free page hit counter
btn mobile banking apk

Cara Aktivasi BTN Mobile Banking APK, Syarat dan Manfaatnya!

Artikel diperbarui pada 22 Juli 2022.

Kecanggihan teknologi memudahkan para nasabah bank tidak perlu repot mengunjungi ATM untuk melakukan berbagai transaksi. Termasuk nasabah bank BTN yang sekarang sudah dapat menggunakan fitur BTN Mobile Banking APK sebagai alternatif transaksi perbankan yang lebih mudah.

Untuk lebih jelas mengenai informasi BTN Mobile Banking, pengguna perlu mengetahui berbagai informasi mengenai syarat, cara aktivasi dan manfaat penggunaannya. Hal tersebut demi kelancaran penggunaan berbagai layanan aplikasi mobile banking oleh nasabah bank.

Syarat Ketentuan Aplikasi BTN Mobile Banking

Bagi nasabah bank BTN, sebelum menggunakan BTN Mobile Banking perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan pemakaiannya. Terdapat 3 syarat dan ketentuan yang wajib diikuti oleh nasabah, pertama adalah status pengguna yang harus menjadi nasabah Bank BTN.

Hal tersebut sudah jelas tertera bahwa penggunaan BTN Mobile Banking APK harus nasabah bank BTN yang memiliki rekening tabungan di bank tersebut. Kedua, nasabah yang ingin menggunakan aplikasi mobile banking wajib memiliki tabungan berbasis kartu, seperti Tabungan BTN Batara, BTN Juara dan TabunganKu.

Ketiga, ketentuan menggunakan aplikasi BTN mobile banking adalah batas transaksi ke sesama rekening BTN Rp 200 juta/1 hari dan Rp 25 juta/1 kali transaksi. Lalu, jika transaksi ke bank lain maksimal jumlahnya yaitu Rp 100 juta/1 hari serta uang sejumlah Rp 25 juta/1 kali transaksi.

Keunggulan dan Fitur Aplikasi BTN Mobile Banking

Menggunakan aplikasi mobile banking tentu memiliki kelebihan yang tidak hanya efisien digunakan. Namun, terdapat berbagai keunggulan lain yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah. Keunggulan pertama adalah nasabah dapat mengetahui informasi tabungan yang dimiliki secara lengkap.

Kedua, BTN Mobile Banking APK memberikan kemudahan layanan perbankan agar lebih cepat dan praktis karena hanya memerlukan smartphone di tangan nasabah. Ketiga, memakai aplikasi mobile banking memungkinkan informasi saldo yang lebih akurat dan cepat.

Keempat, aplikasi BTN mobile banking mudah untuk diunduh pada smartphone dengan sistem operasi pendukung seperti Android dan iOS. Keunggulan-keunggulan tersebut diimbangi dengan berbagai fitur menarik sebagai berikut:

  • Mudah mencetak rekening koran.
  • Terdapat fitur Real Time Gross Settlement.
  • Mudah melakukan transaksi pembelian dan bayar tagihan.
  • Laporan rekening gabungan.
  • Ada informasi suku bunga atau nilai kurs.

Cara Aktivasi BTN Mobile Banking

Nasabah bank BTN yang sudah mengunduh dan install aplikasi BTN Mobile Banking perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Pengguna mobile banking tidak dapat dengan mudah untuk menggunakan aplikasi tersebut. Diperlukan tahapan-tahapan aktivasi tertentu yang dapat diikuti.

Proses aktivasi BTN Mobile Banking APK dapat memudahkan penggunanya untuk dapat mengakses seluruh fitur aplikasi. Fitur-fitur tersebut dapat memudahkan pengguna dalam berbagai transaksi perbankan BTN. Ada 6 langkah pengaktivasian mobile banking yang dapat diikuti, yaitu:

1. Kunjungi Bank BTN Cabang Terdekat

Untuk mengaktivasi mobile banking, pengguna perlu mengunjungi cabang bank BTN terdekat. Lalu, pengguna konsultasi dengan customer service tentang aktivasi mobile banking. Pengguna akan diberikan beberapa langkah yang wajib diikuti seperti pengisian data diri, nomor rekening dan sebagainya.

Pengguna akan disarankan untuk mengunduh dan install aplikasi mobile banking BTN di smartphone masing-masing. Pastikan nasabah memberikan informasi data diri dan nomor telepon yang valid, karena kedua aspek tersebut berpengaruh besar untuk keberhasilan aktivasi.

2. Proses Aktivasi dengan Mesin ATM

Setelah mengunjungi cabang bank BTN terdekat, maka langkah selanjutnya adalah pengguna harus mengunjungi mesin ATM BTN terdekat. Proses aktivasi BTN Mobile Banking APK dengan mesin ATM dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini, yaitu:

  • Masukkan kartu debit BTN pada mesin ATM.
  • Ketik PIN ATM.
  • Pilih menu “Register e-channel”.
  • Pilih opsi “Mobile Banking”.
  • Masukkan nomor telepon yang terdaftar ketika mengunjungi CS Bank BTN.
  • Buat nomor PIN dengan jumlah angka 6 digit.

Cara ini, belum selesai karena pengguna juga memerlukan untuk membuka aplikasi BTN Mobile Banking. Maka dari itu, ketika aktivasi mobile banking pengguna harus mempersiapkan berbagai hal seperti kartu debit dan smartphone. Disarankan untuk didampingi oleh teman atau kerabat.

3. Daftarkan Nomor Telepon

Ketika mendaftar dan aktivasi BTN Mobile Banking APK, beberapa hal menjadi vital dan wajib diberikan, yaitu nomor telepon dan e-mail aktif. Hal tersebut berfungsi untuk berbagai proses penting, seperti verifikasi dengan SMS atau link yang dikirim melalui e-mail.

Mendaftarkan nomor telepon aktif dan benar dapat mempersingkat proses verifikasi dan aktivasi BTN mobile banking. Setelah pengguna memasukkan nomor telepon pada mesin ATM ketika aktivasi mobile banking. Maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi BTN Mobile Banking.

Pada proses ini, pengguna diwajibkan untuk memasukkan nomor telepon pribadi dan bukan nomor telepon kerabat apalagi teman. Hal ini berkaitan dengan data-data pribadi yang dimiliki oleh nasabah. Karena dalam beberapa kasus, nomor telepon menjadi aspek solusi utama ketika ada permasalahan perbankan.

4. Buka Aplikasi Mobile Banking

Proses aktivasi BTN Mobile Banking APK selanjutnya pengguna membuka aplikasi ketika sudah melakukan proses aktivasi di ATM. Jika pengguna sudah benar mengikuti langkah-langkah aktivasi pada mesin ATM, maka selanjutnya pengguna cukup melakukan aktivasi pada aplikasi langsung.

Jika aplikasi mobile banking sudah terpasang dengan baik di smartphone pengguna. Maka langkah berikutnya adalah mengaktivasi mobile banking yang sebelumnya sudah diaktivasi pada mesin ATM. Pengguna dapat simak paduan langkah-langkah berikut:

  • Klik opsi “Aktivasi”.
  • Pilih “Setuju” pada halaman syarat ketentuan.
  • Mengirim SMS pada pihak BTN untuk proses verifikasi.
  • Membuat password dengan jumlah 8 digit.
  • Lakukan aktivasi.
  • Selesai.

5. Buat Kata Sandi

Membuat kata sandi ketika proses aktivasi mobile banking adalah hal yang sangat vital. Pengguna disarankan untuk menggunakan kata sandi yang mudah diingat tetapi sekaligus juga lebih aman dari pembobolan. Penggunaan kata sandi ini berfungsi untuk melindungi data-data pribadi rekening bank pengguna.

Pastikan pengguna untuk mengingat kata sandi, agar tidak terjadi hal-hal merepotkan seperti lupa kata sandi atau kata sandi hilang. Disarankan pengguna menggunakan kata sandi dengan perpaduan angka dan huruf yang mudah diingat dan apabila pengguna mudah lupa, dapat mencatatnya di tempat aman.

6. BTN Mobile Banking Siap Digunakan

Jika pengguna sudah mengikuti panduan langkah-langkahnya secara benar dan teliti. Maka aplikasi BTN Mobile Banking pengguna sudah siap digunakan. Pengguna dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan transfer, bayar tagihan listrik ataupun menabung. Banyak nasabah yang sudah beralih ke mobile banking.

Hal tersebut karena fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi yang tidak tersedia di dalam mesin ATM. Selain itu, menggunakan aplikasi BTN Mobile Banking dapat menghemat waktu nasabah, karena tidak perlu pergi ke mesin ATM terdekat, hanya memerlukan ketikan jari saja.

Kesimpulannya, aktivasi BTN Mobile Banking APK adalah hal yang wajib dan disarankan bagi para nasabah bank BTN. Hal tersebut karena beberapa alasan penting, seperti lebih mudah, efisien dan praktis ketika melakukan berbagai transaksi perbankan. Hadirnya aplikasi ini sangat menghemat waktu nasabah.