Level pada soal yang tersedia di apps berukuran 9.2 MB ini juga beragam, sehingga kesulitannya bisa meningkat seiring waktu. Dengan begitu, pengguna akan semakin terbiasa untuk menaklukkan tantangan fisika.

10. Photo Study

Berikutnya ada Photo Study, aplikasi untuk menjawab soal fisika yang prinsip penggunaannya sangat sederhana. Pengguna hanya perlu memotret pertanyaan fisika yang ingin diketahui jawabannya. Foto tersebut akan dipindai lalu jawaban akan segera diproses. Keunggulan Photo Study yakni menyediakan sesi obrolan personalisasi.

Maksudnya, pengguna dapat terhubung dengan guru/tutor yang ahli dalam fisika selama 10 menit. Sesi obrolan ini berfokus pada tugas fisika yang ingin dibahas lebih lanjut. Obrolan ini akan tersimpan dalam riwayat, sehingga dapat diakses kembali di lain waktu.

11. CoLearn MTK, Fisika, Kimia

CoLearn adalah aplikasi populer yang dapat membantu pelajar SD hingga SMA untuk belajar fisika, matematika, serta kimia. Oleh sebab itulah ukurannya lebih besar dari aplikasi sejenis lainnya. Namun dari segi kualitas, tidak diragukan lagi hingga mendapatkan penilaian 4.6/5.

Keunggulan aplikasi ini yaitu penggunaan yang mudah. Dimana siswa bisa memotret soal fisika yang ingin dicari solusinya. Dengan begitu, pengguna akan diberikan penjelasan untuk menjawab soal tersebut.

Tersedia juga ratusan video solusi untuk menjawab pertanyaan dengan berbagai tema. Jika ingin mencoba kelas live, ada trial gratis selama tujuh hari dibimbing oleh guru yang berpengalaman. Latihan soal yang tersedia juga lengkap sebagai persiapan untuk try out hingga ujian perguruan tinggi.

Semua fitur ini dapat digunakan secara gratis.  Di CoLearn, pengguna dapat belajar dengan interaktif sehingga tidak perlu lagi memakai sistem kebut semalam.

Demikian berbagai pilihan aplikasi untuk menjawab soal fisika yang efektif untuk pembelajaran siswa. Terutama di era SMP hingga SMA yang cukup krusial, fondasi pemahaman mengenai fisika perlu diperkuat. Salah satunya dengan memilih aplikasi yang tepat dan sesuai kebutuhan.