free page hit counter
Spesifikasi Komputer untuk Jasa Desain Grafis Agar Lancar

Spesifikasi Komputer Desain Grafis Bagi Desainer Agar Lancar

Saat ini beragam pekerjaan yang bisa dilakukan dengan perangkat komputer seperti, desain grafis. Namun, sebelum berkecimpung dalam dunia desain mesti memilih komputer yang tepat. Untuk itu perlu mengetahui spesifikasi komputer desain grafis yang akan digunakan.

Komputer memang sangat diperlukan dalam dunia desain, sebab perangkat tersebut merupakan salah satu media utama dalam membuat desain. Maka dari itu, sebagai seorang desain yang profesional tentu sangat penting dalam menentukan spesifikasi komputer.

Hal tersebut tentu saja bertujuan agar saat komputer bekerja tidak mengalami berbagai kendala seperti komputer ngelag. Selain itu aplikasi yang dipakai dapat berjalan optimal. Untuk mengetahui spesifikasi komputer desain grafis sebagai berikut:

1. Memiliki CPU 4 Core/Threads atau Lebih

Spesifikasi pertama yang harus diketahui apabila ingin membuat desain grafis pada komputer adalah memiliki CPU 4 Core/Threads. CPU sendiri merupakan perangkat keras komputer yang bekerja untuk mengatur seluruh aktivitas program termasuk aplikasi di dalam komputer.

Mengingat, desain grafis mesti menggunakan aplikasi yang terbilang cukup berat, maka pengguna diharuskan untuk memakai CPU dengan core lebih banyak. Tentu hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya masalah yang tidak diinginkan saat bekerja seperti ngelag.

Apabila komputer mengalami masalah tentu saja akan menghambat pekerjaan. Maka semakin banyak core yang digunakan, tentu performa software desain grafis akan lebih optimal. Untungnya, saat ini kebanyakan komputer telah memakai teknologi hyper-threading.

Meskipun jumlah core yang digunakan memang sedikit, namun kinerja dari hyper-threading lebih kencang dibandingkan CPU yang punya core lebih banyak. Dengan begitu pekerjaan akan lebih mudah terselesaikan.

2. Penyimpanan Media dengan Kapasitas 1 TB

Selain memiliki CPU yang lebih banyak, ternyata menjalankan desain grafis pada komputer juga memerlukan spesifikasi penyimpanan media yang besar. Kapasitas yang digunakan minimal 1 TB. Maka, pengguna harus teliti dalam memilih penyimpanan media.

Sebab, software desain grafis yang digunakan cenderung lebih besar. Tentu saja hasil yang didapatkan juga cenderung besar. Maka dari itu, memerlukan ruang penyimpanan media yang cukup besar agar hasilnya bisa tersimpan dalam perangkat komputer.

Meskipun desain grafis membutuhkan penyimpanan yang relatif besar, tak perlu khawatir dengan perangkat komputer yang dimiliki. Sebab, ruang penyimpanan yang besar tentu bisa membuat performa komputer lebih maksimal.

Apabila pengguna berniat untuk menjadi seorang desain grafis, maka sangat diwajibkan untuk memilih perangkat komputer dengan penyimpanan besar. Hal ini bermanfaat untuk menjauhkan beragam masalah yang tidak diinginkan.

3. Memiliki Sistem Operasi 64 Bit

Spesifikasi komputer desain grafis selanjutnya adalah memiliki sistem operasi 64 Bit. Memang, sistem operasi merupakan perangkat yang mengatur sumber dari hardware. Maka, untuk menjalankan berbagai software pada komputer mesti menggunakan sistem operasi.

Hanya saja, untuk menjalankan desain grafis pada perangkat komputer mesti memakai sistem operasi yang tinggi yakni 64 bit. Hal ini disebabkan karena sebagian besar komputer didukung dengan aplikasi editing yang sangat modern dengan platforms windows.

Maka dari itu, pengguna harus memasang sistem operasi yang selaras dengan windows bawaan komputer. Jika memakai windows versi 8 atau 10 maka sistem operasinya mesti 64 bit. Sebab, sistem operasi 64 bit bisa dijalankan untuk penggunaan lebih dari 4 GB RAM.

Maka pengguna bebas dalam menjalankan berbagai software yang memerlukan performa processor serta sistem memadai misalnya desain dengan resolusi tinggi. Tentu saja, hal ini akan membuat tampilan desain jadi lebih baik.

