free page hit counter
aplikasi kasir untuk pc

7 Aplikasi Kasir untuk PC Gratis & Cocok untuk Bisnis UMKM

Artikel diperbarui pada 14 Agustus 2022.

Aplikasi kasir untuk PC sangat diperlukan bagi para pengguna yang membuka bisnis di bidang jual beli. Aplikasi-aplikasi ini akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja dalam menjalankan toko. Selain itu, lebih akurat dalam melakukan pencatatan.

Untuk pebisnis pemula, mungkin akan kesulitan untuk membeli aplikasi kasir yang advance untuk bisnisnya. Namun, tenang saja karena ada berbagai pilihan aplikasi kasir yang bisa digunakan secara gratis oleh para pebisnis pemula.

Aplikasi-aplikasi ini bisa dipasang di perangkat PC dan memiliki fitur yang cukup untuk mendukung bisnis para pebisnis pemula. Tentu saja, aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Berikut adalah rekomendasi aplikasi kasir yang dimaksud:

1. Olah Usaha Toko Dari Mana Saja dengan Qasir

Rekomendasi aplikasi kasir untuk PC yang pertama adalah Qasir. Aplikasi gratis ini memungkinkan para penggunanya mengakses bisnis dari mana saja. Karena, para pengguna tidak hanya bisa mengakses Qasir dari PC saja, namun juga perangkat lain.

Jadi, aplikasi ini bisa disambungkan ke PC maupun smartphone dalam waktu yang bersamaan. Qasir juga memiliki berbagai mode yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis. Hal ini yang membuat aplikasi cocok untuk berbagai usaha.

Mulai dari usaha restoran, online shop, café, sampai barber shop. Pemantauan produk bisa dilakukan dengan mudah dengan aplikasi Qasir. Karena aplikasi ini juga lengkap dengan fitur mengecek persediaan stok barang.

Aplikasi ini juga memiliki scan barcode. Hal ini membuat transaksi di kasir bisa menjalan lebih cepat dan efisien. Dengan kesan yang lebih modern di mata para konsumen.

2. Atur Semua dengan Loyverse

Jika bisnis yang dijalankan sudah memiliki beberapa cabang dan para pengguna ingin mengaturnya dalam satu waktu sekaligus. Maka Loyverse bisa menjadi pilihan aplikasi yang paling tepat.

Karena aplikasi kasir untuk PC satu ini memiliki mode yang memungkinkan pengguna untuk mengelola keuangan beberapa toko sekaligus. Akses dari aplikasi ini bisa dilakukan baik melalui perangkat PC maupun perangkat mobile seperti smartphone.

Tidak hanya itu, aplikasi ini bisa membantu para pebisnis untuk menerapkan marketing loyalitas pada para pelanggannya. Jika disambungkan dengan printer Bluetooth, aplikasi ini bisa mencetak struk dengan mudah.

Aplikasi Loyverse memang punya versi aplikasi yang berbayar. Namun, untuk menjalankan bisnis apalagi di tahap awal. Para pebisnis bisa mengandalkan versi gratisnya saja, fitur dan layanannya sudah cukup lengkap untuk menjalankan bisnis dan transaksi.

3. Tampilan Sederhana dengan Kasir Pintar

Pebisnis pemula mungkin akan kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi kasir untuk PC dengan tampilan yang rumit dan fitur terlalu banyak. Karena itu, aplikasi Kasir Pintar bisa menjadi aplikasi permulaan untuk pengelolaan keuangan dan transaksi bisnis.

Aplikasi ini memang memiliki tampilan interface sederhana dan mudah dipahami oleh para penggunanya. Walaupun dengan tampilan yang sederhana, jangan salah aplikasi ini sudah memiliki fitur yang mumpuni dan lengkap untuk menjalankan bisnis.

Aplikasi ini juga bisa diakses di berbagai perangkat sekaligus, menyesuaikan dengan ketersediaan perangkat dari para pebisnisnya. Aplikasi Kasir Pintar memang memiliki versi aplikasi yang berbayar. Namun, fitur di versi gratisnya sudah terbilang cukup lengkap.

Para pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pencatatan harian dari aplikasi ini. Jadi, setiap transaksi bisa terekam dengan baik dan lebih akurat pencatatannya. Penggunaan aplikasi ini memang bisa mengurangi kemungkinan human error.

