free page hit counter
Cara Menghitung Modal Bisnis Usaha

Cara Menghitung Modal Bisnis Usaha, Cocok Diterapkan Para Pemula 

Sebagai seorang pemula yang terjun dalam dunia bisnis, maka perlu ilmu untuk itu. Salah satunya ilmu bagaimana cara menghitung modal bisnis usaha yang sedang digeluti. Pasalnya tanpa perhitungan yang tepat maka bisnis akan berujung pada kerugian. 

Maka dari itu perlu adanya wawasan mengenai cara menghitung modal bisnis usaha yang tepat. Dan ternyata ada banyak ilmu yang bisa diterapkan terkait hal tersebut. Pasalnya modal akan jadi sesuatu yang sangat penting dalam berdirinya sebuah bisnis.

Maka dari itu pembaca bisa simak ulasan lengkapnya dalam pemaparan artikel ini. Menghitung modal bisnis dengan berbagai cara yang bisa diterapkan dengan mudah. Berikut ini, penjelasan lengkapnya beserta juga beberapa contoh dan juga informasi menarik lainnya:

Cara Menghitung Modal Usaha

Pada pembahasan yang pertama ini akan dipaparkan berbagai cara menghitung modal bisnis usaha. Pasalnya penghitungan modal ini akan berpengaruh pada harga jual barang yang nantinya dipakai. Berikut beberapa cara menghitung modal bisnis yang bisa langsung dipraktekkan:

1. Menghitung Modal Usaha Kecil Berdasarkan Investasi, Modal Kerja dan Usaha

Sebagai pelaku usaha kecil, maka cara menghitung modal bisnis yang akan dibahas ini cocok untuk dijadikan patokan atau referensi saat hendak membangun usaha di kemudian hari. Pasalnya cara ini mempertimbangkan adanya modal dari berbagai sumber. Tanpa panjang lebar, berikut ulasannya:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghitung modal investasi. Pasalnya dalam penghitungannya akan harus menyertakan modal investasi ini. Modal investasi adalah sebuah  dana yang digunakan untuk keperluan alat. Sehingga ini akan menunjang kegiatan bisnis tersebut.
  • Menyiapkan dan menghitung modal kerja, dimana pengertian dari modal kerja adalah seluruh biaya yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan bahan baku dari usaha tersebut. Tidak hanya itu, bisa juga untuk pengembangan alat-alat yang nantinya dipergunakan dalam bisnis tersebut.
  • Menghitung dan menyiapkan Modal Operasional. Untuk pengertian dari modal operasional sendiri adalah total dari biaya yang akan dimanfaatkan dalam melancarkan semua kegiatan operasional dari bisnis tersebut. 
  • Menghitung dengan menggunakan rumus perhitungan menjumlahkan modal awal terlebih dahulu.
  • Menjumlahkan modal dari ketiga komponen yang sudah dijelaskan di awal. Yaitu menambahkan modal investasi, kerja dan operasional.  Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa modal awal sama dengan modal investasi + modal kerja + modal operasional.

2. Menghitung Modal Usaha Kecil Berdasarkan Capital dan Operating  Expenses

Kemudian cara menghitung modal bisnis usaha yang selanjutnya adalah menerapkan cara penghitungan berdasarkan Capital dan Operating Expenses. Untuk penjelasan lebih lengkapnya pembaca bisa menyimak ulasan dibawah ini:

  • Menyiapkan dan menghitung berapa Capital Expenses yang diperlukan dalam bisnis tersebut. Bagi yang belum memahami apa itu Capital Expenses adalah modal yang digunakan dalam mendukung keberlangsungan perusahaan. Meliputi peralatan yang dipergunakan dalam jangka waktu lama.
  • Menghitung juga berapa Operational Expenses. Adapun penjelasan Operational Expenses adalah modal yang akan dipergunakan terkait dengan kepentingan operasional dalam bisnis atau perusahaan tersebut. Misalnya biaya sewa gedung atau bangunan toko, gaji karyawan dan sebagainya.
  • Menghitung dari kedua komponen tersebut untuk menentukan modal awal.
  • Mengikuti rumus modal awal adalah Capital Expenses yang ditambah dengan Operational Expenses. Mudah sekali untuk mengikuti dan  mempraktekkan langsung.

3. Menghitung Menggunakan Laba, Prive, dan Modal Akhir 

Kemudian yang ketiga akan dipaparkan cara menghitung modal bisnis  usaha menggunakan laba, prive dan modal akhir. Untuk penjelasannya pembaca bisa menyimak ulasannya sebagai berikut:

  • Melakukan pendataan dan perhitungan berapa laba yang didapatkan. Laba sendiri adalah keuntungan bersih yang akan didapatkan seseorang saat melakukan suatu bisnis tertentu. 
  • Kedua harus menghitung prive. Atau sebuah dana yang digunakan pemilik perusahaan atau bisnis. Dimana dana dari prive adalah dana yang digunakan bukan untuk keperluan bisnis. Melainkan dipergunakan untuk keperluan pribadi jadi, diluar kebutuhan bisnis.
  • Kemudian perhitungan mengenai modal akhir. Adapun modal akhir sendiri adalah seluruh dana yang akan didapatkan dari modal awal yang kemudian akan ditambahkan dengan keuntungan ataupun kerugian. Lalu juga masih dikurangi dengan adanya prive.
  • Mulai menghitung dengan cara atau rumus modal awal adalah modal akhir yang dikurangi dengan adanya penjumlahan dari laba dan prive. Atau dalam rumus matematika dapat ditulis sebagai berikut modal awal = modal akhir – (prive + laba).

4. Menggunakan Berbagai Komponen Pertimbangan Seperti Beban, Pajak Dan Lain-Lain

Dan untuk pembahasan yang terakhir adalah mengenai cara penghitungan jika didasarkan pada berbagai komponen. Adapun komponen yang dimaksud meliputi pajak, beban dan lain-lain. Berikut untuk penjelasannya lengkap disini:

  • Menghitung pajak yang akan dikenakan dalam usaha atau bisnis tersebut. Adapun pajak sendiri adalah sebuah iuran wajib yang akan diberlakukan pada pribadi ataupun pemilik usaha yang nantinya iuran tersebut akan diberikan pada negara.
  • Melakukan penghitungan beban, adapun beban yang dimaksud dalam penjelasan kali ini adalah kewajiban yang nantinya akan berpengaruh pada nilai ekonomi.
  • Menghitung Pendapatan atau penghasilan yang akan didapatkan setelah bisnis telah dijalankan.
  • Kemudian juga menghitung pajak hingga prive juga perlu
  • Menghitung modal awal dengan cara menjumlahkan modal akhir yang kemudian akan dikurangi dengan pendapatan, beban, pajak hingga prive. Jadi, jika dibuat rumus matematika maka modal awal = modal akhir – (penjumlahan komponen yang lain seperti prive, beban, pendapatan hingga pajak). Sehingga akan didapatkan modal awalnya dari sana. 

Cara Mudah Penerapan Perhitungan Modal

Setelah pembaca mengetahui beberapa cara menghitung modal bisnis usaha yang ternyata ada banyak caranya. Maka saatnya pembaca mengetahui contoh penerapan dari perhitungan modal tersebut. Berikut penjelasannya singkat mengenai cara menghitung dengan mempertimbangkan 3 komponen.

Adapun 3 komponen yang dimaksud adalah laba, modal akhir dan juga prive:

  • Jika perusahaan A membutuhkan modal akhir yang mencapai 35 juta. Dan untuk keuntungan yang akan didapatkan adalah 5 juta. Sedangkan biaya kebutuhan pribadi alias prive adalah 1 juta. 
  • Maka perusahaan A harus mengumpulkan modal awal dengan perhitungan rumus matematikanya sebagai berikut. Modal awal = modal akhir – (keuntungan + prive). Sehingga pemilik bisa menghitungnya dengan modal awal = 35 juta (5 juta + 1 juta) yaitu totalnya 29 juta.   

Demikian itu beberapa cara menghitung modal bisnis usaha yang bisa diterapkan. Tentunya para pemula harus paham terkait pembagian modal usaha tersebut. Sehingga apa yang menjadi tujuan dalam berbisnis bisa terwujud dengan sesuai harapan.

Hal yang perlu jadi catatan selain adanya perhitungan modal adalah adanya perbedaan antara modal kerja dan usaha. Adapun modal kerja dapat dikategorikan sebagai biaya untuk operasional bisnis. Sedangkan modal usaha adalah biaya yang berkaitan untuk menambah keuntungan dari bisnis tersebut.

Sehingga dengan memahaminya bukan kerugian yang didapatkan tetapi keuntungan dengan sebanyak-banyaknya. Jadi, mulai saat ini bisa diterapkan berbagai ilmu dan informasi terkait pembagian modal bisnis tersebut. Para pemula, tidak perlu khawatir lagi untuk memulai  sebuah bisnis jika sudah paham semuanya.