free page hit counter
cara menutup asuransi bca life

Syarat dan Cara Menutup Asuransi BCA Life, Mudah Gak Pake Ribet!

Keberadaan asuransi BCA Life sangat memudahkan nasabah bank BCA untuk memberikan bentuk proteksi kesehatan diri dan keluarga. Namun, dibutuhkan juga cara menutup asuransi BCA Life yang sudah tidak diinginkan oleh nasabah.

Menutup layanan asuransi BCA Life merupakan hak nasabah, yang mana tidak semua nasabah BCA wajib untuk memiliki asuransi tersebut. Berbagai informasi mengenai cara dan syarat menghentikan asuransi BCA Life akan dijelaskan, agar dapat dipahami oleh nasabah.

Sekilas Tentang BCA Life

Sebelum membahas mengenai syarat dan cara membatalkan asuransi BCA Life, masyarakat dapat memahami sekilas tentang profil BCA Life itu sendiri. BCA Life Insurance merupakan satu jenis produk layanan dari perusahaan Bank BCA yang mana bertujuan sebagai proteksi masa depan untuk nasabah.

BCA Life Insurance memiliki 3 (tiga) layanan asuransi jiwa unggulan, yaitu asuransi jiwa murni, asuransi kesehatan dan asuransi unit link. Masing-masing layanan tersebut tersedia sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah.

3 Syarat Penutupan Asuransi BCA Life

Mengikuti instruksi cara menutup asuransi BCA Life tentu harus diiringi dengan pemahaman tentang berbagai syarat yang harus dilengkapi. Umumnya, persyaratan yang dibutuhkan tidak sulit dan merupakan persyaratan dasar. Berikut 3 (tiga) syarat penting yang digunakan untuk menutup asuransi BCA Life:

1. Persiapkan Kartu Identitas Diri

Syarat pertama ketika ingin membatalkan sebuah perjanjian layanan asuransi dan sebagainya tentu harus membawa kartu identitas diri. Nasabah yang ingin menutup asuransi BCA Life harus menyiapkan beberapa perlengkapan data diri, seperti KTP, Kartu Keluarga dan sejenisnya.

Hal tersebut berfungsi untuk proses verifikasi pihak asuransi terhadap nasabah. Syarat yang satu ini bersifat wajib, karena apabila tidak dipenuhi maka proses penutupan asuransi tidak dapat diproses oleh pihak asuransi BCA Life.

2. Sediakan Nomor dan Nama Pemegang Polis

Syarat selanjutnya adalah menyiapkan nomor dan nama pemegang polis. Agar cara menutup asuransi BCA Life dapat diproses dan diverifikasi, pihak nasabah harus menyesuaikan nomor polis beserta nama pemegangnya agar sesuai.

Persyarat ini juga wajib untuk dilengkapi, karena nomor polis beserta pemegangnya adalah aspek vital untuk mengoptimalkan proses penutupan asuransi BCA Life. Pastikan kartu identitas pemegang polis juga dipersiapkan, agar proses penyesuaian data diri dapat lebih baik.

3. Lengkapi Formulir Penutupan Asuransi

Terakhir adalah mengisi formulir penutupan asuransi BCA Life. Formulir ini dapat dilihat dan didapat pada website, yaitu https://www.bcalife.co.id/layanan/formulir, yang dapat langsung diunduh dan dicetak oleh nasabah.

Terdapat 2 (dua) lembar halaman formulir yang harus diisi oleh nasabah dengan sebenar-benarnya. Nasabah dapat mengisi formulir ini di rumah secara mandiri atau juga dapat dibantu oleh customer service asuransi BCA Life.

5 Cara Menutup Layanan Asuransi BCA Life

Cara menutup asuransi BCA Life merupakan proses yang cukup sederhana dan tidak merepotkan. Hal tersebut karena menutup layanan asuransi merupakan salah satu hak nasabah yang harus dipenuhi oleh pihak asuransi, yang mana sudah ada pada perjanjian awal kerjasama.

Untuk nasabah yang ingin menutup layanan asuransi BCA Life, dapat mengikuti 5 (lima) cara mudah di bawah ini yaitu:

1. Hubungan Call Center BCA

Menghubungi pihak call center BCA menjadi cara menutup asuransi BCA Life pertama yang dapat dilakukan oleh nasabah. Perusahaan BCA terkenal dengan pelayanan terbaik bagi nasabah, karena pelayanan customer care selama 24 jam yang dimilikinya.

Nasabah yang berencana ingin menutup asuransi BCA Life atau sekadar konsultasi tanya-jawab tentang hal tersebut dapat menghubungi call center BCA Life pada nomor 1500888. Selain menyediakan layanan telepon, nasabah juga dapat menghubungi BCA Life dengan cara berikut:

  • Melalui website: www.bcalife.co.id.
  • Lewat email: customer@bcalife.co.id.
  • Melalui faksimili: (021) 29347977.

2. Datang Ke Kantor Cabang BCA Life

Nasabah yang ingin menutup asuransi BCA Life dapat langsung mendatangi kantor cabang BCA Life terdekat dari lokasi tempat tinggal nasabah. Ini bisa dilakukan setelah menghubungi call center BCA.

Diketahui bahwa cara yang satu ini merupakan metode yang paling to the point dan efektif digunakan ketika nasabah ingin menutup akun asuransi BCA Life. Hal tersebut karena dengan mendatangi kantor cabang, maka nasabah akan langsung mendapat penjelasan yang detail dan terarah dari customer service. 

Pastikan nasabah untuk datang pada jam-jam tertentu agar tidak terlalu lama menunggu antrian. Selain itu, nasabah juga secara spesifik harus menuju pada customer service . Hal tersebut agar nasabah langsung dapat ditangani dan diberikan arahan untuk melanjutkan proses penutupan akun asuransi BCA Life.

3. Konsultasi Penutupan Polis Asuransi

Untuk cara menutup asuransi BCA Life berikutnya adalah berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak perusahaan asuransi. Ketika nasabah sudah dilayani oleh customer service, ini merupakan kesempatan bagi nasabah atau pihak perusahaan untuk saling berbagi informasi mengenai kekurangan dan proses penutupan asuransi.

Bagi nasabah, berkonsultasi mengenai cara penutupan akun BCA Life dapat sekaligus menjadi cara agar nasabah dapat menyampaikan alasan penutupan asuransi. Biasanya, alasan yang paling umum dikemukakan adalah asuransi BCA Life tidak sesuai kebutuhan dan penghematan biaya.

4. Kosongkan Saldo Rekening Asuransi

Jika pihak nasabah dan pihak asuransi sudah saling sepakat untuk melanjutkan proses penutupan asuransi BCA Life. Maka cara selanjutnya adalah mengosongkan saldo rekening. Hal ini bertujuan agar rekening nasabah kosong dan tidak dapat digunakan untuk proses autodebet premi asuransi.

Mengosongkan saldo di rekening juga dapat dibantu oleh customer service yang nasabah temui di kantor cabang BCA Life. Nasabah juga dapat mengosongkan saldo rekening sendiri sebelum memutuskan untuk melakukan proses penutupan akun asuransi. Hal tersebut berguna agar uang di rekening pengguna tidak otomatis ditarik untuk setoran premis asuransi.

5. Lakukan Proses Penutupan Asuransi

Cara menutup asuransi BCA Life yang terakhir adalah proses verifikasi penutupan asuransi. Pada cara ini, nasabah dan pihak BCA Life sudah sepakat untuk menutup layanan asuransi milik nasabah. Jika persyaratan sudah lengkap dan sesuai dengan data yang terdaftar, maka selanjutnya adalah proses verifikasi.

Untuk proses verifikasi penutupan asuransi BCA Life dilakukan maksimal dengan jangka waktu 14 hari kerja. Terhitung dari hari pihak nasabah dan pihak asuransi BCA Life menyetujui tentang penutupan asuransi tersebut. Hal terpenting yang perlu diketahui adalah mengenai biaya penutupan asuransi.

Pihak BCA Life akan mengambil biaya administrasi penutupan asuransi sesuai kebijakan masing-masing. Maka dari itu, nasabah tidak akan mendapatkan uang polis sepenuhnya ketika menutup akun asuransi. Pastikan nasabah mengetahui dan memahami risiko-risikonya.

Kesimpulan dari cara menutup asuransi BCA Life adalah bahwa nasabah harus mengetahui dan memutuskan manfaat dan kekurangan ketika menutup asuransi. Hal tersebut karena ketika menyetujui kerjasama untuk membuka asuransi, nasabah harus memikirkan keputusan jangka panjang.

Tidak dapat dipungkiri jika menutup asuransi BCA Life merupakan salah satu hak nasabah yang harus dipenuhi pihak perusahaan. Namun, berpikir secara matang dalam mengambil keputusan juga wajib dilakukan nasabah agar tidak terjadi kerugian yang lebih besar di kemudian hari.