4. Fitur Super Lengkap dengan Unicenta

Aplikasi kasir untuk PC ini bukan aplikasi kasir biasa. Karena fungsinya tidak terbatas untuk menangani pembayaran dan transaksi saja. Aplikasi UniCenta dilengkapi juga dengan berbagai fitur yang biasa ditemukan di aplikasi yang berbayar.

Misalnya saja, fitur manajemen karyawan, laporan keuangan, sampai manajemen inventaris. Aplikasi ini bersifat Open Source, artinya para penggunanya memiliki kesempatan untuk mengembangkan aplikasi ini sendiri.

Jadi, aplikasinya bisa lebih sesuai dengan kebutuhan usaha yang dijalankan. Aplikasi ini kompatibel untuk segala jenis perangkat. Tidak hanya terbatas pada PC saja namun juga smartphone dan tablet.

Aplikasi ini sangat ideal penggunaannya untuk UMKM atau bisnis kecil. Selain karena layananya yang gratis. Sistemnya yang mudah dimodifikasi membuat kerja dari aplikasi lebih terspesifikasi.

5. Paling Bisa Diandalkan dengan Keyhut

Aplikasi kasir untuk PC satu ini memang mengusung tema tampilan yang klasik. Hal ini membuat sebagian orang menganggap aplikasi Keyhut ketinggalan zaman dari segi tampilan. Padahal, ini sekedar konsep tampilan saja dan bukan teknologinya yang lama.

Padahal, aplikasi Keyhut ini sangat bisa diandalkan oleh para penggunanya. Karena ukurannya ringan dan tampilannya yang simple. Aplikasi kasir ini kompatibel hampir untuk semua jenis PC dan smartphone.

Mulai dari PC dengan spesifikasi yang tinggi dan baru sampai PC dengan spesifikasi jadul sekalipun bisa menjalankan aplikasi ini. Tidak ada syarat khusus untuk mengakses dan menggunakan aplikasi Keyhut.

Para penggunanya bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis untuk selamanya tanpa batasan. Aplikasi yang sangat diandalkan ini akan maksimalkan bisnis dan transaksi para penggunanya.

6. Akses Dalam Keadaan Offline dengan VendHQ

Aplikasi VendHQ sebenarnya adalah aplikasi yang berbasis penyimpanan cloud. Namun, aplikasi ini tidak harus dijalankan secara online dan bisa dijalankan secara offline juga. Tentu saja, ada keterbatasan beberapa akses data.

Namun, secara keseluruhan fiturnya masih bisa digunakan dan tidak terlalu menjadi hambatan. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini terbilang cukup komplit. Mulai dari manajemen inventaris sampai real time reporting, dan berbagai fitur lain yang mendukung transaksi.

Aplikasi ini juga memiliki versi berbayarnya, namun fitur yang ada di versi gratis dari aplikasi ini sudah cukup untuk menunjang bisnis para pebisnis pemula. Jadi, tidak perlu membeli aplikasi dengan versi berbayarnya.

7. Pengelolaan Uang Maksimal dengan Mekari Jurnal

Bukan hanya sekedar aplikasi kasir untuk PC biasa, Mekari Jurnal punya fitur pengelolaan keuangan yang bisa dimanfaatkan oleh para pebisnis pemula. Jadi, tidak hanya untuk melakukan transaksi pada saat bisnis dijalankan saja.

Para pebisnis juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk pencatatan arus keuangan secara keseluruhan. Fitur dari aplikasi ini terbilang super lengkap dengan pencatatan secara berkala, sistem multi store, dan pemantauan transaksi.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tingkat sistem keamanan datanya yang terjamin. Karena aplikasi ini memiliki sistem double verification untuk mengakses data tertentu dan penting. Ada fitur kuncinya yang dapat memaksimalkan privasi perusahaan.

Penggunaan aplikasi kasir memang sangat penting dalam bisnis. Tidak hanya untuk mempermudah proses transaksi saja. Namun juga memberikan kesan modern yang sangat baik untuk reputasi bisnis yang dijalankan.

Karena berjalan dengan mesin, penggunaan aplikasi ini bisa membantu para pebisnis menghindari kesalahan hitungan dan human error. Meningkatkan efisiensi transaksi dan pemantauan terhadap kegiatan keuangan.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi kasir untuk PC yang bisa digunakan untuk para pebisnis pemula. Aplikasi-aplikasi di atas sangat ideal karena bisa diakses secara gratis namun tetap memiliki fitur lengkap dan mumpuni untuk menjalankan bisnis.