free page hit counter
aplikasi matematika offline

11 Rekomendasi Aplikasi Matematika Offline Terbaik

Artikel diperbarui pada 7 Agustus 2022.

Bagi anak sekolahan suatu mata pelajaran wajib dipelajari yakni matematika. Pelajaran tersebut rata-rata diajarkan untuk semua tingkat jenjang pendidikan dengan level kesulitan berbeda. Tapi ternyata hal ini bisa sangat membantu dengan adanya sejumlah aplikasi matematika offline.

Keberadaan dari berbagai aplikasi ini akan membantu siswa dalam memahami sejumlah soal yang terbilang sulit. Apalagi dengan desain menarik serta tidak akan membuat siswa merasa bosan. Terlebih jika belajar menggunakan teknologi serta bisa dikerjakan di mana saja.

Maka dari itu banyak orang tua yang menanyakan seputar dengan aplikasi untuk belajar matematika. Tak perlu lagi khawatir karena kini begitu mudah didapat dan tersedia secara gratis. Maka dari itu simak berbagai penjelasan seputar aplikasi matematika berikut ini:

1. Microsoft Mathematics

Aplikasi matematika offline pertama bernama microsoft mathematics yang bisa dicoba siapa saja. Selain itu aplikasi ini hanya digunakan untuk pengaplikasian pada PC saja. Serta juga sangat membantu dalam perhitungan sebuah soal matematika yang sangat sulit.

Karena dalam penyelesaian soal akan diberikan penjabaran yang mudah untuk dipahami. Juga ada berbagai pelajaran lain yang bisa diakses untuk aplikasi ini salah satunya adalah fisika serta kimia. Tapi jika ingin menginstal aplikasi pada ponsel silahkan cari nama microsoft math solver. 

2. Automath

Rekomendasi aplikasi matematika offline selanjutnya bernama automath yang juga bisa dipakai secara gratis. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk PC serta untuk ponsel Android dengan berbagai fitur yang terbilang lengkap. Semua hal ini menambah semangat siswa dalam belajar jika memakai aplikasi tersebut.

Suatu fitur unggulan ditawarkan aplikasi ini adalah penggunaan kamera ponsel dalam menjawab soal. Hanya saja fitur tersebut bisa digunakan apabila mengakses sebuah tulisan yang berasal dari computer. Jadi jika digunakan untuk memindai tulisan tangan belum akan terbaca.

3. Math Master 

Rekomendasi selanjutnya bernama math master yang juga merupakan suatu aplikasi matematika offline. Aplikasi ini khusus dirancang bagi pengguna smartphone dalam pembelajaran matematika. Menariknya aplikasi ini memadukan pembelajaran dengan permainan game sehingga tidak akan membosankan.

Selain itu untuk setiap tingkatan akan semakin diberikan level yang lebih sulit. Selain bisa digunakan secara offline aplikasi ini juga dapat diakses online untuk bisa bermain game bersama-sama dengan pihak lain. Juga terdapat berbagai kuis menarik dalam hal matematika.

4. Photomath 

Tak boleh terlewatkan untuk aplikasi matematika offline bernama photomath. Aplikasi dapat membantu untuk mengerjakan berbagai soal matematika dari tingkat sederhana hingga tingkat sulit. Selain itu adanya penjabaran yang diberikan terkait dengan sebuah soal secara rinci.

Pengguna juga bisa melakukan pemindaian sebuah teks cetak dari soal matematika. Serta juga bisa mengakses melalui tulisan tangan untuk sebuah soal menggunakan bantuan kamera. Juga tersedia sejumlah kalkulator ilmiah untuk mengerjakan persamaan atau untuk mengedit soal.

5. Mathway Indonesia

Aplikasi matematika offline selanjutnya bernama mathway Indonesia yang merupakan sebuah kalkulator terpintar. Menariknya aplikasi tersebut sangat pas untuk melakukan pengerjaan soal aljabar, kalkulus hingga grafik. Pengguna bisa dengan mudah mengerjakan soal yang diberikan guru hanya dengan mengetikkan pertanyaan.

Selain itu juga bisa dengan melakukan pemotretan pada sebuah soal untuk kemudian dikerjakan system. Nantinya pengguna akan menemukan penjelasan terkait langkah-langkah pengerjaannya. Maka dari itu tidak mengherankan jika aplikasi ini memiliki banyak penggemar.

