free page hit counter
jenius vs digibank

Jenius vs Digibank: Memiliki Kelebihan Masing-Masing Yang Dapat Dipertimbangkan

Saat ini, berbagai macam bank telah berlomba-lomba mengembangkan aplikasi mobile banking. Begitu juga halnya dengan bank BTPN dan DBS Bank, yang telah membuat aplikasi Jenius dan Digibank. Ulasan ini akan membahas Jenius vs Digibank, dan kelebihan-kelebihan di antaranya.

Kedua aplikasi mobile banking tersebut, telah berada pada posisi teratas sebagai mobile banking terbaik belakangan ini. Jika pembaca hanya menginginkan satu aplikasi, maka pembaca dapat menjadikan ulasan ini sebagai referensi dalam pertimbangan di antara kedua aplikasi.

Mengenal Jenius, Aplikasi Digital Banking Bank BTPN

Jenius adalah aplikasi digital banking yang dikembangkan oleh salah satu bank di Indonesia, yakni bank BTPN. Dengan aplikasi Jenius, nasabah dapat melakukan berbagai macam aktivitas banking dengan mudah tanpa harus mengunjungi kantor cabang terdekat.

Sebagai mobile banking, Jenius menyediakan layanan utama seperti tabungan, transfer, pembayaran, hingga informasi tracking transaksi. Hal yang membedakan Jenius adalah beberapa fitur yang menjanjikan keuntungan bagi nasabah yang menggunakan Jenius.

Jika pembaca meragukan keamanan Jenius, maka jangan khawatir. Jenius telah diawasi oleh OJK, sehingga keamanannya dapat dijamin. Selain itu, aplikasi Jenius juga memiliki sistem keamanan yang berlapis, dan dilengkapi teknologi keamanan terpercaya.

Mengenal Digibank, Aplikasi Mobile Banking Dari DBS Bank

Berbeda dengan Jenius, Digibank ternyata dikembangkan oleh DBS Bank Limited, sebuah perusahaan bank asal Singapura. DBS Bank memiliki cabang di berbagai negara termasuk Indonesia. Karena itu, aplikasi Digibank tersedia bagi nasabah Indonesia.

Digibank dianggap lebih mutakhir karena aplikasi tersebut tidak hanya digunakan sebagai transaksi bank. Nasabah yang memiliki Digibank dapat mengecek dan mengatur berbagai macam produk investasi, sehingga lebih praktis dan tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Meskipun sedikit lebih muda dibandingkan dengan bank BTPN, DBS dianggap sebagai salah satu bank paling aman di Asia. Jadi, sudah tidak diragukan lagi keamanannya jika pembaca memilih menggunakan aplikasi mobile banking Digibank.

Kelebihan Jenius Bila Dibandingkan Dengan Digibank

Setelah mengenali keduanya, pembaca dapat membandingkan Jenius vs Digibank berdasarkan fitur dan kelebihannya. Dimulai dari Jenius, aplikasi besutan bank BTPN ini memiliki kelebihan yang Digibank tidak miliki. Adapun beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Jenius adalah sebagai berikut:

1. Buka Rekening Dilakukan 100% Online

Hal pertama yang mungkin pembaca harapkan dari sistem online, adalah fleksibilitasnya yang 100% dilakukan secara online. Jika pembaca memiliki ekspektasi seperti itu, maka Jenius tidak akan mengecewakan. Hal ini karena untuk membuka rekening Jenius, semuanya dilakukan secara daring.

Berbeda dengan Jenius, masih ada proses tatap muka yang diperlukan ketika pembaca sedang membuka rekening Digibank. Verifikasi rekening Digibank masih harus membutuhkan kunjungan ke booth Digibank, atau bantuan dari agen Digibank.

2. Tabungan Dilengkapi Fitur Yang Lebih Menjanjikan

Sudah pasti, tujuan pembaca menggunakan bank adalah sebagai tempat untuk menabung. Sebagai aplikasi digital banking, Jenius menawarkan berbagai tawaran yang menggiurkan jika pembaca menabung di Jenius.

Pada Maxi Saver, suku bunga yang diberikan jauh lebih signifikan bila dibandingkan suku bunga deposito pada Digibank.

3. Dapat Meminjam Uang Dengan Fitur Flexi Cash

Kita tidak tahu seperti apa masalah di lain hari. Sebagai dana darurat, pembaca dapat meminjam uang dengan menggunakan Jenius. Pada Jenius, ada fitur Flexi Cash, dimana pembaca dapat meminjam dengan kelebihan yang ditawarkan.

Masa tenor yang diberlakukan jauh lebih lama yaitu 36 bulan, dengan bunga dari 0.99% sampai 3.50%. Uang yang dipinjam dapat mencapai Rp200.000.000,-. Tentunya, penawaran ini lebih menjanjikan dibandingkan dengan Digibank.

4. Dapat Menggunakan Kartu Debit

Jika pembaca lebih memilih menggunakan kartu debit, maka Jenius dapat menjadi teman bagi hidup pembaca. Pada aplikasi Jenius, pembaca dapat membuat kartu debit m-Card dan x-Card. Pembaca juga tidak perlu untuk mengunjungi booth Jenius terdekat dalam proses pembuatan kartu debit.

Berbeda dengan Jenius, saat ini Digibank hanya menawarkan kartu kredit. Meski memiliki penawaran yang tidak kalah menarik, namun kartu debit dianggap lebih fleksibel dalam melakukan berbagai transaksi.

5. Promo Yang Diberikan Beragam

Setiap aplikasi banking tentunya menawarkan berbagai macam promo yang menarik orang untuk menggunakannya. Pada Jenius, pembaca akan diberikan berbagai promo yang menarik yaitu Every Yay, yang memberikan penawaran bagi pengguna Jenius. Berbeda dengan Jenius, Digibank lebih memiliki promo yang lebih diperuntukkan untuk pengguna baru.

Kelebihan Digibank Bila Dibandingkan Dengan Jenius

Selanjutnya pada ulasan Jenius vs Digibank, aplikasi mobile banking Digital juga menawarkan kelebihan yang Jenius tidak miliki. Wajar saja, sebagai bank asing, DBS Bank tidak ingin kalah saing dengan bank lokal. Berikut kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Digibank:

1. Biaya Admin Gratis Pada Nominal Saldo Tertentu

Pada umumnya, saldo yang tersimpan pada rekening akan dipotong biaya admin setiap bulannya. Tetapi, jika pembaca menggunakan Digibank dan memiliki nominal saldo minimal Rp5.000.000, maka pembaca tidak akan dikenakan biaya admin.

Berbeda dengan Digibank, sejak tahun 2021, Jenius mengenakan biaya admin sebesar Rp10.000,-. Biaya ini dinamakan sebagai biaya feesible, dimana akan diberlakukan saat pengguna Jenius melakukan transfer uang.

2. Tidak Ada Batasan Dalam Transfer Uang

Digibank memberikan kemudahan jika pembaca sering melakukan transfer uang dalam waktu yang berdekatan. Pasalnya, tidak ada batasan sama sekali yang diterapkan dalam transfer uang. Pembaca dapat melakukan transfer tanpa takut dikenakan denda atau batasan tertentu.

Sayangnya, Jenius memberikan batasan tertentu tergantung dari jumlah saldo yang pembaca miliki. Maksimal batasan yang diterapkan yaitu 25x per bulan, jika pembaca memiliki saldo Rp10.000.000,- ke atas.

3. Aplikasi Dapat Digunakan Untuk Keperluan Investasi

Jika pembaca merupakan investor yang senang melakukan kegiatan investasi, maka Digibank dapat menjadi pendamping hidup pembaca. Produk investasi yang ditawarkan dalam Digibank adalah investasi Reksadana, deposito, dan investasi obligasi. Digibank juga memberikan penawaran tersendiri pada setiap produk investasinya.

Berbeda dengan Digibank, investasi yang disediakan oleh Jenius hanya berupa deposito sebagai bagian dari fitur Maxi Saver. Saat ini, Jenius belum memiliki rencana untuk menambahkan produk investasi lain kedepannya.

4. Transfer Valas Yang Tidak Dikenakan Biaya

Apabila pembaca ingin melakukan transfer valuta asing secara gratis, maka Digibank dapat menjadi solusi pembaca. Dengan Digibank, transfer Valas dijamin gratis kapan saja pembaca ingin melakukan transfer.

Sayangnya, hal yang sama tidak tersedia pada aplikasi Jenius. Melakukan transfer valuta asing dengan Jenius, akan dikenakan tarif sesuai dengan yang diberlakukan oleh Bank BTPN.

5. Ada Fitur Virtual Assistant Digibank

Terakhir, dalam menggunakan akun Digibank, pembaca yang belum memahami betul dapat menggunakan bantuan berupa Virtual Assistant. DBS menyediakan aplikasi Virtual Assistant yang dinamakan digibot, untuk membantu menjawab pertanyaan pembaca.

Dengan digibot, pembaca tidak perlu menunggu terlalu lama untuk jawaban dan informasi yang diinginkan. Tinggal ketikkan pertanyaan yang ingin disampaikan, dan jawaban akan segera muncul di layar smartphone pembaca.

Demikian ulasan lengkap mengenai perbandingan Jenius vs Digibank yang dapat dipertimbangkan. Sejatinya, setiap aplikasi mobile banking akan memiliki penawaran masing-masing. Semua tergantung pada selera pembaca untuk memilih. Pembaca juga diperbolehkan untuk menggunakan dua-duanya jika diinginkan.