free page hit counter
aplikasi laporan keuangan excel

7 Aplikasi Laporan Keuangan Excel dengan Kekurangan & Kelebihannya

Artikel diperbarui pada 8 Agustus 2022.

Aplikasi laporan keuangan Excel digunakan untuk melacak sumber pendapatan dan pos-pos pengeluaran. Dalam artikel ini, kamu bisa temukan rekomendasi aplikasi laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel sebagai medianya. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi tersebut di sini.

Sesuai namanya, aplikasi laporan keuangan Excel adalah sebuah aplikasi keuangan yang memiliki basis excel. Aplikasi semacam ini sangat dibutuhkan untuk bisnis bahkan untuk kehidupan sehari-hari. 

Hal ini agar kegiatan keuangan yang terjadi setiap hari dapat terekam dengan baik. Orang yang mengelola keuangan pun tidak akan bingung untuk mencari rekam jejak dari arus keuangan yang ada. 

Penggunaan aplikasi ini juga akan mempermudah proses pencatatan keuangan. Mengurangi kemungkinan human error karena penghitungan bisa dilakukan secara otomatis. Berikut adalah beberapa aplikasi laporan keuangan excel yang paling direkomendasikan. 

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Excel Terbaik

Ada banyak sekali aplikasi laporan keuangan yang bisa dipilih untuk digunakan sehari-hari. Namun, bukan berarti sembarang aplikasi tepat untuk digunakan. Bagaimanapun para pengguna harus menyesuaikannya dengan kebutuhan dan fitur yang ada. 

Berikut ini ada beberapa aplikasi laporan yang bisa digunakan. Aplikasi yang direkomendasikan ini memiliki laporan keuangan yang berbasis excel yang membuat penghitungan semakin akurat dan semakin profesional. 

1. Layanan Lengkap dan Gratis dari Wave – Aplikasi Laporan Keuangan Berbasis Excel, Gratis

Jika para pengguna mencari aplikasi laporan keuangan yang benar-benar gratis, tanpa dituntut untuk membayar biaya berlangganan sedikitpun. Maka, layanan dari aplikasi Wave bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Fitur yang dimiliki oleh aplikasi Wave terbilang sangat lengkap dan sudah lebih dari cukup untuk mengelola keuangan sehari-hari. Bahkan, fitur gratis dari Wave sudah cukup untuk mengelola keuangan bisnis kecil sampai menengah. 

Walaupun gratis, aplikasi ini memiliki sistem keamanan yang cukup tinggi. Keamanan data dari aplikasi ini sudah memiliki sertifikasi PC1 Level-1. Artinya, akun bank dan setiap catatan keuangan akan tersimpan dengan baik. 

2. Inventori Lebih Terjamin dengan Aplikasi Sage – Aplikasi Laporan Keuangan Excel dengan Integrasi Microsoft 365

Aplikasi laporan keuangan excel yang selanjutnya adalah aplikasi Sage. Aplikasi satu ini sangat ideal penggunaannya untuk bisnis kelas menengah ke atas. Fiturnya sangat lengkap bahkan bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain misalnya Microsoft 365 dalam mode excelnya. 

Hal yang membuat aplikasi Sage ini semakin ideal untuk laporan keuangan bisnis menengah adalah fitur inventory. Jadi, laporan keuangan yang dibuat disesuaikan dengan data stok barang yang dimasukkan oleh para pengguna. 

Proses tracking keuangan, penjualan, dan pembelian pun semakin mudah dilakukan. Dengan inventori dan data keuangan yang jauh lebih terjamin. 

3. Optimalisasi dan Integrasi dengan Hashmicro – Aplikasi Pencatatan Pengeluaran dengan Fitur Efisien

Hashmicro adalah aplikasi laporan keuangan excel yang memiliki tujuan integrasi antara platform yang dapat memaksimalkan bisnis para penggunanya. Aplikasi ini menawarkan beberapa program dan fitur yang bisa dikustomisasi.

Jadi, para pengguna bisa mengatur sendiri, fitur yang ingin digunakan dan fitur yang ingin disisihkan. Dengan begitu, penggunaan akan lebih mudah, efisien, dan efektif karena sesuai dengan kebutuhan laporan keuangan dari perusahaan yang menggunakan. 

4. Terhubung dengan Banyak Aplikasi dengan Quickbooks – Aplikasi Akuntansi Excel tersambung PayPal dan Stripe

Sama seperti Hashmicro, aplikasi Quickbook juga memiliki tujuan integrasi. Hal inilah yang membuat aplikasi laporan keuangan ini bisa disambungkan dengan berbagai aplikasi lainnya. Terutama, aplikasi yang berbasis keuangan. 

Aplikasi yang bisa disambungkan misalnya PayPal dan Stripe, bahkan aplikasi ini juga bisa diintegrasi dengan akun dan rekening dari bank lokal maupun internasional. Dengan kelengkapan fiturnya, aplikasi ini lebih ideal jika digunakan perusahaan menengah ke atas. 

