free page hit counter
kenapa tidak bisa daftar brimo

Kenapa Tidak Bisa Daftar BRImo BRI? Simak Penyebab dan Tips Untuk Mengatasinya

Artikel diperbarui pada 27 Juli 2022.

Saat ini, pembaca mungkin sedang menggerutu dengan aplikasi mobile banking BRImo BRI. Dilansir dari berbagai sumber, terkadang BRImo BRI memiliki kendala saat melakukan pendaftaran. Lantas, kenapa tidak bisa daftar BRImo BRI? Apa yang menyebabkan pendaftaran BRImo BRI gagal?

Pada dasarnya, pendaftaran dilakukan untuk dapat mengakses konten dan fitur yang ditawarkan pada aplikasi mobile banking. Pembaca akan mengalami masalah apabila pendaftaran yang dilakukan tidak sempurna atau terjadi kegagalan. Langsung saja, simak penjelasan mengenai BRImo BRI di bawah ini.

Informasi Ringkas Mengenai Pendaftaran BRImo BRI

Dalam aplikasi mobile banking yang dikembangkan bank BRI ini, setiap pengguna diwajibkan untuk melakukan pendaftaran. Pendaftaran dimulai dari registrasi akun, pengisian data pribadi, hingga proses verifikasi. Setelah semua langkah-langkah dikerjakan, barulah aplikasi dapat digunakan.

Namun, tidak jarang jika beberapa pengguna mengalami kendala saat melakukan proses-proses pendaftaran tersebut. Hal yang paling utama terjadi adalah gagalnya proses verifikasi akun mobile banking BRImo BRI. Tentunya hal ini cukup meresahkan apalagi jika pembaca sedang membutuhkan akses bank secepatnya.

Sebelumnya, pendaftaran akun BRImo BRI dapat dilakukan dengan mengunjungi kantor cabang BRI terdekat. Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pendaftaran tanpa harus mengunjungi kantor cabang. Sayangnya, harapan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan, setelah mengetahui kegagalan dalam pendaftaran bisa terjadi.

Apa Yang Menjadi Penyebab Pendaftaran BRImo BRI Gagal

Sebelum mengatasi masalah ini, pembaca harus mengetahui alasan mengapa pendaftaran BRImo BRI bisa gagal. Banyak faktor yang membuat pendaftaran gagal, bahkan di luar dari kesalahan pada aplikasi. Dari kebanyakan kasus, berikut beberapa penyebab kenapa tidak bisa daftar BRImo BRI:

  • Jenis tabungan yang didaftarkan pada BRImo BRI tidak sesuai dengan rekening yang saat ini dimiliki oleh pembaca.
  • Masa aktif kartu ATM yang digunakan untuk mendaftar BRImo BRI, sudah tidak aktif atau kadaluwarsa.
  • Terjadi kesalahan data berupa informasi data pribadi, saat melakukan proses pendaftaran BRImo BRI.
  • Data pribadi yang digunakan dalam pendaftaran, belum sepenuhnya terdaftar pada tabungan BRI yang dipakai.
  • Kualitas foto wajah dan e-KTP yang digunakan terlalu buram, sehingga aplikasi tidak dapat mendeteksi informasi dengan sempurna.
  • Nomor HP yang digunakan pada pendaftaran BRImo BRI sudah tidak aktif.
  • Email yang digunakan pada pendaftaran BRImo BRI terhapus atau tidak dapat diakses.
  • SMS berupa kode OTP yang diperlukan untuk menyelesaikan pendaftaran, tidak dapat diterima di HP pembaca.
  • Sedang ada gangguan pada koneksi internet pembaca yang menyebabkan proses pendaftaran terhambat.
  • Sedang ada kendala dari aplikasi BRImo BRI, atau server yang digunakan pada BRImo BRI.

Begini Tips Untuk Mengatasi Gagal Daftar BRImo BRI

Untuk mengatasi penyebab kenapa tidak bisa daftar BRImo BRI, ada tips-tips yang dipercaya dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. Apabila pembaca mengalami masalah saat melakukan proses pendaftaran BRImo BRI, maka simak tips-tips berikut ini:

1. Perhatikan Masa Aktif Kartu ATM

Hal pertama yang pembaca dapat lakukan terlebih dahulu adalah mengecek masa aktif kartu ATM. Cara mengetahui masa aktif kartu ATM, adalah dengan melihat tanggal yang dicetak pada kartu yang pembaca miliki.

Selain itu, mengecek masa aktif kartu ATM ini penting apabila pembaca memutuskan untuk mencari solusi dengan mengunjungi kantor BRI. Untuk memperpanjang kartu ATM, pembaca dapat membawa kartu ATM lama beserta buku tabungan BRI.

