free page hit counter
Cara Menutup Asuransi AXA Mandiri

Beginilah Cara Menutup Asuransi AXA Mandiri dengan Mudah

Artikel diperbarui pada 4 Juni 2022.

Banyak orang yang ternyata mencari informasi terkait cara menutup asuransi AXA mandiri yang bisa dilakukan dengan mudah. Di sisi lain, asuransi memang hal yang dibutuhkan oleh para masyarakat untuk menunjang kehidupannya. Oleh sebab itu, banyak yang akhirnya mendaftarkan hal tersebut.

Walaupun begitu, ternyata tidak jarang juga ada nasabah dari AXA mandiri yang ingin melakukan penutupan asuransi. Adapun alasan dari hal tersebut pun juga dipengaruhi oleh beragam macam faktor.

Oleh sebab itu, AXA mandiri tidak pernah membebani atau memaksakan nasabahnya untuk terus melakukan asuransi di tempatnya. Dengan adanya hal tersebut, maka tentunya sudah ada cara yang bisa dilakukan nasabah ketika ingin menutup asuransinya. Terkait hal tersebut, maka berikut ialah ulasannya:

Profil Singkat AXA Mandiri

Perlu diketahui bahwa AXA mandiri ialah perusahaan bidang asuransi jiwa yang bisa membantu banyak orang. Kemudian, perusahaan ini juga melakukan kerja sama dengan PT Bank mandiri dan national mutual international Pty. Limited.

AXA mandiri ini juga telah ada sejak 17 tahun yang lalu untuk bisa memberdayakan masyarakat guna memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Adapun untuk menunjang itu semua, perusahaan ini memberikan pelayanan yang terbaik dengan menyajikan berbagai produk inovatif.

Produk tersebut pun akan disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan dari para masyarakat di Indonesia. Terkait hal itu, maka akan disediakan perlindungan asuransi jiwa, penyakit kritis, kesehatan, dana pensiun, hingga perencanaan keuangan di masa mendatang.

Persyaratan untuk Menutup Asuransi AXA Mandiri

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk menutup asuransi AXA mandiri, para nasabah harus tahu terlebih dahulu persyaratannya. Hal tersebut sangat penting untuk diketahui agar proses penutupan asuransi AXA mandiri ini bisa berproses dengan lancar. Terkait hal tersebut, maka berikut ialah syarat-syaratnya:

  • Alasan penutupan asuransi harus meyakinkan.
  • Data yang diisi harus sama dengan formulir yang diserahkan waktu awal mendaftar asuransi.
  • Proses penutupan tidak boleh diwakilkan.
  • Harus menyiapkan sejumlah dokumen dan polis asuransi yang asli.
  • Harus menyerahkan fotokopi buku rekening yang tidak sama dengan rekening debet.

Persyaratan tersebut bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan pihak AXA mandiri. Oleh sebab itu, sebaiknya nasabah yang ingin melakukan penutupan asuransi dengan mencari informasi terlebih dahulu ke customer service. Dengan begitu, maka tidak ada kekurangan lagi pada persyaratannya.

Cara Menutup Asuransi AXA Mandiri

Sudah diinformasikan jika AXA mandiri ini tidak memaksakan nasabah untuk tetap melakukan asuransi di layanan tersebut. Oleh sebab itu, pihak perusahaan sudah memberikan cara-cara yang mudah untuk melakukan penutupan asuransinya. Dengan begitu, maka berikut ialah cara-cara yang perlu dipahami nasabah:

1. Hubungi Pihak Customer Service AXA Mandiri

Langkah pertama untuk cara menutup asuransi AXA mandiri, yakni dengan menghubungi call center atau pusat bantuan terlebih dulu. Adapun call center AXA mandiri bisa melalui nomor (+62)21-3005-8788.

Kemudian, ada juga Email yang bisa digunakan, yakni customer.general@axamandiri.co.id untuk umum dan customer@axamandiri.co.id untuk asuransi jiwa. Nantinya, nasabah harus menyerahkan data secara lengkap beserta alasan yang meyakinkan kepada petugas. Dengan  begitu, petugas akan memberikan informasi terkait segala proses pembatalan asuransinya.

2. Unduh Formulir Pembatalan di Situs Resmi

Setelah menghubungi customer service, maka cara menutup asuransi AXA mandiri selanjutnya, yakni dengan mengunduh formulir pembatalannya. Adapun untuk melakukan hal tersebut, nasabah harus mengunjungi situs resmi dari AXA mandiri ini.

Namun, perlu diketahui juga bahwa formulir tersebut pastinya akan disatukan dengan formulir pengajuan penarikan dari dananya. Oleh sebab itu, isi seluruh bagian yang wajib dilengkapi dengan benar.

Adapun untuk mengurangi kesalahan data, maka pihak AXA mandiri menganjurkan untuk tidak mengisinya seorang diri. Nasabah bisa melakukan konsultasi dengan Financial Advisor yang bisa ditemui oleh seluruh kantor cabang AXA mandiri yang ada di Indonesia.

3. Serahkan Berkas Polis Asuransi

Jika seluruh berkas sudah terisi dengan benar, maka nasabah harus mengembalikannya ke kantor pusat dari AXA mandiri. Adapun beberapa persyaratan dokumen yang wajib dikumpulkan dalam pembatalan asuransi ini, yaitu sebagai berikut:

  • Formulir yang telah disediakan harus diisi dengan lengkap dan benar.
  • Lampirkan fotokopi KTP, Paspor atau KITAS.
  • Lampirkan fotokopi buku rekening yang digunakan untuk transaksi asuransi.
  • Serahkan kembali buku polis yang asli.
  • Bayar uang administrasi senilai Rp.420,000 dan ditambah dengan biaya kesehatan (bila ada).

Di lain hal, jika nasabah ingin mengajukan pembatalan asuransi polis surrender, maka syarat yang dibutuhkan juga berbeda. Adapun untuk hal tersebut, maka berikut beberapa syarat-syarat yang harus disiapkan, yaitu :

  • Formulir yang disediakan harus diisi.
  • Wajib melampirkan fotokopi dari identitas diri berupa KTP, Paspor atau KITAS.
  • Lampirkan fotokopi buku tabungan yang digunakan untuk melakukan transaksi asuransi.
  • Serahkan kembali buku polis yang asli.
  • Ikuti kebijakan pajak asuransi yang sedang berlaku.

4. Tunggu Proses Penutupan Asuransi Selesai

Cara menutup asuransi AXA mandiri yang selanjutnya, yakni dengan menunggu prosesnya selesai. Hal tersebut bisa dilakukan setelah seluruh berkas telah berhasil diterima oleh pihak Financial Advisor dari AXA mandiri. Dalam proses penutupan cooling off ini, akan berlangsung hingga 14 hari.

Lalu, nantinya nasabah juga dapat melakukan pemeriksaan untuk status pengajuan penutupan asuransinya. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menghubungi call center yang sudah diberitahukan sebelumnya. Kemudian, nasabah pun juga bisa mengetahui informasi terkait perkembangan prosesnya di Email customer@axa-mandiri.co.id.

Alasan Nasabah Menutup Asuransi AXA Mandiri

Sejumlah hal bisa saja menjadi penyebab para nasabah akhirnya ingin menutup asuransinya di AXA mandiri. Dari alasan yang ada, tentunya harus disampaikan oleh pihak customer service dengan benar dan meyakinkan. Lalu terkait hal tersebut, maka berikut ialah beberapa penyebab penutupannya:

  • Telah memperoleh asuransi lain yang lebih sesuai keinginan.
  • Nasabah memerlukan dana secepatnya, sehingga ingin menutup asuransinya.
  • Tidak merasa mampu lagi untuk membayar premi setiap bulannya.

Apakah Proses Penutupan Asuransi AXA Mandiri Dikenakan Biaya?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya dalam melakukan penutupan asuransi AXA mandiri ini tidak dikenakan biaya sama sekali. Namun, jika terdapat proses pengajuan pembatalan polis melalui call center di panggilan telepon, maka akan dikenakan pulsa.

Oleh sebab itu, sebelum menghubungi call center tersebut, maka alangkah baiknya jika melakukan pengecekan terlebih dahulu pada pulsanya. Dengan begitu, maka proses pembicaraan terkait hal ini tidak akan terputus atau terganggu.

Demikianlah ulasan terkait cara menutup asuransi AXA mandiri yang perlu diketahui oleh para nasabahnya. Dari adanya informasi tersebut, maka para masyarakat menjadi tahu jika AXA mandiri memberikan pelayanan yang terbaik untuk para nasabahnya.

Walaupun itu ialah upaya untuk melakukan penutupan pada asuransinya, pihak AXA mandiri tetap memberikan kemudahan pada prosesnya. Adapun buktinya, yakni dengan adanya pilihan yang diberikan untuk melakukan hal ini, yakni antara melalui online maupun offline.

Dengan begitu, masyarakat yang masih tidak mengerti teknologi tetap bisa melakukan upaya ini dengan bantuan customer service secara mudah. Lalu, bagi yang tidak ingin merasa ribet, maka nasabah bisa memiliki opsi online untuk melakukannya secara cepat.