free page hit counter
kelebihan bank jago

Pengertian, Kekurangan dan Kelebihan Bank Jago yang Perlu Diketahui

Ingin membuka rekening namun bingung ke bank mana? Ke bank jago saja, karena ada banyak kelebihan bank jago berikan kepada setiap nasabahnya. Kurang banyak yang mengenal bank jago ini, padahal sudah tergolong lama bank ini berdiri yaitu sejak tahun 1992, tetapi baru dikenal masyarakat umum pada tahun 2020.

Dengan menggunakan bank jago, tidak perlu ribet lagi dalam masalah keuangan. Bank jago namanya menjadi naik karena dari anak perusahaan yaitu Gojek. Sehingga bank digital ini mampu bersaing dengan bank lainnya yang juga sudah beralih digital. Maka dari itu, bank jago mulai kembali namanya pada tahun 2020.

Pengertian dari Bank Jago

Bank jago merupakan sebuah bank digital dari anak perusahaan Gojek. Nama awal dari bank ini sebelum berganti menjadi bank jago adalah PT Bank Artos Indonesia Tbk. Bank jago ini memiliki developer dari PT Bank Jago Tbk, untuk seluruh proses mulai pembukaan hingga pendaftaran rekening dilakukan secara online 100%.

Tidak perlu khawatir tentang jaminan dan keamanan bank tersebut, karena bank ini sudah memegang izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan juga izin dari Lembaga Penjamin Simpanan. Aplikasi Bank Jago ini bisa diunduh gratis dari Android maupun iPhone. Ada sekitar 7 bank digital resmi yang bekerjasama dengan Bank Jago, diantaranya:

  • Bank BTPN dengan bank digital berupa Jenius.
  • Bank DBS dari bank digital Digibank.
  • Bank BCA dari bank digital Blu.
  • KEB Hana Bank dari bank digital berupa LINE Bank.
  • Bank Jago dari Bank Digital berupa Jago.
  • Bank Bukopin dengan bank digital dari Wokee.

Kekurangan dari Bank Jago

Pembahasan selanjutnya adalah tentang kekurangan dari menggunakan bank jago. Sebelum mengetahui kelebihan dari bank digital ini, alangkah baiknya mengetahui kekurangannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah kekurangan dari menggunakan bank jago, diantaranya sebagai berikut:

1. Mesin ATM Bank Jago Belum Merata ke Seluruh Indonesia

Ketika bank konvensional lainnya memiliki ATM yang menyebar di setiap kotanya secara merata, tetapi tidak dengan Bank Jago. Walaupun memiliki banyak keunggulan tetapi hal seperti ini cukup menjadi kekurangan yang kurang memuaskan nasabah. Karena setiap nasabah ketika ingin melakukan transfer atau menarik uang pasti mencari ATM terdekat.

2. Proses Verifikasi yang Lumayan Lama dan Lamban

Kekurangan selanjutnya dari Jago Bank yaitu proses verifikasinya yang lama dan juga lamban. Walaupun memiliki banyak keunggulan secara online, tetapi untuk proses verifikasinya lama. Harus lebih banyak sabar untuk selesaikan verifikasinya.

3. Belum Menyediakan Khusus Kartu Kredit

Biasanya ketika akan berbelanja dan bayar menggunakan kartu kredit pasti menggunakan kartu kredit untuk mempermudah pembayaran. Tetapi hal ini belum ada pada Jago Bank. Jadi, belum bisa menikmati layanan dari Jago Bank ini dalam hal kredit.

Sebelum melakukan ajuan kartu kredit, perlu perhatikan berbagai aspek ketika akan menggunakan kartu. Pilih jenis kartu kredit sesuai kebutuhan dan juga sesuaikan dengan kemampuan. Untuk mendapatkan kartu kreditnya, bisa dilakukan proses melalui perusahaan perbankan lain.

4. Masih Menggunakan Kartu

Kekurangan terakhir ketika menggunakan Bank Jago adalah masih menggunakan konsep kartu. Ketika bank konvensional lainnya jika ingin menarik uang sudah menggunakan sistem cardless. Bisa dilakukan secara virtual, tetapi bank jago ini belum menyediakan fasilitas tersebut, masih harus menggunakan kartu.

Kelebihan dari Bank Jago

Pembahasan terakhir yaitu kelebihan bank jago. Setelah tadi membahas mengenai kekurangan yang dimiliki Bank Jago, kini membahas tentang kelebihan yang dimiliki oleh Bank Jago. Berikut ini adalah poin-poin yang menjadi kelebihan dari bank tersebut, diantaranya sebagai berikut:

1. Bebas dari Biaya Admin

Salah satu kelebihan Bank Jago ini adalah bebas dari biaya admin. Baik itu ketika melakukan transfer antar bank maupun bank lain, melainkan juga menarik uang. Jadi, ketika sedang berada di luar negeri ingin melakukan pengiriman uang ke bank lain, tidak perlu khawatir kena biaya admin seperti bank konvensional lainnya.

Bahkan jika di dalam negeri pun, ingin mengirimkan uang ke kerabat atau keluarga, tidak akan kena biaya potongan admin. Semua gratis sehingga uang menjadi aman, tidak berkurang setiap kali melakukan transaksi transfer atau penarikan uang.

Dan juga ketika akan menyimpan uang, tidak akan kena biaya potongan bunga atau biaya administrasi perbulannya. Jadi, uang di dalam rekening masih aman dan utuh tidak berkurang.

2. Mengelola Keuangan Menjadi Lebih Mudah

Kelebihan berikutnya yang dimiliki Jago Bank adalah mengelola keuangan menjadi lebih mudah. Bagi yang sulit dalam mengelola keuangan, Jago Bank yang menjadi solusi atas masalah tersebut. Karena disini, setiap nasabah bisa mengecek setiap riwayat pengeluaran maupun pemasukan. Ada juga tersedia fitur untuk mendata analisis yang mampu memudahkan pengguna untuk melihat grafik setiap pengeluarannya.

Semua itu bisa dilihat berdasarkan kategori yang telah dibuat sebelumnya. Aplikasi nya tersebut bisa membuat perbandingan total pengeluaran setiap bulanannya. Sehingga tahu, bulan tersebut barang atau apa yang dibeli yang buat pengeluaran banyak keluar. Jika sudah melihat grafik, bisa kontrol keuangan kembali untuk lebih berhemat dalam berbelanja.

3. Aplikasi yang Modern Dengan Tampilan Sederhana

Kelebihan Bank Jago lainnya yaitu memiliki tampilan modern. Seorang nasabah bisa mengubah tampilan menu di berandanya sesuai dengan keinginan. Dengan menggunakan fitur “Personalisasi” bisa menghapus atau menghilangkan menu yang dirasa kurang penting bagi masing-masing nasabah. Sehingga tidak perlu bingung lagi karena ada banyak menu yang tampil didalamnya.

4. Bisa Menggunakan Banyak Kartu Debit Visa

Kelebihan Bank Jago yang tidak dimiliki bank konvensional lainnya yaitu memiliki kartu debit visa. Tidak hanya itu, bahkan juga memiliki fitur “Kantong”. Maksud kantong disini adalah mampu menabung dengan 20 kantong nabung dan juga memiliki 20 kantong bayar. Kantong ini cocok untuk kebutuhan hidup seperti sekarang ini.

Untuk kartu debit visa sendiri, bisa dibuat 3 kartu debit visa versi digital. Dan juga dapat 3 kartu debit visa dalam bentuk fisiknya didapatkan secara gratis tentunya. Pembuatan kartu ini dilakukan secara online melalui aplikasi Jago Bank langsung. Untuk kartu fisiknya nanti akan langsung diantar sesuai alamat nasabah yang tertera dan itu juga tanpa biaya.

5. Bisa Untuk Berinvestasi

Ingin mencoba investasi? Tenang, di bank ini ada tersedia untuk para nasabah yang ingin berinvestasi. Bank Jago ini terhubung ke akun bibit dan saldo total investasi reksadananya bisa dilihat langsung dari aplikasi Jago Bank nya. Sehingga aman untuk menaruh dana didalamnya.

Nantinya hasil investasi ini akan langsung ditambahkan dengan semua total reksadana yang didapatkan pada investasi bibit. Tentu ini kelebihan terbaik dari Jago Bank karena pada bank digital lain belum ada menyediakan fasilitas seperti ini. Bahkan memiliki pengaturan untuk yang ingin investasi secara rutin. Dengan mengaktifkan Jago Autodebit untuk membayar dan ikuti semua proses didalamnya.

Ttu tadi beberapa penjelasan mengenai pengertian, kekurangan dan juga kelebihan bank jago yang perlu untuk diketahui. Jadi, jangan ragu untuk beralih ke bank jago karena ada banyak keunggulan yang didapatkan saat menggunakan bank tersebut.