4. RAM Minimal 8GB

Desain grafis sudah terkenal sebagai pekerjaan yang membutuhkan aplikasi berat. Maka untuk menjalankan desain grafis pada komputer, mesti memiliki spesifikasi komputer desain grafis RAM minimal 8GB. Sebab, RAM berfungsi sebagai media penyimpanan sementara.

Nah, untuk membuat desain grafis tidak cukup jika hanya melihat dari jumlah RAMnya saja. Namun, jenis RAM yang dipakai juga mesti memakai versi terbaru dan pastikan jangan memakai keluaran lama. Sebab, kinerjanya tentu saja berbeda.

Mengingat, software yang dipakai dalam proses desain grafis membutuhkan banyak memori. Maka pengguna mesti melakukan pertimbangan dalam memilih RAM. Tentu semakin banyak kapasitas RAM yang dipakai maka proses desain akan lebih cepat.

Selain itu, perangkat komputer tidak akan mengalami berbagai kendala seperti panas yang berlebihan ataupun ngelag. Bahkan, software yang dijalankan pun dapat bekerja dengan lancar tanpa halangan sedikit pun.

5. Monitor

Monitor juga termasuk salah satu spesifikasi komputer desain grafis yang patut dipertimbangkan. Bagaimana tidak, desain grafis membutuhkan monitor yang bisa menghasilkan akurasi warna yang tinggi serta kualitas gambar yang tajam.

Saat ini ada berbagai macam monitor keluaran terbaru dan dijual bebas di pasaran. Hanya saja, memerlukan biaya banyak untuk memakainya. Namun, jika biaya yang dimiliki terbatas bisa memakai ASUS PA249Q.

Monitor full HD ini bisa memberikan warna yang jernih dan akurat dengan 99% Adobe RGB. Bukan hanya itu, monitor ini juga menghadirkan berbagai konektivitas yang lengkap yakni HDMI, DisplayPort serta DVI.

Meski demikian, yang perlu diketahui bahwa memilih monitor komputer untuk kebutuhan desain grafis mesti dengan tipe layar IPS. Tentu hal ini bertujuan agar warna yang dihasilkan tetap akurat serta tidak mengalami perubahan ketika dilihat dari sisi samping.

6. Kartu Grafis Kelas Atas

Spesifikasi komputer desain grafis terakhir adalah kartu grafis kelas atas. Seperti yang sudah diketahui bahwa kartu grafis berperan untuk membantu CPU dalam mengoperasikan tampilan gambar. Maka dari itu, pemilihan kartu grafis sangat penting untuk dipertimbangkan.

Mengingat desain grafis berfokus pada tampilan gambar yang dihasilkan, maka kartu grafis yang dipakai harus tinggi. Tentu semakin besar kartu grafis, maka pengguna akan semakin nyaman menjalankan program pengolah gambar.

Mulai dari mengubah hingga memberikan efek pada gambar akan sangat mudah apabila komputer telah didukung VGA dengan memori besar. Sebab, pengguna bebas untuk menyimpan berbagai file. Saat ini, berbagai macam jenis kartu grafis dijual di pasaran yang bisa pengguna pilih.

Nah, salah satu kartu grafis yang dianggap sangat cocok dengan desain grafis adalah jenis nVidia Quadro. Sebab, jenis ini memang diformulasikan khusus untuk komputer desain grafis. Maka, untuk menjalankan desain grafis, sebaiknya memakai kartu grafis nVidia Quadro.

Itulah tadi ulasan singkat terkait dengan spesifikasi komputer desain grafis yang mesti dipertimbangkan sebelum menjalankan desain grafis pada komputer. Tentu saja hal ini bertujuan agar pekerjaan dapat berjalan lancar dan menciptakan hasil yang baik.

Jika pekerjaan yang dilakukan berjalan lancar, tentu saja akan mempercepat proses penyelesaian desain serta editing. Namun, berbeda jika pengguna tidak memperhatikan spesifikasi komputer, tentu saja akan memungkinkan terjadinya berbagai macam kendala.

Meskipun demikian, menjalan desain grafis tidak cukup jika hanya melihat spesifikasi komputer. Namun, juga harus didukung dengan berbagai komponen pendukung lainnya seperti DVD ROM, Motherboard, Keyboard, LAN dan sebagainya agar hasil yang didapatkan lebih sempurna.