free page hit counter
Review Aplikasi Finansialku
Review Aplikasi Finansialku. | via goodscoop.id

Aplikasi Finansialku, Kenali Manfaat dan Fitur Apk Perencana Keuangan

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2022.

Aplikasi Finansialku adalah salah satu aplikasi perencanaan keuangan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain rajin memberikan seminar online gratis mengenai perencanaan keuangan dan tips untuk menyelesaikan masalah finansial, PT Finansialku Indonesia juga menyediakan layanan konsultasi finansial dengan ahli perencana keuangan bersertifikasi CFP (Certified Financial Planner) melalui aplikasi Finansialku.

Mengatur keuangan seringkali menjadi hal yang sulit untuk beberapa orang. Ini bukanlah hal yang mengherankan sebab masih sedikit orang yang mengetahui cara perencanaan uang. Untuk itu, aplikasi Finansialku oleh PT Finansialku Indonesia menjadi solusi dari masalah ini.

Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah pengelolaan dan perencanaan keuangan dengan mudah dan praktis. Pengguna aplikasi ini bisa membuat beragam anggaran, perencanaan, hingga laporan untuk memudahkan pengelolaan uang. Ketahui detail aplikasinya berikut ini:

Mengenal Aplikasi Finansialku

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, aplikasi Finansialku ialah aplikasi pengelolaan dan konsultasi keuangan yang dikembangkan oleh perusahaan keuangan PT. Solusi Finansialku Indonesia. Semula aplikasi ini mulai dibuat pada tahun 2016 dalam bentuk aplikasi dan portal edukasi berupa web.

Finansialku juga dibuat untuk tujuan sebagai portal edukasi. Dengan adanya layanan dari Finansialku, diharapkan lebih banyak masyarakat yang menyadari pentingnya pengelolaan uang serta cara mengolahnya yang tepat. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi terkait literasi dan inklusi keuangan.

Selain itu, edukasi tentang pengelolaan uang juga termasuk dalam edukasi terkait kegiatan investasi. Finansialku juga menyediakan informasi dan layanan konsultasi seputar investasi dalam berbagai jenis instrumen keuangan, mulai dari saham, emas, reksa dana, dan sebagainya.

6 Kegunaan Aplikasi Finansialku di Bidang Keuangan Pribadi & Keluarga

Pembuatan aplikasi Finansialku bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat terutama terkait dengan literasi di bidang keuangan. Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh pengguna aplikasi ini ialah sebagai berikut:

1. Membuat Anggaran

Tidak sedikit orang yang kesulitan untuk mulai mengelola keuangan dengan tepat lantaran kesulitan untuk membuat anggaran. Bahkan tidak jarang pembuatan anggaran ini menjadi salah satu hambatan yang membuat banyak orang menunda-nunda pengelolaan keuangan. Di aplikasi ini, pengguna bisa membuat anggaran dan tentu mengkustomisasinya.

Ada berbagai petunjuk dalam bentuk langkah-langkah yang mudah untuk diikuti dalam pembuatan anggaran. Pengguna juga bisa menyesuaikan bagian nominal, keterangan, tanggal, dan sebagainya. Jika masih kesulitan, akses artikel, FAQ, dan fitur live chat bisa membantu pengguna secara efektif.

2. Mencatat Keuangan

Dalam mengelola keuangan, pencatatan tentu merupakan bagian yang cukup penting. Pastikan untuk selalu mencatat alur keluar maupun masuk keuangan. Pencatatan yang rinci, jelas, dan sesuai tentu akan menjadi kunci utama keberhasilan pembuatan anggaran maupun rencana keuangan.

Dengan aplikasi dari Finansialku, pengguna bisa memiliki jurnal pencatatan keuangan dalam ponselnya. Tentu ini sangat praktis. Pengguna bisa menulis atau mengisi pencatatan keuangan kapanpun dengan ponsel saja. Kini, pencatatan keuangan tidak memerlukan berbagai buku jurnal tebal lagi.

3. Merencanakan Keuangan

Setiap orang pasti memiliki berbagai impian dan cita-cita. Ada yang ingin membeli rumah, mobil, pergi naik haji, dan sebagainya. Tentu saja semua tujuan keuangan ini tidak bisa dicapai hanya dalam satu hari saja. Inilah alasan mengapa diperlukan perencanaan matang untuk bisa mencapainya.

Aplikasi ini memang dibuat sebagai asisten keuangan yang cerdas. Dengan menggunakan Finansialku, pengguna dapat merencanakan target atau tujuan keuangan yang ingin dicapai. Finansialku akan membantu pengguna untuk mencapai tujuan keuangan dengan membagi budget maupun target saving yang diperlukan.

4. Memantau Performa Investasi

Mengelola keuangan bukan hanya tentang bagaimana uang yang tersedia bisa mencukupi kebutuhan. Sebenarnya, mengelola keuangan juga termasuk pada membuat uang bisa lebih berkembang. Salah satunya ialah dengan menggunakan uang untuk berinvestasi.

Di Finansialku tersedia Kalkulator Investasi, di mana pengguna bisa memantau dan mengatur kegiatan investasinya dalam berbagai instrumen keuangan. Baik dengan menggunakan investasi emas, reksa dana, maupun deposito, pengguna bisa mengetahui performa dan prediksi perkembangannya secara real time.

5. Memeriksa Kesehatan Keuangan

Manfaat lain yang bisa pengguna dapatkan dari pemakaian aplikasi Finansialku ialah dapat memeriksa kesehatan keuangan pengguna. Pengelolaan keuangan dalam Finansialku akan diatur dalam anggaran dan perencanaan. Pengguna bisa memanfaatkan keduanya untuk mencatat perkembangan uang.

Dari sini, pengguna bisa memantau alokasi uang sudah tepat atau belum. Selain itu, pengguna juga bisa memeriksa besarnya pengeluaran, pemasukan, dan nilai investasi. Tentu saja ini semua bisa pengguna dapatkan dengan pencatatan yang rutin dan terinci.

6. Mendapatkan Saran Keuangan dari Ahli

Aplikasi ini tidak berfokus pada pengguna yang sudah bisa mengoperasikan semua fitur maupun menggunakan berbagai manfaatnya saja. Finansialku juga berkenan untuk membantu pengguna yang masih pemula dalam pengelolaan keuangan. Ini diwujudkan dengan adanya fitur konsultasi dalam aplikasi.

Pada dasarnya PT Finansialku Indonesia memang merupakan perusahaan penyedia layanan konsultasi keuangan. Dalam aplikasinya, Finansialku, disediakan juga fitur untuk mengkonsultasikan kesulitan pengelolaan uang maupun penggunaan fitur yang dialami oleh pengguna. Menarik, bukan?

5 Fitur Unggulan Aplikasi Finansialku yang Jadi Favorit Pengguna

Dilihat dari banyaknya manfaat aplikasi Finansialku, secara tidak langsung dapat disimpulkan bahwa ada banyak fitur yang dapat mendukung pengguna. Di antara banyaknya fitur tersebut, berikut ini ialah beberapa fitur utama yang paling menarik dari Finansialku:

1. Transaksi Minggu Ini

Ini merupakan laporan akumulasi transaksi setiap minggu. Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat jumlah transaksi yang dilakukan oleh pengguna setiap minggunya. Pemakaian fitur ini dapat sangat membantu kegiatan pemantauan catatan keuangannya.

Transaksi setiap minggu ini akan dapat ditampilkan bersama dengan transaksi minggu-minggu sebelumnya. Selain itu, laporan dari transaksi per minggu ini juga ditampilkan dalam bentuk grafik, di mana dapat mempermudah pengguna melihat keseluruhan kegiatan transaksi.

2. User Menu

Ini termasuk dalam salah satu fitur yang menarik di Finansialku. Mengapa demikian? Sebab dalam fitur ii terdapat banyak pintasan akses yang bermanfaat bagi pengguna. Misalnya seperti Payment info, Bantuan, dan Profile.

3. Saldo Rekeningku

Pengguna bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk keperluan integrasi rekening bank yang dimiliki. Untuk rekening jenis bank maupun kas, angka yang ditampilkan merupakan sisa saldo yang ada dalam rekening. Sementara untuk rekening CC, angka yang ditampilkan ialah sisa limit yang tersedia.

Untuk pengguna yang memiliki rekening jenis pinjaman juga bisa menggunakan fitur ini. Dengan terintegrasi dalam Finansialku, rekening pinjaman akan ditampilkan saldo atau sisa nominal pinjaman yang masih belum dibayarkan.

4. Finansial Health Check Up

Periksa kesehatan keuangan kapan saja! Finansialku menyediakan fitur bernama Finansial Health Check Up yang bisa memberikan laporan status kesehatan keuangan dari pengguna. Dengan fitur ini, pengguna bisa memeriksa status secara real time sehingga bisa segera mengatur pengeluaran demi perbaikan kondisi kesehatan keuangan.

5. Pendapatan dan Pengeluaran

Fitur ini termasuk dalam salah satu fitur yang menawarkan manfaat pada pengguna berupa pencatatan keuangan. Dalam fitur ini, pengguna bisa memasukkan nominal pemasukan maupun pengeluaran pengguna. Pengguna bisa mengakses maupun mengisikan data pada fitur ini setiap hari.

Kondisi pendapatan dan pengeluaran kemudian akan ditampilkan agar lebih mudah dipantau oleh pengguna. Untuk tampilan fitur ini bisa diakses dalam format berupa grafik. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat untuk mengontrol keluar dan masuknya uang.

Penutup

Demikian informasi seputar aplikasi Finansialku yang wajib diketahui untuk mulai mengelola keuangan dengan tepat dan efisien. Pastikan untuk melakukan pencatatan keuangan dengan rutin agar pemantauan keuangan dapat berjalan efektif.

Artikel Lainnya Terkait Aplikasi Keuangan: