free page hit counter

Yuk Kuliah! Ini Daftar 4 Kampus Swasta dengan Biaya Terjangkau

Artikel diperbarui pada 16 Mei 2021.

Kampus-Swasta-Murah
Kampus swasta dengan biaya terjangkau ternyata ada! | GOODSCOOP

Perguruan tinggi negeri dikenal memiliki mutu dan mutu pendidikan yang baik. Inilah yang mendorong calon siswa untuk mendaftar di kampus impian mereka. Meski demikian, ada juga PTS terbaik dengan kualitas yang tidak kalah dengan kampus negeri.

Ini menunjukkan banyaknya miliarder yang pernah menempuh pendidikan di perguruan tinggi swasta dan berhasil dalam dunia karir dan bisnis. Tak perlu jauh-jauh, misalnya Lo Kheng Hong yang disebut-sebut sebagai Warren Buffett Indonesia.

Lo Kheng Hong yang merupakan lulusan perguruan tinggi swasta National University di Jakarta ini diketahui pernah meraup keuntungan investasi hingga 12.500 pada 2011 dan berhasil mengantongi aset hingga Rp 195,8 miliar.

Dari perjalanan hidup seorang Lo Kheng Hong, dapat disimpulkan bahwa keberhasilan seseorang tidak tergantung pada jenis perguruan tinggi yang ditempuh, baik itu perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta.

Selain itu, saat ini banyak perguruan tinggi swasta yang menawarkan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu memilih universitas swasta untuk melanjutkan pendidikan.

Berikut adalah rekomendasi empat universitas swasta terbaik dengan biaya kuliah yang terjangkau untuk dipilih.

1. Universitas Gunadarma, Depok

Universitas Gunadarma Depok
Universitas Gunadarma Depok. | GOODSCOOP

Universitas Gunadarma menempati urutan ke-6 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia pada Webometrics edisi Juli 2020, yang kini memiliki sejumlah lokasi di berbagai bidang seperti Depok, Salemba hingga Kalimalang.

Sebagai salah satu universitas terbaik, Gunadarma menawarkan sejumlah jurusan pilihan yang telah terakreditasi A, antara lain Akuntansi, Psikologi, Sastra Inggris, Ekonomi, Ilmu Komputer, dan berbagai program teknik.

Untuk biaya pendidikan, Universitas Gunadarma dibagi menjadi beberapa bagian seperti biaya SKS, biaya gedung dan BPP (Biaya Pengembangan Pendidikan) dengan bidang yang berbeda, tergantung jurusan yang dipilih.

Untuk program sarjana dengan jurusan sistem komputer, biaya USP yang ditagihkan kepada calon siswa mulai dari Rs 8 hingga Rs 13 juta dengan BPP Rs 2 juta dan biaya per pinjaman Rs 8 juta dan 250 ribu.

Setelah lebih dari 20 tahun, Universitas Gunadarma telah berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berkualitas bahkan menjadi institusi pendidikan tinggi nasional yang terdepan.

2. Universitas Nasional, Jakarta

Universitas Nasional Jakarta
Universitas Nasional Jakarta. | GOODSCOOP

Universitas Nasional Jakarta di Jalan Sawo Manila, Pasar Minggu juga merupakan salah satu universitas swasta terbaik dengan biaya pendidikan yang sangat terjangkau.

UNAS menawarkan berbagai program Sarjana yang sudah terakreditasi A, seperti B. Ilmu komunikasi, administrasi publik, sosiologi, ilmu politik, manajemen dan biologi. Ada juga jurusan yang diminati oleh mahasiswa seperti Hubungan Internasional, Pariwisata, Bisnis, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Sastra.

Bahkan UNAS berhasil masuk 20 besar perguruan tinggi swasta terbaik versi Wilayah III Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) pada Agustus 2020.

Seperti diberitakan di situs resmi UNAS, biaya SPP salah satu fakultas yaitu ilmu sosial dan politik dengan fokus ilmu komunikasi adalah Rp 3 juta untuk Dana Pengembangan Pendidikan (UPP) dengan biaya paket semester (UPS). sebesar Rp 8,5 juta.

Tidak perlu khawatir, karena biaya ini dapat dicicil untuk meringankan beban siswa atau orang tua.

3. Universitas Mercu Buana, Jakarta

Universitas Mercu Buana
Universitas Mercu Buana. | GOODSCOOP

Perguruan tinggi swasta terbaik berikutnya adalah Mercu Buana University yang dikenal telah meraih berbagai kesuksesan di dalam dan luar negeri. Sebut saja juara II lomba desain nasional Pulau Kodingareng Keke yang diselenggarakan Ikatan Arsitek Indonesia.

Mercu Buana memiliki enam fakultas dengan 14 jurusan untuk program sarjana. Ada beberapa jurusan unggulan yang sudah terakreditasi A, seperti B. Penyiaran, Manajemen dan Akuntansi.

Meski termasuk dalam salah satu PTS terbaik, namun biaya kuliah di Mercu Buana masih sangat terjangkau. Misalnya, jurusan Komunikasi Pemasaran, yang mengenakan paket SPP Rp 14,5 juta.

4. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Jakarta

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). | GOODSCOOP
Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI). | GOODSCOOP

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin belajar di kampus dengan kualitas pembelajaran terbaik, tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

UBSI menawarkan berbagai program studi yang dapat disesuaikan dengan minat calon mahasiswa, seperti: B. Teknologi informasi, rekayasa perangkat lunak, ilmu komputer dan sistem informasi. Manajemen, akuntansi, teknik industri, teknik elektro, ilmu komunikasi dan sastra Inggris.

Untuk menjangkau calon mahasiswa yang lebih luas, UBSI dibuka di sejumlah wilayah seperti Jakarta, Depok, Bekasi Tangerang, Bogor, Sukabumi, Tasikmalaya, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Surakarta dan Pontianak.

Seperti dilansir situs resmi UBSI, biaya semester 2020/2021 untuk mahasiswa baru adalah Rp 1,98 juta dengan biaya tambahan Rp 300.000 hingga 600.000. Program sarjana memiliki biaya semester sebesar Rp 2,58 juta dengan biaya tambahan sebesar Rp 400.000 hingga Rp 700.000.

Biaya tambahan tergantung pada kursus siswa. Namun, jumlah yang dibebankan untuk semester tersebut sudah termasuk BPP dasar, biaya pinjaman, biaya magang, dan biaya ujian.

Tinggalkan Balasan