Karena aplikasi ini terbilang memiliki sistem yang lebih advance. Bahkan, pada versi premiumnya, aplikasi ini didukung oleh Fathom. Fathom merupakan kuangan online elite yang banyak digunakan perusahaan besar. 

5. Software Terpercaya dengan Jurnal By Mekari – Aplikasi Keuangan dengan Standar ISO 27001

Salah satu kekhawatiran saat menggunakan aplikasi laporan keuangan secara online adalah ketidakamanan sistem. Karena mungkin saja terjadi kebocoran data, atau orang lain yang mudah untuk masuk ke akun keuangan perusahaan. 

Namun, tidak perlu khawatir jika para pengguna memanfaatkan Jurnal By Mekari. Aplikasi ini sudah berjalan dengan standar ISO 27001. Membuat aplikasi ini banyak dipercayai oleh berbagai perusahaan menengah ke atas. 

Setiap akun dijamin dengan sistem otorisasi yang berbeda-beda. Jadi, tidak perlu khawatir soal keamanan data dan keuangan. Jika, ada transaksi yang mencurigakan maka aplikasi akan segera mengirim laporan pada para pengguna. 

6. Paling Cocok Untuk Pemula dengan Accurate – Aplikasi Laporan Keuangan untuk Pemula

Jika para pengguna belum familiar dengan penggunaan aplikasi laporan keuangan excel. Pasti akan menemui kesulitan ketika menggunakan aplikasi yang langsung pada level advance. 

Karena itu, diperlukan aplikasi yang memberikan interface yang mudah dan fitur yang tidak sulit untuk dipahami. Karena itu, aplikasi Accurate hadir untuk mendampingi para pebisnis pemula yang masih awam dengan dunia keuangan. 

Dengan desain antarmuka yang user friendly, para pebisnis pemula mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, dan sebagainya. Dapat mempelajari penggunaan aplikasi ini dengan lebih mudah. 

7. Keuangan Real Time dengan Zahir Online – Aplikasi Keuangan dengan Pelaporan Efisien

Aplikasi satu ini merupakan pilihan tepat bagi para pengguna yang ingin selalu up to date dengan kondisi keuangannya. Karena salah satu keunggulan Zahir Online adalah dapat memberikan laporan keuangan secara real time sesuai dengan waktu yang diatur. 

Jadi, para pengguna bisa mengambil keputusan lebih cepat dengan informasi yang akses dan pelaporannya lebih cepat. Pelaporan juga dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. 

Tips Memilih Aplikasi Laporan Keuangan Excel yang Tepat 

Setelah mengetahui, beberapa rekomendasi dari aplikasi untuk membuat laporan keuangan excel. Berikutnya akan dibahas tentang tips untuk memilih aplikasi yang tepat. Walaupun, aplikasi-aplikasi di atas direkomendasikan. 

Para pengguna tetap tidak bisa sembarangan dalam memilih. Karena setiap aplikasi memiliki spesifikasi yang berbeda. Dengan tips di bawah ini, para pengguna bisa menemukan aplikasi yang lebih sesuai. 

1. Tentukan Fitur Apa Saja yang Diperlukan 

Setiap skala bisnis atau kebutuhan keuangan lainnya membutuhkan perhitungan dan rumus yang berbeda. Karena itu, para pengguna harus mempertimbangkan fitur apa saja yang dimiliki oleh sebuah aplikasi. 

Pilihlah aplikasi yang memiliki fitur-fitur yang memang dibutuhkan. Jangan asal memilih aplikasi dengan fitur yang lengkap saja. Karena mungkin saja, terlalu banyak fitur hanya akan membuat para pengguna kesulitan menggunakan aplikasi keuangan. 

2. Pertimbangkan Harga Aplikasi 

Sebagian aplikasi laporan keuangan excel memiliki fitur yang berbayar. Karena itu, pertimbangkan juga harga dari versi premium sebuah aplikasi sebelum memutuskan untuk membelinya. 

Sebelum benar-benar membeli aplikasi, ada baiknya untuk para pengguna mencoba versi trial dari aplikasi tersebut. Jadi, para pengguna lebih memiliki pertimbangan apakah memang aplikasi tersebut dibutuhkan dan harganya pas dengan budget yang ada. 

3. Memiliki Customer Support yang Memadai 

Ada kemungkinan para pengguna akan mengalami kesulitan atau mengalami masalah ketika menggunakan aplikasi. Saat hal ini terjadi, yang bisa dilakukan oleh para pengguna hanyalah menghubungi customer support dari aplikasi tersebut. 

Respon dari customer support sangat patut untuk dipertimbangkan. Dengan customer support yang baik, para pengguna bisa mendapatkan bantuan ketika mengalami kesulitan. Pertimbangkan juga banyaknya akses yang diberikan oleh support aplikasi. 

Penutup

Itulah berbagai rekomendasi aplikasi laporan keuangan excel juga beberapa tips untuk memilihnya. Jangan sampai salah memilih aplikasi keuangan, karena keuangan adalah hal yang sangat vital dalam berjalannya sebuah perusahaan. 

Artikel Lainnya Terkait Aplikasi Keuangan: