free page hit counter
aplikasi allo bank

Aplikasi Allo Bank, Aplikasi Perbankan Digital Terpercaya Di Masa Depan

Artikel diperbarui pada 7 Agustus 2022.

Aplikasi Allo Bank baru saja diluncurkan dalam waktu yang bersamaan dengan penyelenggaraan Allo Bank Festival. Festival tersebut digelar di bulan Mei 2022 dan menampilkan sederet musisi dan band terkenal asal Korea Selatan yaitu Red Velvet dan NCT Dream. 

Dalam peluncurannya, Allo Bank disebut-sebut memiliki kapasitas lebih dari sekedar sebuah aplikasi. Sebagai sebuah Super App, penggunanya  bisa melakukan apapun yang diinginkan hanya dengan satu aplikasi saja. Berkesan sangat menarik, namun apakah aplikasi ini memang sehebat promosinya?. Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Sejarah Singkat Mengenai Allo Bank

Aplikasi Allo Bank diharapkan menjadi model perbankan masa depan yang dapat mengakomodir kebutuhan nasabahnya di segala bidang. Harapan ini menjadi awal peluncuran Allo Bank yang memiliki sejarah panjang sebelum diluncurkan pada bulan Mei 2022 dengan nama Allo Bank. 

Pada awalnya bank ini bernama PT. Bank Arta Griya di tahun 1992, lalu berganti nama pada tahun 1996 menjadi PT. Bank Harda Internasional (BHI). PT. Mega Corpora lantas mengakuisisi bank ini di tahun 2011 secara resmi dan atas rekomendasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kemudian pada tahun 2021 namanya secara resmi berganti menjadi PT. Allo Bank Indonesia Tbk. 

Kini di bawah naungan PT. Mega Corporate, Allo Bank diluncurkan dengan tagline “All for one, one for all”. Dengan peluncuran ini diharapkan Allo Bank akan menjadi bank digital yang diterima oleh kaum milenial dan seluruh masyarakat di Indonesia.

Keuntungan Menjadi Nasabah Allo Bank

Aplikasi Allo Bank bukan hanya menyediakan layanan produk tabungan namun juga termasuk pengelolaan aset dan investasi. Inilah sebabnya Allo Bank disebut sebagai perbankan digital masa depan yang memiliki berbagai kelebihan. 

Walaupun Allo Bank belum populer di masyarakat, namun ada beberapa keuntungan yang dapat diraih nasabah dengan menjadi bagian dari perbankan digital masa depan ini. Beberapa keuntungannya yaitu :

  • Kemudahan dalam bertransaksi, nasabah dapat melakukan pembayaran digital melalui barcode tanpa harus menggunakan kartu. 
  • Tersedia level keanggotaan yang berpengaruh pada perolehan poin dimana level ini terbagi menjadi Starter, Advance dan Premium. Bonus yang diterima tentu saja berbeda di setiap levelnya.
  • Terdapat poin transaksi yang diperoleh setiap kali menggunakan Allo Bank untuk keperluan transaksi. Tukarkan 1 poin dengan 1 rupiah dan nasabah juga bisa berbagi poin dengan sesama teman. Semakin sering bertransaksi maka poin pun akan terus bertambah dan dapat ditukar dengan hadiah yang menarik. 
  • Terdapat kupon keuntungan dimana nasabah akan mendapatkan diskon saat bertransaksi menggunakan aplikasi Allo Bank. Semakin sering bertransaksi maka kupon yang dimiliki akan semakin banyak. 
  • Bagikan kode referral dan dapatkan hadiah uang 100 ribu rupiah. 

Fitur Dalam Aplikasi Allo Bank

Seperti halnya aplikasi perbankan online, Allo Bank memiliki aneka fitur yang fungsinya mempermudah nasabah dalam bertransaksi. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini bisa dinikmati seluruh pengguna Allo Bank secara gratis.

1. Gratis Transfer

Saat melakukan transfer uang menggunakan aplikasi Allo Bank, nasabah tidak dikenakan biaya admin alias gratis. Ini merupakan salah satu keuntungan dalam menggunakan aplikasi Allo Bank untuk menunjang kegiatan perbankan harian. Nikmati bebas admin saat melakukan transfer tanpa batas. 

2. Top Up Saldo

 Selain bisa berkirim uang ke semua rekening bank lokal, Allo Bank juga bisa dimanfaatkan untuk menambah saldo dompet digital seperti DANA, OVO dan sebagainya. Dengan demikian top up saldo tidak perlu dilakukan melalui merchant atau gerai, dan nasabah tidak perlu keluar rumah saat ingin menambah saldo dompet digitalnya.

3. Pembayaran Tagihan

Melalui aplikasi Allo Bank nasabah juga bisa melakukan pembayaran tagihan rutin seperti listrik, air, e-commerce, internet dan sebagainya. Semua bisa dilakukan dengan satu aplikasi saja. Kini nasabah tidak membutuhkan aneka aplikasi untuk membayar seluruh tagihan rutin yang dimilikinya. 

4. Mengirim Hadiah

Saat ingin memberikan apresiasi terhadap jasa seseorang atau ingin berbagi kebahagiaan dengan teman dan kerabat, nasabah dapat mengirimkan hadiah uang melalui Allo Bank. dalam aplikasi ini terdapat sebuah fitur untuk berbagi hadiah sesuai dengan yang diinginkan oleh nasabah.

5. PayLater

Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur PayLater dimana nasabah dapat berbelanja seluruh kebutuhan tanpa harus takut kekurangan dana karena nasabah bisa membayarnya di kemudian hari. Metode PayLater ini bisa dinikmati oleh nasabah Allo Bank namun hanya bagi yang sudah memenuhi persyaratan saja.

6. Tarik Tunai

Apabila nasabah membutuhkan uang tunai, bisa juga menarik dana dari Allo Bank di semua gerai ATM tanpa menggunakan kartu. Hal ini lebih aman dan ringkas karena tidak harus kebingungan saat lupa membawa kartu atau kartu tertelan di ATM. 

Download Aplikasi Allo Bank

Untuk dapat menikmati semua keuntungan menjadi nasabah dan pengguna aplikasi dari Allo Bank, terlebih dahulu nasabah harus mendownload aplikasi ini. Ikuti beberapa langkahnya yang sangat mudah berikut ini:

  • Carilah link download alternatif yang terpercaya, karena aplikasi ini belum beredar luas.
  • Setelah menemukan link yang dicari, segera download.
  • Selanjutnya masuklah ke pengaturan HP.
  • Klik Menu Keamanan dan Privasi.
  • Klik opsi Unknown Resource atau Sumber Tidak Dikenal, beri tanda centang di sampingnya atau gulirkan hingga berwarna biru. Ini akan memberikan akses install dari sumber yang tidak dikenal. 
  • Cari file yang telah didownload di menu File Manager.
  • Klik Folder Download.
  • Temukan file Allo Bank Apk lalu klik Install.
  • Tunggu hingga proses pemasangan selesai dengan baik.

Cara Daftar Allo Bank

 Setelah selesai menginstal aplikasinya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai nasabah Allo Bank. Setelah mendaftar maka aplikasi baru dapat digunakan. Dikarenakan ini adalah aplikasi baru, maka belum banyak pihak yang mengetahui tata cara mendaftar di Allo Bank.

  • Kunjungi website Allo Bank melalui browser di HP atau perangkat lainnya yang sering digunakan.
  • Masukkan nama pengundang dan klik PT. Allo Bank Indonesia Tbk di kolom Business Unit atau Badan Usaha. 
  • Klik teman pada kolom Referral.
  • Masukkan Nama yang tercantum pada KTP pada kolom yang telah disediakan. 
  • Masukkan nomor HP aktif yang akan digunakan untuk membuka aplikasi.
  • Tunggu selama 1 x 24 jam untuk mendapatkan informasi mengenai proses pendaftaran dan undangan melalui WA.
  • Setelah undangan diterima, maka aplikasi sudah dapat digunakan.

Aplikasi Allo Bank memang masih seumur jagung sehingga banyak yang belum mengenal aplikasi ini. Walaupun sejatinya Allo Bank merupakan pemain lama di dunia perbankan dengan nama dan wajah yang telah berganti-ganti sejak tahun 1992.

Pengalaman yang telah dilalui Allo Bank semasa masih menggunakan nama yang lama menjadi sedikit bekal untuk meraih kepercayaan masyarakat, terutama yang pernah menjadi nasabah dan mempercayai bank yang dahulu bernama Bank Harda ini. Harapan ini melandasi peluncuran aplikasi Allo Bank yang diharapkan menjadi aplikasi perbankan digital terpercaya di masa depan.