free page hit counter
aplikasi pinjam uang online bulanan

Aplikasi Pinjam Uang Online Bulanan & Tips Agar Pinjaman Disetujui

Artikel diperbarui pada 12 Maret 2023.

Dalam keadaan darurat, mengajukan pinjaman online menjadi pilihan yang tepat. Terutama di tengah pandemi seperti saat ini. Pengajuan melalui aplikasi pinjam uang online bulanan dinilai lebih mudah dan praktis. Proses pencairannya  sangat cepat, yaitu di hari yang sama dengan pengajuan.  

Seperti yang sudah disampaikan, kini banyak sekali aplikasi pinjaman online yang hadir untuk memudahkan pengguna. Berbeda dengan pinjaman offline, di mana prosesnya rumit karena harus melalui beberapa tahap verifikasi. Inilah salah satu alasan banyak pengguna yang beralih ke pinjaman online.

Nah berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi pinjam uang online bulanan yang bisa dicoba. Terdapat juga tips agar pengajuan pinjaman disetujui.

Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Bulanan

Bagi yang sedang membutuhkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak, bisa mencoba untuk mengajukan pinjaman di aplikasi pinjaman online. Berikut rekomendasinya, antara lain:

1. Tunaiku Amar Bank

Aplikasi ini menyediakan pinjaman dengan tenor maksimal yaitu 20 bulan. Nasabah bisa mengajukan pinjaman hingga mencapai Rp 20 juta. Dana akan langsung ditransfer ke rekening dalam waktu maksimal 24 jam setelah pengajuan disetujui.

Mengajukan pinjaman di aplikasi ini syaratnya sangat mudah. Nasabah hanya perlu menyiapkan kartu identitas dan memiliki penghasilan tetap agar tidak menghambat proses pembayaran setiap bulannya. Selain itu perlu juga menyiapkan rekening milik pribadi untuk pencairan dana pinjaman.

2. Flexi Cash Jenius

Aplikasi pinjam uang online bulanan ini juga memberikan kesempatan bagi nasabah yang membutuhkan dana dengan proses yang cepat. Untuk bisa meminjam uang di aplikasi ini, nasabah harus terdaftar sebagai nasabah Jenius terlebih dahulu.

Limit pinjaman yang tersedia yaitu hingga puluhan juta rupiah. Setiap nasabah bisa mengajukan limit sesuai dengan kebutuhan. Dengan bunga yang ringan, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang diandalkan oleh nasabah.

3. Digibank KTA Instan

Aplikasi ini menyediakan plafon pinjaman mencapai Rp 10 juta dengan maksimal tenor 36 bulan. Tidak hanya karyawan saja yang bisa mengajukan pinjaman di aplikasi ini. Namun, pelaku bisnis yang sudah menjalankan bisnisnya setidaknya 2 tahun, maka bisa mengajukan pinjaman juga.

Sayangnya, aplikasi pinjam uang online bulanan ini belum bisa menjangkau nasabah di seluruh nusantara. Namun masih terbatas pada beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

4. Pinjaman Tenang BRI Agro

Sebagai salah satu perusahaan perbankan, BRI hadir untuk memberikan kemudahan kepada nasabah yang membutuhkan dana darurat. BRI meluncurkan produk yang bernama Pinang atau Pinjaman Tenang, di mana nasabah bisa mengajukan pinjaman dengan proses pencairan yang cepat.

Plafon pinjamannya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta dengan maksimal tenor 12 bulan. Jika tertarik untuk mencobanya, jangan lupa mengunduh aplikasinya secara gratis.

5. Cairin

Aplikasi pinjam uang online bulanan berikutnya yaitu Cairin. Nasabah yang ingin mengajukan pinjaman harus berstatus sebagai karyawan. Ini agar memudahkan dalam proses pembayaran setiap bulannya karena memiliki penghasilan yang tetap.

Untuk limit pinjaman yang ditawarkan yaitu maksimal Rp 20 juta. Setiap nasabah bisa mengajukan nominal pinjaman sesuai dengan kebutuhan dengan tenor maksimal 6 bulan.  

6. Indodana

Untuk bisa mengajukan permohonan pinjaman di aplikasi ini tergolong sangat mudah. Cukup mengisi data-data yang diperlukan untuk proses pengajuan. Seperti mengisi formulir, melampirkan slip gaji, dan masih banyak lagi.