2. Perhatikan Jenis Tabungan Yang Didaftarkan

Jika pembaca belum tahu, tidak semua jenis tabungan yang disediakan BRI dapat digunakan untuk mendaftar pada BRImo BRI. Saat ini, hanya tiga tabungan yang diperbolehkan yaitu Simpedes, BritAma, dan BritAma Junior.

Karena itu, pastikan jika jenis tabungan yang pembaca gunakan adalah satu dari ketiga tabungan tersebut. Tabungan yang selalu aktif dan dipakai dalam berbagai kepentingan sehari-hari, adalah tabungan yang ideal untuk pendaftaran.

3. Pastikan Tidak Ada Kesalahan Input Data

Dalam mengisi data pribadi, pembaca diwajibkan untuk melakukan cek ulang sebelum melanjutkan proses pendaftaran. Hal ini agar kesalahan input tidak terjadi yang dapat menyebabkan kegagalan dalam proses pendaftaran.

Mengisi data yang benar, juga merupakan hal yang penting sebagai keamanan akun yang dimiliki pembaca. Jika andai saja akun BRimo BRI pembaca diretas, maka inilah cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan akun.

4. Pastikan Nomor HP dan Email Yang Digunakan Aktif

Pada saat melakukan pendaftaran, pembaca akan diminta nomor HP dan email yang masih bisa diakses. Hal ini agar aplikasi dapat mengirimkan verifikasi agar pembaca dapat melanjutkan proses penyelesaian pada pendaftaran BRImo BRI.

Karena itu, pastikan nomor HP dan email yang diinput masih aktif dan dapat diakses. Pembaca dapat memastikan dengan cara menghubungi nomor HP tersebut, dan melakukan login dengan menggunakan email tersebut.

5. Pastikan Foto Wajah dan e-KTP Tidak Buram

Aplikasi smartphone pada umumnya, tidak selalu dapat mendeteksi foto atau tulisan dengan sempurna. Karena itu, foto yang memiliki kualitas kurang baik, akan dapat mengganggu proses pendaftaran BRImo BRI.

Untuk mendapatkan kualitas foto wajah dan e-KTP yang bagus, gunakan kualitas kamera yang baik. Pembaca juga dapat mengatur kamera smartphone dengan resolusi yang lebih besar. Pastikan juga keadaan ruangan cukup terang saat memfoto.

6. Pastikan Jaringan Internet Sedang Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil, dapat memicu banyak hal buruk yang terjadi di dunia. Berbagai aktivitas yang membutuhkan koneksi stabil akan terganggu, salah satunya adalah proses pendaftaran akun BRImo BRI.

Jika koneksi pembaca saat ini sedang tidak stabil, maka pembaca harus mencari sinyal yang lebih bagus.

7. Cek Apakah Server BRImo Sedang Down

Penyebab kenapa tidak bisa daftar BRImo BRI yang paling jarang namun dapat terjadi, adalah server BRImo BRI yang sedang down. Seperti server lainnya, server bisa saja mengalami perbaikan sementara agar kestabilannya tetap terjaga.

Jika hal ini terjadi pada pembaca, maka hal yang dapat dilakukan adalah mengunjungi kantor cabang BRI terdekat sebagai solusi terakhir.

8. Pastikan Untuk Melakukan Aktivasi mToken dan PIN

mToken dan PIN merupakan bagian keamanan tambahan yang diterapkan oleh pihak bank BRI. Jika saat ini proses pendaftaran berhasil, namun pembaca tidak bisa melakukan login, maka lakukan aktivasi m-Token dan PIN terlebih dahulu.

Cara Lain Untuk Mengatasi Gagal Daftar BRImo BRI

Apabila pembaca sudah melakukan semua tips yang dijelaskan dan pendaftaran tidak kunjung berhasil, maka pembaca harus menggunakan cara lain. Pembaca dapat pergi mengunjungi kantor cabang BRI untuk mengajukan bantuan mendaftarkan BRImo BRI. Begini langkah-langkahnya:

  • Persiapkan hal-hal yang dibutuhkan, seperti buku tabungan, kartu ATM, kartu identitas, dan nomor HP yang aktif.
  • Kunjungi kantor cabang BRI yang berada di daerah sekitar pembaca.
  • Jika kantor sedang sibuk, tunggu dan patuhi antrean yang diberlakukan.
  • Jika giliran pembaca telah tiba, kunjungi Customer Service untuk mengajukan pendaftaran ulang BRImo BRI.
  • Ikuti instruksi yang dijelaskan oleh Customer Service.
  • Berikan dokumen-dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya.
  • Tunggu hingga proses pendaftaran ulang BRImo BRI berhasil.

Demikian penjelasan lengkap mengenai kenapa tidak bisa daftar BRImo BRI, diikuti dengan tips mengatasinya. Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan lebih baik. Pembaca memang akan memerlukan kesabaran dalam menghadapi masalah ini.