6. Qanda 

Suatu aplikasi yang juga bisa digunakan untuk mempelajari matematika secara offline bernama qanda. Sampai saat ini pengguna dari aplikasi ini tersebar merata di berbagai penjuru mencapai lebih dari 10 juta. Untuk cara penggunaan juga tidak berbeda jauh dengan berbagai aplikasi lain.

Caranya pengguna cukup memotret pada sebuah soal yang memiliki tingkat kesukaran tinggi. Nantinya akan dijelaskan langkah-langkah untuk pengerjaan sebuah soal. Aplikasi juga menyediakan sebuah permintaan untuk dapat mengakses kelas layanan langsung.

7. Colearn 

Berikutnya salah satu aplikasi lain yang juga bisa pengguna coba adalah Colern.  Aplikasi ini juga begitu populer di tanah air dengan banyaknya penggunanya. Makanya tidak mengherankan jika aplikasi ini masuk dalam rekomendasi teratas.

Aplikasi ini juga dinilai sangat membantu dalam penggunaan strategi mendasar dari sebuah soal matematika. Dengan aplikasi ini juga akan sangat memudahkan dalam mengerjakan berbagai soal dengan berbagai tingkatan. Jadi tunggu apalagi tak ada salahnya menggunakan aplikasi ini.

8. Soal Ujian SD

Rekomendasi selanjutnya adalah seperti namanya soal ujian SD yang dikhususkan untuk pelajar setingkatnya. Biasanya aplikasi tersebut berisi berbagai kumpulan dari soal matematika yang disesuaikan dengan silabus. Sistem pembelajarannya juga disesuaikan untuk belajar siswa SD .

Pastinya ditampilkan kegiatan yang begitu interaktif bagi siswa. Maka dari itu anak akan mendapatkan sistem dan cara belajar yang begitu menyenangkan. Sehingga pelajaran matematika yang dinilai berat ini tidak akan membuat anak merasa bingung dan kesulitan.

9. Trik Matematika

Aplikasi ini dinilai cukup berbeda dari berbagai aplikasi untuk belajar matematika secara offline lainnya. Hal tersebut dikarenakan bentuk segi tampilan dari aplikasi yang begitu berbeda. Karena ternyata aplikasi ini memiliki desain yang hampir terbilang sama dengan kalkulator.

Akan tetapi untuk fungsinya sendiri memiliki berbagai keunggulan yang jauh lebih komplit. Contohnya saja dapat membantu untuk menyelesaikan pada permasalahan trigonometri, linear hingga factor. Juga bisa untuk mencela berbagai soal yang berkaitan dengan persentase dan pengkuadratan.

10. Rumus Matematika

Selanjutnya adalah suatu aplikasi yang memiliki nama rumus matematika. Aplikasi ini menyediakan berbagai rumus untuk tingkat pelajaran dari SMP hingga SMA. Beberapa soal rumus yang tersedia mulai dari untuk menghitung luas bangunan, satuan berat perbandingan hingga lainnya.

Salah satu keunggulan fitur yang tersedia di dalamnya adalah terkait dengan perpustakaan teknik cepat. Dengan adanya hal ini dapat mempermudah siswa mengerjakan persoalan matematika secara cepat. Serta juga masih tersedia berbagai keuntungan lain dengan aplikasi ini.

11. Brainly

Siswa di tanah air juga pastinya tidak asing lagi mendengar aplikasi ini. Sebenarnya aplikasi juga menyediakan versi belajar online yang bisa diakses lewat website. Tetapi untuk offline bisa dilakukan dengan penginstalan aplikasi yang populer di Play Store.

Menariknya lagi aplikasi tersebut juga ternyata bisa digunakan untuk berbagai pelajaran lain. Jadi tidak hanya sebatas untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan matematika saja. Karena rata-rata berbagai soal untuk semua mata pelajaran juga tersedia di aplikasi ini.

Itulah berbagai penjelasan terkait dengan aplikasi matematika offline. Sejumlah aplikasi yang telah disebutkan ini pastinya bisa pengguna coba. Serta memberikan terlihat hasil yang sangat membantu.

Terutama untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan bagaimana menjawab sebuah soal matematika. Biar bagaimanapun juga tanpa arahan tentu tidak akan memahami soal dengan mudah. Terutama khusus untuk bagaimana penyelesaiannya.

Jadi dengan keberadaan sejumlah aplikasi tersebut akan memberikan kemudahan. Serta mempersingkat waktu dalam sebuah pengerjaan soal. Apalagi siswa hanya perlu memindai soal dan tak menunggu lama jawaban akan ditampilkan.