Namun, pinjaman ini hanya terbatas bagi nasabah yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung saja. Untuk limit pinjaman yang ditawarkan yaitu mencapai jutaan rupiah. Nasabah bisa membayar pinjaman dengan cicilan hingga 6 bulan.

Tips Supaya Permohonan Pinjaman Disetujui

Seringkali meskipun sudah memenuhi instruksi dari aplikasi pinjam uang online bulanan, proses pengajuan tersebut tidak disetujui. Faktor yang mempengaruhi pun beragam mulai dari kesalahan dalam mengisi data, maupun lainnya. Berikut beberapa tips agar pinjaman disetujui, antara lain:

1. Pilihlah Aplikasi Pinjol Yang Terpercaya

Menemukan perusahaan fintech yang terpercaya dan bereputasi baik menjadi hal yang sangat krusial. Hal tersebut karena dengan demikian maka nasabah memastikan berurusan dengan perusahaan yang tepat.

Pastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar resmi oleh OJK. Jangan lupa untuk mengecek apakah perusahaan tersebut memiliki website resmi maupun  aplikasi yang memadai atau tidak. Ini akan membantu nasabah mendapatkan pelayanan yang terbaik.

2. Cantumkan Nomor Ponsel Yang Sesuai

Tips berikutnya agar pengajuan disetujui oleh aplikasi pinjam uang online bulanan adalah memastikan bahwa nomor ponsel yang dicantumkan sudah sesuai. Begitu juga dengan OTP. Apabila nasabah salah dalam hal ini akan menyebabkan pengajuan gagal sehingga tidak bisa diproses lebih lanjut.

Oleh karena itulah, pastikan setiap nomor yang dicantumkan sudah benar dan sesuai sebelum pengajuan dikirim. Lakukan pengecekan secara berulang untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan pada nomor telepon yang dicantumkan.

3. Gunakan Foto Yang Berkualitas

Saat mengajukan pinjaman di aplikasi pinjam uang online bulanan maka nasabah akan diminta untuk upload beberapa foto pendukung. Seperti KTP, foto selfie, dan lain sebagainya. Pastikan bahwa foto memiliki kualitas baik dan tidak buram agar bisa terbaca oleh sistem.

Foto yang kurang jelas pada KTP misalnya akan membuat sistem kesulitan membaca data diri nasabah. Ini berisiko karena akan mengakibatkan aplikasi mengalami kegagalan dalam proses verifikasi data.

4. Berikan Akses Kepada Aplikasi

Karena semua sistem akan berjalan secara online, sangat dibutuhkan untuk akses ke ponsel nasabah. Di tahap ini,  perusahaan fintech akan melakukan pertimbangan berdasarkan data yang ditemukan di ponsel nasabah.

Untuk itulah maka nasabah harus memberikan akses pada aplikasi perusahaan fintech tersebut. Apabila nasabah tidak mengizinkan maka proses verifikasi tidak akan berjalan lancar hingga berdampak kegagalan.

5. Mencantumkan Data Dan Kontak Darurat Yang Sesuai

Proses verifikasi aplikasi pinjam uang online bulanan juga dilakukan ke rumah nasabah maupun orang yang ditunjuk sebagai kontak darurat. Pastikan agar nomor telepon yang dicantumkan sudah sesuai sehingga bisa dihubungi oleh pihak perusahaan fintech.

Beritahukan hal tersebut kepada orang yang dijadikan kontak darurat agar bisa mempersiapkan diri dengan baik. Dengan demikian maka proses verifikasi permohonan pinjaman akan semakin mudah dan lancar.

Aplikasi pinjam uang online bulanan di atas bisa menjadi rekomendasi yang tepat bagi nasabah yang sedang membutuhkan dana darurat. Dengan persyaratan yang simple dan proses yang kilat bahkan hanya hitungan jam saja, ini memudahkan untuk mendapatkan dana tersebut dengan segera.

Jangan lupa untuk menerapkan tips di atas agar proses pengajuan pinjaman bisa disetujui. Mengingat banyak kasus pinjaman ditolak meskipun sudah merasa memenuhi persyaratan yang diminta oleh perusahaan. Nyatanya banyak hal yang kadang terlewat sehingga membuat pengajuan tidak diproses lebih lanjut.

Dengan informasi di atas diharapkan bisa membantu dan memberikan solusi terbaik bagi nasabah. Nasabah bisa memilih aplikasi yang cocok dengan kebutuhan berikut limit dan tenor yang diinginkan.