free page hit counter
Aplikasi Keuangan BUMDes
Mengenal fitur dan keunggulan aplikasi keuangan BUMDes. | via goodscoop.id

Aplikasi Keuangan BUMDes: Mengenal Laporan Keuangan Akuntansi Desa

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2022.

Aplikasi keuangan BUMDes adalah aplikasi yang digunakan oleh unit usaha desa untuk membuat laporan keuangan dana desa. Dalam artikel ini, kamu akan mengenal aplikasi keuangan BUMDes dan manfaatnya bagi masyarakat. Nah, apa saja fitur aplikasi keuangan BUMDes dan apa saja keunggulan aplikasi ini untuk mengatur laporan keuangan Desa?

BUMDes merupakan sebuah unit usaha yang dimiliki oleh desa yang dananya bersumber dari kekayaan desa tersebut dan dikelola untuk mensejahterakan masyarakat setempat. Semakin canggihnya teknologi, saat ini sudah terdapat aplikasi keuangan BUMDes yang dapat membantu unit desa membuat pelaporan keuangan.

Laporan atas penggunaan dan penerimaan dana dari kegiatan bisnis yang dijalankan bisa dibuat dengan mudah. Digitalisasi yang dilakukan tentu dapat membantu desa untuk semakin maju dan berkembang.

Mungkin bagi sebagian orang belum tahu tentang aplikasi keuangan ini. Agar lebih memahaminya, yuk, simak uraian berikut!

Apa Itu Aplikasi Keuangan BUMDes?

Sebagian orang pasti masih bingung dan belum mengetahui tentang aplikasi Keuangan BUMDes. Aplikasi yang dibuat dan dikembangkan berdasarkan Peraturan Menteri Desa PDTT No. 3 Tahun 2021 dan Peraturan Pemerintah RI No. 11 Tahun 2021 tentang pendirian BUMDes ini bertujuan untuk membantu dalam melakukan pencatatan dan pelaporan yang berbasis akuntansi.

Pencatatan yang biasanya dilakukan secara manual, tentu akan lebih mudah dan efisien jika diubah menjadi digital. Petugas atau pemilik unit bisnis desa tidak perlu repot lagi mencari dokumen transaksi tertentu karena seluruh kegiatan bisnis sudah dimasukkan ke dalam sistem.

Bagi aparatur desa mungkin belum banyak yang memahami bagaimana membuat laporan keuangan yang benar berstandar akuntansi. Hal tersebut tidak lagi perlu dikhawatirkan karena aplikasi ini juga bisa membantu dan mempermudah dalam pembuatan laporan tersebut karena seluruh datanya sudah terintegrasi dengan sistem.

Fitur-Fitur Aplikasi Keuangan BUMDes

Setelah memahami tentang aplikasi Keuangan BUMDes, tentu ingin mengetahui juga apa saja fitur yang disediakan dari layanan ini. Fitur canggih, tampilan menarik, serta penggunaan yang mudah bisa dirasakan ketika memakainya. Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki aplikasi ini:

1. Statistik

Untuk mengetahui perkembangan dan keaktifan unit usaha desa, aplikasi BUMDes ini menghadirkan fitur statistik. Selain peringkat teraktif unit desa, fitur ini juga memberikan informasi tentang pendapatan atau aset yang dimiliki, modal, hingga realisasi keuangan maksimalnya.

Informasi-informasi tersebut akan membantu pemerintah dalam mengetahui unit mana yang kurang aktif dan dibantu untuk mencari solusinya. Selain itu, dengan adanya statistik ini setiap kegiatan dan pemberdayaan usaha bisa menjadi lebih optimal.

2. Master Database

Fitur kedua yang dimiliki oleh aplikasi Keuangan BUMDes adalah master database. Sesuai namanya, fitur ini berisi berbagai informasi atau database mulai dari pengurus unit usaha desa, pelanggan, dokumen, informasi transaksi, hingga informasi barang.

Daftar-daftar tersebut tidak hanya berisi nama saja, tetapi juga informasi lengkap lainnya. Misalnya seperti data pengurus, maka lengkap dengan informasi tempat tanggal lahir. Jika data transaksi, lengkap dengan jenis transaksi, jumlah transaksi, dan kapan transaksi tersebut terjadi.

3. Manajemen Barang

Fitur selanjutnya yaitu Manajemen Barang. Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa terdapat master database tentang barang atau produk yang dijual. Data tersebut nantinya dapat dikelola melalui manajemen barang.

Pada fitur manajemen barang, informasi yang diberikan berupa kode barang, deskripsi atau jenis barang, kuantitas, dan satuannya. Dari fitur ini petugas dapat mengetahui dan mengambil aksi untuk menambah atau menghapus barang yang sudah sold out. Dengan adanya fitur ini tentu akan lebih memudahkan dalam mengatur stok produk.

4. Unit Usaha

Kemudian terdapat Unit Usaha sebagai fitur yang dapat mendukung pencatatan, transaksi, serta proses bisnis dari setiap unit usaha. Jenis-jenis unit yang terdapat dalam fitur ini contohnya yaitu Unit Usaha Rental atau Sewa, Toko, Simpan Pinjam, dan Pencatatan Jasa Pembayaran.

Dengan adanya pengelompokkan tersebut akan memudahkan petugas dalam memilah, mengatur, dan mengetahui setiap kegiatan unit usaha. Bahkan petugas juga bisa mengetahui siapa saja yang menjadi pelanggan dari setiap unit usaha yang ada.

5. Pembukuan

Setelah serangkaian fitur sebelumnya, selanjutnya adalah pembukuan.  Fitur ini berfungsi untuk menyusun dan memastikan bahwa setiap transaksi yang terjadi telah tercatat dengan benar pembukuan yang berbasis akuntansi. Pos-pos yang terdapat di pembukuan ini meliputi data akun, jurnal umum, dan jurnal penyesuaian.

Dengan adanya data yang terintegrasi atas fitur satu dengan lainnya, pembukuan yang memusingkan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan ringkas. Petugas hanya perlu memastikan bahwa transaksi telah tercatat sesuai dengan tanggal dan besaran jumlahnya.

6. Laporan

Dan yang terakhir adalah fitur laporan. Fitur ini berfungsi untuk membuat laporan keuangan akhir dari seluruh transaksi dan proses bisnis yang telah dilakukan setiap unit usaha. Laporan keuangan berbasis akuntansi yang ditampilkan cukup lengkap, mulai dari jurnal, buku besar, hingga laporan laba rugi.

Fitur-fitur Unggulan Aplikasi BUMDes

Aplikasi keuangan BUMDes yang dikembangkan memiliki berbagai keunggulan yang menjadikan aplikasi ini wajib dimiliki setiap desa yang digunakan dalam pengelolaan usaha desanya. Memiliki tujuan untuk membantu dan mensejahterakan masyarakat desa, berikut beberapa keunggulan dari aplikasi ini:

1. Tepercaya

Bagi desa yang tertarik untuk menggunakannya jangan khawatir! Karena aplikasi Keuangan Bumdes ini terpercaya dan dikembangkan mengikuti peraturan desa dan pemerintah yang ada. Seluruh data yang tersimpan disana aman dan memiliki resiko kecil untuk bocor.

2. Digitalisasi Kegiatan Bisnis

Penggunaan aplikasi ini tentu akan membantu dalam mendigitalisasi seluruh kegiatan BUMDes, mulai dari pencatatan hingga laporan akhir. Sistem ini memudahkan para petugas dan juga pelaku unit usaha dalam membuat database.

Pencatatan dengan sistem ini nantinya juga akan memudahkan ketika mencari data yang diperlukan. Petugas dan pelaku unit usaha tidak perlu repot lagi membuka dokumen fisik guna mendapatkan data yang diperlukan. Hanya perlu membuka file atau fitur tertentu, dan data pun akan ditemukan.

3. Membantu Dalam Pengelolaan Bisnis

Seperti tujuannya, aplikasi ini dibuat untuk pengembangan usaha unit di suatu desa sehingga dapat membantu dalam pengelolaan bisnis yang ada. Pemilik usaha akan mudah untuk mengatur transaksi, penerimaan dan penjualan barang, hingga data dari setiap pelanggannya.

Bisnis yang dikelola melalui aplikasi keuangan akan lebih terstruktur serta rapi. Dan yang terpenting, pengguna tidak perlu repot dan pusing lagi dalam penyusunan laporan keuangan yang berbasis akuntansi.

4. Laporan Online

Selain dalam pengelolaan yang serba digital, pembuatan dan pengarsipan laporan keuangan juga dapat dilakukan secara online. Keunggulan ini memungkinkan petugas atau penggunanya membuka dan membuat laporan tanpa kesulitan dengan dokumen kertas.

Selain di PC atau laptop, penggunaan aplikasi keuangan ini bisa dilakukan juga pada mobile. Dengan sistem yang mendukung segala macam perangkat akan membuat penggunanya lebih efisien waktu karena laporan dapat diakses kapanpun dan dimanapun pengguna berada.

5. Akses dan Penggunaan yang Mudah

Tampilan serta website dari aplikasi keuangan BUMDes sangat simple dan sederhana sehingga dapat memudahkan pengguna bahkan untuk yang awam dalam menggunakan aplikasi ini. Walau sederhana, informasi serta fitur layanan sangat lengkap sehingga tetap berfungsi dengan baik.

Selain itu, karena berbasis digital, pengguna juga akan mudah mengakses informasi atau data yang diperlukan karena akan terarsip dan tersimpan selamanya dalam sistem. Pengguna juga akan lebih mudah dalam pengelompokan data karena akan disesuaikan dengan tanggal transaksinya.

Penutup

Itulah ulasan singkat tentang aplikasi Keuangan BUMDes. Dengan segala kemudahan yang diberikan, perangkat desa perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi tersebut dalam upaya pengoptimalan usaha unit yang ada di desa. Jika tertarik untuk menggunakannya, bisa langsung mengunjungi https://www.bumdes.com/ untuk informasi yang lebih lengkap.

Artikel Lainnya Terkait Aplikasi Keuangan: